Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget

0
59
Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget
Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget

Sebelum memutuskan untuk membeli motor, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai rekomendasi motor untuk mahasiswa yang sesuai kebutuhan. Sebab, motor adalah salah satu kebutuhan mahasiswa, terutama yang tinggal di Jakarta.

Baca juga: Tingkat Penjualan Mobil Tahun Ini 2022 dan Nama Baru di List

Motor menjadi kendaraan yang efektif untuk menembus kemacetan ibukota. Dengan mengendarai motor, dinilai bisa lebih efisien baik dari segi biaya operasional maupun waktu. Apalagi sebagai mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetap.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai rekomendasi motor untuk mahasiswa baik kondisi baru maupun bekas. Selain itu ada juga beberapa rekomendasi motor baru dengan harga dibawah 17 Juta.

Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa, Tips Membeli Bekas

Bagi yang tidak memiliki dana untuk membeli baru, maka membeli bekas bisa menjadi solusi. Namun, ada baiknya untuk melihat detail spesifikasi serta kondisi motor bekas sebelum dibeli. Berikut ini ulasannya dan detailnya untuk Anda yang ingin menambah informasi lengkap.

  • Cek Harga Pasaran

Sebelum melakukan pencarian rekomendasi motor untuk mahasiswa bekas yang akan dibeli, sebaiknya cek harga di pasaran terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda tau harga yang sesuai juga bisa menghindari penipuan harga.

  • Hindari Pembelian Online Tanpa Memeriksa Secara Langsung

Anda wajib memeriksa kondisi dan kelengkapan kendaraan yang mau dibeli secara langsung. Meskipun mencari lewat marketplace, usahakan harus di cek secara langsung sebelum terjadi transaksi.

Tidak semua informasi yang ditulis oleh penjual benar-benar sama dengan kondisi motor. Ada saja penjual nakal dan tidak jujur yang membuat informasi palsu seperti surat yang tidak lengkap atau kondisi motor yang tidak bagus.

  • Cek Nomor Rangka dan Mesin

Periksa nomor rangka serta mesin motor, lalu sesuaikan dengan nomor yang ada di STNK dan BPKB. Perhatikan lebih jelas apakah nomor rangka dan mesin adalah asli dan bukan ketokan kasar.

Biasanya, penjual atau penadah motor curian mengubah nomor rangka serta nomor mesin dengan cara diketok. Tidak ada salahnya juga untuk mengecek nomor polisi di daerah tempat tinggal.

  • Cek Kondisi Fisik

Periksa kondisi rekomendasi motor untuk mahasiswa mulai dari body, spion, baut, roda, dan lainnya. Apakah terlihat banyak goresan, retak atau pecah. Akan lebih baik jika semua yang menempel adalah spare parts orisinil.

  • Hidupkan Mesin dan Test Ride

Coba hidupkan mesin lalu pastikan tidak ada bunyi-bunyian kasar di dalam mesin. Periksa apakah motor bisa dinyalakan pakai starter tangan atau harus kickstarter. 

Periksa lampu depan, lampu sen, lampu rem belakang, klakson, dan lampu speedometer. Apabila semua hidup dan berfungsi, berarti tidak ada kerusakan pada komponen serta aki.

  • Cek Kondisi Oli

Usahakan buka lalu ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan sehingga membuat suara mesin menjadi lebih halus dan menyembunyikan suara asli motor.

  • Cek Speedometer

Pastikan tidak ada retak atau tidak adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah kilometer yang sudah ditempuh. Jika diatas 20.000 km maka bisa dipastikan akan banyak komponen mesin yang harus diganti. 

  • Cek Rangka atau Sasis Motor

Perhatikan kelurusan roda depan dan belakang. Perhatikan rangka atau sasis motor tidak ada kebengkokan. Jalankan sekitar 40km/jam lalu tekan rem sedikit mendadak untuk memastikan motor tidak sulit dikendalikan.

  • Cek Kebocoran

Setelah coba menjalankan motor, cek apakah ada oli bocor melalui sela-sela mesin. Coba cek juga apakah ada air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.

Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa, Tips Membeli Baru

Sebetulnya membeli motor baru tidak serepot dan tidak terlalu detail seperti membeli bekas. Karena sudah pasti minim kerusakan. Namun sebaiknya Anda memeriksa kelengkapan motor agar tidak ada yang kurang.

Cobalah periksa kerangkanya, apakah ada goresan atau kerusakan atau tidak. Periksa juga mesin dengan dinyalakan. Samakan nomor kendaraan serta nomor rangka mesin dengan STNK dan BPKB.

Pembelian motor baru bisa dibayar dengan cash atau kredit. Jika Anda memilih kredit, tanyakan kepada sales apakah sedang ada potongan harga atau tidak. Tawar menawar harga bisa dilakukan dengan sang sales.

6 Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa, Baru dan di Bawah 17 Juta

Pada bagian ini, akan dibahas mengenai motor matic karena merupakan jenis kendaraan yang paling banyak diminati. Terdapat tingkatan kelas skutik dari yang termurah hingga premium.

Di Indonesia, kelas inter level paling digemari. Hal itu disebabkan karena memiliki dimensi compac, irit, serta kelengkapan fitur yang memadai. Di sisi lain, skutik cocok untuk mahasiswa yang tinggal di kota. Berikut beberapa rekomendasinya untuk kami dan detail harganya.

  • Yamaha Mio 125 M3

    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Yamaha Mio 125 M3
    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Yamaha Mio 125 M3

Mio merupakan pelopor skutik di Indonesia. Kelahirannya dimulai sejak tahun 2003 dan masih eksis sampai sekarang. Dari pertama dirilis, tampilan, mesin dan fiturnya mengalami banyak perubahan.

Sampai sekarang Mio dikenal sebagai matic yang ideal dipakai di dalam kota. Mio menjadi rekomendasi motor untuk mahasiswa karena mudah dikendarai dari berbagai usia. Dijual dari harga Rp. 16.350.000.

Mio M3 mengadopsi mesin berkapasitas 125cc berteknologi blue core. Mio M3 lebih responsif dan irit dibandingkan Mio karburator, lebih irit BBM, serta memiliki tangki 4,2 liter.

  • Yamaha Mio Z

    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Yamaha Mio Z
    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Yamaha Mio Z

Skutik ini juga menjadi andalan mahasiswa untuk beraktivitas sehari-hari. Memiliki dimensi yang compac, sehingga sangat mudah dikendalikan dan dikendarai. 

Tentu saja skutik ini dapat meliuk-liuk di jalanan perkotaan.

Dengan mesin blue core kapasitas 125cc dengan tangki 4,2 liter, membuat Mio Z bertenaga besar serta irit. Bagasi di bawah jok cukup besar untuk menyimpan jaket, sarung tangan, sepatu, dan barang lainnya.

Scooter ini dilengkapi smart key shutter, smart lock, rak depan, serta gantungan. Smart key shutter bisa untuk menyalakan mesin, membuka jok, hingga mengunci stang. Harganya dipasaran dimulai dari Rp. 15.800.000. 

  • Yamaha Mio S

    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Yamaha Mio S
    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget _Yamaha Mio S

Rekomendasi motor untuk mahasiswa selanjutnya yaitu Mio S yang dirilis tahun 2018 dengan mengusung konsep smart and sophisticated. Harga jualnya saat ini Rp. 16.915.000. 

Mesinnya dibekali jantung mekanis sohc silinder tunggal 4-langkah berkapasitas 125cc. Mio S bisa menghasilkan tenaga maksimal 9,3 house power di 8.000 RPM, serta torsi puncak 9,6 NM di 5.500 RPM. 

Motor ini sudah dibenamkan teknologi fuel injection blue core agar hemat BBM. Mio S dibekali lampu LED headlight, hazard lamp, pengait barang yang bisa dilipat serta ban tubeless.

  • Yamaha Mio Gear 125

    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Yamaha Mio Gear 125
    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Yamaha Mio Gear 125

Sebagai pendatang baru, Mio Gear 125 ikut meramaikan pasar skutik murah. Meski termasuk kasta terendah, ia mampu menjadi rekomendasi motor untuk mahasiswa yang kurang cocok dengan skutik kelas 110cc.

Harganya mulai dari Rp. 16.750.000. Jantung mekanik Gear 125 bermuatan 124.96cc SHC 1 silinder 4-langkah. Gear 125 memiliki rak depan berkapasitas besar, power charger, double hook, lampu LED, eco-indikator, & smart lock.

Mesinnya sudah berinjeksi blue core, dengan menghasilkan tenaga dan torsi 9,3 OST power pada 8.000 RPM. Dan porsinya 9,5 NM di 5.500 RPM. Efisiensi bahan bakar 1 liter bisa menempuh 41 km.

  • Honda Beat CBS

    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Honda Beat CBS
    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Honda Beat CBS

Honda beat dikenal sebagai skutik irit serta menjadi rekomendasi motor untuk mahasiswa perkotaan. Beat ramah lingkungan karena sudah EURO 3, karena 1 liter mampu membawa jarak 60,6 km.

Karena kapasitas tangkinya 4,2 liter, Beat CBS mampu menempuh jarak 254,5 km dalam sekali pengisian bahan bakar. Mesinnya 110cc dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Harganya dibanderol Rp. 16.450.000.

Fiturnya memiliki bagasi penyimpanan barang 12 liter, lampu LED, speedometer digital & analog, juga secure key shutter. Fitur utama CBS (Combi Brake System) sehingga motor lebih aman saat tanjakan atau turunan. 

  • Suzuki Next 2

    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Suzuki Next 2
    Rekomendasi Motor untuk Mahasiswa Sesuai Budget_Suzuki Next 2

Rekomendasi motor untuk mahasiswa yang terakhir ini berkapasitas mesin 113cc SOHC. Jantung mekanisnya dapat menyuburkan daya sebesar 9,3 host power di 8.000 RPM dan torsi nya 8,5 NM di 6.000 RPM. 

Teknologi injeksinya dikombinasikan dengan Suzuki Eco Performance yang mampu membuat lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, yaitu 40 km per liter. Harganya mulai dari Rp. 16.200.000.

Baca juga: Tingkat Penjualan Mobil Tahun Ini 2022 dan Nama Baru di List

Jadi, untuk Anda para mahasiswa, pastikan melakukan pembelian motor sesuai kebutuhan juga budget. Jadikan artikel rekomendasi motor untuk mahasiswa ini sebagai pertimbangan sebelum membeli motor!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here