Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit di Tahun Depan

0
66
Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit di Tahun Depan
Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit di Tahun Depan

Apakah Anda berniat membeli kendaraan baru di tahun 2022, jika demikian, ada baiknya untuk melihat perkembangan dunia otomotif di masa yang akan datang. Penggunaan kendaraan telah berubah drastis.

Baca juga:  Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus

Dan kabarnya tidak hanya untuk transportasi orang saja. Kendaraan modern menjadi lebih maju untuk mengikuti segala tren yang ada.

15 Tren Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit

Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit di Tahun Depan15 Tren Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit
Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit di Tahun Depan_15 Tren Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa tren otomotif yang terus melejit hingga sekarang. Di antaranya adalah:

  • Kendaraan Listrik

Perkembangan dunia otomotif di tahun 2022, ada sejumlah besar kendaraan listrik. EV adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan mobil. Melalui penggunaan baterai listrik yang dapat diisi ulang, kendaraan hanya membutuhkan listrik.

Pengalaman berkendara sangat mulus saat mengendarai kendaraan listrik, yang dikatakan lebih ramah lingkungan. Mobil hibrida adalah pilihan populer lainnya jika Anda mencari kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

  • Keamanan Cyber Otomotif

Keamanan siber otomotif mengacu pada pengamanan sistem digital di kendaraan dan mencegah akses ilegal oleh peretas. Langkah-langkah keamanan siber mencegah peretas mencuri data, mengendalikan mesin, atau melukai orang secara fisik.

Menanggapi meningkatnya tingkat bahaya, perkembangan dunia otomotif ini memiliki kemampuan keamanan siber yang lebih canggih pada tahun 2022. Jika fitur keselamatan sangat penting bagi Anda, Anda harus melakukan studi ekstensif sebelum memilih kendaraan baru.

  • Peningkatan Fitur Keamanan

Untuk melindungi pengemudi di jalan, perkembangan dunia otomotif mobil secara bertahap dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan yang lebih canggih.

Kontrol jelajah adaptif, pengereman darurat, peringatan keberangkatan jalur, kontrol stabilitas elektronik, dan pengenalan titik buta adalah beberapa fitur keselamatan terbaik.

  • Tren Asuransi

Saat kita menjadi lebih bergantung pada perkembangan dunia otomotif seperti self-driving, risiko akan dinilai berdasarkan perangkat lunak dan AI. Penyedia asuransi akan dapat memperkirakan risiko lebih akurat karena alat seperti drone, satelit, dan kumpulan data.

  • Mobil Ramah Vegan

Kendaraan yang ramah vegan, atau tidak terbuat dari hewan, semakin populer. Alih-alih jok kulit konvensional, mobil ini memiliki kursi yang terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang.

Saat membeli kendaraan, semakin banyak pelanggan mencari solusi yang etis dan bermanfaat bagi lingkungan.

Saat membeli mobil baru, penting untuk mempertimbangkan ramah lingkungan dari merek dan bahan yang digunakan dalam konstruksinya.

  • Kendaraan Tanpa Pengemudi

Seperti namanya, perkembangan dunia otomotif seperti mobil self-driving, adalah mobil yang tidak memerlukan pengemudi manusia.

Memanfaatkan langkah-langkah odometry untuk mendeteksi perubahan lingkungan dan teknologi sensorik seperti radar, sonar, dan lidar, kendaraan beroperasi sambil mempertahankan kecepatan yang aman.

Meskipun mobil dapat mengerem dan berakselerasi secara otomatis, pengemudi masih bertanggung jawab untuk melakukan sebagian besar pekerjaan. Namun, ada juga mobil yang bisa mengemudi sendiri tanpa bantuan manusia.

Tidak bisa dipungkiri, banyak pembuat mobil, bisnis startup, dan perusahaan teknologi yang sudah mapan sedang mengembangkan teknologi self-driving.

Peningkatan signifikan di segmen pasar ini diantisipasi, dan beberapa kendaraan otonom diperkirakan akan memasuki pasar pada tahun berikutnya.

Keinginan kedua belah pihak untuk berkolaborasi dalam penciptaan teknologi mutakhir, fitur perangkat lunak tambahan, dan sistem operasi yang ditingkatkan akan menghasilkan hubungan yang lebih dalam antara pembuat mobil dan perusahaan teknologi.

Sangat penting bahwa teknologi terbaru tersedia di mobil generasi baru untuk menarik demografi yang lebih muda mengingat meningkatnya permintaan akan mobil self-driving.

  • Fokus Pada Konektivitas dan Kecanggihan

Perkembangan dunia otomotif saat ini memiliki fitur yang semakin canggih, termasuk perlindungan keamanan siber, pengereman darurat, dan fitur hiburan.

Sederhananya, mobil terhubung ke internet dan memungkinkan perangkat lain untuk berbagi koneksi internetnya. Ini berlaku untuk peralatan di dalam dan di luar kendaraan.

Kendaraan dapat berinteraksi dengan layanan, tablet, dan smartphone berkat konektivitas, yang memiliki beberapa keunggulan. Konektivitas juga akan membantu untuk kebutuhan bisnis, seperti manajemen armada atau komunikasi kendaraan-ke-kendaraan.

  • Komunikasi Kendaraan ke Kendaraan

Terlepas dari upaya terbaik Anda untuk mengemudi dengan aman, mungkin sulit untuk memprediksi apa yang akan dilakukan pengemudi lain di sekitar Anda. Mengemudi bisa sangat berisiko karena gangguan kecil yang dapat mengakibatkan bahaya secara signifikan.

Kendaraan Anda dapat merespons tanpa instruksi Anda berkat komunikasi kendaraan-ke-kendaraan. Komunikasi kendaraan dimungkinkan oleh teknologi ini, yang bertujuan untuk melindungi pengemudi.

Jadi bagaimana tepatnya komunikasi mobil-ke-mobil beroperasi? Mobil dapat mengkomunikasikan lokasi, kecepatan, dan arahnya berkat teknologi.

Teknologi ini beroperasi dengan mengirim dan menerima sinyal, kemudian mendistribusikan peringatan keselamatan sesuai kebutuhan.

  • Lebih Banyak Mobil yang Dijejali Banyak Fitur

Bukan hanya kendaraan mewah, tetapi kendaraan yang laris manis di pasaran juga hadir dengan banyaknya fitur terbaru dan tercanggih. Fasilitas ini mulai dari hiburan, bantuan mengemudi hingga sistem kenyamanan dan keamanan.

Banyak fasilitas yang sebelumnya hanya terlihat pada kendaraan mewah kini bahkan sudah ada di kelas menengah. Perkembangan dunia otomotif tersebut seperti eco idle, engine start/stop button, electric parking brake, lane keeping assist, dan lainnya.

  • Penjualan Langsung ke Konsumen

Kemajuan teknologi telah membuat konsumen lebih mudah untuk memenuhi permintaan mereka. Tidak terkecuali pembelian kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil.

Pada tahun 2022, diharapkan penjualan kendaraan online akan meningkat dengan cepat. Bahkan kini banyak vendor yang akan mulai menjual secara online sebagai akibat dari kecanggihan teknologi.

  • Menurunnya Minat Generasi Muda Terhadap SIM, Terutama di Kota Kota Besar

Menurut penelitian Schroders, lebih sedikit anak muda sekarang yang memiliki SIM atau kendaraan sendiri. Sementara itu, pengembangan layanan car-sharing seperti Grab, Go-Car, dan Lyft menjadi aspek yang krusial.

Perkembangan Transportasi Berbasis Ride Sharing, Transportasi yang Dimiliki Masyarakat dan Kepemilikan Parsial.

Perkembangan dunia otomotif seperti ride sharing mulai mendapatkan popularitas dengan cepat karena kepemilikan SIM mulai menurun. Holden menghormati tahun pertama GM Maven Gig beroperasi di Australia awal tahun ini.

Karena semakin banyak orang Australia beralih ke pekerja lepas dan tertarik pada ekonomi berbagi untuk mencari nafkah dan menemukan cara praktis untuk mencapai tujuan mereka lebih cepat, Maven Gig telah melihat pertumbuhan substansial sejak diperkenalkan.

  • Tren Ke Arah Kendaraan yang Lebih Kecil dan Ringan

Mengurangi (atau mengoptimalkan) bobot kendaraan telah menjadi salah satu prioritas utama perusahaan industri otomotif di seluruh dunia karena peraturan pemerintah yang ketat dalam memenuhi standar emisi bahan bakar serta kemajuan dalam teknologi dan penggunaan material.

  • Berakhirnya Era Penggunaan Transmisi Manual

Meskipun pembuat mobil tertentu, termasuk GM, masih menawarkan gearbox manual untuk model tertentu, peningkatan kinerja transmisi otomatis dan efisiensi bahan bakar telah mengurangi minat populer pada gigi stick-shift.

Namun, beberapa ahli mengklaim bahwa perkembangan dunia otomotif ini hanya iseng-iseng.

Di sisi lain, meningkatnya penggunaan paddle shift memungkinkan pengemudi untuk memindahkan transmisi otomatis secara manual menggunakan tuas yang dipasang di roda kemudi atau roda kemudi (situasi yang tidak terduga yang terjadi dalam jangka pendek).

  • Polarisasi Mobil Besar Atau Kecil, Mobil Mahal atau Murah, Serta Mobil Ramah Lingkungan atau Tidak Ramah Lingkungan

Pabrikan mobil terus memenuhi permintaan konsumen akan truk pikap dan SUV kesayangan mereka yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir sekaligus berinvestasi dalam pengembangan kendaraan listrik.

Salah satu contohnya adalah kendaraan pikap listrik bertenaga sel bahan bakar hidrogen ZH2 pernah diluncurkan GM Internasional.

  • Pertumbuhan Kendaraan yang Terkoneksi dan Solusi Transportasi Terpadu di Seluruh Kota

Ketika diadopsi secara luas, mobil terhubung yang dioperasikan melalui sistem vehicle-to-infrastructure (V2I) dan vehicle-to-everything (V2X) diantisipasi secara signifikan untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan lalu lintas.

Pertumbuhan dan Investasi Berkelanjutan di Bidang Kendaraan Listrik dan Bahan Bakar Alternatif

Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit di Tahun Depan_Pertumbuhan dan Investasi Berkelanjutan di Bidang Kendaraan Listrik dan Bahan Bakar Alternatif
Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit di Tahun Depan_Pertumbuhan dan Investasi Berkelanjutan di Bidang Kendaraan Listrik dan Bahan Bakar Alternatif

Karena kesehatan bisnis utama GM dan tingginya permintaan truk pikap dan SUV di seluruh dunia, perusahaan memiliki banyak ruang untuk melakukan investasi signifikan dalam perkembangan dunia otomotif.

GM menyatakan niatnya untuk memperkenalkan 20 kendaraan listrik baru pada tahun 2023. GM dan mitra industrinya juga sekarang mengembangkan kendaraan listrik yang akan menggunakan hidrogen dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Dampak Populasi yang Menua Terhadap Desain dan Penggunaan Kendaraan

Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit di Tahun Depan_Dampak Populasi yang Menua Terhadap Desain dan Penggunaan Kendaraan
Perkembangan Dunia Otomotif yang Akan Melejit di Tahun Depan_Dampak Populasi yang Menua Terhadap Desain dan Penggunaan Kendaraan

Sementara usia rata-rata populasi di Asia Tenggara adalah sekitar 30, usia rata-rata di Jepang mendekati 50 tahun, dan seluruh dunia memiliki populasi yang jauh lebih tua.

Di masa lalu, semakin tua berarti memiliki mobilitas yang lebih sedikit dan membutuhkan desain mobil yang kurang dapat beradaptasi.

Generasi yang lebih tua menjadi lebih aktif hari ini, dan crossover menengah adalah kendaraan pilihan mereka karena membuat masuk dan keluar dari mobil menjadi mudah dan nyaman.

Baca juga: Klasik, Ini Dia Deretan Motor Legend yang Masih Diminati

Mari kita lihat apakah ada tren atau inovasi terbaru lainnya. Di atas adalah beberapa perkembangan dunia otomotif yang diprediksi akan berlanjut hingga tahun 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here