OLX Mobil Bekas, Definisi, Fungsi, hingga Tips Menggunakannya

0
45
OLX Mobil Bekas, Definisi, Fungsi, hingga Tips Menggunakannya
OLX Mobil Bekas, Definisi, Fungsi, hingga Tips Menggunakannya

Jual-beli kendaraan saat ini semakin mudah, dengan OLX Mobil Bekas salah satunya. Memang kalian tidak salah dengar bahwa bisa saat ini jual-beli kendaraan via iklan daring. OLX, marketplace yang berhasil mengakuisis Tokobagus.com merupakan sarana tepat.

Baca juga : Aplikasi Rental Mobil Terpercaya dan Tips Aman Sewa Mobil

Tentu ada banyak keunggulan yang dihadirkan dari marketplace daring ini dibanding lainnya. Termasuk dari segi konsep, keamanan, dan sejenisnya mendukung sarana jual-beli. Lebih lengkap mengenai OLX sebagai sarana jual-beli mobil bekas, ini pembahasannya. 

Tentang OLX, Marketplace Unik untuk Kebutuhan Jual-Beli

Tentang OLX, Marketplace Unik untuk Kebutuhan Jual-Beli
Tentang OLX, Marketplace Unik untuk Kebutuhan Jual-Beli

Sebelum membahas lebih lanjut tentang OLX Mobil Bekas, kenali dahulu tentang definisinya. OLX sebenarnya merupakan ‘pemain’ lama di industri marketplace online. Dulunya, perusahaan ini bernama Tokobagus yang kemudian ganti nama menjadi OLX.

Tokobagus.com yang sempat berjaya pada tahun 2014 diakuisisi oleh OLX Group sehingga namanya menjadi OLX seperti sekarang. Secara khusus, marketplace ini diperuntukkan untuk jual-beli jasa serta barang elektronik.

Mulai dari sepeda, perlengkapan rumah tangga, perabot, sampai mobil bekas ada di marketplace ini. Bahkan dengan branding yang begitu kuat, akhirnya marketplace ini identik dengan tempat penjualan mobil bekas terpercaya. 

Persaingan marketplace online sangat ketat, tetapi tidak membuat pihak OLX kehilangan inovasi. Berbeda dengan tempat jual-beli online yang sejenis, format yang disediakan marketplace ini unik.

OLX hadir dengan konsep seperti iklan baris di koran, tetapi dalam bentuk daring. Akan tetapi, jika pengguna ingin iklannya lebih mendapatkan atensi konsumen, tersedia beberapa fitur tambahan berbayar, diantaranya:

  1. Toplisting
  2. Istimewa
  3. Sundul

Fitur di atas memang berbayar dengan tarif mulai dari Rp25.000 jika ingin meletakkan iklan di barisan atas. Sedangkan untuk fitur Sundul dibandrol sekitar Rp5.000 yang berguna untuk menaikkan posisi iklan. Konsep satu ini mirip seperti fitur iklan di Kaskus. 

Cara Memakai OLX Mobil Bekas untuk Memasang Iklan Baris

Cara Memakai OLX Mobil Bekas untuk Memasang Iklan Baris
Cara Memakai OLX Mobil Bekas untuk Memasang Iklan Baris

Maraknya marketplace online saat ini bukan berarti membuat OLX kekurangan ide untuk bersaing. Perusahaan ini kemudian mengkhususkan salah satu divisinya di bidang jual-beli barang tangan kedua.

Mobil merupakan barang yang banyak diiklankan di marketplace daring ini. Hal ini juga tidak lepas dari bagaimana cara memasang iklan baris di OLX yang mudah. Ini dia beberapa langkah jika ingin beriklan di OLX Mobil Bekas.

  • Buat Akun dan Login

Langkah pertama kalian harus memiliki akun untuk login di OLX. Coba unduh aplikasi OLX tersebut, ikuti langkah yang diberikan sampai akun jadi. Setelah itu, login dengan akun yang baru kalian buat. 

  • Memilih Kategori

Lanjut dengan pemilihan kategori dengan klik tanda “+” di area bawah taskbar. Tentukan kategori yang kalian inginkan. Misal ingin iklan mobil bekas, berarti pilih opsi yang sesuai. Bisa juga klik Keperluan Pribadi jika ingin memilih kategori tersebut. 

Lanjut dengan pilihan Sub Kategori agar produk yang kalian iklan nanti lebih spesifik. Jika ingin beriklan mobil bekas, maka pilih sub kategori yang sesuai. 

  • Berikan Informasi Detail

Cara pasang iklan di OLX Mobil Bekas berikutnya adalah dengan memberikan detail informasi. Isi berbagai detail informasi secara lengkap, agar nantinya deskripsi produk yang diiklankan jelas, diantaranya:

  • Tipe
  • Kondisi (apakah baru atau tangan kedua)
  • Judul iklan
  • Deskripsi singkat tentang produk
  • Langkah Lanjutan

Cara memasang iklan di OLX mobil bekas belum sampai tahapan di atas. Masih ada beberapa langkah lanjutan yang wajib kalian ikuti, di antaranya:

  • Setelah segala deskripsi sudah selesai, tinggal klik opsi Next 
  • Lanjut dengan mengunggah foto produk yang hendak kalian pasang di OLX
  • Isi beberapa keterangan lain seperti harga dan lokasi
  • Pembuatan iklan hampir selesai, klik opsi Posting Sekarang
  • Periksa lagi segala detail informasi iklan, jika memang sudah sesuai tinggal klik Pasang Iklan Sekarang

Iklan yang kalian pasang tidak bisa langsung tertampil di marketplace satu ini. harus menunggu peninjauan ulang selama beberapa saat. Durasi iklan yang berhasil lolos tinjauan akan ditayangkan sampai 30 hari, dan tidak diaktifkan pasca durasi waktu tersebut. 

Tips Agar Pasang Iklan Mobil di OLX Mobil Bekas Lebih Menarik Perhatian

Tips Agar Pasang Iklan Mobil di OLX Mobil Bekas Lebih Menarik Perhatian
Tips Agar Pasang Iklan Mobil di OLX Mobil Bekas Lebih Menarik Perhatian

Beriklan di marketplace memang salah satu ikhtiar untuk berjualan secara lebih mudah. Sayangnya, kalian harus memahami bahwa banyak pengiklan lain yang berarti adalah pesaing. Mengingat OLX merupakan salah satu marketplace ternama, usernya pasti banyak.

Jangan khawatir, sebenarnya ada banyak trik agar iklan kalian bisa menarik perhatian. Tentu dengan hal ini peluang untuk terjadinya closing semakin dekat. Ini beberapa tips memasang iklan di marketplace daring satu ini.

  • Foto Real

Jika kalian hendak beriklan di marketplace mana saja termasuk OLX, upayakan fotonya real. Terlebih mobil yang hendak kalian jual, tentu foto real produk sangatlah diharapkan. Tidak disarankan mencomot foto di Google sembarangan karena membuat iklan tidak meyakinkan.

Lebih baik gunakan foto real dari mobil yang memang akan dijual. Hal ini juga menunjukkan bahwa barang memang ada, serta iklan tampak profesional. 

  • Foto Berkualitas

Foto realistik saja belum lengkap jika hendak memakai OLX Mobil Bekas dalam beriklan. Kalian juga harus meningkatkan kualitas fotonya agar iklan terlihat profesional. Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan kualitas foto produk kalian.

  • Pencahayaan
  • Posisi produk
  • Kelengkapan foto fitur produk
  • Resolusi, dan masih banyak lagi
  • Berikan Judul Menarik

Judul merupakan hal yang selanjutnya dilihat oleh para pengguna OLX. Oleh karena itu, saat memakai OLX mobil bekas untuk iklan, upayakan judulnya menarik. Berikan judul dengan deskripsi yang sesuai produk agar iklannya relevan.

Selain itu, pastikan ada daya tarik tersendiri yang membuat judul iklan kalian berbeda. Misalnya dengan membubuhkan hal yang spesial dari mobil bekas kalian di judul iklan. 

  • Manfaatkan Fitur Berbayar

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada banyak fitur yang bisa kalian manfaatkan di OLX. Termasuk untuk mobil bekas tempat kalian beriklan. Fitur ini berguna untuk menaikkan posisi iklan baris, agar lebih cepat closing.

Memang, memakai layanan gratis sebenarnya sudah cukup. Akan tetapi jika iklan mobil yang diposting banyak saingan, lebih baik manfaatkan fitur berbayar. Gunakan layanan dari OLX semaksimal mungkin agar produk cepat laku. 

  • Jangan Berbohong 

Saat beriklan di OLX mobil bekas, pastikan kalian tidak berbohong tentang kondisi produk. Terangkan secara jujur dengan bahasa mudah dipahami mengenai produk yang kalian jual. Apalagi jika produk tersebut adalah mobil bekas yang tentu harganya bukan recehan lagi.

Pastikan dalam beriklan deskripsikan produk secara jujur agar kredibilitas sebagai pengiklan terjaga. Tentu kalian tidak ingin dicap sebagai penipu karena informasi di iklan dan barang kenyataannya berbeda. 

Tips Belanja di OLX Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu 

Tips Belanja di OLX Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Pembahasan berikutnya adalah khusus bagi pembeli yang hendak belanja mobil di OLX. Mengingat iklannya bersifat daring, tentu wajib memiliki trik khusus dalam memilihnya. Tujuannya agar kalian tidak hanya terkecoh iklan, serta bisa mendapatkan mobil yang tepat.

  • Lihat Kualitas Iklan

Saat menggunakan OLX Mobil Bekas untuk membeli mobil, sebaiknya jangan terburu-buru. Tetap perhatikan bagaimana kualitas iklan yang sedang kalian lihat. Mulai dari bagaimana kondisi foto, deskripsi, sampai harga dan lokasi harus detail.

Jangan asal beli produk di iklan yang deskripsinya saja tidak jelas. Kualitas iklan yang baik menandakan penjual memang serius dalam mengiklankan produknya. 

  • Transaksi Langsung

Walau OLX Mobil Bekas merupakan marketplace daring, bukan berarti transaksinya semua harus online. Ada beberapa jual-beli yang disarankan harus secara langsung. Seperti misalnya jual-beli emas, barang berharga, kendaraan, sampai perumahan.

Mengingat nilai mobil bekas yang bukan lagi recehan, alangkah baiknya transaksinya secara tatap muka. Gunakan marketplace untuk membuat janji bertemu dengan penjual. Selain itu, bertransaksi langsung juga akan membuat kalian mudah mengecek fisik kendaraan sepuasnya.

  • Pastikan Kelengkapan Kendaraan Aman

Seperti halnya jual-beli kendaraan pada umumnya, pembelian secara daring juga harus cek kelengkapannya. Kelengkapan yang dimaksud adalah surat-suratnya seperti BPKB hingga STNK. Hindari membeli kendaraan bekas yang hanya memiliki STNK, atau bodong total.

Hal ini dikhawatirkan akan berujung pada permasalahan di kemudian hari. Bisa jadi, kendaraan bodong yang kalian beli adalah masuk ke buruan pihak leasing. Tentu urusannya akan merepotkan jika sampai berurusan dengan pihak leasing. 

  • Harga dan Deskripsi Iklan Harus Realistis

Beberapa kasus penipuan terjadi karena pelanggan yang gampang terkecoh dengan iklan. Kata kunci Mobil Murah misalnya, kerap dimanfaatkan oknum penjual untuk menipu. Tertera di deskripsinya yang sangat menarik dengan harga jauh di bawah pasaran.

Tentu bagi pengguna pemula, deskripsi tersebut sangatlah menarik. Padahal, sisi logis juga wajib diperlukan dalam mencerna setiap iklan. Tetap nilai harga dan deskripsi produk secara realistis sebelum memutuskan untuk bertransaksi. 

Baca juga : Tips, Cara Kredit Mobil, serta Keuntungan yang Didapatkan

Ternyata hadirnya OLX di Indonesia menjadi angin segar tersendiri dalam memudahkan jual-beli. Termasuk di dalamnya adalah jual-beli kendaraan bekas dengan fitur OLX Mobil Bekas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here