Ketahui Apa saja Penyebab BBM Mobil Boros dan Tips Mengatasinya

0
144
Ketahui Apa saja Penyebab BBM Mobil Boros dan Tips Mengatasinya
Ketahui Apa saja Penyebab BBM Mobil Boros dan Tips Mengatasinya

Mungkin Anda seringkali bertanya, apa saja sih faktor penyebab BBM mobil boros. Pasalnya, tidak sedikit dari pengguna kendaraan mengeluhkan permasalahan ini. Apalagi Bahan Bakar Minyak ini menjadi komponen penting sebagai salah satu penggerak roda empat tersebut

Baca juga: Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

Anda tentu memahami bahwa tentu tidak sedikit munculnya penyebab dari BBM mobil boros. Terdapat sangat banyak faktor dari komponen kendaraan atau akibat dari kesalahan perawatan. Agar lebih jelas simak uraian lengkapnya melalui artikel di bawah ini.

Simak Dulu Apa Saja Ciri – Ciri Mobil yang Boros

Ketahui Apa saja Penyebab BBM Mobil Boros dan Tips Mengatasinya_Simak Dulu Apa Saja Ciri – Ciri Mobil yang Boros
Ketahui Apa saja Penyebab BBM Mobil Boros dan Tips Mengatasinya_Simak Dulu Apa Saja Ciri – Ciri Mobil yang Boros

Jika Anda ingin mengetahui apakah kendaraan Anda sering kehilangan bahan bakar minyak secara berlebih atau tidak. Maka, sebaiknya periksa odometer pada mobil. Setelah memeriksanya, Anda dapat melakukan perhitungan dengan rumus : (B-A) : F.

B merupakan kilometer akhir pada roda empat ini. Sementara A merupakan kilometer awal dan F adalah total konsumsi bahan bakar. Misalnya seperti ini, jika kilometer awal sebesar 1000 km, sedangkan kilometer akhir adalah 2000 km.

Kemudian kendaraan akan menghabiskan bensin sebesar 20 L. Maka, (2000 – 1000) : 20 = 5 km/ liter. Jika Anda ingin perhitungan yang lebih akurat, lakukan hingga 3 kali perhitungan. Jika hasil perhitungan berbeda – beda, mungkin kendaraan Anda tergolong boros. 

Selain dari perhitungan, Anda juga dapat melihat indikator boros pada kendaraan seperti :

1. Asap Knalpot Hitam

Salah satu ciri yang bisa Anda kenali dari keborosan kendaraan adalah asap knalpot menghitam. Ini menandakan adanya kesalahan pada karburator. Masalah ini dapat terjadi karena penyumbatan pipa kecil oleh kotoran sehingga aliran bensin ke mesin terganggu. 

2. Suara yang Kasar

Suara kendaraan yang semakin kasar dapat menjadi ciri atau penyebab BBM mobil boros. Hal tersebut menandakan adanya kondisi klep pada roda empat tersebut terlalu longgar sehingga menghabiskan banyak BBM. 

3. Bau Bensin yang Lebih Menyengat

Bau bensin yang menyengat menjadi salah satu tanda adanya kebocoran tangki bensin. Inilah yang kemudian menyebabkan menurunnya bahan bakar secara drastis. Segera atasi jika menemukan kondisi seperti ini.

4. Sulit untuk Menginjak Pedal Gas

Pedal gas yang sulit diinjak menjadi salah satu tanda penyebab BBM mobil boros. Kesulitan dalam menginjak pedal gas akan membuat BBM cepat habis. 

Ini karena adanya penyumbatan pada filter udara oleh kotoran maupun debu. Oleh karenanya, segala debu dan kotoran wajib dibersihkan secara berkala demikian juga filter udara.

Inilah Beberapa Penyebab BBM Mobil Boros yang Wajib Anda Ketahui

Ketahui Apa saja Penyebab BBM Mobil Boros dan Tips Mengatasinya_Inilah Beberapa Penyebab BBM Mobil Boros yang Wajib Anda Ketahui
Ketahui Apa saja Penyebab BBM Mobil Boros dan Tips Mengatasinya_Inilah Beberapa Penyebab BBM Mobil Boros yang Wajib Anda Ketahui

Selain mengetahui ciri-ciri dari los bahan bakar dari kendaraan. Anda juga perlu memahami apa saja faktor yang mengakibatkan tingkat keborosan terjadi. Beberapa pembahasan lengkapnya telah kami rangkum secara detail pada ulasan berikut ini :

1. Filter bensin kotor

Penyebab BBM mobil boros pertama adalah filter bensin yang kotor. Pengguna wajib mengganti filter bensin setiap rentang 30.000- 40.000 km agar aliran bensin ke mesin pembakaran selalu dalam keadaan bersih. 

Jika bensin mengalir ke mesin pembakaran kotor dan membuat roda empat menghabiskan material pembakaran berlebih. Hal tersebut akan membuat ruang pembakaran menjadi mudah rusak dan mempengaruhi kerusakan pada komponen yang lain misalnya karburator. 

2. Filter udara kotor

Selain filter bensin, filter udara yang kotor ternyata juga bisa jadi penyebab BBM mobil boros. Ketika filter udara kotor, udara bersih yang masuk ke dalam mesin akan berkurang. Akibatnya, kerja piston semakin berat karena pengendara harus menginjak pedal gas secara maksimal.

Hal tersebut pada akhirnya menyebabkan kendaraan Anda akan mengonsumsi lebih banyak bensin. Jika terjadi secara terus menerus, akan membuat siapapun pemilik kendaraan menjadi tekor pengeluaran di bahan bakar. 

3. Kebocoran Knalpot Mobil

Penyebab BBM mobil boros selanjutnya adalah kebocoran pada knalpot. Pembuangan gas yang bocor melalui knalpot, tanpa disadari hal tersebut dapat memakan bensin cukup banyak. 

Kita semua tahu jika gas pembakaran bahan bakar akan dibuang melalui knalpot. Jika sistem dalam knalpot mengalami masalah hingga bocor sebaiknya harus segera diatasi agar tidak terjadi pemborosan BBM. 

4. Menggunakan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Salah satu penyebab BBM mobil boros lainnya adalah penggunaan bahan bakar tidak sesuai dengan mesin kendaraan Anda. Bisa saja seharusnya menggunakan bahan bakar dengan kualitas lebih rendah yaitu kurang dari oktan 95.

Sementara untuk melaju, roda empat ini membutuhkan oktan yang tinggi. Sehingga tenaga yang dihasilkan mobil lebih kuat dan menghemat bensin. Sehingga poin ini sangat penting untuk diperhatikan.

Ketika Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan sebesar 80 hingga 90, kemungkinan konsumsi bensin akan semakin besar. Selain itu, tarikan mobil juga akan lebih berat dibandingkan dengan bahan bakar oktan 95. 

5. Permasalahan pada Ban

Ban yang kurang angin dapat mengakibatkan gaya gesek pada kendaraan menjadi bertambah sehingga mobil semakin berat dikendarai. Ketika laju semakin lambat dan berat, maka dapat membuat kendaraan mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjalankannya. 

Kejadian tersebut juga menjadi satu penyebab BBM mobil boros. Jadi pastikan kembali ban memiliki ukuran standart dan masih bagus. Ban gundul atau kempis juga dapat menimbulkan masalah. Kondisi ban gundul tersebut dapat memperbesar gesekan ketika di aspal. 

6. Menggunakan AC Terlalu Dingin

Saat ini mayoritas mobil telah dilengkapi dengan AC. Adanya AC mampu membuat sirkulasi udara di dalam ruangan lebih terjaga dan sejuk. Terlebih pada cuaca panas, pengemudi cenderung menyetel AC dengan tingkatan paling dingin.

Padahal hal ini akan menjadi salah satu penyebab BBM mobil boros. Pasalnya, ketika AC dalam kondisi dingin, kompresor bertugas memompa refrigerant untuk menyerap daya. Akibatnya, power mesin akan terkuras, bensin yang digunakan juga akan semakin banyak. 

7. Telat Ganti Oli

Telat ganti oli juga menjadi salah satu penyebab BBM mobil boros. Oli akan semakin menurun kualitasnya jika lama tidak diganti. Akibatnya, mesin akan mudah panas sehingga merusak kinerja mesin. Jika tidak segera diganti, konsumsi BBM akan semakin boros. 

Oleh sebab itu, melakukan penggantian oli sebaiknya dilakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dealer resmi biasanya akan menyarankan penggantian setiap 5000 km. Selain itu, jangan sampai melebihi batas 5000 km.

8. Mobil Jarang Dipanaskan

Penyebab BBM mobil boros terakhir adalah kendaraan Anda sangat jarang dipanaskan. Jika hal ini Anda lakukan berulang dan sering terjadi dalam waktu yang lama. Maka tentu saja akan membuat mesin berada pada keadaan dingin.

Sehingga pada saat ingin memakainya kembali, kendaraan akan membutuhkan waktu lumayan lama untuk memanaskan mesin. Akibat dari perlakuan tersebut adalah bensin yang digunakan akan lebih banyak. 

Berikut Ini Beberapa Cara Mengatasi BBM Mobil Boros

Ketahui Apa saja Penyebab BBM Mobil Boros dan Tips Mengatasinya_Berikut Ini Beberapa Cara Mengatasi BBM Mobil Boros
Ketahui Apa saja Penyebab BBM Mobil Boros dan Tips Mengatasinya_Berikut Ini Beberapa Cara Mengatasi BBM Mobil Boros

Setelah mengetahui apa saja faktor atau alasan dari permasalahan yang umum terjadi bagi beberapa orang. Kini saatnya Anda mencari solusi dari permasalahan tersebut. Beberapa diantaranya sebagai berikut ini :

1. Mengganti Bahan Bakar dengan Tepat

Menghindari mobil boros BBM, salah satu solusinya adalah mengganti pemulas sejenis bensin dengan tepat. Agar mudah mengetahui jenis dari BBM yang sesuai, Anda dapat bertanya pada pihak bengkel resmi.

Anda dapat menggunakan bensin dengan RON minimal 90 dan maksimal 95. Bahkan saat ini beberapa mobil menggunakan bahan bakar dengan RON minimal 95 agar kinerja mesin tetap terjaga. 

2. Mengendarai Mobil dalam Kecepatan Konstan

Agar tak terlalu memakan BBM banyak, caranya adalah mengendarai mobil dalam kecepatan konstan. Ini karena semakin cepat laju kendaraan, akan membutuhkan tenaga yang besar sehingga BBM yang dibutuhkan juga akan semakin besar. 

Oleh sebab itu, gunakan kecepatan konstan. Selain lebih santai, tidak boros bensin, penumpang juga akan lebih nyaman selama di dalam mobil.

3. Mengecek Ban Sebelum Berkendara

Tips lain agar penyebab BBM mobil boros tidak terjadi adalah mengecek ban sebelum berkendara. Pastikan Anda mengisi angin yang cukup pada ban. Jika ban licin, segera ganti dengan baru. Hal ini dapat meminimalisir insiden yang mungkin terjadi selama berkendara. 

4. Mengecek kinerja rem mobil

Komponen yang tak kalah penting untuk melakukan pengecekan adalah rem mobil. Ketika Anda merasa rem susah untuk digunakan, segera ganti yang baru di bengkel resmi. Ini bertujuan agar penggunaan bensin tidak terlalu banyak ketika rem lancar digunakan.

5. Panaskan Mobil Setiap Harinya

Baca juga: Inilah Beberapa Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor

Dalam artikel telah menjelaskan bahwa mesin mobil yang terlalu lama dalam keadaan dingin akan menghabiskan bensin. Untuk mengatasinya, jangan lupa memanaskan mobil setiap hari selama kurang lebih 30 detik setiap hari untuk menghindari penyebab BBM mobil boros.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here