Berikut Kemunculan Mobil Jeep dan Perkembangannya

0
435
mobil jeep

Indonesia menjadi salah satu negara tujuan paling favorit sebagai tuan rumah dalam ajang penaklukan alam dari komunitas mobil jeep dunia. Pasalnya kondisi alam terbuka Indonesia sangat mendukung. Inilah yang menjadikan Indonesia sebagai surganya pemilik jeep.

Baca Juga : Penyebab Mobil Zebra Susah Hidup Dan Cara Mengatasinya

Asal Muasal Kemunculan Mobil Jeep

mobil jeep

Sebenarnya menurut sejarah, awalnya jeep di dunia adalah sebagai pemenuhan kendaraan perang tentara Amerika saat Perang Dunia II. Tercatat bahwa sekitar tahun 1940, Militer Amerika Serikat memberikan kabar kepada 135 pabrik mobil yang beroperasi untuk memproduksi kendaraan berspesifikasi tertentu.

Dari ratusan pabrik yang merespon hanya tiga, yaitu Willys, Bantam dan Ford. Dari proses inilah terciptalah mobil jeep untuk pertama kali. Jeep, awalnya merupakan sebuah inisial dari GP yang berarti Government/General Purpose. Ini melambangkan proyek pengadaannya untuk memenuhi kebutuhan pemerintah.

Seiring waktu berjalan, ketika perang dunia sudah mereda. Pabrik mobil Jeep melakukan inovasi dan penyesuaian kondisi. Jeep diproduksi tidak lagi sebagai monopoli kendaraan tentara. Masyarakat awam bisa memilikinya, tetapi dalam versi lainnya, yaitu tipe CJ (Civillian Jeep)

Kendaraan tipe CJ ini kemudian banyak dipakai di daerah perkebunan, pertanian, dan peternakan. Pasalnya dengan spesifikasinya yang handal dan tangguh, mobil ini dapat dengan mudah menembus jalan areal lokasi terpencil. Tentu saja kendaraan ini dipakai sebagai kendaraan pengangkut, atau menderek peralatan.

Perkembangan Mobil Jeep Dari Masa Ke Masa

mobil jeep

Inovasi Tiada Henti Dari Mobil Jeep

Sejak kemunculannya, pada tahun 1940. Pabrikan mobil jeep tercatat telah melakukan beberapa kali inovasi. Berikut adalah uraian singkatnya dari masa ke masa.

  1. Tahun 1945 – CJ-2A

Seperti yang telah disinggung diatas, ketika perang dunia sudah berakhir. Pabrikan mobil jeep mulai mengadakan inovasi dan penyesuaian peruntukan. Debut pertamanya menghasilkan mobil jeep peruntukan  masyarakat awam yang diberi nama CJ-2A.

Memiliki perbedaan dari jeep untuk tentara dibagian setingan gearbox. Pada tipe ini, setingan gearbox dibuat untuk penggunaan sehari-hari. Pengguna CJ-2A sendiri rata-rata adalah para petani, peternak, maupun para pemilik perkebunan.

  1. Tahun 1955 – CJ-5

Kemudian ditahun 1955, pabrikan kembali berinovasi. Muncullah CJ-5 ke pasaran dengan desain yang lebih humanis. Terinspirasi dari desain mobil jeep M-38A1 yang digunakan di perang korea. Mobil dengan dimensi lebih besar, penyempurnaan sistem transmisi, penggunaan jok berbahan lebih nyaman, juga mesin yang lebih bertenaga.

  1. Tahun 1963 – Wagoneer, Pick Up, Gladiator, Commando, bahkan Fleetvan

Sejak tahun 1960an, pabrikan jeep mulai mengikuti trend dunia. Hal ini dengan tujuan supaya pabrikan mobil jeep menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Untuk itu pada era tahun ini. Ada banyak ragam jenis mobil yang diproduksi, mulai dari jenis Wagoneer, Pick Up, Gadiator, Commando, sampai Fleetvan.

  1. Tahun 1974 – Cherokee (SJ)

Trah Cherokee dimulai per tahun 1974. Semula Cherokee dibuat dengan konsep kendaraan jenis wagoneer yang tampil sporty. Namun akhirnya, seiring waktu berjalan, cherooke mampu menjadi penerus wagoneer. Tentu saja mobil ini dibuat dengan target pasarnya adalah para kawula muda di masanya.

  1. Tahun 1976 – CJ-7

Ditandai dengan kemunculan CJ-7, pabrikan jeep mulai melakukan inovasi besar besaran pada tampilannya. Di model ini juga pertama kalinya dikenalkan penggunaan atap plastik.

  1. Tahun 1984 – Cherokee (XJ) dan Final Edition Grand Wagoneer

Di tahun ini, sejarah pabrikan jeep kembali mencatat, bahwa telah terjadi perubahan signifikan yang mendasar. Pada mobil keluaran tahun ini, mulai menerapkan sistem SUV dengan fitur termodern pada masanya.

  1. Tahun 1987 – Wrangler (YJ)

Di tahun ini sejarah pabrikan jeep wrangler mencatat ada perubahan yang cukup signifikan. Sehingga series wrangler berubah menjadi YJ. Perubahan ini terlihat dari jarak roda yang lebih lebar, penampilan seting lampu, juga tampilan tujuh grill depan yang dipermanis dengan sudut.

  1. Tahun 1997 – Wrangler (TJ) dan Grand Cherokee (ZJ)

Pada tahun ini, konsep yang diangkat adalah mode klasik. Namun tetap menghadirkan sentuhan fitur terbaru di mobil yang di rilis. Seperti pada tipe TJ ini, wrangler perdana menggunakan sistem suspensi individu yang masing masing menggunakan per ulir.

Sementara untuk Grand Cherokee tipe ZJ, dikonsep sebagai mobil penerus wagoneer dengan sistem SUV yang dikemas mewah.

  1. Tahun 2007 – Wrangler (JK)

Pada tipe ini, wrangler sudah dikemasan dengan berbagai jenis fitur unggulan. Tetapi dengan tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai mobil jeep. Wrangler tipe JK, merupakan mobil jeep yang masih beredar sampai detik ini.

  1. Tahun 2011 – Grand Cherokee (WK)

Pada tipe grand Cherokee WK, dikemas dengan berbagai keunggulan mobil SUV mewah yang terdepan dengan beragam fitur mumpuni yang tidak terkalahkan.

  1. Tahun 2014 – Cherokee (KL)

Pada tahun ini, prototype Cherokee yang dirilis menuai pro kontra yang cukup menggemparkan. Pasalnya, desain kali ini sungguh melenceng jauh dari pakem jeep yang selama ini beredar. Pihak pabrikan sendiri mengklaim desain kali ini lebih kepada desain yang progresif, modern dan aerodinamis.

  1. Tahun 2015 – Reborn Renegade

Di tahun ini pabrikan mobil jeep merilis salah satu model jeep wrangler, yaitu renegade. Dinamakan dengan Reborn Renegade, karena konsepnya adalah melahirkan kembali sang Renegade dimasa modern.

Ragam Aksesories Mobil Jeep

mobil jeep

Setelah mengetahui beragam jenis jeep yang pernah diproduksi oleh pabrikan. Berikut ini akan dibahas tentang berbagai aksesories yang biasa ditambahkan di mobil jeep oleh user yang bertujuan untuk menambah kesan tangguh dan gagah.

  1. Bumper Custom

Sebagai mobil SUV, maka belum pas bila bumper bawaan pabrik belum diganti dengan yang sesuai selera dan keinginan user. Pasalnya dengan melakukan modifikasi pada bagian bumper, maka tampilan mobil akan menjadi sebagai khas.

  1. Winch

Aksesoris mobil kedua yang biasanya ada pada jenis mobil jeep adalah winch. Winch merupakan motor yang berguna untuk menarik beban. Winch biasa dipasang pada bagian depan dan belakang mobil.

  1. Foot Step

Umumnya, mobil jenis jeep tidak disediakan pijakan kaki dari pabrikannya. Sehingga banyak user mobil jeep yang menambahkan aksesoris ini pada mobil kesayangannya.

Foot step sangat berguna bagi user maupun penumpang untuk naik maupun turun dari mobil dengan mudah. Untuk foot step ini, bisa dibeli secara langsung di toko atau bengkel modifikasi secara langsung. Bahkan bisa memesannya terlebih dahulu untuk dibuatkan yang sesuai dengan penampilan mobil.

  1. Pelek

Bagian mobil yang sering ditambahkan aksesoris lainnya adalah bagian pelek. Tentu saja dengan penggantian pelek, maka mobil manapun akan langsung berubah tampilannya secara drastis. Penggantian pelek ini bisa disesuaikan dengan tema apa yang akan diterapkan ke mobil.

Pengganti pelek ini biasanya ada dua macam, diperbesar ukurannya, atau diperkecil. Bila pelek diperkecil, maka opsi amannya adalah mengganti ukuran ban ke ukuran yang lebih besar. Ini dimaksudkan untuk tetap support dibawa ke medan offroad.

Begitu juga sebalik, bila peleknya diperbesar, maka ukuran ban yang diganti menjadi ukuran ban yang lebih tipis.

  1. Fog Lamp

Modifikasi dengan menambah keberadaan lampu kabut menjadi hal yang menunjang keselamatan. Bagaimana tidak? Dengan menambah fog lamp dibeberapa titik tertentu, maka mobil akan lebih siap dibawa ke medan offroad kapan pun.

Karena mobil yang telah ditambahkan fog lamp akan memiliki penerangan yang lebih baik ketika malam hari. User mobil jeep bisa menyesuaikan ukuran dan jenis fog lamp yang akan dipasang di mobilnya.

  1. Over Fender

Over fender atau yang biasa disebut sebagai sepatbor samping. Penambahan aksesori ini selain menambah gagah dan gaharnya mobil jeep. Juga memiliki fungsi untuk melindungi body mobil dari cipratan lumpur saat menerjang medan offroad yang sukat.

Over fender merupakan aksesori yang ukurannya menyesuaikan dengan ukuran dan panjang roda mobil. Sehingga untuk harganya tentu beragam menyesuaikan dengan spesifikasinya.

  1. Snorkel

Sesuai dengan namanya, snorkel merupakan sebuah tabung hisap. Pada jeep, penambahan aksesori snorkel ini selain berfungsi untuk menambah garangnya mobil. Berfungsi juga sebagai alur pendistribusian udara pada bagian mesin mobil, saat mobil melewati medan offroad yang penuh dengan air.

Demikianlah pembahasan mengenai asal muasal kemunculan mobil jeep dan perkembangannya dari masa ke masa. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here