Sepeda Listrik Ramah Lingkungan: Tips, Bagian dan Keunggulan

0
65
Sepeda Listrik Ramah Lingkungan: Tips, Bagian dan Keunggulan
Sepeda Listrik Ramah Lingkungan: Tips, Bagian dan Keunggulan

Sepeda listrik ramah lingkungan kini semakin digemari oleh masyarakat. Khususnya, untuk aktivitas sehari-hari seperti berbelanja di pasar atau sekadar berkeliling kompleks saja. 

Baca juga: Tips Touring Aman dan Nyaman bagi Para Rider Tanah Air

Selain kepraktisannya, kemudahan penggunaannya juga membuat sepeda ini populer. Namun, banyak bagian dari e-bike yang memerlukan perhatian khusus seperti baterai, alternator, throttle, rem, panel tampilan serta pengontrol.

Tips Merawat Sepeda Listrik Ramah Lingkungan

Tips Merawat Sepeda Listrik Ramah Lingkungan
Tips Merawat Sepeda Listrik Ramah Lingkungan

Pada dasarnya, kalian harus melakukan merawat e-bike secara rutin untuk memastikan seluruh komponen berfungsi dengan baik. Apabila terjadi sesuatu seperti error, maka bisa segera perbaiki.

Mengisi baterai dengan benar

Idealnya, ketika baterai telah tersisa minimal 25%, maka harus segera mengisi dayanya. Jangan sampai  menunggu hingga baterai benar-benar habis karena dapat mempengaruhi daya tahan baterai.  

Penanganan baterai selama pengisian juga sangat penting. Terdapat beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam penanganan baterai, di bawah ini:

  • Perhatikan kunci kontak sepeda 

Pertama, pastikan kunci kontak sepeda listrik ramah lingkungan dalam kondisi yang mati. Saat berhasil kalian colokkan ke stopkontak,  maka pengisi daya harus disambungkan terlebih dahulu ke baterai. 

Ingatlah untuk selalu menggunakan charger power bike yang asli. Tidak hanya itu, cara menghemat baterai saat tidak digunakan juga tidak kalah penting. 

Baterai harus kalian jauhkan dari jangkauan anak-anak, karena bahannya mudah terbakar apalagi jika terkena sinar matahari langsung. Pastikan juga baterai selalu terlindung dari terjatuh dan terbentur benda lain.

  • Hubungi Pusat Layanan 

Apabila ada masalah dengan baterai, maka sebaiknya hubungi pusat layanan dan biarkan ahlinya memperbaikinya. Jadi tidak boleh memodifikasi baterai, apalagi membongkarnya sendiri. Hal ini karena berisiko merusak baterai.

Bersihkanlah sepeda listrik secara teratur

Menjaga kebersihan e-bike merupakan hal yang sangat penting. Tidak hanya membuatnya selalu terlihat berkilau, namun membersihkannya secara rutin juga dapat langsung memastikan bagian-bagiannya tetap terjaga dengan baik.

Untuk bisa menjaga kebersihan, maka sepeda listrik ramah lingkungan  tidak bisa kalian samakan dengan sepeda biasa. Wajib sekali mempelajari cara membersihkan sepeda bertenaga baterai dengan benar seperti di bawah ini:

  • Pertama, perlu memastikan tempat duduk dan area kargo sudah tertutup rapat. Hal ini tentunya membantu menghindari kerusakan pada area kelistrikan, yang juga dapat langsung merusak komponen baterai.
  • Kedua, saat mencuci, hindarilah menyemprotkan langsung ke baterai, soket pengisi daya, serta pengontrol. Tekanan air yang lebih tinggi bisa langsung merusak bagian-bagian ini. 

Jangan terlalu sering menambah badan

Secara umum, salah satu keunggulan sepeda listrik ramah lingkungan adalah kemampuannya dalam membawa beban berat. 

Namun perlu kalian perhatikan bahwa naik dan turun power bike dengan beban yang terlalu banyak dapat mengakibatkan kerusakan pada e-bike. Jadi pastikan untuk tidak terlalu membawa beban yang berat atau melebihi kapasitas maksimal e-bike.

Gunakan pelumas yang sesuai

Pelumasan penting sekali untuk menjaga performa power bike lebih baik. Pelumasan yang tepat juga akan membantu menjaga suhu baterai tetap stabil dan mengurangi gesekan pada roda gigi maupun rantai e-bike. 

Agar sepeda listrik ramah lingkungan tetap awet dan tahan lama, maka pastikan telah menggunakan pelumas yang tepat. Hal ini sebenarnya tergantung dari merk power bike

Jangan sampai salah menggunakan jenis pelumas karena nantinya dapat menyebabkan kerusakan maupun memperpendek umur power bike.

6 Bagian dari Sepeda Listrik Terbaik

Pada umumnya, power bike memiliki komponen yang tidak ditemukan pada sepeda biasa, seperti baterai dan motor penggerak. Berikut ini bagian-bagian sepeda listrik ramah lingkungan yang perlu kalian ketahui.

Dinamo 

Dinamo merupakan salah satu ciri  utama  power bike. Komponen paling umum lebih terkenal sebagai generator yang berperan mengubah energi listrik baterai menjadi energi mekanik atau energi gerak.

Komponen ini tentunya memiliki dua tipe, yaitu DC dan BLDC yang biasanya terpasang pada beberapa lokasi. Generator akan terpasang pada roda depan (motor hub) atau pada poros depan (motor mid-drive). 

Pengontrol 

Pengontrol pada e-bike tidak serumit pada sepeda motor lainnya. Pengontrol standar memiliki fungsi yang lebih sederhana, sedangkan pengontrol LED/LCD sebagai panel layar dengan fungsi yang lebih beragam.

Berbeda halnya, dengan pengontrol yang memiliki banyak fitur tambahan. Hal ini karena berguna untuk mengontrol pergerakan e-bike. 

Fitur tambahannya juga mencakup koreksi arah putaran otomatis. Selain itu, ada dukungan sensor bantuan pedal, saklar rem, fungsi regen, perpindahan 3 kecepatan, dan masih banyak lagi.

Pengontrol sepeda listrik ramah lingkungan memiliki 2 fungsi utama. Pertama, bisa mengubah tegangan DC menjadi arus bolak-balik  tiga fasa. Hal ini agar motor dapat berjalan. 

Kedua, terus-menerus dapat menyesuaikan tegangan yang mengalir ke alternator. Hal ini berguna sebagai respons terhadap input throttle, penginderaan pedal, serta kontrol pembatas arus pengemudi.

Throttle (pedal gas)

Terdapat 2 model e-bike, yaitu model skuter dan model skuter. Throttle yang dapat memiliki pegangan lengkap yang hampir mirip dengan  sepeda motor.

Sedangkan pada thumb throttle mempunyai tombol yang bisa langsung kalian tekan dengan ibu jari. Fitur lainnya, memiliki indikator baterai LED terintegrasi dan sebagai tampilan kapasitas baterai.

Rem tangan 

Rem tangan sepeda listrik ramah lingkungan hampir sama dengan  sepeda biasa. Bedanya, handle rem pada e-bike saat ini memerlukan saklar. 

Saklar seperti ini berguna untuk bisa memutus aliran listrik ke alternator. Jadi rem dan throttle tidak terlalu bekerja secara bersamaan.

Baterai dan pengisi daya

Baterai merupakan salah satu bagian yang termahal dan penting dari e-bike. Komponen  ini sebenarnya mempunyai banyak variasi yang berbeda seperti motor penggerak. 

Kapasitas  baterai juga akan mempengaruhi jarak tempuh sepeda listrik ramah lingkungan. Tentunya jika kalian memiliki e-bike, maka charger menjadi bagian untuk mengisi ulang baterainya.

Panel Display 

Bagian ini merupakan salah satu bagian yang paling familiar. Hal ini karena letaknya pada bagian stang e-bike. 

Tampilan dan fungsi tampilannya juga sangat berbeda. Panel ini hanya menampilkan lampu LED untuk bisa menunjukkan kapasitas baterai.

Untuk tampilan yang lengkap juga akan menampilkan speedometer, suhu kendaraan, waktu dan masih banyak fitur yang lainnya. Meskipun letaknya di stang e-bike, namun bagian ini memiliki desain tahan benturan dan aman saat terkena air hujan. 

Beberapa Keunggulan dari Sepeda Listrik 

Beberapa Keunggulan dari Sepeda Listrik 
Beberapa Keunggulan dari Sepeda Listrik

Sepeda listrik ramah lingkungan terbaik akan membawa banyak manfaat jika kalian memilikinya. Berikut ini sudah ada ulasan terkait keunggulan power bike, antara lain:

Ramah Lingkungan 

Ramah lingkungan merupakan salah satu keunggulan utama  e-bike. E-bike tidak perlu bahan bakar fosil untuk beroperasi.

Hal ini artinya tidak akan menghasilkan emisi berbahaya yang dapat membahayakan lingkungan. Dengan begini, akan membuat e-bike menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan, sama seperti sepeda motor atau mobil konvensional.

Hemat biaya

Meskipun biaya awal pembelian e-bike mungkin lebih tinggi. Namun, dalam jangka panjang akan jauh lebih hemat biaya penggunaannya. 

Hal ini karena tidak perlu membeli bahan bakar atau perawatan mesin paling rumit. Apalagi biaya pengoperasian sepeda listrik ramah lingkungan jauh lebih rendah tidak sama seperti kendaraan bermotor konvensional.

Mudah digunakan

Berbeda dengan sepeda konvensional, e-bike lebih unggul dari motor listrik. Hal ini karena mampu membantu pengendaranya mengatasi medan sulit atau mendaki bukit. 

Selain itu, e-bike lebih berguna pada perkotaan paling padat atau tempat dengan medan pegunungan.

Dapat mencapai kecepatan tinggi

Salah satu keunggulan paling terbesar dari sepeda listrik ramah lingkungan adalah kemampuannya mencapai kecepatan tinggi dengan mudah. Sebagian besar model e-bike dapat mencapai kecepatan hingga 45 km/jam.

Jadi e-bike akan lebih cepat, tidak sama dengan sepeda konvensional.

Parkir mudah

E-bike sudah memiliki ukuran lebih kompak tidak sama seperti kendaraan bermotor lainnya. Hal ini akan memudahkan untuk memarkir e-bike di mana saja, bahkan di tempat sempit. 

Kalian juga tidak perlu khawatir dengan ada biaya parkir atau denda parkir jika sudah menggunakan e-bike.

Kebisingan rendah

E-bike tentunya memiliki kebisingan sangat rendah, tidak serupa dengan  kendaraan bermotor lainnya. Motor listrik e-bike tidak akan menimbulkan suara mesin yang keras. 

Hal ini akan membuat e-bike lebih nyaman dan senyap. Bahkan, e-bike tidak mengganggu orang di sekitar kalian.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Ban Motor Beserta Fungsinya, Wajib Tahu!

Melalui beberapa penjelasan diatas, kalian sudah ada gambaran tentang e-bike. Sepeda listrik ramah lingkungan ini memang memiliki banyak sekali kelebihan dan komponen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here