Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar, Keunggulan dan Kekurangan

0
126
Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar, Keunggulan dan Kekurangan
Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar, Keunggulan dan Kekurangan

Hingga saat ini Toyota menjadi pilihan utama konsumen mobil bertenaga besar di Indonesia. Hal inilah yang menjadi penyebab angka penjualan pertahun produsen asal jepang ini selalu menduduki peringkat pertama. 

Baca juga: Mengenal Car Free Day Akan Kembali Hadir

Tentu saja, hal ini karena adanya penjualan mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle). Sementara itu, juga ada mobil jenis SUV (Sport utility Vehicle) seperti Toyota Rush, Corolla Cross dam C-HR juga sudah mulai tumbuh. 

5 Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar

Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar, Keunggulan dan Kekurangan_5 Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar
Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar, Keunggulan dan Kekurangan_5 Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar

Menariknya lagi, mobil bertenaga besar ini memiliki beragam jenis. Mulai dari mobil sport 2-pintu, SUV hingga MPV keluarga yang nyaman. Berikut ini sudah ada beberapa mobil paling bertenaga yang dijual di Indonesia saat ini.

  • Toyota Camry 2,5

Mobil eksekutif Toyota ini memang telah lama hadir di Indonesia. Bahkan, keandalannya sering dijadikan sebagai salah satu mobil operasional pejabat pemerintah sejak dulu. 

Sementara itu, performanya sangat nyaman dan tidak main-main. Tidak salah, jika mobil ini menjadi terlaris di Amerika Serikat pada 2019 lalu. 

Di Indonesia sendiri sedan mewah ini dijual dalam dua versi, tipe bermesin bensin konvensional dan pilihan bermesin hybrid. Menariknya lagi, orientasi Toyota pada kendaraan hybridnya bukanlah hanya mengejar performa namun efisiensi bahan bakar. 

  • Toyota 86

Mobil bertenaga besar ini merupakan hasil kolaborasi Toyota dan Subaru yang pasti masuk daftar. Mesinnya memang terlihat lebih kecil sekitar 2,0 liter saja. 

Namun, penggerak roda belakang yang satu ini terinspirasi dari Corolla Levin dan Sprinter Trueno AE86. Sehingga membuatnya terkenal sebagai mobil paling menyenangkan Toyota saat ini. 

Selanjutnya, juga layak disebut sebagai penerus sebutan Hachiroku. Mesin dari boxer 4-silinder miliknya juga menghasilkan tenaga 200 PS pada 7.000 rpm dengan torsi puncak 205 Nm pada 6.600 rpm.

  • Keunggulan Mobil 

Sementara itu, mobil bertenaga besar ini tidak hanya dijual dalam pilihan transmisi otomatis 6-speed saja. Namun, ada pilihan transmisi manual sekitar 6-speed. Toyota FT 86 juga sudah dijual mulai harga Rp 775.750.000 hingga Rp 816.950.000.

  • Toyota Land Cruiser 200

Toyota Land Cruiser ini menjadi salah satunya SUV paling bertenaga yang dijual Toyota saat ini. Jadi wajar saja, karena full size SUV ini memang telah melegenda. 

Bahkan, lebih dari 60 tahun mobil 4×4 ini melindas segala jenis tanah di dunia. Mobil bertenaga besar ini sudah membuat pekerja keras mampu melahap medan offroad ekstrim sekalipun. 

  • Keunggulan Mobil

Bahkan, generasi terbarunya saat ini bukan hanya dikenal sebagai offroader tulen, namun juga sebagai SUV pengawalan VIP yang nyaman dan bisa diandalkan untuk dipakai ‘blusukan’ ke pedalaman. 

  • Toyota Alphard

Mobil bertenaga besar ini termasuk kereta kencana para sultan di Indonesia. MPV berasal dari buatan produsen asal Jepang kelas wahid yang paling mahal dan ditebus di Indonesia saat ini. 

Jadi tidak aneh jika mobil ini seperti menjadi penghuni wajib garasi rumah hartawan di Indonesia. Bahkan, meskipun mempunyai banyak mobil mewah lainnya, mereka biasanya malah lebih sering menggunakan Toyota Alphard.

Hal ini dilakukan sebagai kendaraan hariannya. Alphard yang ada di Indonesia sudah dijual dalam dua pilihan mesin, 2,5 liter dan 3,5 liter. 

  • Keunggulan Mobil

Mobil ini terbilang masuk ke dalam daftar yang memakai mesin lebih besar. Toyota Alphard ini 3,5 V AT sudah menggunakan mesin 3,5 liter dan bertenaga 275 PS pada 6.200 rpm.

Bahkan, juga memiliki torsi puncak 340 Nm pada 4.700 rpm. Sementara itu, Performanya bukan perhatian utama pemilik mobil bertenaga besar ini. Namun, bila diperlukan, pemiliknya biasanya akan duduk di kursi belakang bisa mengandalkan performa mobil ini. 

  • Toyota GR Supra

Jelas ini termasuk salah satu mobil paling kencang dan paling sporty yang ada di jajaran lini produk Toyota di Indonesia. Bahkan, dijual dalam dua varian, Standar dan Special Edition, GR Supra merupakan mobil yang ditujukan tidak hanya untuk dinikmati oleh penggemar fanatik Toyota. 

Oleh karena itu, mobil ini merupakan hasil kolaborasi Toyota dengan brand mobil sport asal Jerman, BMW. Versi Jerman dari mobil ini juga sudah dinamakan sebagai BMW Z4. 

Mesin 6-silinder 3,0 liter Twin-scroll Turbocharger BMW juga telah dipasangkan pada mobil ini. Sehingga bisa langsung menghasilkan tenaga 387 PS pada 5.800-6.500 rpm. 

Sementara itu, torsi puncaknya hanya sekitar 500 Nm pada 1.800-5.000 rpm. Performanya ini bisa saja menobatkan dirinya sebagai mobil terkencang yang dimiliki Toyota di dunia saat ini. 

Predikat yang saat ini pantas untuk meneruskan nama legendaris Supra melekat di tubuhnya. Harga dari mobil bertenaga besar sekitar Rp 2.158.500.000 hingga Rp 2.179.500.000.

Berikut Keunggulan Mobil Tenaga Besar

Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar, Keunggulan dan Kekurangan_Berikut Keunggulan Mobil Tenaga Besar
Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar, Keunggulan dan Kekurangan_Berikut Keunggulan Mobil Tenaga Besar

Sebagian besar mobil terkini sudah dibekali perangkat turbocharged atau dikenal mesin turbo. Ada beberapa keuntungan jika menggunakan mesin turbo. 

Oleh karena itu, pabrikan menyematkan turbo pada beberapa mobil yang dijualnya. Berikut ini sudah ada beberapa 5 keunggulan mobil bertenaga besar.

  • Tenaga Lebih Besar

Penyematan turbo tentunya mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan performa. Pemakaian turbo ini bisa meningkatkan tenaga tanpa harus mengorbankan konsumsi seperti bahan bakar, ruang mesin, bobot kendaraan serta banyaknya komponen yang digunakan.

Tanpa adanya turbo, untuk meningkatkan performa tentunya bisa memperbesar dapur pacu. Namun konsekuensinya, keperluan bahan bakar akan semakin besar.

Bahkan, struktur mesin yang besar juga bisa menambah area ruang mesin dan bobot kendaraan. Sehingga membuat desain mobil bertenaga besar sulit dibuat lebih kompak dan aerodinamis, khususnya untuk urban car yang perlu sekali fungsionalitas tinggi. 

Komponen dari mesin ini juga akan terlibat semakin banyak. Jadi akan membuang lebih banyak tenaga hanya untuk menggerakkannya.

Sementara itu, untuk berkubikasi kecil yang dibekali peranti turbocharge bisa menyemburkan tenaga lebih besar. Apalagi jika dibandingkan mesin non-turbo meskipun kapasitas mesinnya sama, bahkan lebih besar.

  • Lebih Irit

Perangkat dari turbo pada mesin mobil bisa langsung meningkatkan efisiensi bahan bakar. Hal ini karena pembakaran di dalam mesin yang lebih sempurna. 

Bahkan, daya ledak yang besar membuat mesin tidak membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Hal ini berguna untuk menghasilkan tenaga karena rasio kompresi mesin meningkat drastis dan udara yang dipampatkan kaya akan oksigen.

  • Mengurangi Kebisingan Suara Mesin

Saat melaju di jalan nanti, suara kendaraan yang bermesin turbo akan terdengar lebih halus dan senyap. Hal ini karena peranti akan bertindak pula sebagai peredam tambahan.

Dimana gas buang justru akan dialihkan ke turbo dan tidak langsung diarahkan ke knalpot sehingga bisa menurunkan kebisingan suara mesin. Justru hal ini terdengar sebagai desingan turbo ketika berputar di rpm tinggi yang memberikan efek seperti mobil balap.

Kekurangan dari Mobil Tenaga Besar

Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar, Keunggulan dan Kekurangan_Kekurangan dari Mobil Tenaga Besar
Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar, Keunggulan dan Kekurangan_Kekurangan dari Mobil Tenaga Besar

Penjelasan diatas sudah membahas tentang keunggulan dari mobil bertenaga besar. Berikut ini akan membahas beberapa kekurangan dari mobil tersebut.

  • Akselerasi Kalah

Meskipun mobil tenaga besar dinilai lebih efisien karena bisa mengubah panas menjadi energi. Namun, untuk masalah akselerasi kalah bila dibandingkan dengan mesin bensin. Hal ini bisa diibaratkan antara kuda pacu dan kuda pembawa.

  • Injeksi Rentan

Apabila Anda mengabaikan perawatan dan sistem injeksi bahan bakar maka bisa saja rusak. Bahkan, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk perbaikan daripada mesin bensin. Hal ini dikarenakan teknologi yang dimilikinya jauh lebih maju.

  • Seputar Kelebihan Air

Mobil bertenaga besar masih memerlukan perawatan rutin agar tetap dalam kondisi prima. Hal ini berarti harus mengganti oli dan filter bahan bakar secara teratur. 

Dengan adanya bahan bakar diesel akan membuat anda tidak harus membuang kelebihan air. Hal ini karena sudah berada pada sistem mesin.

  • Suara Lebih Besar

Umumnya, suara yang dihasilkan akan lebih nyaring ketimbang mesin dengan bensin. Oleh sebab itu, suara mobil bertenaga besar lebih mudah dikenali ketimbang lain. 

Mesin genset dengan bahan bakar diesel juga biasanya akan menghasilkan suara yang lebih nyaring ketimbang genset premium. Selain bising, umumnya mesin diesel juga akan menghasilkan asap yang lebih tebal daripada mesin bensin.

Walaupun sistem saat ini untuk mobil baru dengan diesel lebih baik. Meski begitu, solar tetap bisa langsung memberikan penghematan di bidang bahan bakar dan biaya perawatan.

Baca juga:Penyebab Spion Elektrik Bisa Rusak dan Cara Kerjanya

Melalui adanya informasi diatas Anda sudah dapat memutuskan akan memilih mobil seperti apa. Mobil bertenaga besar pastinya sudah memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here