Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat

0
87
Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat
Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat

Panduan tentang menghindari pencurian motor termasuk cukup penting bagi warga Indonesia. Tentu disebabkan karena pengguna kendaraan roda dua sangat besar. Selain itu masih memiliki harga yang terbilang cukup besar.

Baca juga: Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin Awet

Tidak heran jika banyak para penjahat melakukan banyak cara memiliki kendaraan orang lain. Mereka mencuri demi bisa menjual kembali motor tersebut. Pastinya kita harus waspada supaya tidak sampai terjadi masalah.

Apalagi pada masa sekarang, kejahatan selalu dilakukan dengan rencana tepat. Bahkan mereka memiliki alat khusus untuk menjalankan aktivitas sehingga tambah berbahaya. Jadi, tidak ada salahnya menghindari dengan maksimal.

Terlebih berkaitan dengan menghindari pencurian motor bukan menjadi hal yang dipaksakan. Melainkan menjadi kewajiban yang harus dilakukan setiap pemilik kendaraan. Tujuannya supaya aman dan kejahatan bisa dihindari dengan tepat.

Perlu diketahui kalau kejahatan semacam ini bisa terjadi di manapun. Baik tempat luar maupun rumah sendiri tetap berisiko terjadi masalah tersebut. Sangat krusial untuk setiap orang mengagungkan keamanan pada motor.

Berkaitan dengan langkah untuk menghindari ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah simple atau basic. Termasuk kalau dibutuhkan beberapa tools atau alat tambahan. Begitu juga trik menyimpan dan security penting lainnya.

Menghindari Pencurian Motor dengan Berbagai Kunci

Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling TepatMenghindari Pencurian Motor dengan Berbagai Kunci
Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat_Menghindari Pencurian Motor dengan Berbagai Kunci

Kunci ternyata dapat menjadi alat terbaik menjaga keamanan setiap barang berharga. Khusus untuk motor kita dapat memanfaatkan banyak alat berbeda. Termasuk yang sudah ada dalam kendaraan tersebut supaya tambah maksimal.

  • Kunci Stang ke Kanan

Tidak mengunci motor merupakan kesalahan terbesar bagi pemilik kendaraan tersebut. Apalagi dapat menjadi alasan utama seseorang melakukan kejahatan. Jadi, perlu menghindari pencurian motor dengan cara kunci stang ke kanan.

Setiap kendaraan roda dua sekarang telah dilengkapi dengan alat pengunci khusus. Pastikan untuk tidak melakukannya ke arah kiri melainkan sebaliknya. Terutama karena trik ini dipastikan membuat keamanan terjaga sempurna.

Anda telah mengetahui pemakaian kunci T sebagai tools maling paling bahaya. Tapi kalau mengunci menuju arah kanan dijamin penjahat kesulitan melakukan. Jadi, jangan sampai menuju kiri disebabkan kanan sulit terbobol.

  • Mengunci Rem Cakram

Mengunci rem cakram mungkin dianggap sebagai hal yang menyulitkan saat Anda lakukan. Terutama karena membutuhkan gembok khusus untuk menjaga ban tidak bergerak. Meski begitu karena efektif, pastinya disarankan untuk dilakukan.

Supaya tambah baik, disarankan agar menggunakan kunci cakram untuk ban depan dan belakang. Satu buah cakram bisa dilengkapi dengan 3 gembok berbeda. Maling manapun yang mendekati pasti dijamin selalu menyerah.

  • Kunci Tuas Rem

Kunci tuas rem dapat menjadi langkah menghindari pencurian motor bagus lainnya. Langkah ini dilakukan dengan mengunci kuas rem agar ditekan terus. Kemudian tidak mungkin dapat digunakan atau dijalankan orang lain.

Mengeram bagian tuas ini bisa dilakukan langsung jika terdapat fitur tersebut pada kendaraan. Tapi kalau tidak memiliki tools bisa memakai alat tambahan lain. Tidak lain supaya manfaatnya sebagai security dirasakan.

Mengatasi Pencurian Sepeda Motor Pakai Rantai dan GPS

Langkah menghindari pencurian motor memakai rantai sebenarnya selalu boleh Anda coba. Apalagi dapat mengaitkan antara rantai dengan beberapa benda kuat. Misalnya beton rumah, pohon dan sebagainya supaya tambah maksimal.

Pastinya bisa dilakukan terlebih jika menganggap memakai kunci saja kurang cukup. Jadi, sangat diharapkan menambahkan rantai dan mengikat pada benda tepat. Kemudian tidak mungkin bisa diangkut maupun dibawa orang lain.

Dapat dikatakan rantai selalu membuat pencuri langsung menyerah waktu melihat. Tentunya masih terdapat kunci gembok tambahan di dalamnya. Belum lagi nantinya perlu dipotong dan membutuhkan usaha terlalu banyak.

Alternatif cara lainnya yang bagus adalah mencoba menutup bagian busi. Bahkan Anda disarankan untuk mencabut sekalian busi pada kendaraan tersebut. Lalu dapat menutupnya kembali sehingga tidak mungkin dapat dinyalakan.

Sebenarnya cara ini kebanyakan dipakai oleh orang yang meninggalkan dalam waktu lama. Meski begitu bisa diikuti karena manfaat sebagai security. Jadi, sudah tidak bisa diangkut bahkan dinyalakan saja berubah mustahil.

Demi memaksimalkan keamanan, memasang gps juga boleh dilakukan agar menghindari pencurian motor. Kalau memakai gps, bisa mengetahui letak atau lokasi menyimpan kendaraan. Tentu bisa memastikan lokasinya selalu tetap.

Kalaupun terdapat perubahan, kita bisa mengetahui kapanpun terdapat perubahan lokasi. Bahkan hanya 1 meter sekalipun dapat diketahui memakai GPS. Bahkan jika sampai tercuri, bisa diketahui dan langsung melacaknya.

Menghindari Tercurinya Kendaraan yang Paling Penting

Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat_Menghindari Tercurinya Kendaraan yang Paling Penting
Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat_Menghindari Tercurinya Kendaraan yang Paling Penting

Sebenarnya berhubungan dengan menghindari pencurian motor, masih banyak langkah bisa dilakukan. Contohnya mencoba memilih tempat parkir tepat setiap waktu. Bukan hanya di rumah melainkan saat berada di tempat lain.

Kalau berada di tempat keramaian, disarankan memilih yang ada tukang parkir. Biasanya kita memang harus membayar biaya untuk parkir. Tapi dijamin aman disebabkan terjaga langsung oleh petugas atau tukang parkirnya.

Bukan hanya itu, tapi tempat parkir semacam ini juga menjaga barang pada motor. Misalnya meninggalkan helm maupun beberapa barang lainnya. Bahkan pada beberapa tempat parkir terjaga juga memberikan garansi terbaik.

Untuk menambahkan keamanan, menempel stiker pengenal juga bisa menghindari pencurian motor. Sebenarnya langkah ini bisa membuat Anda mengenali dengan jelas kendaraannya. Jadi, pihak maling akan berpikir banyak untuk mencuri.

Umumnya boleh memasang stiker tersebut pada bagian mudah dilihat. Mulai dari dashboard atau batok lampu dapat menjadi pilihan baik. Tentunya mudah dilihat dan bisa segera memberi tahu kalau terjadi kemalingan.

Usaha menghindari pencurian motor juga bisa ditambahkan lagi dengan memasang selimut atau penutup. Sebenarnya cara ini efektif dalam menghambat maling bekerja. Mereka butuh waktu lama untung melepas selimut pada kendaraan.

Apalagi kalau disimpan pada tempat gelap, bahkan mereka tidak bisa melihat. Jadi, pemilihan tempat parkir yang gelap demi menjaga keamanan boleh dilakukan. Tapi pastikan terdapat kamera CCTV sehingga mampu memantaunya.

Pentingnya Memanfaatkan Teknologi dan Alarm Maling

Pada masa sekarang, kita bisa menemukan beragam teknologi pengaman untuk kendaraan tercipta. Pastinya efektif dijadikan sebagai tools menghindari pencurian motor. Misalnya wajib memakai teknologi Side Stand Switch.

Manfaat Side Stand Witch ini sendiri membuat maling merasa sangat repot. Bahkan mereka tidak mampu menjalankan kendaraan karena mati. Tidak lain saat bagian standar samping pada motor tersebut masih berdiri.

Tapi sayangnya tidak semuanya sudah memiliki Side Stand Switch sebagai keamanan. Jadi, kalau dilengkapi dengan tools tersebut wajib diaktifkan. Tentu untuk selamanya karena kejahatan bisa datang kapan saja.

Supaya hati semakin tenang, tidak ada salahnya juga memasang alarm tambahan. Walau tidak dari pabrikan, Anda bisa memasang alarm sendiri yang murah. Pemasangan juga sederhana sehingga kemungkinan boleh dilakukan sendiri.

Pastinya alarm terkenal mampu menghindari pencurian motor terjadi kapanpun. Apalagi kalau sudah menyala, maling tidak mungkin melanjutkan aktivitas. Melainkan langsung kabur disebabkan bunyi alarm tersebut yang keras.

Sementara itu teknologi lainnya yang pantas dipertimbangkan adalah memasang keyless ignition system. Dulunya kita harus memakai kunci kalau ingin menutup bagian lubangnya. Tapi teknologi ini mengganti memakai remote.

Dalam artian jika ingin menutup maupun membuka lubang kunci harus memakai remote tersebut. Keyless ignition system termasuk sistem paling kuat dan sulit terbobol. Artinya maling menyerah seketika jika sudah melihatnya.

Mengatasi Pencurian Sepeda Motor Dengan Garasi

Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat_Mengatasi Pencurian Sepeda Motor Dengan Garasi
Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat_Mengatasi Pencurian Sepeda Motor Dengan Garasi

Selain menyiapkan berbagai tools, salah satu menghindari pencurian motor krusial yaitu memasukkan ke dalam garasi. Kalau Anda memiliki kebiasaan membiarkan di luar rumah harus berhenti. Terutama karena berisik diawasi maling.

Mungkin tidak langsung melancarkan aksi tetapi memperlihatkan lingkungan sekitar dulu. Kalau menganggap tidak ada gangguan bisa dicuri dengan cepat. Jadi, wajib memasukkan pada garasi atau rumah sekalian sehingga aman.

Sementara itu mengenai masalah maling juga bisa terjadi dalam bentuk begal. Untuk mengatasinya yaitu menghindari jalanan sepi terutama saat malam hari. Apalagi penjahat tidak ragu melihat korban wanita maupun pria.

Demi menghindari pencurian motor berupa begal, pastikan juga memiliki teman saat pulang larut malam. Tidak menutup kemungkinan untuk pulang dengan rombongan sekalian. Tujuannya agar semakin safe dan begal tidak berani.

Berbagai cara tersebut tergolong sebagai langkah paling penting untuk setiap pemilik kendaraan. Apalagi kalau tidak ingin masalah buruk terjadi pada motor Anda. Terlebih dengan besarnya risiko muncul pada masa sekarang.

Pada umumnya setiap masyarakat memiliki langkah berbeda dalam menjaga sepeda motor mereka tetap aman. Tapi pastikan hanya memakai semua trik yang telah disajikan. Buktinya banyak orang menghindari tidak ada pencurian.

Baca juga: Daftar Motor Terlaris Sepanjang Masa yang Mengejutkan

Walau melakukan banyak penjagaan keamanan dan dianggap berlebihan, jangan terpengaruh. Lebih baik melakukan pengamanan ganda dibanding menyesal pada kemudian hari. Artinya tips menghindari pencurian motor sangat krusial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here