Perbedaan Bensin Premium, Pertalite, dan Pertamax

0
91
Perbedaan Bensin Premium, Pertalite, dan Pertamax
Perbedaan Bensin Premium, Pertalite, dan Pertamax

Ternyata masih banyak orang belum tahu perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax untuk digunakan. Padahal ketiganya perlu kita ketahui secara detail agar tidak sampai salah pilih.

Baca Juga: Detail Velg Mobil Terbaik yang Anda Butuhkan

Karena tidak banyak orang mengetahui bahwa salah dalam memilih bahan bakar bisa berdampak pada kerusakan mesin. Secara sederhananya adalah seperti ketika motor Anda kemasukan air hujan akibat banjir.

Ketika sistem pembakarannya terganggu ini akan membuat motor atau mobil menjadi bermasalah. Karena sangat krusial maka kami akan membahas secara detail tentang aspek ini agar Anda menjadi paham.

Jangan sampai meremehkan pemilihan bahan bakar karena dalam jangka panjang ini akan memberikan dampak buruk. Jadi lebih baik selalu tepat dalam memilih bahan bakar dibandingkan harus rusak di jalan.

Spesifikasi BBM Premium Ketika Digunakan

Ini merupakan bahan bakar paling tidak berkualitas karena memang sudah tergeser oleh jenis lainnya. Ini sebenarnya masuk dalam kategori BBM yang cukup ramah terhadap lingkungan sekitar dari aspek polusi.

Namun masih banyak pertimbangan yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan untuk membeli premium. Berikut ini adalah perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

  • Kadar oktan 

Premium memiliki kadar oktan paling rendah yaitu 88 sehingga kemampuan pembakaran masih kurang optimal. Ini menimbulkan berbagai dampak baik pada lingkungan maupun mesin.

Dengan kadar oktan yang relatif rendah artinya konversi energi oksidasi yang dihasilkan relatif rendah. Ini membuat kendaraan akselerasinya lebih rendah ketika digunakan berjalan.

  • Oksidasi 

Dengan residu oksidasi sebanyak 12 persen tentu ini adalah nilai relatif tinggi bagi kendaraan. Jadi ada energi terbuang sebanyak persentase tersebut ketika digunakan berkendara.

Ketika digunakan dalam jangka panjang hal tersebut akan menghasilkan residu cukup banyak pada mesin. Jadi perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax pengguna perlu sering melakukan servis agar motor atau mobil bisa optimal.

  • Faktor mesin

Biasanya oktan 88 hanya digunakan untuk kendaraan bermotor keluaran sebelum tahun 2012. Jadi jika kendaraan Anda cukup tua maka ini masih efektif digunakan karena perbedaan prinsip pembakaran.

Namun ketika kendaraan Anda tahun keluarnya sudah relatif baru maka ini perlu jadi pertimbangan. Bisa saja diberikan premium namun jangan terlalu sering karena berdampak buruk pada mesin.

Dengan mengetahui tiga aspek krusial tadi sekarang Anda bisa lebih mengenal seperti apa itu premium. Memang penggunaannya sekarang sudah sangat jarang karena kendaraan tua juga berkurang volumenya.

Ketahui Seperti Apa Spesifikasi Pertalite

Perbedaan Bensin Premium, Pertalite, dan Pertamax_Ketahui Seperti Apa Spesifikasi Pertalite
Perbedaan Bensin Premium, Pertalite, dan Pertamax_Ketahui Seperti Apa Spesifikasi Pertalite

Ini adalah salah satu jenis BBM yang sekarang sudah umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Karena premium sudah perlahan dihentikan penjualannya jadi pertalite menjadi opsi bagi masyarakat.

Namun ternyata masih sedikit yang mengetahui spesifikasi terkait bahan bakar satu ini ketika digunakan pada kendaraan. Oleh karena itu perhatikan beberapa pembahasan berikut sehingga menjadi lebih paham.

  • Oktan 

Dari segi oktan sendiri nilai pertalite antara 90-91 sehingga relatif lebih tinggi dari premium. Ini juga perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax merupakan opsi utama yang sekarang sedang digunakan oleh masyarakat.

Dengan kadar oktan tersebut hasil energi pembakaran menjadi semakin optimal dan sedikit polusi. Dampaknya di lingkungan juga relatif bagus karena asap kendaraan pengguna berkurang drastis.

  • Oksidasi

Dengan nilai residu antara 9 dan 10 persen artinya ini sudah relatif optimal digunakan mesin modern. Apabila digunakan pada kompresi tepat tentu saja ini bisa memberikan pembakaran maksimal.

Tingkat oksidasi tersebut juga memberikan kemampuan tarikan lebih optimal pada kendaraan. Sehingga perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax akselerasi ketika digunakan untuk melaju juga relatif lebih baik dan konsisten.

  • Faktor mesin 

Kita sudah mengetahui jenis kompresi mana yang cocok dengan bahan bakar satu ini. Dari segi residu sendiri yang nominalnya relatif rendah membuat bagian dalam mesin menjadi cukup awet.

Tingkat residu tersebut tidak akan mudah terkumpul dan menghalangi pembakaran sehingga membuatnya kurang optimal. Aspek seperti ini tentu sangat penting untuk kita perhatikan.

Sekarang pertalite menjadi salah satu tipe yang paling sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Keluaran motor yang umum juga membuat opsi ini semakin tepat digunakan dalam jangka panjang.

Ini Detail Spesifikasi Pertamax untuk Pengguna

Biasanya para pengguna pertamax identik dengan kendaraan roda empat dan motor berkapasitas mesin besar. Ini adalah perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax perspektif yang dipahami oleh orang awam karena tidak sepenuhnya benar.

Kami akan menjelaskan secara rinci agar kesalahan persepsi seperti itu tidak terjadi lagi. Karena penggunaan pertamax sendiri bisa menjadi salah satu opsi bagi mobil atau motor keluaran setelah 2012.

  • Oktan 

Kadar oktan pada pertamax yang digunakan kendaraan di Indonesia adalah 92. Sehingga dari kadar tersebut bisa kita tahu bahwa kualitas pembakarannya lebih bagus dibandingkan pertalite dan premium.

Ini adalah salah satu alasan mengapa kendaraan yang menggunakan bahan bakar ini biasanya jauh lebih awet. Karena perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax semakin tinggi oktan artinya efisiensi pada mesin juga lebih bagus.

  • Oksidasi 

Ketika kita membahas masalah oksidasi sebenarnya tidak jauh berbeda ketika dibandingkan dengan pertalite. Karena kadar oktan selisihnya hanya satu poin sehingga keduanya cukup interchangeable.

Namun perlu diketahui juga untuk jenis mesin tertentu hal ini tidak berlaku sama sekali. Sehingga  ketika perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax menggunakan bahan bakar dibawah kadar ini justru dapat memicu kerusakan.

  • Faktor mesin

Pertamax digunakan untuk kendaraan berkompresi mesin 11:1 dan 10:1 sehingga ada jenis tertentu yang masih bisa memakai pertalite. Namun lebih baik jika memakai pertamax sebagai bahan bakar.

Ketika mesin tersebut sudah kompatibel menggunakan oktan lebih tinggi maka kita harus memilih opsi naik. Jika menggunakan oktan dibawahnya pembakaran akan kurang optimal dan memicu banyak residu.

Ini adalah aspek yang cukup penting untuk kita pertimbangkan sebagai seorang pemilik kendaraan bermotor. Jadi nantinya kita bisa mendapatkan kualitas optimal sesuai dengan kapabilitas kendaraan.

Ini Perbedaan Bensin Premium, Pertalite, dan Pertamax Lainnya

Masih ada beberapa perbedaan yang bisa kita lihat dari aspek non teknis seperti sebelumnya. Jadi para pengguna awam bisa mengetahui secara lebih mudah agar tidak salah ketika membeli.

Kami tetap akan memberikan penjelasan juga sehingga akan lebih komprehensif sebagai informasi. Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang perlu kita pahami agar tidak salah saat mengisi di SPBU.

  • Warna 

Ini adalah hal paling mencolok karena berturut turut warna premium, pertalite, pertamax adalah kuning, hijau, dan biru. Ada varian baru yaitu pertamax turbo dengan warna pink.

Perbedaan warna tersebut tidak ada pengaruhnya dengan teknis bahan bakar. Jadi hanya digunakan perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax sebagai pembeda saja sehingga para pengguna lebih mudah dalam membedakan.

  • Harga 

Urutan paling murah ke mahal adalah premium, pertalite, kemudian pertamax sebagai referensi. Memang semakin tinggi kadar oktan maka harganya juga relatif lebih tinggi.

Sehingga aspek ini juga perlu diperhatikan oleh para pengguna agar bisa membeli sesuai kemampuan. Karena akan cukup merepotkan juga ketika ternyata BBM cukup mahal ketika membeli.

  • Polusi 

Bagi Anda yang peduli terhadap kualitas lingkungan terutama udara pastikan untuk menggunakan BBM dengan kandungan oktan tinggi. Karena semakin tinggi oktan artinya polusi dihasilkan jauh lebih sedikit.

Ini diakibatkan oleh efektivitas pembakaran akibat minimnya residu pada BBM oktan tinggi. Sehingga perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax ini lebih ramah lingkungan ketika dijadikan sebagai opsi kebutuhan sehari-hari.

Dengan mengetahui perbedaan non teknis tersebut tentu Anda tidak perlu salah lagi dalam melakukan pembelian. Ini adalah pertimbangan yang banyak orang perlu mengetahui sehingga lebih bijak sebagai pembeli.

Mana yang Paling Cocok Digunakan Pengendara

Perbedaan Bensin Premium, Pertalite, dan Pertamax_Mana yang Paling Cocok Digunakan Pengendara
Perbedaan Bensin Premium, Pertalite, dan Pertamax_Mana yang Paling Cocok Digunakan Pengendara

Ketika dibahas secara teknikal tentu saja kecocokan BBM bergantung pada kompresi mesin terkait. Misalnya motor perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax Anda keluaran tahun 2009 yang biasanya masih menggunakan kompresi 9:1.

Tentu saja premium menjadi salah satu solusi terbaik untuk jenis kompresi tersebut ketika digunakan transportasi sehari-hari. Namun sekarang premium sudah tidak ada, bagaimana solusi mengatasinya.

Secara teknis jika mesin kompresi 9:1 menggunakan pertalite akan ada banyak persentase oksidasi kurang optimal. Alasannya karena kompresi memang terlalu jauh perbedaannya untuk bisa efektif menggunakan pembakaran ini.

Akibatnya motor lama akan berkurang tarikannya ketika kita paksakan menggunakan pertalite. Namun dari kesehatan mesin sendiri sebenarnya tidak terlalu masalah karena hanya pengaruh pada akselerasi saja.

Kami sangat menyarankan perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax kendaraan sekarang menggunakan pertamax saja agar performanya semakin bagus. Meskipun pertalite sendiri sudah lumayan namun untuk jangka panjang ini akan segera obsolete.

Sehingga pertamax adalah solusi bahan bakar paling cocok digunakan oleh kendaraan modern seperti sekarang. Ini bisa membantu mesin tetap terjaga performanya dan paling penting minim residu.

Baca Juga: Ketahui Velg Terbaik untuk Motor Anda yang Paling Tepat

Setelah memahami semua materi tadi tentu Anda tidak kesulitan dalam menentukan pilihan. Mengetahui perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax adalah hal krusial dalam perawatan kendaraan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here