PLN Tambah SPKLU Untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik

0
71
PLN Tambah SPKLU Untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik
PLN Tambah SPKLU Untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik

Keberadaan kendaraan listrik baik itu motor hingga mobil listrik membuat PLN tambah SPKLU di beberapa daerah. Dukungan pemerintah ini diharapkan dapat mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: Tarif Kirim Motor Menggunakan POS Indonesia 2022

Seperti yang diketahui bahwa beberapa tahun ke depan diharapkan kendaraan listrik sama halnya seperti kendaraan berbahan bakar minyak atau BBM. Apalagi karena adanya dukungan pemerintah untuk ekosistem keadaan listrik tersebut.

Terlebih presiden Joko Widodo juga sudah menerbitkan Perpres nomor 55 tahun 2019 yang berisi mengenai percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle. 

Beberapa orang yang gemar otomotif bahkan sudah memiliki beberapa kendaraan listrik. Bahkan mungkin Anda tidak asing dengan sepeda mini yang sudah tidak menggunakan bahan bakar minyak.

Seputar Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

PLN Tambah SPKLU Untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik_Seputar Kendaraan Listrik Berbasis Baterai
PLN Tambah SPKLU Untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik_Seputar Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

Sebelum membahas mengenai PLN tambah SPKLU. Mungkin ada baiknya jika Anda mengetahui apa dan bagaimana tentang kendaraan listrik yang tentu saja jika pemerintah menggaungkan hal tersebut akan berdampak baik bagi banyak hal.

Kendaraan listrik sendiri adalah sebuah mobil yang digerakkan dengan motor listrik dengan menggunakan energi yang disimpan di dalam baterai dan sebenarnya kendaraan listrik ini sudah sangat populer pada akhir abad ke-19 namun sempat meredup.

Setelah populer pada abad tersebut, kendaraan listrik menjadi meredup. Karena teknologi mesin pembakaran dalam semakin maju dan pada saat itu harga kendaraan berbahan bakar bensin semakin murah.

Sehingga ketika mendapatkan informasi mengenai PLN tambah SPKLU, sebenarnya hal tersebut adalah angin segar dan sesuatu yang patut didukung. Karena kendaraan listrik dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

Kendaraan listrik memang memiliki kelebihan yang potensial. Jika dibandingkan dengan kendaraan bermesin pembakaran dalam dan yang utama adalah tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor.

Nantinya ketergantungan minyak dari luar negeri pun berkurang. Bahkan beberapa negara maju seperti Amerika Serikat dan negara Eropa menganggap harga minyak dapat memukul ekonomi mereka.

Sehingga ketika PLN tambah SPKLU maka artinya pemerintah sedang mempercepat ekosistem kendaraan listrik agar bahan bakar minyak tidak menghambat pertumbuhan ekonomi sekaligus tidak menimbulkan kebisingan dan polusi suara.

Karena selain mengurangi emisi gas rumah kaca, kendaraan listrik tidak menghasilkan suara sehingga tidak menimbulkan kebisingan dan lebih bermanfaat untuk lingkungan. Sehingga diharapkan para pengguna kendaraan bermotor mulai beralih pada kendaraan listrik.

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pengguna kendaraan listrik diantaranya adalah ramah lingkungan, bensin menghasilkan emisi berupa gas CO2 dan co di mana hal ini berdampak buruk untuk lingkungan dan kesehatan manusia.

Sedangkan satu mobil listrik bisa mengurangi pencemaran udara hingga 4,6 meter gas rumah kaca bahkan perjalanan menggunakan kendaraan listrik juga lebih mulus apalagi PLN tambah SPKLU untuk memudahkan para pengguna mobil listrik.

Ketika memakai mobil listrik maka Anda tidak perlu khawatir mobil akan bising dan bergetar ketika sedang melaju kencang di jalanan Karena teknologi terbaru ini memiliki kualitas mesin yang sama sekali tidak mengeluarkan suara.

Perawatan mobil juga sangat mudah karena Anda tidak membutuhkan perawatan busi oli radiator dan lain-lain Anda tidak perlu lagi mengingat jadwal ganti oli ataupun istilah-istilah mesin mobil pada umumnya.

Tentu hal ini juga membuat pengeluaran menjadi hemat terutama untuk jangka panjang. Karena meskipun mobil listrik terbilang mahal di awal jika dibandingkan mobil berbahan bakar bensin namun biaya yang dikeluarkan untuk perawatan rutin lebih terjangkau.

Yang tidak kalah menarik adalah selain tidak ada biaya perawatan rutin dan biaya bensin. Maka tidak ada pula biaya pajak. Sehingga kelebihan-kelebihan dari kendaraan listrik tersebut sangat sayang untuk dilewatkan.

Kenapa Ekosistem Kendaraan Listrik Dipercepat?

PLN Tambah SPKLU Untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik_Kenapa Ekosistem Kendaraan Listrik Dipercepat?
PLN Tambah SPKLU Untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik_Kenapa Ekosistem Kendaraan Listrik Dipercepat?

PLN tambah SPKLU untuk mempercepat ekonomi listrik karena faktanya memang setelah 1 tahun Perpres diterbitkan pergerakan percepatan infrastruktur kendaraan bermotor sempat tak terdengar.

Menurut Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar. Program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle ini rencananya akan dilakukan secara bertahap.

Namun pada akhirnya pemerintah ingin mempercepat program tersebut dengan tujuan mendukung sarana transportasi di Indonesia. Sehingga percepatan infrastruktur tersebut melibatkan sinergi antar kementerian atau lembaga dan pemerintahan daerah.

Bahkan pemerintah juga mengajak para pelaku usaha untuk berpartisipasi melalui insentif yang diberikan dan menteri ESDM juga menerbitkan Peraturan Menteri ESDM nomor 13 tahun 2020 tentang penyediaan infrastruktur pengisian listrik.

Peraturan tersebut memang ditujukan untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan membahas mengenai Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU. Sehingga tidak heran jika PLN tambah SPKLU untuk mendukung hal tersebut.

Apa Beda SPLU dengan SPKLU?

Minat masyarakat membeli kendaraan listrik tentu tak terlepas dengan ketersediaan tempat pengisian daya baterai dan saat ini sudah ada beberapa stasiun pengisian listrik umum (splu) stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Antara SPL dan SPKLU memang tidak tampak berbeda karena kedua tempat pengisian kendaraan listrik tersebut memiliki fungsi serupa. Namun sebenarnya ada perbedaan di dalamnya.

SPLU bukan sesuatu yang baru karena PLN sudah mempromosikannya sejak tahun 2016 di mana pada awalnya splu dibuat untuk memutus aksi pencurian listrik yang sering dilakukan pedagang kaki lima agar mendapat pasokan listrik gratis.

Banyak wacana mengenai PLN tambah SPKLU, dimana hal tersebut terjadi seiring adanya Perpres mengenai kendaraan listrik, sehingga PLN membuat SPLU khusus kendaraan listrik dengan nama SPKLU.

SPLU dan SPKLU bisa didapatkan di SPBU Pertamina dengan papan atau Totem warna hijau dan perbedaannya adalah splu digunakan untuk mengisi daya baterai sepeda motor sementara SPKLU digunakan untuk mengisi daya mobil listrik atau bus listrik.

Jadi pada dasarnya SPKLU memiliki daya yang lebih besar dibandingkan splu sehingga jika Anda memiliki motor listrik lebih cocok mengisi daya di splu sedangkan jika Anda sedang memakai mobil listrik bisa mengisi daya di SPKLU.

Beberapa orang mungkin sudah memiliki motor listrik sehingga splu sudah ada di beberapa tempat dan mengapa PLN tambah SPKLU, karena memiliki daya 22 KW hingga 150 KW dan cocok untuk mobil listrik.

Jika Anda sedang menggunakan motor listrik maka diharapkan hanya mengisi daya pada splu karena jika Anda memaksakan diri menggunakan SPKLU. Maka baterai bisa mengalami kerusakan karena daya SPKLU sangat besar.

Bahkan tidak hanya PLN saja, pemerintah juga memberikan dukungan bagi para pelaku usaha diantaranya adalah PT Bambang Djaja. Di mana perusahaan ini juga bisa memproduksi infrastruktur pengisian kendaraan listrik umum.

PLN Tambah SPKLU, Apa Keuntungannya Bagi Masyarakat?

PLN Tambah SPKLU Untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik_PLN Tambah SPKLU, Apa Keuntungannya Bagi Masyarakat?
PLN Tambah SPKLU Untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik_PLN Tambah SPKLU, Apa Keuntungannya Bagi Masyarakat?

Kini PT PLN persero juga melakukan peresmian serentak di beberapa stasiun pengisian kendaraan listrik umum di Maluku, Sulawesi, Nusa tenggara dan Papua dan akan mengembangkan SPKLU di beberapa provinsi.

Hal tersebut karena besar harapan gerbang Indonesia Timur dapat mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di tanah air sehingga PLN dikabarkan berkomitmen penuh untuk mengambil peran utamanya.

PLN mencoba untuk mewujudkan akselerasi penyediaan infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik. Bahkan juga membuka peluang usaha seluas-luasnya bagi seluruh pihak maupun badan usaha untuk berkolaborasi bersama.

Badan usaha dapat menjadi Mitra dalam penyedia SPKLU berbasis model bisnis sharing ekonomi, dan yang paling menarik adalah PLN juga menyediakan fitur SPKLU yang sudah terintegrasi pada aplikasi PLN mobile.

Jadi PLN tambah SPKLU untuk memudahkan masyarakat melakukan pengisian daya pada kendaraan listriknya. Bahkan para pengguna kendaraan listrik bisa dengan mudah menemukan lokasi SPKLU terdekat agar bisa melakukan pengisian energi dengan mudah.

Bahkan PLN juga memberikan program bundling Di mana para pelanggan yang sudah membeli mobil listrik akan mendapatkan paket pemasangan home charging dengan diskon tambahan dan pemasangan semua alat.

Jadi sebenarnya banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membeli mobil listrik di mana pihak pemerintah juga mendukung adanya kemajuan di bidang otomotif seperti negara-negara lainnya.

Pada akhirnya anak pun tidak perlu melakukan banyak perawatan untuk kendaraan Anda bahkan tidak perlu membayar pajak tahunan. Tentu hal ini bisa menekan biaya pengeluaran sekaligus lebih sehat untuk lingkungan serta menekan kebisingan.

Inilah alasan mengapa pemerintah mencoba untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik dengan menambah banyak SPKLU di Indonesia. Bahkan Indonesia bagian timur juga mulai dijangkau oleh pemerintah untuk melakukan penyetaraan.

Baca juga: Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Sesuai Aturan

Mobil listrik adalah mobil yang ramah lingkungan karena memiliki tingkat emisi rendah dibanding penggunaan bahan bakar. Sehingga Anda bisa mendukung upaya pemerintah yang sudah terbukti dari PLN tambah SPKLU di beberapa tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here