Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya

0
210
Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya
Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen, pada mobil atau motor sangat berpengaruh bagi kendaraan Anda. Lampu pada kendaraan biasanya memiliki fungsinya masing-masing. Banyak kendaraan keluaran terbaru yang telah menggunakan lampu LED. 

Baca juga: Ketahui Apa saja Penyebab BBM Mobil Boros dan Tips Mengatasinya

Banyak pembeli mobil yang tidak memperhatikan lampu yang digunakan pada mobil pilihannya. Padahal lampu ini memegang peran yang penting dalam berkendara. Tanpa adanya lampu pada kendaraan Anda mungkin akan menyebabkan kesulitannya berjalan. 

Beberapa kendaraan sudah menggunakan lampu LED, ada pula yang masih menggunakan HID dan lampu homogen. Memang ketiganya sama-sama berfungsi untuk penerangan, namun ketiganya punya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. 

Pengertian dan Fungsi Lampu Light Emitting Diode (LED)

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya_Pengertian dan Fungsi Lampu Light Emitting Diode (LED)
Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya_Pengertian dan Fungsi Lampu Light Emitting Diode (LED)

Lampu LED merupakan lampu dari berbagai jenis perangkat semikonduktor yang mengeluarkan cahaya ketika ada arus listrik melewatinya. LED terdiri dari bagian 7 segmen dalam jam dan pengaturan waktu digital. 

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen bisa ketahui jika Anda mengetahui dari pengertian masing-masing. Banyak orang yang belum menyadari bahwa teknologi pencahayaan revolusioner ditemukan lebih dari 50 tahun yang lalu. 

Lampu LED dikembangkan pertama kali sejak tahun 1962, pencahayaan komersial yang telah ada sejak tahun 1980. Kemunculan warna lain dari lampu tersebut pada tahun 1990-an ketika sendawa biru di kembangkan dan dikelola oleh Jepang. 

LED ini memiliki fungsi untuk menerangi objek tertentu atau suatu tempat. Aplikasi LED sudah terdapat di mana-mana karena ukurannya yang fleksibel, menggunakan energi yang rendah, dengan masa pakai yang lama, fungsi lainnya yaitu :

  • LED digunakan untuk lampu latar TV

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen akan terlihat dari fungsinya, kami akan menjelaskan fungsi LED yang pertama yaitu sebagai penerangan lampu latar TV. Lampu latar TV sebagai konsumsi daya utama. 

Hampir semua rumah memiliki TV, dengan adanya LED dapat mengurangi penggunaan daya, sehingga daya yang digunakan lebih efisien. Anda akan jauh lebih hemat ketika menggunakan LED pada TV Anda. 

Kontras tampilan cahaya pada TV Anda akan jauh lebih baik ketika Anda beralih ke LED. LED telah menggantikan CFL dan juga LCD dalam pencahayaan latar TV. Karena banyak keuntungan yang diperoleh ketika menggunakan LED. 

  • LED digunakan untuk Backlighting Smartphone

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen, lampu LED digunakan pada bagian smartphone, hal ini dengan alasan bahwa lampu LED akan memberikan pencahayaan lebih tipis dan dibuat dengan biaya yang lebih murah. 

Sebenarnya lampu LED memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan ukuran layar smartphone yang akan digunakan. Voltase keluaran yang lebih rendah menjadikan alasan untuk lebih memilih LED. 

Keuntungannya juga pada penggunaan baterai yang jauh lebih tahan lama, sehingga smartphone Anda akan hemat baterai. Hampir semua smartphone sudah beralih ke lampu LED. 

  • Kegunaan LED untuk Otomotif

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen, lampu LED dalam dunia otomotif semakin berkembang, terlebih kendaraan terbaru saat ini sudah beralih ke lampu LED. Alasannya sama, yaitu penggunaan daya yang lebih hemat dan visibilitas yang jelas. 

Pengertian Lampu HID dan Fungsinya

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya_Pengertian Lampu HID dan Fungsinya
Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya_Pengertian Lampu HID dan Fungsinya

Dunia otomotif saat ini semakin berkembang, pada bagian lampu mobil atau motor saat ini didesain dengan berbagai lampu. Hal ini biasanya memiliki tujuannya sendiri, termasuk pemilihan lampu HID. 

Pengertian lampu HID (High Density Discharge) yaitu lampu yang dapat menghasilkan cahaya yang intensitas tinggi dan tahan lama. Lampu ini jauh lebih terang dan lebih bagus, teknologi yang digunakan yaitu teknologi Xenon. 

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen biasanya terletak pada intensitas cahaya yang dihasilkan. Cahaya yang dihasilkan lampu HID berpuluh kali lipat dibandingkan dengan lampu yang memiliki daya yang relatif rendah. 

Fungsi lampu HID secara umum mencakup beberapa keperluan yang luas, alasannya karena lampu ini menggunakan teknologi Xenon. Lampu HID mempunyai nama lain sebagai lampu Xenon. 

Lampu ini bagi pecinta otomotif baik untuk mobil atau motor, mungkin sudah tidak asing lagi. Saat ini sedang menjadi tren di dunia otomotif. Lampu ini memiliki jarak pandang dari kendaraan lebih jauh jangkauannya. 

Lampu ini juga memiliki intensitas cahaya yang jauh lebih terang dibandingkan lampu Halogen biasa. Terlebih apabila lampu ini digunakan pada saat malam hari atau jalan yang sedang berkabut, sangat membantu pengendara sekali. 

Pengertian dan Fungsi Lampu Halogen

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya_Pengertian dan Fungsi Lampu Halogen
Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya_Pengertian dan Fungsi Lampu Halogen

Berbagai jenis lampu bisa Anda temui, tetapi dalam dunia otomotif dikenal terdapat 3 lampu yang memiliki pengertian dan fungsinya masing-masing. Pengertian dan fungsi lampu LED da HID sudah kami jelaskan, selanjutnya adalah pengertian dan fungsi dari lampu Halogen.

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen, lampu halogen merupakan lampu yang memiliki cahaya yang lebih ramah lingkungan, dan tingkat kecerahan yang tinggi. Jika Anda menggunakan lampu ini akan memberikan kontras yang kaya. 

Jika Anda menggunakan lampu ini, Anda untuk menerangi ruangan, suasana menjadi lebih bersih dan terang. Contohnya saja yang telah menggunakan Halogen adalah Lampu Philips yang tersedia dalam berbagai jenis dan bentuk. 

Ukurannya juga didesain khusus untuk berbagai jenis luminer dan aplikasi, dengan begitu lampu ini memiliki pencintanya sendiri. Lampu Halogen classic memiliki bentuk yang mirip dengan lampu pijar tradisional.

Lampu ini memiliki energi yang lebih cerah dan lebih tahan lama, oleh karena itu Lampu Halogen Classic merupakan alternatif paling alami sebagai pengganti lampu pijar yang dipakai sebelum adanya lampu-lampu modern seperti pada saat ini. 

Perbedaan Lampu LED, HID dan Halogen Pada Kendaraan

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya_Perbedaan Lampu LED, HID dan Halogen Pada Kendaraan
Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya_Perbedaan Lampu LED, HID dan Halogen Pada Kendaraan

Ternyata terdapat beberapa jenis lampu yang digunakan dalam kendaraan baik mobil maupun kendaraan motor. Lampu yang populer digunakan untuk mobil dan motor yaitu lampu LED, HID dan Halogen, ketiganya memiliki perbedaan, perbedaan tersebut yaitu:

  • Lampu LED Mobil 

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen yang pertama yaitu, Lampu LED mobil sering ditemukan pada konsep mobil-mobil terbaru. Penggunaan LED dalam lampu mobil memiliki ciri khas tersendiri. 

Warna lampu yang bersinar lebih putih dan berkas cahaya yang menyerupai bentuk kota. Cahaya yang dihasilkan sebenarnya dari chip elektronik semikonduktor yang dilengkapi sebuah hambatan. 

Memiliki sumber utama yaitu diode yang tidak mengeluarkan energi panas, kelebihan dari lampu LED ini yaitu bisa dilihat dari penggunaan lampu LED mobil yang terletak pada daya tahannya. 

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen juga terletak pada penggunaan lampu LED yang terbilang awet dan tidak mudah putus. Lampu LED juga tidak menghasilkan panas sehingga lebih ramah lingkungan. 

  • Lampu HID

Selanjutnya yaitu Lampu HID, yang terbuat dari material gas dan logam, cahaya dari lampu HID ini berasal dari sebuah busur listrik. Busur listrik tersebut terbentuk dari dua elektroda di dalam sebuah plasma. 

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen ini yaitu pada cahaya lampu HID yang putih terang dan menyilaukan. Banyak orang menyebut lampu ini sebagai lampu matahari, karena sinarnya sangat terang. 

Pada mobil yang menggunakan lampu ini difungsikan sebagai lampu utama maupun lampu yang digunakan untuk menembus kabut. Dengan ciri khas sinar yang sangat terang HID sangat efektif penggunaannya dikala cuaca berkabut. 

Tetapi sebenarnya, lampu HID ini kurang efisien untuk kendaraan baik mobil maupun motor. Alasannya yaitu lampu HID cenderung sangat terang saat penggunaanya di awal, setelah beberapa waktu lampu HID akan redup dan mati. 

Bisa dikatakan juga bahwa lampu HID ini memiliki daya tahan yang lemah apabila digunakan untuk lampu mobil maupun motor. Lampu ini cenderung tidak awet dan mudah sekali mati. 

  • Lampu Halogen

Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen memiliki, sorot cahaya lampu dari proses pemanasan filamen tungsten yang ada di dalam tabung lampu. Energi tersebut kemudian bergesekan dengan gas dan menghasilkan cahaya. 

Lampu halogen kebanyakan mengeluarkan cahaya yang berwarna kuning yang sangat khas,. Proses pemanasan yang tersebut yang menjadi kelemahan dari lampu Halogen ini. Ketika digunakan lampu Halogen ini akan terasa panas bahkan bisa Anda rasakan. 

Proses pemanasan tersebut membutuhkan energi yang sangat besar, sehingga cenderung lebih boros ketika digunakan. Cahaya yang dihasilkan juga tidak sebagus lampu LED. 

Baca juga: Inilah Beberapa Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor

Teknologi lampu LED mobil jauh lebih unggul dibandingkan dengan menggunakan lampu HID dan Halogen. Penglihatan Anda sebagai pengendara akan jauh lebih nyaman dengan lampu jenis ini, hal tersebut adalah perbedaan lampu LED, HID dan Halogen. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here