Baterai SLA Spesialis Baterai untuk Pengguna Sepeda Listrik

0
422
Baterai SLA Spesialis Baterai untuk Pengguna Sepeda Listrik
Baterai SLA Spesialis Baterai untuk Pengguna Sepeda Listrik

Baterai SLA (asam timbal) adalah baterai isi ulang pertama. Baterai ini memang kehilangan kapasitasnya seiring waktu dan secara signifikan lebih berat daripada baterai lithium dan NiMH, tetapi murah dan aman. 

Baca juga : Mengetahui Mid Drive dan Hub Drive Spesifikasi Paling Terbaik

Fitur-fitur berikut berlaku untuk jenis baterai ini yakni tanpa pemeliharaan, tahan terhadap kebocoran, dan tidak peka terhadap posisi. Kemudian memiliki ventilasi pengaman untuk mengeluarkan gas jika tekanan internalnya terlalu tinggi. 

AGM (Absorbed Glass Mat) menunjuk jenis SLA tertentu, di mana elektrolit diserap ke dalam pemisah yang terbuat dari serat kaca halus yang menyerupai spons dan ditempatkan di antara pelat. 

Sebagai penjelasan, kalian harus mencari tau apa yang disebut sebagai “asam timbal tersegel” atau baterai SLA saat membeli baterai. Keandalan dan keefektifan baterai tersebut sangat penting untuk berbagai perangkat. 

Termasuk mobil, sepeda motor, ATV, dan kendaraan sport lainnya, sistem alarm rumah, mainan, sistem cadangan, kursi roda, skuter mobilitas, dan generator. 

SLA dikemas dalam wadah plastik kaku yang tertutup rapat dan dapat diputar tanpa menumpahkan asam. Sehingga cocok untuk penggunaan dengan e-bike atau sepeda listrik sebagai hasilnya. 

Karena lebih berat dan lebih besar dari baterai lithium, baterai asam timbal memiliki aplikasi terbatas pada e-bike. Mereka biasanya harus disimpan dalam tas diletakan di rak belakang atau di keranjang beban. 

Keunggulan dan Kesukaran Baterai SLA untuk Sepeda Listrik

Keunggulan dan Kesukaran Baterai SLA untuk Sepeda Listrik
Keunggulan dan Kesukaran Baterai SLA untuk Sepeda Listrik

Manfaat terbesar baterai asam timbal adalah harganya yang sangat murah. Banyak pengecer yang berbeda menawarkan baterai asam timbal untuk dijual. Baterai SLA yang dibeli secara langsung lebih terjangkau. 

Keuntungan lain dari baterai ini adalah potensi keluaran dayanya yang luar biasa. Di sisi lain, baterai ini memiliki kemampuan untuk mengalirkan arus yang sangat besar. 

Bobot baterai asam timbal adalah salah satu kelemahan utamanya. Tidak ada jalan keluar dari fakta bahwa SLA itu besar seperti yang dapat disimpulkan dari kata “lead” dalam Sealed Lead Acid

Untuk mendukung bobot tambahan SLA, sepeda listrik kalian membutuhkan sistem pemasangan yang kokoh. Serta harus berhati-hati bahwa membawa beban ekstra dapat mengurangi jangkauan kalian. 

Penggunaan SLA sedikit bergerak ke arah yang berlawanan dalam hal pengurangan berat, yang merupakan pendekatan terbaik untuk meningkatkan jangkauan kendaraan listrik apa pun. Masa pakai yang rendah adalah kelemahan lainnya. 

Sebagian besar baterai SLA mengklaim dinilai untuk lebih dari 200 siklus, tetapi pada kenyataannya, kita biasanya menemukan bahwa banyak SLA mulai kehilangan keefektifannya pada sekitar 100 siklus. 

Seiring bertambahnya usia (atau melalui lebih banyak siklus pengisian), mereka akan tetap berfungsi, tetapi kalian akan melihat bahwa jangkauan berkendara kalian berkurang dengan cepat. 

Saat SLA pertama kali diperkenalkan, kalian mungkin dapat menempuh jarak 15 mil untuk setiap pengisian daya, tetapi setahun kemudian ada kemungkinan hanya dapat menempuh jarak 10 mil.

Karena baterai SLA tersedia dalam peningkatan 6V atau 12V, kalian harus menyambungkan SLA ini secara seri atau paralel untuk merakit paket baterai dan mencapai voltase dan kapasitas yang diinginkan.

Ini memiliki kelebihan dan kekurangan karena memungkinkan lebih banyak penyesuaian, tetapi juga membuat penggabungan SLA individual ke dalam paket yang lebih besar menjadi lebih sulit.

  • Rangkaian Komponen Pengisian Baterai SLA

Baterai asam timbal yang disegel dapat diisi ulang karena merupakan baterai sel sekunder. Baterai ini diisi dengan memompa elektron melaluinya untuk membalikkan reaksi kimia yang menghasilkan keluaran energi baterai. 

Pelat positif baterai SLA, yang terdiri dari timbal dioksida, adalah tempat penyimpanan elektron (PbO2). Timbal murni, seringkali berbentuk spons, membentuk pelat negatif. Larutan encer asam sulfat (H2SO4) berfungsi sebagai elektrolit. 

Pelat dan asam sulfat masing-masing diubah menjadi timbal sulfat (PbSO4) dan air, saat baterai habis. Ketika elektron dikembalikan melalui baterai, reaksi yang terjadi adalah mengembalikan komponen baterai ke keadaan terisinya.

Istilah “status pengisian” atau yang disingkat SOC, mengacu pada seberapa penuh baterai. Saat terisi penuh, SOC baterai adalah 100%.

  • Arus Permanen

Pengisian arus konstan digunakan oleh pengisi daya paling populer untuk baterai SLA (CC). Akibatnya, baterai memiliki arus kecil dan stabil yang mengalir melaluinya untuk waktu yang sangat lama. 

  • Tegangan Stabil

Jenis pengisi daya yang berbeda adalah yang menggunakan Voltase Konstan (CV). Akibatnya, tegangan baterai tetap konstan. Ketika baterai yang terkuras terhubung ke pengisi daya, arus muatan awal yang besar mengalir.

Saat ini berkurang karena butuh biaya lebih. Pengatur waktu menghentikan pengisi daya semacam ini untuk mencegah pengisian daya yang berlebihan, dan biasanya menyelesaikan pengisian daya dalam 2 hingga 4 jam.

  • Tegangan Konstan atau Arus Konstan

Jenis pengisi daya ketiga yang lebih canggih, memanfaatkan voltase konstan dan arus konstan (CCCV). Selain itu, ini berisi rangkaian kompensasi suhu yang mendeteksi suhu sekitar saat baterai sedang diisi. 

Pengisi daya ini akan menyesuaikan arus dan voltase untuk pengisian terbaik saat suhu lingkungan pengisian meningkat. Baterai SLA menerima arus yang cukup kuat pada awal sesi pengisian daya. 

Sementara arus berkurang ketika tegangan meningkat hingga mencapai titik setel di mana proses pengisian selesai. Untuk memberikan biaya pemeliharaan, atau “mengambang”, tegangan dan arus kemudian dikurangi. 

Baterai harus disimpan dan diisi antara 600F dan 700F untuk performa optimal. Ini karena kimia asam timbal dalam baterai, meningkatkan kapasitas di atas 750 dan menurunkan di bawah 600.

  • Biaya yang Berlebihan

Pengisian SLA yang berlebihan mengurangi harapan hidup mereka dan menimbulkan risiko. Baterai dapat menghasilkan terlalu banyak bahan bakar dan kehilangan kapasitasnya jika kalian mengisinya tanpa pengisi daya CC/CV. 

Gas hidrogen dan oksigen akan tercipta saat asam sulfat terurai. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan suhu dan tekanan di dalam baterai asam timbal yang tersegel. 

Katup pengaman akan mengeluarkan gas, tetapi seringkali juga melepaskan sebagian larutan elektrolit, sehingga menurunkan kapasitas baterai. SLA yang ditagih berlebihan tidak dapat menggantikan kapasitas yang hilang.

Pastikan selalu isi daya baterai di ruangan yang berventilasi baik, karena semuanya dapat menghasilkan gas berbahaya. Selain itu, perlu diingat bahwa baterai yang habis dapat membeku lebih cepat. 

Ini dikarenakan kandungan air yang lebih tinggi, jadi hindari mengisi atau menyimpan baterai di lingkungan yang dingin dan selalu simpan baterai yang terisi penuh.

  • Sulfasi

Timbal sulfat dibuat setelah pengosongan baterai dan diubah kembali menjadi timbal dan timbal dioksida selama pengisian ulang baterai. 

Namun, jika baterai tidak pernah terisi penuh atau disimpan tanpa terisi penuh, timbal sulfat dapat mengeras dan menjadi resisten untuk terurai menjadi timbal dioksida dan timbal murni.

Akibatnya, baterai kehilangan kapasitasnya, yang tidak dapat dipulihkan. Pastikan baterai terisi penuh pada sebagian besar siklus untuk mencegah sulfasi.

  • Debit Dalam

Pengosongan dalam yang berulang-ulang sulit dilakukan pada baterai SLA. Mungkin sulit untuk membatalkan proses kimiawi yang mengubah isi baterai menjadi air dan timbal sulfat jika benar-benar habis. 

Baterai dengan pelat besar dapat diisi ulang bahkan setelah habis sama sekali. Namun kalian harus mengisi ulang baterai sesegera mungkin setelah digunakan untuk menghindari pengosongan yang dalam.

  • Baterai Tahan Lama

Jika kalian berhati-hati saat mengisi daya baterai asam timbal tersegel, kalian dapat memperpanjang masa pakainya. Sebab lebih banyak baterai yang dirugikan oleh metode pengisian daya yang tidak tepat. 

Gunakan pengisi daya yang tepat setelah berkonsultasi dengan rekomendasi pabrikan. Sebagian besar pengisi daya dirancang untuk bekerja dengan satu jenis baterai SLA dan tidak boleh digunakan dengan baterai berbeda.

Pengisi daya CCCV membatasi kemungkinan pengisian berlebih atau kekurangan pengisian, dan meningkatkan masa pakai baterai yang dapat digunakan dengan menggunakan mikrokontroler untuk menentukan suhu, voltase, dan SOC arus.

Saat ini, baterai 12V 12Ah harganya sekitar Rp. 450.000 per unit. Kalau spesifikasinya untuk sepeda listrik 36V 12Ah, harganya 3 kali lipat Rp. 450.000 atau Rp. 1.350.000. 

Kalau spesifikasinya untuk sepeda 48V 12Ah, harganya 4 kali lipat dari Rp. 450.000 atau Rp. 1.800.000. Meski terkesan mahal, namun sama dengan membeli bensin selama tiga sampai empat tahun.

Baca juga : Pengertian Aki Motor, Fungsi dan Tips Merawat, Wajib Tahu!

Baterai pada kendaraan listrik merupakan salah satu komponen yang penting dan lebih mahal. Banyak kendaraan listrik terhenti hanya karena harganya. Elemen terpenting dalam kendaraan listrik tersebut yakni baterai SLA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here