Berita Teknologi Otomotif Seputar Inovasi pada Kendaraan

0
629
Berita Teknologi Otomotif Seputar Inovasi pada Kendaraan
Berita Teknologi Otomotif Seputar Inovasi pada Kendaraan

Sebagai pengendara, kami sarankan bagi pembaca untuk mengenal seputar otomotif. Melalui informasi berikut ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui apa saja inovasi canggih yang terjadi di bidang otomotif dan bisa mempermudah hidup manusia.

Baca juga: Inilah Cara Menjaga Suspensi Mobil Agar Tetap Empuk

Untuk lebih mengenal dunia otomotif, biasanya kita akan mencari berbagai berita-berita menarik yang sedang diperbincangkan. Meskipun biasanya dunia otomotif lebih disukai oleh kaum laki-laki, namun tidak ada salahnya bagi wanita untuk mencari tau mengenai informasi terkini.

Terlebih lagi bagi Anda yang sering berkendara di setiap aktivitas, tentunya sebagai pengendara, jangan hanya mengetahui cara menggunakan kendaraan saja, namun juga perlu mengetahui cara teknologi seperti apa yang digunakan pada kendaraan Anda melalui berita teknologi.

Mencari informasi seputar kendaraan yang digunakan, juga bisa menambah pengetahuan Anda dalam berkendara, seperti tips dalam merawat kendaraan atau manfaat dari teknologi yang terdapat pada kendaraan Anda, berikut akan kami berikan informasi selengkapnya.

Inovasi Otomotif Mobil yang Menjadi Sorotan Berita Teknologi Saat Ini

Berita Teknologi Otomotif Seputar Inovasi pada Kendaraan_Inovasi Otomotif Mobil yang Menjadi Sorotan Berita Teknologi Saat Ini
Berita Teknologi Otomotif Seputar Inovasi pada Kendaraan_Inovasi Otomotif Mobil yang Menjadi Sorotan Berita Teknologi Saat Ini

Saat ini memang banyak sekali perusahaan bergerak di bidang otomotif, yang menghasilkan berbagai inovasi menarik demi memenuhi kebutuhan konsumen. Didukung dengan perubahan teknologi saat ini yang semakin berkembang, akan lebih mudah menghadirkan terobosan baru. 

  • Sistem Pembakaran Jangka Panjang

Berita teknologi berikut ini akan membahas mengenai energi panas, yang dihasilkan saat mesin melakukan pembakaran bahan bakar. Menurut penelitian saat ini, diketahui bawa busi model lama sebenarnya kewalahan dalam melakukan pembakaran, dibanding busi konvensional.

Sehingga para ilmuwan mencoba untuk melakukan pembakaran kompresi tinggi, menggunakan mesin 3,5 liter V6 dan hasilnya pembakaran jauh lebih sempurna serta sistem pengapian lebih bertahan lama sehingga bahan bakar bisa lebih awet hingga 10%.

  • Ban Dapat Mengisi secara Otomatis

Ketika ban kekurangan angin pastinya kita akan membutuhkan mesin, atau setidaknya mencari tukang pompa. Namun Anda tidak perlu melakukannya lagi, berkat inovasi dari GoodYear yang mengembangkan produk AMT atau Air Maintenance Technology.

Inovasi ini dapat berhasil karena pada bagian ban terdapat rongga kecil yang terhubung ke bagian ban dalam, dan menempel langsung pada ban utama, sehingga saat ban berputar maka angin secara otomatis akan masuk dan memenuhi ban dalam dan menyebarkannya.

  • Mesin Berkapasitas Kecil dengan Performa Tinggi

Berita teknologi selanjutnya datang dari inovasi mesin berkapasitas kecil, dimana beberapa perusahaan mobil seperti Ford dan General Motor sedang menguji penggunaan mesin 1000 cc, dengan tiga silinder dipadukan dengan turbocharger dan direct injection.

Mesin berkapasitas kecil tersebut dianggap lebih menghemat bahan bakar Anda, namun juga mampu bekerja keras karena memiliki performa tinggi. 

  • Baterai Hybrid Berukuran Kecil

Perusahaan Chevy Volt dan Nissan Leaf mengembangkan baterai, dengan menggantinya menjadi baterai konvensional berbahan Lithium Superionic Conductors atau thio-LISICONs dengan tujuan untuk mengurangi berat dan ukuran baterai.

Memiliki Motor Listrik Membuat Lingkungan Menjadi Ramah Lingkungan

Mungkin Anda sudah sering mendengar mobil listrik, dimana jenis kendaraan ini memanfaatkan baterai hibrida sebagai bahan bakarnya. Namun saat ini terdapat juga motor listrik, yang sistem kerjanya hampir sama, dan aman bagi lingkungan dan tentunya memiliki kelebihan lain.

Berita teknologi seputar motor listrik berikut ini, akan membuat Anda sadar bahwa motor listrik memiliki tingkat efisiensi cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan motor berbahan bakar bensin, maka motor listrik memiliki tingkat efisiensi 3 kali lipat lebih tinggi.

Motor listrik memang lebih efisien dalam mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, maka dari itu kami sangat menyarankan Anda untuk memilikinya. Selain itu kebutuhan bahan bakar pada kendaraan ini dinilai lebih hemat, daripada kebutuhan motor berbahan bakar bensin.

Jika Anda khawatir dengan menggunakan motor listrik tidak bisa bergerak cepat di jalan, maka kekhawatiran Anda adalah salah besar. Tidak perlu khawatir, karena saat ini beberapa motor listrik dibuat dengan akselerasi spontan dan cukup bertenaga meskipun konsumsi energi rendah.

Perlu diketahui bahwa akselerasi merupakan gerak percepatan atau perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu, jenis kendaraan ini dijamin tidak kalah dengan akselerasi motor berbahan bakar bensin, karena memiliki kelebihan lain yang perlu Anda ketahui.

Melalui berita teknologi berikut ini, Anda juga akan mengetahui bahwa motor hibrida memiliki sistem perawatan yang mudah. Mungkin pada awalnya Anda akan beranggapan, bahwa motor hibrida memiliki perawatan mahal dan tidak bisa sembarangan.

Padahal jenis kendaraan ini tidak membutuhkan banyak biaya, untuk melakukan servis atau jenis perawatan lainnya. Mungkin Anda perlu mengganti baterai motor secara berkala, karena ketahanan baterai pada kendaraan tidak akan berlangsung selamanya.

Berbagai Jenis Motor Dianggap Memiliki Teknologi Canggih

Berita Teknologi Otomotif Seputar Inovasi pada Kendaraan _Berbagai Jenis Motor Dianggap Memiliki Teknologi Canggih
Berita Teknologi Otomotif Seputar Inovasi pada Kendaraan_Berbagai Jenis Motor Dianggap Memiliki Teknologi Canggih

Berita teknologi selanjutnya akan kami bahas adalah, mengungkap berbagai jenis motor canggih yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Beberapa jenis merek kendaraan berikut ini, bisa menjadi moda transportasi yang sempurna bagi Anda.

  • Yamaha Tesseract

Jika dilihat dari namanya dan bentuknya, mungkin Anda akan langsung teringat dengan bentuk robot. Kali ini Yamaha mencoba membuat inovasi cukup berbeda, yaitu motor empat roda yang mirip dengan ATV, namun menggunakan mesin hybrid.

Kendaraan ini dibekali dengan Swingarm, sehingga pengemudi bisa lebih mudah membelokkan motor saat berada di tikungan. Selain itu pada setiap ban dilengkapi dengan suspensi, sehingga motor akan lebih stabil saat dikendarai. 

  • Honda V4

Berita teknologi selanjutnya datang dari perusahaan asal Jepang yaitu Honda, mereka mencoba mengembangkan inovasi motor Honda V4 dengan mengubah velg yang awalnya menempel pada tromol dan as roda, dengan menggunakan velg dengan desain menggantung body motor.

Selain itu mereka juga mengembangkan pada bagian mesin V4, dimana mengusung sistem penonaktifan silinder yang mirip dengan mesin Ducati. Mesin empat silinder ini akan mematikan silinder belakang motor, sehingga menghindari panas berlebih pada mesin.

  • Kawasaki J Concept

Kawasaki juga merilis motor dengan model futuristik, mereka memperkenalkan teknologi pada konsep prototype roda tiga. Kendaraan ini memiliki bentuk menyesuaikan kecepatan, jika dikemudikan dalam kecepatan biasa, maka bentuknya seperti motor matic, namun jika dibawa dalam kecepatan tinggi, maka bentuknya akan berubah seperti motor balap.

  • Honda Riding Assist

Berita teknologi selanjutnya membahas mengenai Honda, dimana mereka memamerkan Honda Riding Assist yang mengadopsi teknologi robot asimo, dimana mencegah motor terjatuh dan bisa berjalan sendiri mengikuti pengendaranya. 

Komponen Canggih yang Digunakan oleh Pengendara MotoGP

Bagi Anda yang sering menonton MotoGP, mungkin sudah tidak asing dengan berbagai pembalap profesional beserta kendaraan canggihnya. Melalui berita teknologi kami akan mengungkap, komponen canggih seperti apa yang digunakan pada motor pembalap tersebut.

  • Cakram Karbon

Setiap pembalap yang bertanding di kondisi sirkuit kering, biasanya mereka akan menggunakan cakram karbon. Tujuan dari penggunaan cakram karbon adalah, bahan ini dikenal lebih kuat dalam menahan panas, karena gesekan yang terjadi saat proses pengereman cukup tinggi.

Aspal sirkuit yang panas juga gesekan ban, tentunya membuat cakram pada motor yang biasa digunakan tidak akan kuat menahan panas tersebut, sehingga jenis cakram karbon ini dinilai lebih aman bagi pengendara saat melakukan pengereman.

  • Seamless Transmission

Berita teknologi yang akan kami bahas berikutnya adalah, penggunaan seamless transmission yang tidak dimiliki oleh jenis motor biasa. Penggunaan seamless transmission mempermudah pembalap dalam memindahkan gir, sehingga perpindahannya bisa lebih mulus dan cepat.

Biasanya saat menggunakan motor, kita akan membutuhkan waktu untuk memencet kopling, dan memasukkan atau menurunkan gigi persneling. Namun dengan kehadiran teknologi ini, maka pembalap bisa lebih mudah dalam mengubah persneling.

  • Swing Arm Berbahan Carbon

Terdapat dua jenis swing arm, dimana terbuat dari alumunium dan karbon. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahan carbon dinilai lebih kuat dalam menahan panas. Swing arm carbon juga dinilai memiliki bobot lebih ringan dan kuat, jika dibandingkan dengan bahan alumunium.

Sehingga dalam perlombaan balap MotoGP, penggunaan swing arm carbon memang lebih banyak digunakan karena lebih kuat terhadap hentakan serta dinamis dalam bergerak mengikuti kontur aspal di area balap.

  • Klep Pneumatic

Berita teknologi selanjutnya adalah klep pneumatic, dimana para pembalap lebih memanfaatkan komponen ini karena dinilai memanfaatkan gas bukan per, untuk membuat klep naik dan turun. 

Penggunaan gas juga dinilai dapat menutupi kelemahan per. Yang mana kerap telat bekerja saat digunakan di Rpm mesin tinggi. 

Baca juga: Motor Yamaha Terbaru 2022 yang Paling Direkomendasikan

Alat transportasi merupakan salah satu kebutuhan bagi masyarakat saat ini, baik menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Melalui berita teknologi yang telah kami jelaskan di atas, tentunya pembaca bisa mendapat pengetahuan baru yang bermanfaat untuk diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here