Info Lengkap Syarat Nyicil Motor Listrik Subsidi Indonesia

0
70
syarat nyicil motor listrik subsidi
syarat nyicil motor listrik subsidi

Saat ini pemerintah Indonesia tengah menggalakkan program kendaraan listrik bersubsidi, sehingga syarat nyicil motor listrik subsidi tersebut bisa kalian cari informasinya. Terlebih dengan program ini, kita bisa mendapatkan kendaraan dengan harga jauh lebih murah.

Baca juga: Cara Mengurus BPKB Hilang beserta Biayanya

Karena program ini mungkin masih belum terlalu familiar bagi beberapa kalangan, maka ketahuilah informasi lengkapnya terlebih dahulu. Dengan begitu, kalian bisa memutuskan untuk ikut serta pada program subsidi tersebut atau tidak.

Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa simak selengkapnya melalui artikel yang telah terangkum di bawah ini!

Mengenal Konsep dan Syarat Nyicil Motor Listrik Subsidi di Indonesia

Mengenal Konsep dan Syarat Nyicil Motor Listrik Subsidi di Indonesia
Mengenal Konsep dan Syarat Nyicil Motor Listrik Subsidi di Indonesia

Usaha untuk membuat kendaraan beralih ke listrik agar lebih hemat energi sekaligus menjaga keseimbangan alam semakin gencar dilakukan oleh pemerintah. Maka tidak mengherankan, saat kalian cek syarat nyicil motor listrik subsidi, ternyata cukup mudah.

Agar lebih kenal dengan program ini, maka ada beberapa poin penting yang perlu kalian ketahui, di antaranya:

Pengertian

Jika menjabarkan satu per satu, mari kita mulai dari pengertian masing-masing komponen program ini lebih dahulu. Motor ini merupakan kendaraan roda dua, seperti motor biasa, namun menggunakan energi listrik dengan bantuan baterai sebagai penggerak atau bahan bakarnya. 

Jadi, saat kalian menggunakan motor ini, maka proses pengisian dayanya dengan cara pengecasan. Sedangkan subsidi merupakan suatu bantuan dalam wujud keuangan dari pemerintah untuk bisnis, masyarakat, serta sektor ekonomi. 

Maka dalam konsep pembahasan kali ini, pemerintah berarti memberikan bantuan subsidi keuangan dalam bentuk pengurangan harga, bantuan uang, ataupun diskon untuk pembelian motor maupun mobil listrik. 

Penyerahan berbagai subsidi tersebut merupakan bagian dari Program Percepatan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan lebih sering kita sebut menjadi mobil dan motor listrik.

Insentif untuk pembelian bagi masyarakat yang memenuhi syarat nyicil motor listrik subsidi ini adalah sebanyak Rp6,5 juta. Keputusan ini cukup memberikan keringanan bagi banyak masyarakat, terlebih ketika melihat pasar kendaraan roda dua lumayan besar. Seperti lumrahnya di negara demokrasi, ada juga pihak yang menyatakan bahwa program ini kurang tepat.

Terlepas dari itu, program ini terus berlanjut, di mana pemerintah bahkan sudah berencana untuk menggandeng pihak swasta. Tujuan kolaborasi ini adalah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan kendaraan yang lebih beragam.

Kerja sama ini juga bisa menjadi sarana membantu pemerintah dalam menyediakan ekosistem fasilitas otomotif yang masih butuh peningkatan. Tujuannya agar kendaraan ini bisa bersaing dengan ekosistem kendaraan Bahan Bakar Minyak (BBM)

Alasan Munculnya Program

Kehadiran program dengan syarat nyicil motor listrik subsidi yang tidak terlalu memberatkan ini tentu memiliki alasan tersendiri. Beberapa alasan pemberian program ini telah disampaikan oleh Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian, yaitu:

  • Cadangan Nikel yang Banyak

Indonesia ternyata merupakan negara yang mempunyai cadangan nikel terbesar di dunia. Di mana perlu kalian ketahui bahwa nikel adalah salah satu bahan baku untuk memproduksi segala jenis baterai.

  • Bantu Fiskal Negara

Dengan semakin banyaknya kendaraan berbasis kelistrikan, maka keadaan fiskal Negara Indonesia juga akan lebih terbantu. Hal ini karena pengurangan subsidi untuk BBM berbahan bakar fosil dapat berkurang drastis.

Seperti yang kita ketahui, anggaran subsidi BBM sudah cukup besar hingga saat ini. Dengan begitu, jika ada pengurangan, maka anggaran dana negara bisa beralih untuk hal penting lainnya.

  • Meningkatkan Investasi Kendaraan Bertenaga Listrik

Dengan program syarat nyicil motor listrik subsidi ini, maka otomatis jumlah pengguna kendaraan tersebut akan jauh lebih meningkat.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu sarana untuk menarik dan memaksa para investor ataupun produsen kendaraan ini agar segera merealisasikan investasinya.

  • Komitmen Mengurangi Karbon

Sebagai salah satu anggota komunitas global, cara ini bisa menjadi unjuk gigi bangsa Indonesia. Keikutsertaan ini berarti bahwa Indonesia telah memiliki komitmen kuat dalam upaya mengurangi karbon atau emisi.

Dengan keempat alasan tersebut, maka sudah terlihat bahwa Indonesia ingin segera merealisasikan diri menjadi negara dengan ekosistem kendaraan tersebut. Terlebih sudah ada contohnya di dunia, seperti negara-negara Eropa dan China.

Negara-negara tersebut juga melakukan insentif dengan syarat nyicil motor listrik subsidi cukup ringan agar budaya ini dapat terwujud.

Syarat Nyicil Motor Listrik Subsidi di Indonesia

Syarat Nyicil Motor Listrik Subsidi di Indonesia
Syarat Nyicil Motor Listrik Subsidi di Indonesia

Program ini memungkinkan kita untuk mencicil pembelian kendaraan tenaga elektrik tersebut, sehingga bisa mengangsur setiap bulannya. Untuk paket angsurannya, kalian bisa memanfaatkan paket cicilan dari Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Menariknya, biaya cicilan dalam syarat nyicil motor listrik subsidi tersebut hanya sekitar Rp200 ribuan per bulannya. Tapi untuk bisa mendapatkannya, maka ada beberapa syarat yang harus kita penuhi, seperti:

  • Syarat Subsidi

Beberapa persyaratan utama dalam pembelian kendaraan bersubsidi pemerintah Indonesia tersebut di antaranya adalah:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • NIK (Nomor Induk Keluarga)

Lalu perlu kalian pahami bahwa pada syarat nyicil motor listrik subsidi ini, untuk satu NIK hanya dapat melakukan pembelian satu unit kendaraan saja, ya. Jadi orang yang berada dalam satu Kartu Keluarga (KK), hanya bisa membeli satu motor saja.

  • Usia

Usia minimal pengaju cicilan pada program ini adalah sekitar 21 tahun, sedangkan batas maksimal usia yang diizinkan adalah 60 tahun saja

  • Pendapatan

Orang yang ingin mengajukan diri sebagai peserta program harus memiliki nominal gaji minimal sebesar Rp2 juta per bulannya

  • Tenor Khusus Pengguna Bank Himbara

Apabila kalian menerima gaji dari salah satu Bank Himbara, seperti BRI, Mandiri, BNI, serta BTN, amak ada tenor khusus. Di mana tenor maksimalnya bisa mencapai lima tahun dan tidak harus membayar uang muka lagi, atau DP 0%.

  • Tenor untuk Pengaju Non Bank Himbara

Lalu untuk pengaju yang tidak menggunakan Bank Himbara ketika mengajukan syarat nyicil motor listrik subsidi, maka tenor yang berlaku adalah empat tahun saja. Kemudian, kalian juga harus membayar uang muka sebanyak 10% dari harga kendaraan setelah mendapatkan potongan subsidi.

  • Penerima Salah Satu Manfaat Bantuan Pemerintah

Para konsumen yang ingin mengajukan dirinya dalam program ini juga harus memenuhi beberapa kriteria utama, yaitu penerima salah satu manfaat di bawah:

  • Bantuan produktif untuk usaha mikro
  • Bantuan subsidi upah
  • Subsidi listrik dalam jangkauan maksimal 900 VA
  • KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Daftar Kendaraan Penerima Subsidi

Per 5 Oktober 2023 lalu, totalnya sudah ada 34 motor yang bisa menjadi salah satu pilihan kalian. Di mana, secara umum syarat nyicil motor listrik subsidi tetap sama. 

Kemudian jumlahnya setiap bulan bisa terus bertambah, sehingga pilihan kalian akan lebih banyak lagi. Beberapa pilihan merek dan tipe kendaraan yang masuk dalam list tersebut adalah:

  • Alva: Alva One dan Alva Cervo.
  • Exotic: Exotic Mizone, Exotic Sterrato, Exotic Vito.
  • GreenTech: GreenTech Aero, GreenTech Scood, GreenTech VIP.
  • Sprinter: Sprinter AT, SprinterPro-Max.
  • Volta: Volta 401, Volta 402, Volta 403.
  • Smoot: Smoot Tempur, Smoot Zuzu.
  • Polytron PEV 30M1 A/T.
  • Selis: Selis Emax, Agats, Selis Go Plus.
  • Yadea: Yadea T9, Yadea E8S Pro, Yadea g6.
  • Viar Q1.
  • Enine V5Lit.
  • Rakata: Rakata S9, Rakata X5, Rakata Raya.
  • Gesits: Gesits Raya, Gesits G1.
  • Quest Atom.
  • United: United MX1200 AT, United T1800 A/T, United TXT1800 A/T, United TX3000 A/T.
  • Uwinfly N9 Pro Smart.

Cara Ikut Subsidi

Cara Ikut Subsidi
Cara Ikut Subsidi

Apabila kalian merasa sudah memenuhi setiap persyaratan tersebut, maka ada dua skema ikut serta, yaitu:

Konversi

Kalian bisa mengonversikan kendaraan konvensional BBM ke kendaraan ini. Asalkan kapasitasnya di antara 100 hingga 150 CC, masih layak jalan, punya STNK, serta BPKB. Jika sudah memenuhi persyaratan konversi, maka langkah selanjutnya adalah:

  • Kunjungi bengkel yang telah mendapatkan sertifikat Kementerian Perhubungan dan sampaikan niat kalian untuk konversi.
  • Kemudian serahkan dokumen yang diminta untuk verifikasi.
  • Jika berhak, maka penggantian biaya subsidi akan dilakukan bengkel tersebut.

Beli Baru

Jika lebih memilih kendaraan bertipe baru, langkah mendapatkannya adalah:

  • Kunjungi dealer yang ditunjuk dan pilih kendaraan sesuai daftar tersedia.
  • Ajukan pembelian dan berikan data untuk verifikasi.
  • Jika sesuai, maka kalian akan langsung mendapatkan subsidi.

Baca juga: Kendaraan Listrik Tetap Keluarkan Emisi Perlu Waspada Selalu

Setelah tahu berbagai informasi dan syarat nyicil motor listrik subsidi tersebut, maka kalian bisa segera mulai mengganti ke kendaraan listrik sekarang juga.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini