Penyebab Kopling Mobil Berat dan Langkah Tepat Mencegahnya

0
81
Tidak Ada Masalah Mekanis Signifikan
Tidak Ada Masalah Mekanis Signifikan

Kalian perlu memahami penyebab kopling mobil berat agar dapat mengatasinya sesuai kondisi kendaraan. Apalagi bagian ini berfungsi sebagai penghubung dan pemutus daya dari memutar mesin dan transmisi.

Baca juga: Jenis Velg Mobil yang Penting untuk Kita Ketahui

Komponen ini merupakan bagian penting dalam sebuah kendaraan agar bisa kalian gunakan dengan nyaman. Oleh karena itu, ketika kondisinya sudah kurang optimal kalian harus benar-benar peka dan segera mengatasi masalahnya.

Jika tidak segera teratasi dengan baik maka akan terjadi masalah selanjutnya ketika berkendara. Jadi jangan sampai ada masalah dengan kopling ketika kalian menggunakan mobil demi keselamatan selama di perjalanan.

Mengenal Penyebab Kopling Mobil Berat

Mengenal Penyebab Kopling Mobil Berat
Mengenal Penyebab Kopling Mobil Berat

Bagi orang yang sudah mahir menyetir tentu akan merasakan jika ada sedikit saja perubahan pada kendaraannya. Apalagi kopling yang cukup sering digunakan selama berkendara, sehingga sebenarnya tidak ada alasan membiarkan kampasnya sampai aus.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kopling mobil berat dan keras. Tentunya mengendara dengan kondisi mobil seperti ini tidak akan nyaman dan membuat kalian jadi cepat lelah.

Pelumas di bagian kabel kopling sudah berkurang 

Kurangnya pelumas pada bagian kabel ini tentu akan membuatnya menjadi kering. Kondisi kabel yang kering kemudian membuat kampas menjadi terakumulasi dan terasa berat saat kalian gunakan.

Biasanya memang kondisi ini masih banyak terjadi pada mobil dengan transmisi manual. Sedangkan pada mobil otomatis cenderung pelumasannya lebih terjaga karena menggunakan tenaga hidrolik.

Jadi masalah kabel kering yang jadi salah satu penyebab kopling mobil berat harus kalian perhatikan dengan baik. Terutama bagi yang menggunakan mobil dengan transmisi manual harus sering melakukan pengecekan.

Cover clutch yang kalian gunakan kadaluarsa

Cover clutch merupakan bagian penutup pada kopling. Komponen ini sebenarnya memiliki masa pakai yang biasanya terabaikan. Masa kadaluarsanya memang bergantung pada seberapa sering kalian menggunakan mobil tersebut.

Semakin sering kalian gunakan, tentunya akan semakin cepat masa kadaluarsanya. Kondisi ini menyebabkan tekanan energi pada kampas komponen ini akan semakin menurun sehingga jadi penyebab kopling mobil berat.

Berkurangnya tekanan energi tersebut menyebabkan fungsi dari pressure plate jadi tidak maksimal. Sehingga transmisi akan menjadi terasa keras saat kalian gunakan saat berkendara.

Kampas kopling yang sudah aus

Kondisi kampas kopling yang tipis atau sudah aus tentunya membuat pedalnya jadi lebih keras ketika kalian menginjaknya. Pastinya kalian bisa merasakan perbedaannya ketika kampas sudah mulai tipis.

Kampas yang tipis akan menimbulkan gesekan dari beberapa komponen pengereman terutama pada mobil besar. Jika tidak segera kalian perbaiki maka akan menimbulkan kerusakan di bagian mesin dan sistem pengereman.

Menyetir dengan cara yang tidak tepat

Kebiasaan menyetir yang salah ternyata juga berdampak pada kualitas berbagai komponen pada mobil. Misalnya saja kalian sering melakukan teknik setengah kopling saat berkendara di jalanan yang menanjak.

Melepas dan menginjak pedalnya secara tiba-tiba akan membuatnya terasa berat. Hal ini juga membuat kampasnya justru akan jadi lebih cepat aus. Begitu juga dengan kebiasaan pakai gigi dua atau tiga saat mulai menjalankan mobil.

Release bearing kendaraan rusak

Release bearing sendiri fungsi sebenarnya untuk mendorong pegas diafragma dari cover clutch. Jika komponen ini rusak maka bagian pegas diafragma akan menipis dan tekanannya akan melemah.

Jadi ketika mencari penyebab masalah pada kopling jangan lupa untuk mengecek bagian release bearing juga. Jika perlu segera ganti dengan yang baru agar tidak menimbulkan masalah lainnya.

Beberapa penyebab kopling mobil berat ini memang masih sering terlupakan. Sehingga masih banyak yang melakukannya dan mengabaikan ketika kampas kopling mulai aus. Ketika sudah terjadi kerusakan baru menyadarinya dan akhirnya harus keluar budget besar.

Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus

Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus

Agar penyebab kopling mobil berat tidak sampai terjadi kerusakan yang lebih parah maka kalian memang harus peka terhadap perubahan selama menggunakan mobil. Termasuk mengenali ketika bagian kampasnya sudah mulai aus atau habis.

Jika kalian sudah menemukan beberapa ciri berikut maka kampasnya harus sudah segera diganti. Jangan sampai menunggu semakin parah dan membahayakan diri sendiri selama perjalanan menggunakan mobil tersebut.

  1. Akselerasi pada mesin menurun dan biasanya akan ada bunyi berdecit ketika kalian menginjak pedal gas. Hal ini karena ketika bagian kampasnya habis maka tenaga dari putaran mesin tidak menyalur dengan baik ke bagian transmisi.
  2. Ciri fisik yang bisa kalian perhatikan adalah bagian pedalnya terlihat lebih tinggi dengan sendirinya. Sehingga dalam kondisi tersebut, jarak injak untuk pedal tersebut akan jadi lebih pendek.
  3. Mesin jadi lebih cepat panas meskipun menggunakannya untuk kondisi normal. Rotasi mesin meningkat karena licinnya permukaan kampas yang sudah habis. Inilah penyebab kopling mobil berat dan suhu mesin jadi cepat panas.
  4. Ciri yang paling khas saat kampas habis adalah munculnya bau hangus. Apalagi saat menggunakan mobil di daerah dengan jalan turunan dan tanjakan curam pasti akan membutuhkan perpindahan transmisi yang intens.
  5. Berkaitan dengan mesin yang berputar lebih cepat membuat perpindahan transmisi jadi lebih berat untuk kalian lakukan. Bahkan sampai kesulitan untuk bisa memindahkan tuas pemindah gigi karena jadi kaku.

Kopling sebagai bagian penting dari keamanan kalian selama berkendara tidak boleh sampai mengalami masalah. Jadi sangat penting untuk tidak membuatnya sampai menipis atau bahkan aus yang nantinya bisa sangat membahayakan.

Mengatasi Penyebab Kopling Mobil Berat Sesuai Masalahnya

Mengatasi Penyebab Kopling Mobil Berat Sesuai Masalahnya
Mengatasi Penyebab Kopling Mobil Berat Sesuai Masalahnya

Ketika kalian merasakan adanya tanda bahwa kampas komponen ini sudah tipis atau aus maka harus segera diganti. Jangan sampai menunggu waktu lagi karena kerusakannya bisa saja menyebar sampai ke masalah mesin mobil.

Begitu juga dengan melakukan pengecekan terhadap pelumas pada bagian kabel kopling. Ketika kalian mengeceknya secara berkala maka tidak akan sampai kering pelumas pada bagian penting tersebut sehingga komponen ini akan lebih awet dan aman tentunya.

Sebisa mungkin hindari untuk meletakkan kaki di atas kopling sepanjang berkendara. Namun injak bagian pedalnya hanya ketika dibutuhkan. Pastikan juga untuk menggunakan pedalnya secara perlahan agar tidak sampai menimbulkan kerusakan.

Menyetir dengan baik dan benar juga bisa jadi langkah untuk memaksimalkan usia penggunaan kampas kopling. Jika tidak sampai terjadi kerusakan berat tentunya kalian juga bisa menghemat budget untuk perbaikan mobil.

Selain melakukan pengecekan pada release bearing, jangan lupakan bagian pilot bearingnya. Kondisi pilot bearing yang sudah tidak optimal juga bisa jadi penyebab kopling mobil berat dan perpindahan gigi jadi sulit.

Jika release bearing dan cover clutch masih dalam keadaan bagus maka sebaiknya kalian berikan pelumas. Langkah tersebut akan membantu untuk menjaga agar fungsi dan kualitasnya bisa bertahan dengan baik dalam jangka waktu yang lama.

Saat melakukan service atau penggantian kampas kopling sebaiknya sekaligus mengecek bagian lain yang berkaitan. Apalagi jika kampas sudah sampai aus, bukan tidak mungkin sudah ada kerusakan di bagian lain yang tidak terlihat secara langsung.

Mengetahui penyebab kopling mobil berat secara detail memang akan membantu dalam mengatasinya secara tepat. Melakukan pengecekan secara berkala dan mencari tahu penyebabnya memang jadi hal yang jangan sampai kalian lupakan.

Tips Menggunakan Kopling Mobil Agar Tahan Lama

Tips Menggunakan Kopling Mobil Agar Tahan Lama
Tips Menggunakan Kopling Mobil Agar Tahan Lama

Cara berkendara jadi salah satu bagian penting yang turut menentukan kopling kalian makan tahan lama digunakan atau tidak. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk bisa mencegah adanya penyebab kopling mobil berat.

  1. Tidak menginjak rem dan kopling secara bersamaan karena tenaga untuk mengerem mobil akan membebani mesin kendaraan. Kebiasaan ini masih sering dilakukan padahal membuat kampasnya jadi cepat aus.
  2. Saat sudah selesai menggunakannya maka lepas kopling perlahan-lahan, jangan sampai menghentaknya begitu saja yang biasanya jadi penyebab kopling mobil berat.
  3. Hindari menggunakan gigi tidak sesuai kebutuhan berkendara. Pemahaman akan menggunakan gigi mobil secara tepat juga akan membantu memaksimalkan usia penggunaan komponen ini.
  4. Saat sedang berhenti di lampu merah sebaiknya gigi mobil kalian pindahkan ke netral. Sehingga kaki bisa istirahat dan tidak selalu menginjak kopling mobil.

Memperhatikan beberapa detail berkendara tersebut memang sangat penting agar dapat menjaga kopling dan mesin berjalan baik. Dengan begitu kalian juga bisa menjalankan kendaraan secara lebih aman dan nyaman. 

Baca juga: Filter Udara Menentukan Konsumsi BBM? Ini Penjelasannya

Menjaga kampas kopling agar tahan lama dan segera mengganti ketika sudah aus sangatlah berguna untuk kesehatan kendaraan kalian. Bahkan membantu untuk mengurangi penyebab kopling mobil berat dan kerusakan lanjutan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini