Gojek Uji Coba Motor Listrik, Lebih Menguntungkan Semua Pihak

0
95
Gojek Uji Coba Motor Listrik, Lebih Menguntungkan Semua Pihak
Gojek Uji Coba Motor Listrik, Lebih Menguntungkan Semua Pihak

Gojek uji coba motor listrik beberapa waktu belakangan ini. Penggunaan jenis kendaraan satu ini disinyalir lebih menguntungkan bagi semua pihak. Pihak GOjek sendiri mengklaim kalau penggunaan motor listrik jauh lebih efisien dibandingkan dengan jenis motor biasa.

Baca juga: Tarif Kirim Motor Menggunakan POS Indonesia 2022

Pihak Gojek Jakarta terus melakukan riset secara mendalam terkait penggunaan kendaraan listrik ini. Hingga saat ini, pihak Gojek sendiri sudah menguji ratusan kendaraan listrik dan masih menunggu fakta-fakta yang dihasilkan di lapangan.

Corporate Affairs Gojek sendiri yang membenarkan informasi satu ini. Teuku Parvinanda yang mewakili Gojek dalam webinar ‘Mengulik Sustainability Sektor Transportasi Lewat Teknologi’ pada bulan 2022 lalu mengungkap kalau penggunaan motor listrik jauh lebih pas bagi layanan transportasi seperti Gojek.

Kenapa Gojek Uji Coba Motor Listrik ?

Gojek Uji Coba Motor Listrik, Lebih Menguntungkan Semua Pihak_Kenapa Gojek Uji Coba Motor Listrik ?
Gojek Uji Coba Motor Listrik, Lebih Menguntungkan Semua Pihak_Kenapa Gojek Uji Coba Motor Listrik ?

Ada banyak sekali alasan yang mendasari kenapa Gojek melakukan uji coba terhadap motor listrik bari para mitranya. Salah satunya adalah benefit yang bisa didapat dari penggunaan motor listrik itu sendiri. 

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan pihak Gojek, ada 3 poin utama yang bisa didapat dari penggunaan jenis kendaraan satu ini.

  • Lebih Hemat Biaya

Alasan Gojek uji coba motor listrik pertama kenapa motor listrik harus digunakan adalah karena lebih hemat. Pihak Gojek sendiri mengatakan kalau efisiensi satu ini sangat penting bagi para mitra Gojek. Riset membuktikan kalau penggunaan motor listrik membuat seorang mitra bisa meminimalisir pengeluaran mereka hingga Rp700 ribu perbulannya.

Jika seorang driver terbiasa memiliki penghasilan 3 juta rupiah per bulannya, maka penggunaan motor listrik ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan penghasilan hingga Rp3,7 juta perbulan. Ini tentu akan berdampak sangat besar terhadap perekonomian dalam negeri.

  • Penggantian daya lebih cepat

Alasan lain kenapa Gojek uji coba motor listrik adalah efisiensi dalam penggantian daya. Ketika menggunakan bahan bakar biasa, seorang driver Gojek harus mencari Pom Bensin terdekat dan mengantri untuk melakukan pengisian BBM.

Namun hal ini sama sekali tidak perlu dilakukan karena penggantian baterai motor listrik bisa dilakukan sendiri. Bahkan proses penggantiannya bisa dilakukan hanya dalam waktu satu menit saja. Ini membuat mitra bisa menjangkau konsumen dalam waktu yang jauh lebih cepat.

  • Ramah Lingkungan

Riset lain juga membuktikan kalau penggunaan motor listrik ini jauh lebih ramah terhadap lingkungan. Emisi yang dihasilkan nyaris nol dan senada dengan program Go Green yang sedang dicanangkan oleh para pecinta Bumi di berbagai belahan dunia.

Ini alasan lain kenapa Gojek uji coba motor listrik. Penerapan jenis kendaraan satu ini akan menurunkan tingkat polusi dalam negeri sekaligus membuat hidup masyarakat jauh lebih sehat. Tentunya ini merupakan dampak jangka panjang yang akan didapat.

5000 Motor Listrik Akan Diuji Coba Oleh Gojek

Gojek sendiri memiliki misi nol karbon pada tahun 2030 nanti. Demi merealisasikan hal tersebut, tim GOjek akan melakukan uji coba terhadap 5000 unit motor listrik di tahun 2022 ini. Tentu saja proses uji coba ini akan dilakukan secara berkala.

Namun percobaan pertama sudah dilakukan di wilayah Jakarta Selatan sejak tahun lalu. Dalam hal ini, Amanda Parikesit yang menjabat sebagai Head of Global Transport Marketing Gojek mengungkap kalau inovasi akan terus dilakukan hingga visi dan misi Gojek benar-benar tercapai.

Gojek sendiri berusaha memastikan untuk menguatkan infrastruktur kendaraan listrik dan meningkatkan ekosistemnya secara berkala dalam beberapa tahun kedepan. Pada dasarnya, alasan utama kenapa Gojek uji coba motor listrik adalah demi meningkatkan kenyamanan dan kepuasan konsumennya.

Jadi Gojek tidak hanya berupaya untuk melakukan pengadaan motor listrik, tapi juga memastikan kalau infrastruktur untuk jenis kendaraan tersebut benar-benar tersedia. Tentu saja dibutuhkan kerjasama dari semua pihak demi merealisasikan visi dan misi ini.

Saat Gojek uji coba motor listrik, periode pertama akan dilakukan uji coba terhadap 5000 armada dengan target jarak tempuh kurang lebih 1 juta km. Fasilitas uji coba motor listrik ini juga disediakan secara gratis bagi semua mitra driver yang ingin menjajal kemampuannya. 

Syarat uji coba juga terbilang mudah karena pihak driver atau mitra hanya perlu melakukan registrasi secara online atau mendatangi kantor operasional untuk mendaftarkan diri dan menunggu giliran uji coba. Namun untuk sementara ini, uji coba hanya tersedia di wilayah Jakarta Selatan saja.

Disambut Positif Oleh Mitra dan Konsumen Gojek

Gojek Uji Coba Motor Listrik, Lebih Menguntungkan Semua Pihak_Disambut Positif Oleh Mitra dan Konsumen Gojek
Gojek Uji Coba Motor Listrik, Lebih Menguntungkan Semua Pihak_Disambut Positif Oleh Mitra dan Konsumen Gojek

Inovasi yang sedang dikembangkan oleh gojek ini ternyata disambut dengan sangat positif oleh para mitra driver dan konsumen di seluruh Indonesia. Terlebih lagi dengan berbagai jaminan yang diberikan oleh Gojek terkait inovasi Gojek uji coba motor listrik tersebut.

Dalam merealisasikan penggunaan kendaraan listrik ini, Gojek bekerjasama dengan pihak PT. TBS Energi Utama Tbk dan menghasilkan sebuah korporasi bernama Electrum. Perusahaan ini juga bekerjasama dengan Gesits, Gogoro dn PT Pertamina (Persero) dan penguatan ekosistem kendaraan listrik dalam negeri.

Hal yang membuat Gojek uji coba motor listrik secara masif adalah respon yang sangat positif dari para motra driver dan konsumen yang menggunakan layanan transportasi itu sendiri. Fakta ini didapat dari hasil uji coba yang sudah dilakukan sebelumnya oleh perusahaan. 

Terbukti kalau para mitra driver dan konsumen menyambut positif penggunaan kendaraan listrik yang sedang dirancang oleh Gojek. Mereka mengklaim kalau penggunaan kendaraan jenis ini memberikan kenyamanan yang lebih maksimal baik untuk driver maupun untuk penumpang.,

Hingga saat ini ada ratusan kendaraan motor listrik yang sudah dikendarai oleh para driver Gojek di Jakarta. Tentu saja kedepannya jumlah kendaraan listrik yang digunakan akan jauh lebih banyak. Diharapkan keberadaan motor listrik ini bisa memberikan dampak positif terhadap dunia perhubungan dan transportasi dalam negeri.

Pesanan Gojek Meningkat Dua Kali Lipat

Semenjak Gojek uji coba motor listrik, jumlah pesanan yang diberikan oleh konsumen tercatat mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan jumlah pesanan tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat.

Tentunya ini merupakan bukti kalau kepercayaan konsumen terhadap kendaraan listrik terbilang sudah sangat baik. Antusiasme masyarakat terhadap kendaraan listrik ini akan menjadi modal utama dari Gojek untuk menjangkau pasar yang jauh lebih luas kedepannya. 

Karenanya inovasi akan terus dilakukan demi memenuhi ekspektasi pasar. Ada banyak pihak yang akan terlibat dalam pengadaan dan realisasi motor listrik ini di pasaran nantinya. hal ini bertujuan untuk menghadapi jumlah pesanan yang akan terus meningkat kedepannya.

Diharapkan peningkatan jumlah pesanan ini akan mampu diimbangi oleh pengadaan kendaraan listrik yang sesuai bagi para mitra dan konsumen. Dengan berbagai benefit yang bisa didapat dari motor listrik, tentu saja masyarakat juga akan mendapatkan 

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Berdasarkan Uji Coba Gojek

Gojek Uji Coba Motor Listrik, Lebih Menguntungkan Semua Pihak_Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Berdasarkan Uji Coba Gojek
Gojek Uji Coba Motor Listrik, Lebih Menguntungkan Semua Pihak_Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Berdasarkan Uji Coba Gojek

Setelah Gojek uji coba motor listrik, terdapat beberapa kesimpulan yang memperlihatkan keunggulan dari motor listrik itu sendiri. Tentunya alasan ini menjadi pemicu percepatan ekosistem kendaraan listrik yang akan diusung oleh GoTo. 

  • Kelebihan Motor Listrik

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh motor listrik berdasarkan uji coba yang sudah dilakukan oleh pihak Gojek sejak akhir tahun 2021 lalu. 

  1. Motor listrik disinyalir lebih nyaman untuk digunakan baik bagi driver maupun bagi penumpang.
  2. Tarikan kendaraan jauh lebih halus dibandingkan kendaraan biasa
  3. Terbukti lebih hemat energi karena baterai kendaraan listrik bisa digunakan untuk menyusuri jarak ratusan kilometer.
  4. Memberikan penghasilan yang jauh lebih besar bagi mitra Gojek, bahkan estimasi pertambahan penghasilannya berkisar antara 500 hingga 700 ribuan.
  5. Meningkatkan kepuasan konsumen dan mitra Gojek.
  6. Penggantian baterai sangat cepat dan mudah untuk dilakukan

Beberapa keunggulan yang sudah kami jelaskan di atas tentunya menjadi alasan utama kenapa Gojek uji coba motor listrik. Namun ternyata tidak hanya keunggulan di atas saja, masih ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh jenis kendaraan satu ini. 

  • Kekurangan Motor Listrik

Selain beberapa kelebihan yang sudah kami jelaskan di atas, ternyata ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kendaraan motor listrik ini. Tentu saja beberapa kekurangan di bawah ini menjadi bahan pertimbangan yang harus segera diperbaiki.;

  1. Ekosistem motor listrik yang belum kuat di berbagai wilayah Indonesia
  2. Infrastruktur kendaraan listrik yang masih harus dikembangkan
  3. Sparepart masih jarang ditemukan
  4. Kesadaran mitra dan konsumen terhadap kendaraan listrik masih sangat minim.
  5. Kendaraan listrik dibanderol dengan harga yang lebih tinggi di pasaran.

Baca juga: PLN Tambah SPKLU Untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik

Beberapa kekurangan yang sudah kami jelaskan di atas tentunya menjadi beberapa poin utama yang harus dipertimbangkan oleh Gojek dan partnernya. Jika tidak, tujuan Gojek uji coba motor listrik di negeri ini akan sedikit sulit untuk direalisasikan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here