Plat Nomor Putih Mulai Berlaku, Bagaimana Nasib Kendaraan Plat Hitam?

0
210
Plat Nomor Putih Mulai Berlaku

Penerapan plat nomor putih sudah mulai berlaku sejak Juni 2022. Bagi kendaraan yang masih menggunakan plat hitam tidak harus terburu-buru untuk mengganti dengan warna putih.

Sebagian besar pengendara yang kedapatan menggunakan plat putih belum resmi justru kena tilang. Bagaimana solusi bagi plat kendaraan hitam? Untuk lebih lengkapnya bisa simak informasi di bawah ini.

Mengenal plat nomor putih yang Berlaku Sejak Juni 2022

Plat Nomor Putih Mulai Berlaku

Penerapan plat nomor putih berlaku pada Juni 2022, pemilik plat hitam harus bagaimana? Sebenarnya plat nomor hitam dengan tulisan putih masih tetap berlaku. Penerapan nantinya akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga : Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Perawatannya!

Sementara itu, tidak ada biaya yang akan dibebankan. Hal ini murni hanya penggantian warna saja. Jadi spesifikasi teknis plat nomor sebelumnya juga tidak akan berubah.

Bahkan, aturan terkait plat nomor berwarna putih sendiri sudah tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021. Dimana berisi tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor pasal 45 dengan bunyi sebagai berikut. TNKB sebagaimana dimaksud berdasarkan Pasal 44 ayat (1) berwarna dasar, yaitu:

  1. Putih, tulisan hitam hanya untuk Ranmor perseorangan, badan hukum, PNA serta Badan Internasional.
  2. Kuning, tulisan hitam hanya untuk Ranmor umum.
  3. Merah, tulisan putih hanya untuk Ranmor instansi pemerintah.
  4. Hijau, tulisan hitam hanya untuk Ranmor di kawasan perdagangan bebas yang memperoleh fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Warna TNKB dimaksud pada ayat (1) akan ditambahkan tanda khusus untuk Ranmor listrik yang ditetapkan dengan Keputusan Kakorlantas Polri. Sementara itu, TNKB dipasang pada tempat yang disediakan di bagian depan dan belakang Ranmor akan mudah terlihat dan teridentifikasi

Standarisasi dari spesifikasi teknis TNKB akan ditetapkan dengan Keputusan Kakorlantas Polri. Selain itu, pengadaan material TNKB akan diselenggarakan secara terpusat oleh Korlantas Polri.

Syarat Ganti Plat Mobil yang Penting Diketahui

Plat Nomor Putih Mulai Berlaku

Penggantian palt nomor hitam ke plat nomor putih? Biasanya pergantian plat rentang waktu 5 tahun sekali. Namun, tidak semua orang mengetahui syarat untuk mengganti plat mobil, prosedur, serta biayanya. 

Berikut ini akan dibahas beberapa persyaratannya. Sebelum Anda mengganti plat mobil, maka perlu tahu persyaratan atau dokumen yang dibutuhkan. Beberapa persyaratan ganti plat mobil sebetulnya hampir sama dengan persyaratan saat mengganti plat motor.

Persyaratannya berupa beberapa lembar STNK asli dan fotocopy, BPKB asli dan fotocopy. Pemilik kendaraan juga harus melampirkan KTP asli dan fotokopi.

Selanjutnya, wajib menyertakan bukti pengecekan dari pemeriksaan fisik kendaraan dan surat keterangan STNK buka blokir. BPKB pengendara yang saat ini masih ditahan oleh bank, maka harus tetap disertakan dengan surat keterangan bukti penggunaan BPKB bermaterai.

Hal ini bisa diperoleh secara langsung dari bank terkait. Jadi calon pemilik plat nomor putih tidak perlu terlalu khawatir.

Tata Cara Mengurus Pergantian Plat Mobil 

Plat Nomor Putih Mulai Berlaku

Jika semua dokumen untuk syarat ganti plat mobil sudah terpenuhi, maka Anda dapat melakukan serangkaian prosedur penggantian plat di Kantor SAMSAT terdekat. Anda tidak perlu bingung, karena prosedurnya sangatlah mudah.

1. Pemilik Mobil Melakukan Pendaftaran

Pemilik mobil biasanya akan langsung mendatangi kantor SAMSAT terdekat di daerah tempat tinggal sambil membawa beberapa persyaratan yang diperlukan. Berikutnya, segera lakukan pendaftaran untuk bisa mengganti plat nomor pada loket tersedia. 

Apabila Anda bingung mencari tempat loket, maka dapat menanyakan pada petugas yang ada di area tersebut. Jika mendaftar pada loket yang tersedia, Anda bisa mendapatkan nomor antrian agar dapat memproses pergantian plat mobil. 

  • Menunggu Terlebih Dahulu

Pemilik kendaraan biasanya harus menunggu beberapa menit untuk dipanggil oleh petugas. Jadi pergantian plat nomor putih sebenarnya sangat sangat mudah. 

2. Melakukan Pemeriksaan Fisik Kendaraan

Umumnya, pengecekan fisik kendaraan bisa dilakukan pada loket khusus yang sudah disediakan oleh pihak SAMSAT. Pada tahap pemeriksaan fisik, selain kelengkapan mobil, petugas juga bisa melakukan penggesekan rangka serta nomor mesin kendaraan.

Proses ini umumnya akan berlangsung lama, karena pemilik kendaraan tidak perlu menunggu sekitar 10-20 menit hingga pemeriksaan selesai. Ketika sudah selesai melakukan pemeriksaan, maka pemilik mobil akan diberi bukti kertas gesek berupa nomor mesin dan angka.

3. Melakukan Pengisian Formulir dan Legalisir

Apabila proses pendaftaran dan pemeriksaan berikutnya kendaraan sudah selesai dilakukan. Maka dipersilahkan bawa syarat calon pemilik plat nomor putih yang sudah dijelaskan sebelumnya menuju loket legalisir.

Pada loket ini, seluruh dokumen yang dibawa oleh pemilik kendaraan akan dilakukan dengan surat penggesekan. Selain itu, bisa digunakan untuk hasil pemeriksaan fisik. Jadi bila berkas persyaratan dan hasil pemeriksaan sudah cocok dan lengkap. Maka para petugas bisa langsung memberikan data formulir. 

  • Formulir Data Langsung Diisi

Formulir data ini bisa langsung diisi dengan lengkap dan detail sesuai permintaan. Namun, bila hasil pemeriksaan tidak sesuai, maka petugas akan menghadapi masalah pada pemilik kendaraan. 

Jadi terkadang harus melengkapi persyaratan yang tidak sesuai baru dapat kembali. bagi pemilik kendaraan yang ingin mengubah ke plat nomor putih juga harus menaatinya.

4. Pembayaran

Pemilik kendaraan yang telah selesai akan melakukan tiga tahapan sebelumnya tanpa ada kendala. Berikutnya, dapat mengambil nomor antrian untuk bisa melakukan pembayaran. 

Agar proses dari pembayaran biaya pergantian ke plat nomor putih lebih cepat, sebaiknya Anda menggunakan uang pas. Hal ini dikarenakan kantor SAMSAT biasanya sudah menyediakan cadangan uang kembalian dalam jumlah sedikit. 

Oleh sebab itu, bila jumlah uang terlalu besar, biasanya akan disarankan untuk menunggu kembali agar memperoleh kembalian. Tahap berikutnya, sesudah proses pembayaran selesai, maka pemilik kendaraan akan diberi kwitansi.

Biasanya, berupa kertas berwarna putih sebagai bukti melakukan pembayaran. Kwitansi ini memang wajib dibawa pada saat pemilik kendaraan mengambil STNK dan plat mobil.

5. Pemilik Kendaraan Pengambilan Plat dan STNK

Proses ganti plat hitam ke plat nomor putih yang dilakukan di kantor SAMSAT secara langsung. Bahkan, umumnya lebih cepat ketimbang saat Anda meminta bantuan calo.

Selain itu, biaya yang diperlukan juga tentunya bisa menjadi lebih kecil. Hal ini karena tidak harus membayar biaya jalan untuk proses penggantian plat. 

Setelah Anda melakukan proses pembayaran, maka bisa langsung tunggu untuk mengambil STNK dan plat mobil. Ketika Anda telah selesai memeriksa, petugas akan langsung memanggil nama pemilik kendaraan.

Biaya yang Diperlukan untuk Mengganti Plat Mobil

Plat Nomor Putih Mulai Berlaku

Sebelumnya, Anda pasti tidak pernah melakukan penggantian plat mobil dan STNK secara langsung. Jadi sudah pasti penasaran mengenai biaya yang diperlukan.

Untuk detail biaya penggantian plat nomor putih sebetulnya akan tertulis lengkap pada kwitansi pembayaran. 

Namun, bila berbicara telah biaya yang diperlukan, semuanya telah diatur secara tertulis dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016. Dimana sudah membahas terkait Jenis dan Tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) di Indonesia.

Total dari biaya yang diperlukan umumnya jauh lebih terjangkau, yakni sebesar Rp 350.000,- terdiri atas biaya penerbitan STNK Rp 200.000,-. Selanjutnya, pengesahan dari STNK Rp 50.000,- dan biaya cetak plat sekitar Rp 100.000,-. 

Umumnya, biaya tersebut lebih besar ketimbang meminta bantuan calo. Jadi bila Anda melakukan pergantian plat hitam ke plat nomor putih dengan meminta bantuan calo. 

Maka biasanya akan ada biaya tambahan sebesar Rp. 150.000,- atau bisa lebih. Jadi bila Anda ingin lebih aman dan selesai dalam waktu lebih cepat. Maka sudah seharusnya langsung urus sendiri melalui kantor SAMSAT.

Hal yang harus Anda ketahui bahwa biaya untuk melakukan pergantian plat mobil belum termasuk dana SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Dana SWDKLLJ bermanfaat sekali untuk asuransi jaminan kecelakaan terjadi saat mengendarai kendaraan tersebut. 

Baca Juga : Mengenal Arti Kode Plat Kendaraan Berbagai Wilayah di Indonesia

Pembahasan lengkap terkait persyaratan dan biaya ganti plat mobil di atas bisa menjadi referensi terbaru. Terakhir apabila plat nomor putih berlaku Juni 2022, pemilik plat hitam harus mengikuti cara di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here