American Dream Adalah Mobil Sedan Terpanjang di Dunia

0
221
American Dream Adalah Mobil Sedan Terpanjang di Dunia
American Dream Adalah Mobil Sedan Terpanjang di Dunia

American Dream adalah mobil sedan terpanjang jika dibandingkan dengan beberapa mobil lainnya. Secara umum mobil biasanya memiliki panjang mulai dari 4 – 5 meter. Tetapi ada juga mobil yang memiliki panjang hingga 30 – 54 meter sehingga melenggang di jalanan secara gagah.

Baca juga: Cek Mobil Kepresidenan RI Era Soekarno Buick 8 si Retro

American Dream adalah sebuah kendaraan limosin yang memiliki gelar sebagai mobil terpanjang di dunia versi The Guiness Book of World Record dari tahun 1986. Mobil ini menyediakan Dua Kursi kemudi pada bagian ujungnya. Menjadi mobil yang paling panjang di dunia, tentu membuat American Dream banyak dilirik.

3 Review American Dream Mobil Sedan Terpanjang di Dunia

3 Review American Dream Mobil Sedan Terpanjang di Dunia
3 Review American Dream Mobil Sedan Terpanjang di Dunia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa American Dream adalah mobil sedan terpanjang di dunia dan sudah tercatat dalam The Guinness Book of World Record tahun 1986. 

Mobil ini memiliki banyak kelebihan, sehingga banyak diminati oleh orang-orang yang suka dengan limosin. Mengutip dari The Guiness Book of World Record, ternyata mobil ini didasarkan pada limousine Cadillac Eldorado pada tahun 1976.

Ada dua mesin yang digunakan V8 dengan kubikasi 8.194 cc dan posisinya pada bagian depan maupun belakang.

Masing-masing mesin tersebut memiliki kekuatan untuk menghasilkan tenaga maksimum 215 dk di 3.600 rpm dengan torsi maksimum 542 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dikombinasikan dengan sesuai transmisi otomatis 3-percepatan.

Mobil ini sangat panjang dan dapat digunakan untuk membuat banyak orang, bahkan bisa menampung lebih dari 75 orang. Banyak sekali kelebihan yang dimiliki American Dream adalah mobil sedan terpanjang, berikut reviewnya.

Sejarah Perjalanan American Dream

American Dream adalah mobil Limousine terpanjang di dunia dan pertama kali dibuat Burbank, California pada tahun 1986 dan dibuat oleh perancang mobil terkenal yaitu Jay Ohrberg. Pada awalnya mobil ini tidak terlalu panjang dan hanya memiliki ukuran 18,28 M dengan menggunakan 26 roda. Ada dua mesin yang diletakkan pada bagian depan dan belakang.

Jay Ohrberg kemudian mulai memperpanjang American Dream adalah mobil sedan terpanjang tersebut hingga panjangnya bisa mencapai 30,504 meter, padahal mobil Limosin rata-rata memiliki panjang mulai dari 3,6 hingga 4,2 m saja. 

Bahkan ketika 12 unit mobil biasa diparkir memanjang, tetap saja kalah dengan panjangnya mobil American Dream ini. Jika dilihat mobil tersebut dibuat dengan dua bagian, kemudian bergabung pada Tengah yang menggunakan engsel agar bisa berbelok di tikungan yang sempit.

Ukuran American Dream adalah mobil sedan terpanjang memang sangat besar dan fitur-fitur yang ditawarkan cukup mewah, sehingga membuat penumpang bisa menikmati kemewahan dan kenyamanan ketika berada di dalam kabin American Dream. 

Memiliki Desain Interior Mewah

Ternyata tidak hanya mampu menampung 75 orang lebih, tetapi mobil ini juga dihiasi dengan desain interior yang sangat mewah dan membuat penumpang merasa kagum. Ada berbagai macam desain interior dengan perlengkapan mewah, seperti televisi, telepon, kulkas, dan lain sebagainya.

Mungkin banyak yang tidak percaya, tetapi mobil ini juga dilengkapi dengan kolam renang lengkap beserta papan loncat, jacuzzi, lapangan golf mini, bahkan helipad. Dengan desain interior yang sangat mewah tentu mobil ini banyak digunakan oleh orang-orang yang mampu.

Bahkan setelah berhasil memecahkan rekor di tahun 1986, ternyata popularitasnya tidak redup bahkan semakin tinggi. American Dream adalah mobil sedan terpanjang yang pernah masuk pada beberapa film Hollywood jika kalian benar-benar melihat dengan jeli.

Namun sekarang kenapa mobil American Dream justru jarang terlihat? Salah satu penyebabnya dikarenakan masa kejayaan mulai redup karena biaya perawatan dari mobil ini cukup mahal. Sekalipun memiliki desain interior mewah, tetapi jika perawatannya cukup mahal dan sulit dilakukan tentu membuat banyak orang berpikir dua kali untuk memiliki mobil American Dream.

American Dream semakin Surut Popularitasnya

Karena biaya perawatan yang cukup mahal, tidak heran jika mobil American Dream mulai surut keberadaannya dan banyak yang tidak memiliki. Tidak hanya itu, tetapi susahnya untuk mencari lahan parkir yang sesuai dengan mobil sepanjang itu juga menjadi salah satu alasan kenapa keberadaannya tidak terlalu diminati.

Dengan alasan yang cukup banyak, terjadi penurunan permintaan terhadap Amerika dream pada sebuah film maupun digunakan secara nyata sehingga ketenaran mulai memudar.

Tidak heran jika American Dream adalah mobil sedan terpanjang mulai tidak terawat Setelah lama tidak digunakan. Beberapa bagian berkarat bahkan tidak bisa diselamatkan lagi. American Dream ini pernah dijual di eBay oleh pemilik sebelumnya yaitu Jay Ohrberg.

Tidak berhenti pada pemilik pertama kemudian pemilik kedua juga menjualnya yaitu Michael Manning, pemilik Autoseum Technical Teaching Museum di Nassau County, New York.

Saat ini mobil American Dream telah dimiliki oleh Michael Dezer, yaitu pemilik Dezerland Park Car Museum and Tourist Attractions di Orlando, Florida. Mobil ini Dibeli pada tahun 2019 dan mulai melakukan berbagai macam proses restorasi agar kendaraan tersebut bisa digunakan kembali.

Untuk perbaikan mobil American Dream adalah mobil sedan terpanjang yang pernah populer, biaya yang dihabiskan mencapai 250.000 dolar Amerika atau sekitar Rp. 3.752.250.000. 

Biaya tersebut termasuk penggantian panel bodi, kemudian bagian interior, mesin hingga transmisinya. Proses perbaikan selesai hingga tanggal 1 Maret 2022.

Berapa Harga dari American Dream?

American Dream adalah mobil sedan terpanjang yang populer pada masanya, bahkan mulai tahun 1980-an sejak mobil ini dibuat. Jadi satu-satunya kendaraan dengan panjang mencapai 100 m tentu membuat perhatian banyak tertuju pada American Dream.

Namun sayangnya banyak sekali kendala yang bisa didapatkan oleh para pengguna dalam limosin ini. American Dream memang tidak dijual secara bebas, tetapi bisa dikatakan hanya ada satu di dunia sehingga sulit untuk menentukan nilainya.

Jika penasaran berapa kira-kira harga dari American Dream? bisa diperkirakan harganya sekitar 4 juta dolar Amerika Serikat atau senilai Rp. 59,6 miliar. Harga mobil ini tentu sudah sangat mahal, belum lagi biaya perawatan untuk berbagai macam desain interior yang mewah dan perawatan mesin Mobilnya juga tidak murah.

Karena American Dream adalah mobil sedan terpanjang yang menarik banyak perhatian, mobil ini tentu memiliki kepopuleran pada masanya namun sayangnya mulai redup karena biaya perawatan yang mahal dan kesulitan digunakan untuk parkir.

American Dream Mulai Bangkit Kembali

American Dream Mulai Bangkit Kembali
American Dream Mulai Bangkit Kembali

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mobil ini hanya ada satu di dunia dan memiliki predikat sebagai mobil terpanjang di dunia. Sekalipun sebelumnya mobil ini tidak banyak diminati, namun sekarang ada pemilik resminya yaitu Michael Dezer yang sudah membeli dan merenovasi dari American Dream.

Harga dari mobil ini memang sangat mahal Begitu juga dengan biaya perawatan yang harus ditanggung. American Dream adalah mobil sedan terpanjang di dunia, membutuhkan biaya sekitar 250 ribu dollar Amerika. 

Namun, Proses renovasi telah dilakukan dan mobil ini cukup lama dan sudah selesai di tahun 2022. Akhirnya mobil terbanyak di dunia ini sudah bangkit kembali dan dapat digunakan oleh pemiliknya Dezer. Proses perbaikan ini tidak hanya melihat dari sisi mesin dan keadaan mobil, tetapi juga pergantian interior dan lain sebagainya untuk membuat mobil agar lebih nyaman digunakan.

American Dream adalah mobil sedan terpanjang di dunia dan telah mendapatkan proses restorasi. Mobil Cadillac Eldorado tahun 1976 ini telah dimodifikasi dan harus diangkut dengan menggunakan dua bagian. Dari tempat asalnya yaitu Orlando, Dezer harus berusaha dengan tim untuk membangun kembali kendaraan dari awal.

Restorasi dilakukan termasuk dalam pengerjaan uang seluruh bodi, makeover interior, pembangunan kembali mesin, penambahan kolam renang, adanya lapangan golf mini, dan masih banyak lagi lainnya.

Berkat ketelatenan dan kesabaran Dezer, saat ini mobil tersebut sudah dapat dikendarai kembali di jalanan dengan ukuran 100 kaki atau lebih dari 300 meter. Tentu saja angka ini memecahkan rekor sebelumnya yang telah dibuat pada tahun 1986. Menarik yang lagi mobil ini juga memiliki kasur air, meja billiard, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Daftar Jenis Mobil Hardtop Terbaik Masih Worth it di 2023

Banyak hal menarik yang bisa ditemui dari American Dream sebagai mobil terpanjang di dunia. Proses restorasi dilakukan dengan baik dan sempurna agar American Dream adalah mobil sedan terpanjang dapat digunakan kembali.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini