Mendeteksi Motor Bekas Terendam Banjir Apa Risikonya?

0
27
Mendeteksi Motor Bekas Terendam Banjir Apa Risikonya?
Mendeteksi Motor Bekas Terendam Banjir Apa Risikonya?

Sebelum membeli motor bekas atau second, sebaiknya kalian perlu mendeteksi motor bekas terendam banjir atau tidak karena hal itu cukup  riskan. Biasanya kondisi kendaraan tersebut tidak sempurna seperti pertama kali membelinya di dealer.

Baca juga: Tips Jual Motor Bekas Cepat Laku Pembeli Harus Jeli

Motor yang pernah terkena banjir atau pernah kecelakaan lalu lintas biasanya harga dari kendaraan tersebut menjadi menurun drastis. Tidak heran banyak orang menghindari untuk membeli sepeda motor setelah mengalami kejadian-kejadian tersebut.

Bagaimana Cara Mendeteksi Motor Bekas Terendam Banjir?

Bagaimana Cara Mendeteksi Motor Bekas Terendam Banjir?
Bagaimana Cara Mendeteksi Motor Bekas Terendam Banjir?

Dengan berbagai macam alasan kesehatan motor, maka sudah selayaknya para calon pengguna perlu mengetahui tentang bagaimana melihatnya calon kendaraannya. Apakah sudah pernah terendam banjir atau belum?

Lihat pada Bagian Bawah Motor

Lihat pada Bagian Bawah Motor
Lihat pada Bagian Bawah Motor

Salah satu cara untuk mendeteksi motor bekas terendam banjir yaitu kalian bisa melihatnya dari bagian bawah atau kolong motor. Memeriksa bagian tersebut terkadang memang jarang dilakukan oleh calon pembeli.

Biasanya motor yang pernah terendam banjir akan meninggal lumpur di bagian bawah motor. Terlebih saat pemilik sebelumnya membersihkan lumpur tersebut, maka lumpur hanya akan meninggalkan karat, meskipun sudah bersih.

Memeriksa Bagian Lampu

Memeriksa Bagian Lampu
Memeriksa Bagian Lampu

Memeriksa bagian lampu pada motor juga menjadi salah satu solusi untuk mendeteksi motor bekas terendam banjir. Bagian ini memang terbilang cukup sensitif apabila pernah terkena genangan air, sehingga kalian perlu memeriksanya secara detail

Biasanya lampu yang pernah terkena rendaman banjir akan terlihat lebih kusam atau terlihat sering berembun. Setidaknya pengendara sebelumnya harus sudah menggantinya dengan headlamp atau stop lamp terbaru.

Melakukan Cek pada Bagian Body Motor

Melakukan Cek pada Bagian Body Motor
Melakukan Cek pada Bagian Body Motor

Berikutnya, kalian juga perlu memeriksa setiap celah atau sambungan bodi plastik pada motor untuk melihat apakah pernah terendam banjir atau belum. Biasanya hal tersebut cukup ketara karena posisinya sulit untuk menjadi bersih.

Saat motor terendam banjir, maka pada bagian celah-celah tersebut akan meninggal berupa lumpuh atau pasir kering pada celah bodi. Kalian juga perlu membedakan apakah yang tertinggal tersebut merupakan bekas lumpur atau debu.

Banyak Bagian Berkarat

Banyak Bagian Berkarat
Banyak Bagian Berkarat

Seperti yang sudah kalian ketahui sebelumnya bahwa salah satu ciri motor pernah terendam banjir akan meninggalkan karat pada bagian bawah motor. Memang hal tersebut masih bisa pemilik sebelumnya siasati, namun tidak mungkin semuanya.

Dalam hal ini ketika kalian ingin membeli motor bekas keluaran 5 tahun sebelumnya, maka bagian karat tersebut pasti masih akan terlihat. Lihatlah pada bagian kaki-kaki dan juga dekat celah-celah mesin.

Mengapa Perlu Mendeteksi Motor Bekas sebelum Membeli?

Mengapa Perlu Mendeteksi Motor Bekas sebelum Membeli?
Mengapa Perlu Mendeteksi Motor Bekas sebelum Membeli?

Sebelum telah kita lihat bagaimana ciri motor yang sudah pernah terendam banjir. Lantas, mengapa kalian perlu mendeteksinya? Nah, ini beberapa risiko  apabila kalian membeli kendaraan tersebut pernah terendam banjir.

Performa Mesin Menurun

Salah satu risiko apabila kalian tidak mendeteksi motor bekas terendam banjir yaitu siap-siap untuk merasakan performa mesin menurun. Tentu saja, hal tersebut menjadi salah satu masalah untuk pengendara, terlebih kendaraan untuk keperluan sehari-hari.

Tenaga yang keluar dari tunggangan kalian tersebut akan terkesan loyo atau tidak bertenaga. Mungkin untuk jalanan datar bukan masalah besar, namun ketika sudah menggunakan di area tanjakan, maka efeknya benar-benar terasa.

Belum lagi kalau bekas genangan banjir tersebut sampai masuk ke mesin, maka bisa mengotori oli. Oli dengan campuran air tentu tidak baik, sehingga perlu membongkarnya agar motor bisa kembali normal seperti sebelumnya.

Beberapa Bagian Motor Berkarat

Ketika calon pembeli tidak mendeteksi motor bekas terendam banjir tersebut, maka risikonya motor tersebut tidak terlihat bagian-bagian karat. Mungkin tidak semua bagian karat memberikan masalah besar, tapi kalau terkena bagian penting perlu kalian waspadai.

Misalnya bagian karat tersebut terletak pada bagian dalam dalam mesin atau blok motor, maka bagian tersebut pasti menjadi lebih ringkih. Oleh sebab itu, banyak calon pembeli lainnya selalu mempertimbangkan hal tersebut dengan sebaik-baiknya.

Bagian Pembuangan Udara Tersumbat

Pada saat motor terendam banjir sampai melewati posisi knalpot, maka air keruh tersebut pasti akan masuk. Sedangkan hal tersebut dapat membuat air lebih mudah masuk ke dalam melalui lubang knalpot dan bisa menyumbat pembuangan udara.

Hal itulah yang akhirnya dapat menyebabkan suara motor menjadi kasar, tidak halus seperti pertama kali  pengguna membelinya. Selain itu, sumbatan tersebut juga dapat menghambat tenaga pada motor tersebut.

Injeksi Menjadi Kurang Normal

Ketika kalian tidak mendeteksi motor bekas terendam banjir sebelum membeli kendaraan roda dua tersebut tentu ada satu masalah penting harus dihadapi. Salah satunya yaitu masalah pada injeksi motor tersebut menjadi kurang normal.

Untuk motor lawas yang masih menggunakan karburator, mungkin masih mudah dalam membersihkannya. Namun, tidak berlaku untuk sistem injeksi karena keseluruhannya berhubungan dengan listrik, sehingga lebih mahal saat kalian ingin memperbaikinya.

Mengatasi Motor yang Terkena Rendaman Banjir

Mengatasi Motor yang Terkena Rendaman Banjir
Mengatasi Motor yang Terkena Rendaman Banjir

Sebelumnya sudah kalian ketahui bagaimana mendeteksi motor bekas terendam banjir, lalu bagaimana jika kalian yang mengalaminya dan ingin menjual? Untuk cara mengatasinya, bisa simak informasinya sebagai berikut.

Mencuci dengan Sabun Khusus

Salah satu solusi agar motor tidak meninggalkan bekas banjir saat orang lain mendeteksi motor bekas terendam banjir yaitu langsung mencucinya dengan sabun khusus. Pastikan juga kalian membersihkan bagian celah-celah kecil.

Sekarang ini sudah banyak sabun khusus di pasaran, sehingga dengan menggunakannya dapat membersihkan motor dari karat. Dengan begitu, para calon pembeli tidak akan menawar kendaraan kalian secara berlebihan.

Periksa Bagian Kabel

Memeriksa sambungan listrik pada kendaraan kalian juga sangat penting apabila habis terendam banjir. Banyak dari calon pembeli mendeteksi motor bekas terendam banjir melalui cara itu, terlebih untuk showroom motor bekas.

Ketika posisi baru saja terendam banjir saat motor mati, maka jangan sekali-kali langsung menghidupkannya secara langsung. Pastikan semua kabel dan jalur kelistrikan dalam posisi kering untuk menghindari konslet.

Segera Mengganti Oli

Setelah motor baru saja terendam banjir, maka sebaiknya kalian langsung mengganti oli pada motor tersebut setelah terlihat kering. Cara ini cukup efektif untuk menghindari kotoran pada oli yang sebelumnya sudah kalian pakai.

Mengganti oli mesin dan gardan berarti juga membersihkan oli lama dari kotoran yang masuk. Oleh sebab itu, langkah ini terbilang cukup penting agar tidak memberikan masalah tambahan terhadap mesin motor tersebut.

Lihat Filter dan Saringan Udara

Melihat filter dan juga saringan udara juga terbilang sangat penting untuk kalian lakukan karena banyak para calon pembeli kerap memperhatikan hal tersebut. Terlebih bagian tersebut kerap terlihat jelas apabila baru saja terkena banjir.

Bagian ini memang tidak begitu memengaruhi performa mesin, akan tetapi akan memengaruhi suara dari motor tersebut, sehingga menjadi kasar. Sebaiknya kalian bisa mengganti atau membersihkan filter tersebut apabila terindikasi dengan kotoran lumpur.

Ganti Busi

Salah satu dampak genangan banjir juga akan sangat terasa pada bagian busi motor yang terendam. Apalagi posisi busi tersebut berada di bawah, sehingga kerap membuat motor mati secara tiba-tiba saat kalian hidupkan kembali.

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Beli Motor Klasik, Banyak Keunikan!

Hal tersebut juga berlaku untuk tutup busi yang kita gunakan. Jadi, sebelum menjualnya di showroom atau pembeli langsung, maka langkah-langkah ini harus kita lakukan agar tidak ada masalah saat pembeli mendeteksi motor bekas terendam banjir tersebut.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini