MyPertamina Aplikasi Pembelian Bahan Bakar dan Cara Penggunaan

0
40
MyPertamina Aplikasi Pembelian Bahan Bakar dan Cara Penggunaan
MyPertamina Aplikasi Pembelian Bahan Bakar dan Cara Penggunaan

MyPertamina adalah aplikasi terbaru yang telah diluncurkan oleh BUMN sebagai layanan pembelian bahan bakar subsidi khususnya pertalite dan solar. Aturan ini mulai diterapkan sejak 1 Juli 2022 dan mewajibkan masyarakat menggunakannya.

Baca juga : Penyebab Kenaikan Tarif Ojek Online dan Cara Menyiasatinya

Akan tetapi, aplikasi ini lebih ditekankan pada pengguna kendaraan roda empat dibandingkan dengan pengguna sepeda motor. Sejak diluncurkan, aplikasi ini juga masih memasuki tahap uji coba dan masih belum sepenuhnya terlaksana.

Namun, dibalik itu ternyata aplikasi pembelian BBM tersebut memiliki banyak manfaat dan fitur yang menarik untuk memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah sebagai media pembayaran bahan bakar.

Apa Itu Aplikasi MyPertamina?

Apa Itu Aplikasi MyPertamina?
Apa Itu Aplikasi MyPertamina?

My Pertamina merupakan aplikasi pembelian BBM yang baru saja diluncurkan oleh pemerintah. Jadi, tidak heran jika masih banyak orang yang merasa awam atau bahkan tidak tahu sama sekali terkait aplikasi tersebut.

Aplikasi ini memang ditujukan kepada masyarakat yang dibuat menggunakan dana APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara). Sebenarnya aplikasi ini digunakan untuk pembelian BBM bersubsidi oleh masyarakat khususnya solar dan pertalite.

Tujuannya adalah untuk membatasi pembelian bahan bakar bersubsidi dan supaya tepat sasaran sesuai dengan aturan dalam Peraturan Presiden (PP) No. 191/2014. Pada awal mula peluncuran, pembelian BBM bersubsidi hanya bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Hal ini sudah diterapkan sejak 1 Juli 2022 dan diuji coba di 11 daerah yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, dapat dikatakan jika aplikasi ini adalah salah satu bentuk layanan dompet digital yang terintegrasi dengan LinkAja.

Selain itu, dengan adanya keuntungan tersebut diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat karena BBM yang bersubsidi telah tepat sasaran. Kemudian, ada beberapa fungsi lainnya juga yang dapat diperoleh dari aplikasi tersebut, yaitu:

  • Membayar BBM

Tentunya fungsi pertama dari MyPertamina adalah masyarakat dapat melakukan pembayaran BBM dengan cara cashless. Cukup dengan mengunduh aplikasi tersebut sehingga memperoleh kode QR untuk melakukan scan di SPBU.

Tetapi sebelum itu kalian juga perlu melakukan pengisian dana atau top up selayaknya dompet digital pada umumnya sehingga aplikasi dapat digunakan untuk membayar BBM. Untuk pengisian dana juga bisa dilakukan melalui aplikasi LinkAja.

  • Informasi Riwayat Pembelian BBM

MyPertamina sebagai aplikasi pembelian BBM pertama memberikan beberapa fitur terbaiknya. Salah satunya adanya layanan pencatat informasi riwayat pembelian BBM ketika kalian mulai menggunakan aplikasi tersebut. 

Menariknya lagi, riwayat pembelian ini juga dikonversi menjadi poin yang dapat ditukarkan merchandise seperti diecast truck, diecast lambo dan embo brik SPBU dari pertamina. Tentunya terdapat minimal poin untuk bisa menukarkannya.

Diantaranya adalah 80 – 100 ribu poin baru dapat kalian tukarkan menjadi merchandise. Sedangkan setiap pembelian BBM Pertamax Dex dan Turbo kalian akan mendapatkan hadiah 10 poin dan 3 poin untuk Pertamax serta Dexlite.

  • Membeli BBM dan Merchandise

Seperti yang telah diketahui bahwa MyPertamina menjadi aplikasi yang memudahkan para penggunanya untuk bertransaksi ketika melakukan pembelian BBM. Bahkan kalian bisa memesannya di rumah supaya diantarkan dan tidak perlu repot datang ke SPBU.

Selain itu, aplikasi ini juga menjadi saran penukaran merchandise yang kalian dapatkan sehingga tidak perlu lagi datang ke offline store-nya. Dengan melakukan pembelian melalui aplikasi, maka merchandise tersebut akan dikirimkan ke alamat kalian.

  • Informasi Lokasi

Fitur canggih lainnya dari aplikasi MyPertamina adalah adanya informasi pemberitahuan lokasi untuk charging, outlet terdekat serta kios matic. Fitur charging station ini sangat berguna untuk kendaraan listrik sehingga bisa mencarinya di lokasi terdekat.

Selain itu, jika kalian sedang berada di daerah yang asing, maka bisa menggunakan fitur lokasi untuk mendapatkan informasi terkait outlet SPBU terdekat. Sedangkan kios matic merupakan layanan untuk pembelian bright gas. 

Cara Daftar di Aplikasi MyPertamina

Cara Daftar di Aplikasi MyPertamina
Cara Daftar di Aplikasi MyPertamina

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kegunaan dari aplikasi My Pertamina bukan hanya untuk memudahkan transaksi pembelian BBM bersubsidi. Melainkan juga membuat BBM tersebut bisa tepat sasaran.

Sebenarnya aplikasi ini hadir sebagai salah satu bentuk penghargaan bagi pelanggan pertamina. Terlebih untuk setiap pembelian kalian akan memperoleh poin reward yang dapat ditukarkan dalam bentuk merchandise.

Selain itu, penggunaan aplikasi akan memberikan kemudahan bagi setiap pengguna kendaraan. Sebab, kalian hanya mengeluarkan HP dan melakukan scan transaksi tanpa perlu repot mengeluarkan uang.

Jadi, jika kalian adalah pengguna BBM bersubsidi ini maka sangat penting untuk mengetahui cara mendaftar serta menggunakannya.

  • Persiapkan Syarat Identitas. 

Pendaftaran aplikasi MyPertamina membutuhkan kartu identitas valid dari penggunanya. Jadi, sebelum mendaftar kalian harus menyiapkan beberapa data seperti KTP, STNK, foto kendaraan sebagai bukti serta dokumen lainnya sebagai pendukung.

Jika sudah, maka silahkan mengunduh aplikasi tersebut di Play Store dan mulai ikuti langkah-langkah pendaftarannya dengan memasukkan informasi diri kalian. Namun, perlu diketahui bahwa untuk proses pendaftarannya tidak melalui aplikasi.

Melainkan kalian harus mengakses website pertamina, yaitu di subsiditepat.mypertamina.id. Setelah situs terbuka, baru kalian bisa memulai proses pendaftarannya dengan cara klik “Daftar Sekarang” dan ikuti petunjuk yang tertera di sana.

  • Proses Verifikasi Data

Setelah kalian selesai dengan proses pengisian data di website My Pertamina, artinya proses pendaftaran tengah berlangsung. Pada tahap ini kalian harus menunggu proses pencocokan atau verifikasi data yang dilakukan oleh website tersebut.

Proses lamanya verifikasi paling lambat adalah selama 7 hari kerja. Jadi, asalkan data yang kalian masukkan benar dan valid, maka prosesnya tentu akan lebih cepat. Untuk mengetahui status pendaftaran, kalian harus mengeceknya secara berkala di MyPertamina.

Selanjutnya kalian juga akan diinstruksikan untuk mengunduh aplikasinya. Namun, jika sudah terunduh, silahkan langsung login menggunakan akun yang telah terverifikasi dan kalian akan mendapatkan kode QR khusus yang bisa digunakan untuk membeli BBM.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi My Pertamina?

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi My Pertamina?
Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi My Pertamina?

Lantas bagaimana cara menggunakan aplikasi My Pertamina ini? Tentunya pertanyaan seperti ini wajar jika kalian merupakan pengguna pertama. Apalagi aplikasi tersebut memang masih dalam tahap uji coba dan baru saja diluncurkan.

Sebenarnya cara menggunakan aplikasi MyPertamina ini sangat mudah karena semuanya telah terintegrasi dengan sistem. Kalian hanya perlu masuk menggunakan data diri yang telah terdaftar lalu menscan menggunakan kode QR khusus yang sudah diperoleh.

Akan tetapi, supaya lebih jelas kalian juga perlu mengetahui cara untuk menggunakan aplikasi ini supaya ketika membeli BBM sudah lancar dan menguasainya. Berikut ini adalah beberapa cara yang perlu kalian ketahui:

  • Login ke Akun 

Cara pertama untuk menggunakan aplikasi ini adalah dengan login ke aplikasi MyPertamina. Caranya dengan memasukkan PIN dan nomor telepon yang telah terdaftar di website resmi sebelumnya.

Kemudian kalian akan melihat halaman awal aplikasi dan ada beberapa pilihan fitur yang bisa kalian gunakan. Namun, untuk melakukan transaksi pembelian BBM, cukup cari menu kode QR.

  • Pengisian Saldo 

Perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut memiliki konsep yang sama dengan dompet digital yang bisa melakukan transaksi hanya dengan menggunakan kode QR. Maka dari itu, supaya aplikasi dapat digunakan kalian harus mengisi saldonya terlebih dahulu.

Nominal saldo juga tidak dibatasi dan tergantung dari pengguna itu sendiri. Kalian hanya perlu memastikan bahwa saldo yang diisi cukup untuk melakukan pembelian BBM.

  • Mulai Bayar

Sebelum membeli BBM di SPBU kalian harus memastikan bahwa aplikasi sudah login dan telah terisi saldo sehingga ketika mengantre, aplikasi dapat dijalankan dengan lancar. Jika sudah, maka ketika akan membayar buka aplikasi tersebut.

Kemudian kalian bisa memilih opsi “Bayar” yang terletak di halaman utama aplikasi. Berikutnya aplikasi akan mengarahkan untuk memindai kode QR dan kalian harus menscannya yang diperoleh dari petugas SPBU.

  • Konfirmasi Pembelian

Setelah selesai melakukan scan kode QR, selanjutnya adalah melakukan konfirmasi pembelian. Caranya adalah dengan memasukkan PIN yang telah terintegrasi dengan akun LinkAja.

Setelah kalian berhasil mengonfirmasi, maka saldo akan terpotong secara otomatis dan kalian sudah tidak perlu mengeluarkan uang tunai. Sebenarnya cara ini justru sangat efektif dan cepat karena tidak perlu repot mengeluarkan uang tunai apalagi jika tidak punya uang kecil.

Baca juga : Info Biaya Resmi dan Syarat Perpanjangan SIM

Perlu diketahui juga bahwa bahwa kalian bisa melakukan berbagai pembelian bahan bakar menggunakan aplikasi tersebut. MyPertamina sebagai aplikasi bentukan BUMN merupakan inovasi pertama untuk pengisian bahan bakar dengan pembayaran digital. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here