Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

0
143
Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik
Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik, sebab kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Oleh karena itu pahami kondisi kendaraan roda dua dengan baik, jangan sampai kondisi ini berlanjut dan merugikan pengemudi.

Baca juga: Bahaya Isi BBM Sampai Luber, Tips Mengisi BBM agar Tetap Aman

Aki menjadi salah satu komponen motor yang tidak bisa dilupakan, dalam penggunaannya, accu berguna sebagai penyimpanan daya listrik yang akan digunakan. Seperti misalnya menyalakan fuel pump, atau saat menstarter mesin kendaraan hingga suplai arus ke spul. 

Mengetahui penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik, menjadi salah satu tahapan awal yang bisa Anda mulai untuk mempelajari kebutuhan kendaraan. Apalagi jika rutin menggunakan kendaraan roda dua, jangan sampai terjadi kerusakan yang tidak Anda ketahui sejak awal.

Ketahui kapan harus memeriksa aki, atau menggantinya secara rutin karena setiap accu memiliki masa waktu pemakaian. Dan masa pemakaian accu motor dan mobil berbeda, sehingga Anda tidak bisa menyamakannya, segera kenali dengan baik kendaraan Anda dan kebutuhannya.

Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik_Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik
Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik_Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

Seringkali pengendara gagal menyalakan kendaraannya, bahkan ketika sudah distarter sekalipun. Biasanya kondisi ini disebabkan karena aki bermasalah, untuk mencegah hal ini terjadi kembali di kemudian hari, segera ketahui berbagai penyebab yang membuat accu tidak menyala.

  • Jarang Dibersihkan

Salah satu penyebab kondisi ini bisa terjadi ialah, pengendara jarang membersihkan accu terlebih lagi jika Anda menggunakan jenis accu basah. Ketika tidak dibersihkan dalam waktu lama, maka accu bisa timbul kerak putih bahkan jamur pada bagian baut.

Selain itu kerak bisa menutup pada lempengan terminal negatif dan positif, yang menyebabkan aliran arus listrik terhambat dan membuat accu tidak bisa menyala secara normal. 

  • Motor Jarang Digunakan

Penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik lainnya adalah karena motor jarang digunakan, bukan berarti jika kendaraan tidak digunakan, maka komponen didalamnya akan bertahan lebih lama, nyatanya mesin yang jarang dinyalakan bisa timbul kerusakan yang tidak diketahui.

Karena tidak dinyalakan secara teratur, maka pengisian listrik juga menjadi tidak teratur yang membuat kualitas mesin motor terkena dampaknya. Maka dari itu penting untuk menggunakan atau setidaknya panaskan kendaraan Anda secara rutin, cukup selama 5 menit setiap harinya.

  • Salah dalam Pemasangan Kabel

Kabel menjadi penghubung antara accu dengan sistem kelistrikan, sebagai penghantar listrik, tentu pemasangan kabel harus diperhatikan dengan teliti. Jika pemasangannya tidak tepat, maka bisa menyebabkan kerusakan atau membuat beberapa bagian menjadi terputus.

  • Pemasangan Aksesoris Berlebih

Penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik lainnya adalah karena pemasangan aksesoris secara berlebihan, yang menyebabkan kebutuhan daya baterai menjadi lebih besar. Daya accu yang terkuras tersebut, bisa mempengaruhi aliran listrik yang dibutuhkan oleh busi. 

Tips Memilih Aki Motor dengan Baik

Setelah mengetahui penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik, tentu pengendara juga harus mengetahui tips dalam memilih aki dengan baik. Memilih komponen pada motor secara sembarangan, juga menjadi salah satu faktor komponen tersebut lebih rentan terjadi kerusakan.

  • Membeli Produk di Toko Terpercaya

Salah satu tips saat membeli accu ialah, membelinya dari toko atau supplier yang memang sudah terpercaya dalam menjual produk orisinil. Jangan hanya mengandalkan harga termurah, namun pastikan pula bahwa produk yang dijual asli dan masih baru.

Pembelian aki bekas dikhawatirkan berpengaruh pada mesin saat dinyalakan, selain itu belum tentu menjamin pula berapa lama accu bisa bertahan lama. Sehingga lebih baik jika Anda menyediakan budget lebih, untuk membeli produk dalam kondisi baru.

  • Sesuaikan dengan Spesifikasi

Penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik tidak akan terjadi, apabila Anda menyesuaikan spesifikasi aki dengan kebutuhan kendaraan. Setiap motor pasti memiliki permasalahan berbeda, maka dari itu Anda bisa meminta rekomendasi toko untuk memilihkan jenis accu yang sesuai.

  • Perhatikan Merek

Karena merek aki cukup beragam, akan lebih baik jika Anda menggunakan merek yang banyak digunakan oleh pengendara atau meminta rekomendasi dari toko, Anda juga bisa melakukan riset lewat internet terlebih dulu untuk mendapat lebih banyak informasi.

  • Menentukan Jenis Aki yang Sesuai

Untuk mencegah penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik, maka cara bisa dilakukan yaitu menentukan jenis accu yang sesuai. Ada jenis aki kering dan basah, accu kering sifatnya bebas akan perawatan namun harganya lebih mahal meski bisa bertahan lebih lama.

Sedangkan aki basah lebih murah namun membutuhkan perawatan lebih, seperti rutin mengisi ulang air didalamnya saat hampir habis. Jika Anda bisa menjaga air aki tetap berada di batas minimal, maka penggunaan accu basah bisa bertahan lebih lama.

Merawat Aki Motor dengan Baik

Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik_Merawat Aki Motor dengan Baik
Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik_Merawat Aki Motor dengan Baik

Tidak hanya sekedar mengetahui penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik, namun Anda juga perlu mengetahui bagaimana perawatan yang baik. Terapkan beberapa cara dalam merawat accu berikut ini, sehingga masa pemakaiannya bisa bertahan lebih lama.

  • Panaskan Kendaraan Selama 15 Menit

Meski mudah dilakukan, nyatanya tidak banyak pengendara yang rutin memanaskan kendaraan sebelum digunakan. Langsung menjalankan kendaraan sebelum dipanaskan, lama kelamaan bisa menimbulkan kerusakan, sehingga akan lebih baik jika Anda memanaskannya terlebih dulu.

Setidaknya luangkan waktu 10 sampai 15 menit untuk memanaskan kendaraan, baik digunakan ataupun tidak, untuk menjaga sistem kelistrikan pada setiap komponen bekerja dengan baik.

  • Periksa Ketinggian Cairan pada Aki

Penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik tidak akan terjadi, apabila Anda rutin mengecek ketinggian cairan pada accu. Hal ini terbilang cukup penting tapi sering dilupakan, jika ketinggian aki sudah rendah, maka segera ganti atau mengisi ulang kembali air accu.

  • Cek Kondisi Kedua Terminal Aki

Kondisi terminal aki yang kotor, bisa menyebabkan soak sehingga mesin tidak mampu menyala. Dengan rutin membersihkannya, maka akan membantu accu mengalirkan energi listrik pada setiap bagian komponen mesin yang membutuhkan daya.

Kotoran pada terminal accu bisa berubah menjadi kerak, yang membuat aliran listrik pada mesin menjadi terhambat.

  • Jangan Menyalakan Starter Elektrik secara Paksa

Untuk mencegah penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik, ingatlah bahwa menyalakan starter secara paksa bisa menyebabkan aki mudah rusak. Jika kendaraan tidak bisa menyala, sebaiknya gunakan starter manual.

Karena aki ialah sumber daya yang dirancang, untuk mempermudah pengendara menghidupkan motor. Sehingga apabila accu bermasalah, sebaiknya Anda tidak memaksakan accu bekerja karena bisa berakibat lebih fatal bagi kondisinya.

Cegah Kerusakan pada Aki dengan Merawatnya

Beberapa pengemudi mungkin pernah mengalami kendala, dimana accu kendaraan bermasalah sehingga berpengaruh saat kendaraan hendak dinyalakan. Lakukan pencegahan sebelum kondisi seperti ini terjadi, karena pasti akan merepotkan dan menyita waktu Anda.

Dengan mengetahui penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik, maka Anda sudah sadar bukan, bahwa accu perlu dirawat secara rutin. Tidak hanya sekedar menggunakannya saja, tapi setiap komponen pada motor ataupun jenis kendaraan lain perlu diperhatikan dengan seksama.

Accu berperan sangat penting saat mesin dinyalakan, apabila terjadi masalah pada komponen tersebut, maka lebih baik jika Anda segera memperbaikinya. Pemilihan accu juga berpengaruh, sebab setiap jenis aki membutuhkan metode perawatan yang berbeda.

Kerusakan pada aki bisa dicegah sejak dini, apabila Anda mengetahui cara merawat setiap jenis accu yang telah disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan. Jangan sampai sistem kelistrikan pada kendaraan bermasalah, yang membuat Anda akan lebih repot nantinya.

Salah satu penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik akan menimbulkan, matinya sistem kelistrikan yang membuat kendaraan tidak bisa bergerak secara optimal. Terlebih lagi semua lampu yang berada pada kendaraan, pasti memiliki fungsi yang penting.

Jika sistem listrik bermasalah, maka head lamp, lamp sign ataupun lampu indikator lainnya tidak akan menyala, sehingga pengemudi sendirilah yang akan kesulitan dalam membawa motor. Jika kondisi tersebut dibiarkan, maka akan berpengaruh pada konsentrasi pengendara.

Maka dari itu jangan lupa untuk merawat accu Anda secara rutin, jika ditemukan masalah, segera perbaiki ke bengkel untuk mengetahui, apakah aki perlu diganti atau cukup diperbaiki saja. 

Memeriksa tingkat air juga sangat penting, jangan sampai air accu sudah kering yang bisa menimbulkan kerusakan hingga accu soak.

Baca juga: Cara Mudah Kurangi Polusi Tanpa Beli Mobil atau Motor Listrik

Terlebih lagi accu memiliki peran penting saat kendaraan dinyalakan, dan bisa bermasalah jika tidak dirawat. Mengenal dengan baik komponen pada kendaraan, juga akan membantu Anda dalam mencari tahu penyebab aki motor tidak berfungsi dengan baik dan solusi perbaikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here