Apa Itu Nirsentuh dalam Pembayaran Tol? Ini Ulasannya

0
102
Apa Itu Nirsentuh dalam Pembayaran Tol? Ini Ulasannya
Apa Itu Nirsentuh dalam Pembayaran Tol? Ini Ulasannya

Bagi yang belum paham tentang apa itu nirsentuh, sebenarnya tidak perlu bingung lagi. Istilah tersebut sebenarnya sudah lama ada di Kamu Besar Bahasa Indonesia, akan tetapi pamornya baru mencuat sekarang.

Baca juga: Jurusan Automotive Engineering dengan Prospek Kerja Menarik

Hal ini tidak lepas dari kondisi pandemi, yang membuat seseorang harus membatasi interaksi. Alhasil fitur touchless atau nirsentuh semakin populer, termasuk dalam pembayaran tol. Untuk lebih memahami tentang nirsentuh di sistem payment tol, tentu saja ulasan berikut ini sangat menarik diketahui. 

Mengenal Apa Itu Nirsentuh Sebagai Istilah Umum

Tentang apa itu nirsentuh memang masih agak asing di telinga mayoritas orang Indonesia. Akan tetapi jika Anda mendengar kata touchless pasti tidak asing lagi. Sebenarnya antara nirsentuh dan touchless sama saja. 

Perbedaanya hanya dari segi bahasa, dimana nirsentuh merupakan bahasa baku dari touchless yang merupakan bahasa Inggris. Artinya berarti tanpa sentuh, tanpa kontak fisik, dan sejenisnya.

Istilah apa itu nirsentuh ini dipakai dalam beberapa hal. Paling ramai saat ini di bidang teknologi khususnya metode pembayaran. Umumnya saat proses transaksi terjadi kontak fisik untuk melancarkan proses tersebut. 

Sementara proses nirsentuh ini tidak demikian. Teknologi tanpa sentuh ini akan meminimalisir kontak fisik, sehingga metode pembayaran lebih mudah. Penggunaan teknologi ini sudah lama dipakai di beberapa negara.

Terlebih saat ini wabah pandemi mengharuskan meminimalisir kontak dengan orang lain. Memahami istilah apa itu nirsentuh, tentu menjadi solusi di tengah pandemi, bahkan membuat sebuah transaksi lebih mudah. 

Mengenal Apa Itu Nirsentuh pada Pembayaran Tol

Apa Itu Nirsentuh dalam Pembayaran Tol? Ini Ulasannya_Mengenal Apa Itu Nirsentuh pada Pembayaran Tol
Apa Itu Nirsentuh dalam Pembayaran Tol? Ini Ulasannya_Mengenal Apa Itu Nirsentuh pada Pembayaran Tol

Setelah memahami konsep apa itu nirsentuh, pembahasan akan beranjak ke penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penerapan teknologi nirsentuh yang paling trending saat ini ada pada pembayaran tol. Definisi dari teknologi bayar tol nirsentuh, bisa Anda lebih pahami dalam beberapa poin berikut. 

  • Nirsentuh Pembayaran Tol Melalui MLFF

Teknologi nirsentuh yang diterapkan dalam pembayaran tarif tol, disebut dengan sistem MLFF. Sistem ini diberlakukan guna semakin meningkatkan kualitas dari layanan tol. MLFF sendiri merupakan sebutan dari nama lain Multi Lane Free Flow. 

MLFF ini bisa diartikan sebagai transaksi pembayaran di jalan tol, yang bisa dilakukan dalam kecepatan normal. Untuk melakukan transaksi tersebut, teknologi nirsentuh menjadi basic utamanya. 

Sistem MLFF ini merupakan sebuah inovasi sistem pembayaran yang jauh lebih efektif. Sistemnya berupa pembayaran non tunai tanpa sentuh, dengan tujuan menciptakan efektivitas, efisiensi, hingga keamanan pengendara. 

  • Skema Pembagian Jalan Tol

Teknologi nirsentuh yang dihadirkan pada pembayaran jalan tol ini, nantinya akan berjalan dengan sistem lebih efisien. Sistem yang dipakai adalah skema pembagian gerbang tol. Nantinya, akan ada 50% dari total gardu yang memakai sistem MLFF. 

Untuk sisa pembagian lainnya, tetap bisa dipakai bagi pengendara yang masih memakai casual payment. Bisa diartikan bahwa skema ini sangat membantu, terlebih bagi yang belum terbiasa memakai sistem nirsentuh. 

Bagaimana Cara Kerja MLFF yang Memakai Fitur Nirsentuh?

Mengenal apa itu nirsentuh pada pembayaran jalan tol memang belum lengkap tanpa tahu cara kerjanya. MLFF dengan fitur touchless ini, tergolong baru, sehingga masyarakat keseluruhan perlu edukasi khusus. Beberapa poin berikut, bisa menjadi acuan untuk lebih mengenali bagaimana cara kerja nirsentuh.

  • Mengandalkan GPS Sebagai Teknologi Utamanya

Memang penting memahami apa itu nirsentuh dari segi cara pakai saat membayar tol. Hal ini tidak lepas dari kemudahan yang akan didapat nanti saat kebijakan diberlakukan. Seperti yang telah diulas di atas, nirsentuh pada pembayaran tol dipakai dalam sistem MLFF.

Teknologi utama yang dipakai dalam berjalannya sistem MLFF adalah GNSS. Nantinya, pengguna akan memakai aplikasi khusus jalan tol, sehingga GNSS bisa bekerja optimal. Untuk yang belum tahu GNSS, istilah tersebut merupakan singkatan dari Global Navigation Satellite System. 

Teknologi tersebut kemudian akan menentukan lokasi, yang nantinya sudah dideterminasi oleh satelit. Proses kemudian akan berlanjut ke sistem map matching. Proses tersebut secara keseluruhan akan berada di kawasan central system.

  • Proses Map Matching yang Penting Untuk Kalkulasi Tarif 

Mengapa sistem nirsentuh ini memakai cara kerja map matching? Hal ini tidak lepas dari alasan perhitungan tarif tol. Map matching akan bekerja mengkalkulasi tariff via daring. Saat masuk, proses pencocokan peta akan mulai berjalan.

Setelah itu, proses akan berakhir saat Anda keluar dari tol. Secara otomatis, tarif akan dikalkulasikan dengan tepat. Tentu saja hal ini akan membuat proses pembayaran bisa lebih cepat, tanpa adanya risiko kemacetan di pintu jalan ini. 

  • Pengendara Tidak Perlu Berhenti Untuk Membayar 

Proses map matching yang bekerja di MLFF ini membuat pembayaran tol berbeda dengan sistem konvensional. Saat ini, sistem pembayaran memang masih di gerbang tol, yang bisa menjadi pemicu kemacetan. 

Pengendara memerlukan waktu untuk berhenti, membuka kaca, kemudian tapping kartu tol. Memang untuk ukuran satu mobil waktu tersebut tidak cukup berarti. Bagaimana jika hal tersebut berlaku untuk jutaan kendaraan?

Tentu saja waktu yang terbuang di area gerbang tol akan sangat banyak. Tidak jarang ada berita yang berisikan kemacetan panjang, bahkan di kawasan tol yang seharusnya bebas hambatan.

Penerapan teknologi nirsentuh ini tentu menjadi kabar gembira. Anda tidak perlu berhenti guna membayar tarif tol. Hal ini disebabkan biaya tol sudah dihitung dan dapat dibayar secara otomatis.

  • Pembayaran Lebih Otomatis dan Modern

Memahami apa itu nirsentuh dalam sistem MLFF tentu menghasilkan kesimpulan menarik. Pengguna tol tidak perlu repot berhenti di pintu masuk, kemudian tapping kartu. Bagaimana sistem pembayarannya jika tanpa berhenti?

Mudah saja, saat kendaraan melewati pintu tol, otomatis saldo di dompet digital Anda akan terpotong. Memang, aplikasi nantinya berisikan fitur saldo khusus pembayaran tol. Otomatisasi pembayaran ini, tentu sangat membantu terutama bagi yang sering bepergian.

Bahkan sistem otomatis ini dapat memangkas waktu per kendaraan sampai 6 detik. Bayangkan jika waktu tersebut dikalkulasikan, tentu dampaknya sangat bagus untuk mengurai kemacetan. Terutama jika ada di high season, layaknya mudik lebaran. 

Apa Itu Nirsentuh dalam Wujud Aplikasi Cantas Untuk Tol?

Apa Itu Nirsentuh dalam Pembayaran Tol? Ini Ulasannya_Apa Itu Nirsentuh dalam Wujud Aplikasi Cantas Untuk Tol?
Apa Itu Nirsentuh dalam Pembayaran Tol? Ini Ulasannya_Apa Itu Nirsentuh dalam Wujud Aplikasi Cantas Untuk Tol?

Tanpa perlu berhenti, tapping kartu tol, tentu saja teknologi nirsentuh memang sangat berguna. Hal ini tidak lepas dari peran aplikasi yang nantinya akan dipakai. Tidak hanya memahami apa itu nirsentuh, mengenal Cantas sebagai aplikasinya juga sangat penting, dengan beberapa fakta berikut. 

  • Aplikasi Cantas Direncanakan Bebas Internet

Peraturan touchless saat pembayaran tol nantinya akan memakai sebuah aplikasi bertajuk Cantas. Memang aplikasi ini belum banyak yang tahu, dan dikhawatirkan boros kuota. Padahal, rencananya Cantas akan didesain bebas internet demi kemudahan pengguna.

Penerapannya yang tanpa internet ini, diharapkan dapat mengoptimalkan pelaksanaannya. Selain itu, efisiensi biaya operasional juga bisa lebih maksimal dengan nol kuota internet.

  • Kerjasama dengan Operator Telekomunikasi

Komitmen utama aplikasi dibuat memang bukan untuk membebani masyarakat. Bayangkan jika saat aplikasi dipakai ternyata kuota internet pengguna habis. Tentu hal ini akan mengganggu kinerja sistem dalam mencatat tarif otomatis.

Kemungkinan tersebut sebenarnya sudah diprediksi oleh PT Roatex Indonesia Toll System, selaku pembuat Cantas. Perwakilan dari PT tersebut sudah melakukan sejumlah kerjasama dengan beberapa operator telekomunikasi

Aplikasi diharapkan akan bebas kuota setelah dipakai, walau memakai GPSdi dalamnya. Model bisnisnya masih dalam tahap perancangan lebih lanjut, sehingga tidak merugikan pihak operator juga. 

  • Electronic On Board Menjadi Alternatif 

Memang biaya internet untuk menjalankan aplikasi menjadi tantangan tersendiri. Selain itu, implementasi kebijakan ini juga menuai beberapa pertimbangan. Misalnya saat berkendara di tol tidak selalu ponsel dalam kondisi aktif, internet tidak ada, dan sejenisnya.

Tantangan tersebut sebenarnya tidak lantas menghilangkan solusi. Electronic On Board Unit bisa menjadi solusi atas kendala pemakaian Cantas. Solusi tersebut juga kerap disebut e-OBU, dengan wujud menarik.

Kinerja dari e-OBU bisa datang dari perangkat fisik. Selain itu, ada juga cara kinerja dengan aplikasi, kemudian didalamnya sudah ada built-in OBU. Perangkat tersebut juga akan mempermudah sistem MLFF bekerja lebih maksimal. 

Jalan tol memang menjadi jembatan penting dalam menghubungkan antar daerah secara lebih efektif. Tentu saja pelayanan di dalamnya diharapkan dapat seefektif dan seefisien mungkin. 

Baca juga: Cara Modif Motor Vespa Matic untuk Tampil Kece di Jalan

Memahami istilah apa itu nirsentuh dalam pembayarannya, sangat berguna sehingga saat kebijakan diterapkan, Anda tidak akan merasa kebingungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here