Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus untuk Spek Motor Harian

0
195
Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus untuk Spek Motor Harian

Aki motor yang bagus adalah salah satu tipe aki motor yang harus Anda gunakan. Karena dengan menggunakan aki motor yang berkualitas performa berkendara Anda akan sangat dipengaruhi oleh keadaan motor yang salah satunya ditenagai oleh penggunaan aki. 

Baca juga: Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah

Aki motor berfungsi sebagai media untuk menghantarkan energi listrik ke dalam komponen motor seperti lampu, starter, klakson dan lainnya. Jika aki kendaraan bermotor Anda mengalami masalah seperti aki soak maka fungsi lainnya pun tidak akan berjalan lancar atau mati. 

Jenis-Jenis Aki Motor yang Bagus Berdasarkan Tipenya

Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus untuk Spek Motor Harian_Jenis-Jenis Aki Motor yang Bagus Berdasarkan Tipenya
Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus untuk Spek Motor Harian_Jenis-Jenis Aki Motor yang Bagus Berdasarkan Tipenya

Oleh karena itu pastikan sebelum Anda membeli sebuah aki untuk kendaraan bermotor Anda, pastikan Anda memilih jenis aki motor yang bagus agar Anda tidak memilih jenis aki yang tidak berkualitas dan mudah soak contohnya. Dibawah ini merupakan beberapa tipe jenis aki motor yang harus Anda ketahui. 

  • Aki Kering

Aki kering merupakan salah satu jenis aki yang saat ini lebih banyak digunakan ketimbang jenis aki lainnya. Para pabrikan sepeda motor juga saat ini kebanyakan menyematkan jenis aki kering untuk sepeda motor buatan mereka. 

Aki kering mengandung senyawa elektrolit yang tersegel dengan rapi sehingga minim terjadi kebocoran pada penggunaan aki jenis ini. Aki kering juga sangat mudah dirawat dan tidak perlu untuk di cek apakah air aki masih ada atau tidak karena buka jenis tipe aki basah. 

  • Aki Basah

Aki basah adalah salah satu jenis aki motor yang bagus paling umum digunakan oleh kebanyakan orang. Berbeda dengan jenis aki kering, aki basah penggunaannya dapat digunakan berulang kali dengan cara mengisikan senyawa elektrolit asam sulfat pada lubang aki yang tersedia. 

Aki basah juga tergolong aki yang sangat merakyat karena harganya lebih murah dibandingkan jenis aki kering. Aki basah umum dijumpai pada bengkel-bengkel besar atau kecil karena masih banyak orang yang meminati jenis aki yang satu ini. 

  • Aki Hybrid

Aki hybrid adalah sebuah aki yang menyatukan jenis aki kering dan aki basah menjadi satu. Aki hybrid memiliki kutub positif dengan material low antimonial. Sedangkan sisi kutub negatif aki ini terbuat dari bahan kalsium yang juga terdapat pada aki jenis kalsium. 

Aki hybrid memiliki keunggulan masa pakai yang lebih lama dibandingkan jenis aki basah. Proses penguapannya pun tidak sebanyak proses penguapan pada aki basah. Namun aki jenis ini jarang dijumpai di pasaran karena tidak terlalu banyak orang meminati aki jenis ini. 

  • Aki Kalsium

Aki kalsium adalah salah satu jenis aki motor yang bagus dan tidak terlalu jauh berbeda dengan jenis aki basah. Perbedaan antara aki kalsium dan aki basah terletak pada kutub positif dan kutub negatif aki tersebut yang terbuat dari bahan kalsium. 

Aki jenis ini sebenarnya memiliki keunggulan yang hampir sama dengan jenis aki kering. Namun Anda tidak akan menemukannya dengan mudah di bengkel-bengkel terdekat karena jarang sekali stok aki kalsium di pasarkan. 

  • Aki Gel

Jenis aki terakhir yang harus Anda ketahui adalah aki gel. Aki gel merupakan salah satu jenis aki yang memiliki perawatan cukup mudah dibanding aki jenis lainnya. Aki ini memiliki cairan elektrolit berbentuk gel yang tidak gampang bocor dan menyebabkan korosi. 

Aki gel juga diyakini mampu bertahan lebih lama hingga 2 kali lipat dari jenis aki lainnya. Sebanding dengan keunggulan dan kelebihan yang dimiliki jenis aki ini, aki gel memiliki harga yang sedikit mahal ketimbang jenis aki yang lainnya. 

Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus Cocok Untuk Segala Motor

Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus untuk Spek Motor Harian_Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus Cocok Untuk Segala Motor
Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus untuk Spek Motor Harian_Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus Cocok Untuk Segala Motor

Setelah mengetahui jenis-jenis aki motor berdasarkan tipenya, kali ini kami akan membahas tentang beberapa jenis merek aki motor yang bagus dan cocok untuk segala motor. Karena tidak semua aki motor bagus maka berikut ini adalah daftarnya. 

  • Motobatt

Motobatt adalah salah satu jenis aki yang memiliki senyawa elektrolit berbentuk gel. Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa aki berbahan gel memiliki kualitas yang sangat baik sama halnya seperti aki merek motobatt yang satu ini. 

Aki motobatt dikenal dengan aki motor yang bagus dan mampu menghantarkan arus listrik yang besar namun stabil. Aki ini juga diklaim tahan akan guncangan sehingga tidak mudah tumpah dan menyebabkan korosi. Karena memiliki banyak kelebihan maka tidak heran apabila aki ini memiliki harga yang sedikit cukup mahal. 

  • Yuasa

Yuasa merupakan salah satu parikan aki populer yang berasal dari Jepang. Aki yuasa hampir digunakan di setiap pabrikan motor di Indonesia karena memiliki kualitas yang cukup baik dan perawatannya yang sangat mudah untuk dilakukan. 

Aki motor yang bagus ini cocok digunakan untuk segala tipe motor baik matic ataupun motor biasa. Dengan jenis pilihan aki kering atau aki basah yang bisa Anda gunakan, yuasa menyajikan aki motor berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. 

  • GS Astra

GS Astra juga salah satu rekomendasi aki motor terbaik yang bisa Anda coba. Aki ini merupakan aki yang diproduksi oleh perusahaan astra grup yang sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya. Hal ini menjadikan GS Astra sebagai salah satu aki paling populer di Indonesia. 

Aki ini mampu menghantarkan arus listrik yang besar sehingga cocok untuk menyuplai energi di kendaraan bermotor. Aki motor yang bagus ini tersedia dalam jenis aki kering dan aki basah yang dapat Anda pilih. 

  • Bosch

Bosch juga salah satu produsen yang memproduksi aki motor dengan kualitas yang tidak bisa diragukan. Aki bosch mengandung senyawa elektrolit berbahan ultra gel sehingga mampu menghasilkan performa aki yang tangguh dan tahan lama. 

Aki motor yang bagus ini dapat mengalirkan energi listrik yang stabil sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama dan tidak mudah tekor. Aki bosch hadir dalam jenis aki kering yang memiliki teknologi spill proof yang menjadikan aki tidak mudah bocor saat digunakan. 

  • Daytona

Rekomendasi aki motor terbaik yang terakhir adalah daytona. Aki daytona merupakan salah satu aki yang menggunakan gel sebagai tempat untuk menyimpan arus listriknya. Aki ini dinilai memiliki teknologi yang lebih baik dibandingkan jenis aki yuasa. 

Aki daytona dilengkapi dengan teknologi Cold Crankcase Amperage yang memungkinkan aki lebih stabil dan tidak mengalami kebocoran. Meskipun memiliki banyak keunggulan dan fitur, namun aki motor yang bagus ini memiliki harga jual yang lebih murah dari kompetitornya. 

Cara Memilih Aki Motor yang Baik dan Berkualitas

Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus untuk Spek Motor Harian_Cara Memilih Aki Motor yang Baik dan Berkualitas
Rekomendasi Merek Aki Motor yang Bagus untuk Spek Motor Harian_Cara Memilih Aki Motor yang Baik dan Berkualitas

Tips selanjutnya adalah bagaimana cara memilih aki motor yang berkualitas. Setelah Anda mengetahui rekomendasi merek aki motor yang berkualitas, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih aki motor yang baik dan berkualitas. 

  • Pilih di Toko Terpercaya

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli aki motor di toko terpercaya yang menyediakan segala kebutuhan untuk motor termasuk juga aki. Atau bisa juga membeli di dealer motor yang Anda gunakan. 

Pentingnya memilih dan membeli aki di toko yang terpercaya yaitu agar Anda tidak terjebak oleh toko aki yang tidak bertanggung jawab dengan mengoplos aki sehingga aki yang Anda beli tidak berkualitas dan mudah tekor, sehingga sangat merugikan. 

  • Pilih Aki Sesuai Spesifikasi Motor

Yang berikutnya ialah pilihlah aki berdasarkan spesifikasi motor yang Anda pakai. Karena tidak semua jenis motor cocok menggunakan aki tertentu, sehingga Anda tidak boleh asal dalam pemilihan aki motor yang akan digunakan. 

Sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis aki apa yang cocok untuk Anda gunakan. Atau tidak Anda bisa menanyakannya kepada pihak bengkel tentang jenis dan tipe aki apakah yang cocok dengan motor yang Anda gunakan tersebut. 

  • Jangan Beli Aki Bekas

Cara terakhir untuk memilih aki yang benar dan berkualitas adalah jangan membeli aki bekas atau rekondisi. Karena aki jenis ini biasanya memiliki kualitas yang tidak terlalu bagus sehingga lebih mudah tekor dan tidak tahan lama. 

Jika belum memiliki cukup uang untuk membeli aki motor yang lebih berkualitas, maka Anda bisa membeli aki motor yang standar terlebih dahulu namun memiliki performa yang tidak kalah baik dengan jenis aki yang lebih berkualitas. 

Baca juga: Beginilah Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mudah

Sebaiknya beli lah aki motor yang baru dengan memperhatikan jenis dan tipe aki tersebut apakah cocok dengan motor yang Anda pakai atau tidak, melalui rekomendasi yang telah kami sampaikan tentang aki motor yang bagus. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here