Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga, Mana yang Lebih Unggul?

0
108
Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga, Mana yang Lebih Unggul?
Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga, Mana yang Lebih Unggul?

Komponen mesin kendaraan merupakan hal utama menentukan performanya. Salah satu istilah pada kendaraan adalah torsi dan power. Ada perbedaan antara torsi dan tenaga yang perlu kalian ketahui.

Baca juga: Teknologi Crumple Zone, Fitur Perlindungan saat Kecelakaan

Pada dasarnya, torsi dan power merupakan istilah yang sama, namun memiliki makna berbeda. Banyak orang mengartikan kedua istilah ini dengan makna sama. Padahal keduanya sangat berbeda, baik dari segi definisi maupun keunggulan

Selain itu, masih banyak pengguna kendaraan motor maupun mobil yang belum mengetahui kegunaan torsi. Maka dari itu, untuk melihat performa kendaraan, kalian perlu mengetahui perbedaan antara torsi dan tenaga. Selain itu, adapun kegunaan dari kedua istilah ini.

Apa Itu Torsi Pada Kendaraan?

Apa Itu Torsi Pada Kendaraan?
Apa Itu Torsi Pada Kendaraan?

Torsi dapat diartikan sebagai gaya dorong yang dapat diproduksi oleh mesin kendaraan. Sebetulnya, karakter mobil sudah dirancang untuk meningkatkan performanya. Penting diketahui, dorongan ini terjadi akibat antara piston dan engkol.

Alhasil, kendaraan mampu menghasilkan putusan yang bergerak. Dalam kata lain, torsi bertujuan untuk menggerakan mobil yang semulanya diam menjadi bergerak. Jika mobil menghasilkan torsi tinggi, maka laju kendaraan akan semakin tinggi juga.

Hal penting lainnya torsi membantu powerplant bekerja dengan mudah. Jadi, ketika kendaraan berjalan di jalan yang menanjak, mobil akan mudah untuk berjalan. Komponen ini menjadi dasar penting yang harus ada di setiap jenis kendaraan.

Apa Itu Power Pada Kendaraan?

Perbedaan antara torsi dan tenaga terbukti dari definisi dasarnya. Jika torsi merupakan gaya dorong mobil, maka power merupakan daya yang dikeluarkan mobil untuk mencapai kecepatan tertinggi.

Pada dasarnya, mobil dengan tenaga tinggi akan memiliki kecepatan lebih baik. Salah satu mobil yang memiliki power tinggi yakni mobil balap. Umumnya, kendaraan tersebut memiliki tenaga hingga ratusan Horse Power. 

Hal itu dikarenakan, mobil balap didesain untuk mengejar kecepatan paling tinggi, dalam arti lain kecepatan yang tidak dimiliki kendaraan umumnya. Kecepatan tersebut dipengaruhi oleh panjang gagang di mesin. 

Jika gagang yang dihasilkan semakin tinggi, maka semakin sedikit power yang dihasilkan untuk melaju. Tenaga juga bisa diartikan kecepatan yang dihasilkan dari dorongan.

Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga Pada Mobil

Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga Pada Mobil
Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga Pada Mobil

Ada beberapa perbedaan torsi dan tenaga. Lebih lanjut, berikut ini merupakan perbedaan mendasar dari kedua istilah tersebut.

Perbedaan dari Segi Peran

Perbedaan antara torsi dan tenaga pertama yakni dari segi peran. Seperti diketahui, torsi digunakan untuk mengatur putaran mesin. Efek yang adanya komponen ini membuat kendaraan yang semulanya diam menjadi bergerak.

Setelah perannya berhasil, maka komponen ini akan menyalurkan ke roda, gardan, dan transmisi. Berbeda dengan power yang memiliki peran ketika mobil sudah bergerak. Power akan menghasilkan besar kecilnya kecepatan mobil. 

Pengaruh yang Dihasilkan

Selain melihat dari segi peran, kalian juga akan merasakan pengaruh dari keduanya. Pengaruh torsi berkaitan dengan akselerasi. Adanya dorongan akan mempengaruhi pergerakan mobil.

Sedangkan pada tenaga akan berpengaruh pada kecepatan. Kecepatan ini dipengaruhi panjangnya piston di mesin mobil. Semakin panjang piston, maka kecepatan kendaraan akan semakin lebih tinggi. 

Cara Kerja Kedua Komponen

Perbedaan antara torsi dan tenaga berikutnya yakni dari segi cara kerja. Alat penggerak memiliki asal usul dari adanya ledakan power yang terjadi di ruang bakar mesin kendaraan. Kemudian, power itu akan disalurkan ke roda, gardan, hingga transmisi.

Nantinya, roda mobil akan mengalami pergerakan. Sedangkan pada power, akan bekerja ketika mobil sudah bergerak. Semakin cepat laju kendaraan maka semakin tinggi juga tenaga yang dihasilkan. 

Rumus Pencarian

Tidak kalah penting dari perbedaan antara torsi dan tenaga lainnya, adapun perbedaan dari segi rumus pencarian. Penting diketahui, rumus mencari besaran alat penggerak didapatkan dari perkalian antara gaya serta jarak titik rotasi.

Berbeda dengan energi yang didapatkan dari hasil perkalian nilai torsi dengan RPM. Revolusi Per Menit Atau RPM adalah unit untuk frekuensi. 

Umumnya, kalian gunakan sebagai satuan menunjukkan besaran kecepatan. Dalam arti lain, kedua komponen ini memiliki hubungan saling bersangkutan satu sama lain. 

Satuan dan Pengaturan

Perbedaan antara torsi dan tenaga tersebut yakni terlihat dari satuan dan pengukuran. Dikarenakan rumus keduanya berbeda, maka satuannya pun ikut berbeda. Pada alat penggerak memiliki satuan berupa Newton meter atau Nm. 

Sedangkan pada tenaga memiliki besaran Horsepower atau Hp. Biasanya, besaran tenaga juga dikenal dengan PS. Pengaturan kedua komponen ini tentunya juga sangat berbeda. 

Nilai alat penggerak pada dasarnya bisa dimodifikasi. Untuk melakukan modifikasi tersebut kalian melakukan perubahan pada komponen gearbox. Sebetulnya besaran didi gearbox dapat memengaruhi besaran komponen ini.

Sedangkan pada tenaga tidak dapat dimanipulasi. Jadi, besaran kecepatan tetap bergantung pada panjang piston mobil. Hal ini menjadi ciri khas tenaga kendaraan. 

Perbedaan dari Segi Kinerja

Perbedaan antara torsi dan tenaga terakhir yakni dari segi kinerja. Untuk mengetahui kinerja keduanya, perlu praktik secara langsung. Kalian bisa mempraktekkan menggunakan mobil matik dengan transmisi CVT. 

Dalam transmisi ini mengatur gigi rasio secara konstan, sehingga menjaga tenaga hingga puncak maksimal tenaga. Ketika kalian ingin menginjak gas gradual dan berpatok di putaran mesin, maka alat penggerak akan berakselerasi lebih cepat. 

Kalian juga bisa mempertahankan putaran mesin sesuai dengan tenaga puncak berada. Selain itu, ketika kalian ingin menaikkan kecepatan setelah akselerasi, maka gas dapat ditambahkan hingga 6000 RPM. 

Peristiwa ini merupakan cara bagaimana tenaga bekerja secara maksimal. Maka dari itu, penting mengetahui kinerja kedua komponen ini.

Fungsi Torsi Pada Kendaraan

Setelah mengetahui perbedaan antara torsi dan tenaga, adapun fungsi dari komponen yang satu ini. Alat penggerak mobil umumnya berfungsi mempengaruhi akselerasi mobil. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, komponen ini menghasilkan akselerasi.

Dalam arti lain, akan ditransfer terlebih dahulu ke roda. Nantinya, komponen ini bisa dimanipulasi sesuai kebutuhan kendaraan. Cara merubahnya terbilang cukup mudah, kalian hanya perlu mengubah susunan gigi transmisi mobil. 

Apabila car aini berhasil, maka akan menghasilkan akselerasi baik pada kendaraan. Jadi, fungsi komponen ini sangat penting untuk mengatur putaran mesin, sehingga mobil bisa bergerak. Tanpa adanya torsi, kendaraan tidak dapat berjalan.

Hubungan Torsi dan Tenaga Pada Mobil

Hubungan Torsi dan Tenaga Pada Mobil
Hubungan Torsi dan Tenaga Pada Mobil

Selain terdapat perbedaan, adapun hubungan antara alat penggerak dan tenaga pada mobil. Meskipun memiliki sejumlah perbedaan, namun peran keduanya sangat berkaitan erat. Pada dasarnya, besaran tenaga sejalan dengan peran torsi. 

Semakin besar tenaga yang dihasilkan, maka akan semakin cepat juga akselerasi kendaraan untuk mencapai kecepatan maksimum. Tanpa adanya kinerja torsi secara maksimal, semua orang tidak dapat merasakan titik maksimum kecepatan kendaraan. 

Hal tersebut menjadi alasan mengapa kedua komponen ini sangat penting. Meskipun saling berkaitan satu sama lain, namun torsi berbeda dengan tenaga. Satuan tenaga ini biasa dikenal dengan Horse power atau Hp. 

Mana yang Lebih Unggul?

Pada dasarnya, baik alat penggerak maupun tenaga memiliki peran penting pada mesin mobil. selain itu, keduanya juga menjadi penilaian seberapa baiknya performa kendaraan. 

Akan tetapi, jika dihadapkan dengan suatu pilihan, maka kalian bisa melihat sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika kalian melewati jalanan datar seperti tol sebaiknya gunakan power.

Akan tetapi, jika kalian melewati jalanan menanjak, penggunaan torsi merupakan cara paling efektif. Tidak hanya itu, mobil dengan jumlah penumpang banyak seperti travel juga memerlukan alat penggerak kendaraan yang tinggi.

Pasalnya, kendaraan berat lebih membutuhkan kekuatan dibanding dengan kecepatan. Maka dari itu, melihat kebutuhan kendaraan merupakan hal terpenting untuk memilih kedua komponen ini.

Jadi, sudah tahu perbedaan antara torsi dan tenaga, bukan? Perbedan tersebut terlihat dari definisi, cara kerja, pengaruh, peran, hingga kinerja keduanya. Rumus pencarian kedua komponen ini juga berbeda.

Besaran alat pembantu gerak kendaraan biasa dikenal Newton meter atau Nm. Sedangkan pada power biasa dikenal dengan Horse power atau Hp. Untuk melihat keunggulan komponen tersebut, tentu bisa menyesuaikan sesuai kendaraan.

Penggunaan power bisa kalian gunakan ketika mengendarai di jalan yang datar, salah satunya jalan tol. Pada alat penggerak mobil bisa kalian gunakan ketika mengendarai di jalan menanjak.

Baca juga: Teknologi SHVS Sedang Berkembang di Dunia Otomotif

Perbedaan antara torsi dan tenaga ini menjadi pertanda bahwa tidak semua kendaraan memiliki performa sama. Maka dari itu, fungsi dan perannya penting untuk semua orang ketahui. Keunggulannya juga bisa kalian pakai sesuai kebutuhan. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini