Mobil Jeep Tetap Eksis Sejak Zaman Perang Hingga Sekarang

0
447
Mobil Jeep Tetap Eksis Sejak Zaman Perang Hingga Sekarang
Mobil Jeep Tetap Eksis Sejak Zaman Perang Hingga Sekarang

Mobil Jeep menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi orang-orang yang memilikinya. Bukan hanya memilikinya saja, tetapi dikendarai untuk aktifitas kesehariannya. Meskipun kendaraan roda empat ini identik dengan tunggangan para kaum Adam atau pria.

Baca Juga: Antisipasi Begal Ketika Berkendara di Malam Hari

Namun, diperkirakan tidak sedikit kaum Hawa atau wanita yang juga menyukainya. Salah satu alasannya, yaitu mobilnya kuat saat dikendarai di berbagai medan jalan. Mulai dari jalan aspal mulus hingga naik turun pegunungan dapat dilalui.

Tentu saja pengemudinya harus memiliki keahlian cukup tinggi saat mengendarai Jeep di jalan pegunungan. Anda mungkin salah satu yang memilikinya hingga sekarang. Sangat beruntung karena mobil ini memang memiliki banyak keistimewaan.

Mengenal Sejarah Mobil Jeep

Anda mungkin kurang percaya jika kendaraan ini diciptakan untuk berperang. Hal tersebut memang benar karena pada tahun 1941 model pertama berhasil diciptakan untuk dikendarai para tentara Amerika Serikat.

Diciptakan pertama kali untuk mendukung Perang Dunia kedua. Khususnya tentara Amerika Serikat yang turut andil dalam perang tersebut. Mobilnya hanya digunakan untuk mengangkut tentara sakit, logistik perang, dan bantuan lainnya.

Prototipenya dikembangkan dan diuji oleh pihak Angkatan Darat Amerika Serikat yang menginginkan model kendaraan tempur roda empat. Akhirnya, berhasil diciptakan model awal dengan spesifikasi memiliki berat 590 kilogram.

Sudah menggunakan sistem penggerak model empat roda. Selain itu, mobilnya mampu mengangkut hingga 272 kilogram. Seiring pergantian tahun dan perkembangan zaman, Jeep terus berinovasi dengan beragam ciptaannya.

Bukan lagi sebagai mobil militer untuk berperang, tetapi sudah dikomersialkan untuk masyarakat umum. Tentu saja masih mempertahankan kesan gagah pada bodynya dengan model seperti pertama kali diciptakan untuk kendaraan tempur.

Ciri khas Jeep tidak dapat tergantikan, yaitu desain di bagian depan mobilnya yang berupa garis-garis vertikal. Itulah yang menjadikan para penggemarnya di seluruh dunia mencintai merk mobil ini. Ciri khasnya tersebut tetap dipertahankan hingga sekarang.

Tidak peduli memiliki mobil Jeep keluaran tahun berapa, yang pasti tetap memiliki ciri khas tersebut. Tentu saja ada perbedaan di bagian interior, eksterior, serta pernak-pernik di mobilnya dengan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi otomotif sekarang.

Misalnya, mobil Jeep keluaran terbaru pasti di bagian interior dan eksteriornya sudah dibuat sangat modern agar tidak ketinggalan zaman. Terutama tidak ketinggalan dari para kompetitornya di bisnis otomotif dunia. 

Kenapa Memilih Mobil Jeep?

Mobil Jeep Tetap Eksis Sejak Zaman Perang Hingga Sekarang_Kenapa Memilih Mobil Jeep?
Mobil Jeep Tetap Eksis Sejak Zaman Perang Hingga Sekarang_Kenapa Memilih Mobil Jeep?

Anda yang sudah memilikinya dan sering mengendarainya pasti bisa menjawab pertanyaan di atas dengan jelas dan detail. Namun, berbeda dengan banyak orang di luar sana yang belum pernah mengendarai mobil ini.

Jadi, memang harus coba naik dan mengemudikannya sendiri agar bisa merasakan kekuatan dan ketangguhannya. Selain itu, ada alasan lainnya yang perlu Anda ketahui lebih detail perihal mobil Jeep. Berikut beberapa diantaranya yang dapat diinformasikan disini.

  • Mesinnya kuat

Kalangan otomotif mengistilahkan dengan mesin mobil yang bandel. Bukan bandel diartikan nakal dan sering berbuat kesalahan. Namun, bandel disini karena mesin mobilnya yang kuat, jarang bermasalah, minim mogok, dan sanggup dipakai perjalanan jauh.

Mesin bandel tersebut dapat dimiliki Jeep asalkan perawatannya juga tidak sembarangan. Anda sebagai salah satu pemiliknya tentu harus merawatnya secara rutin, seperti service berkala atau sejenisnya. 

Selain itu, pergantian oli mesin dan beberapa sparepart yang seharusnya diganti, harus segera dilakukan. Hal tersebut untuk mengantisipasi mesin mobil rewel dan bermasalah. Oleh karena itu, silahkan untuk memeriksakan mesin mobilnya secara rutin.

  • Multifungsi

Memang benar, mobil Jeep sekarang bisa difungsikan untuk berbagai hal dan kegiatan. Pada awal penciptaannya, kendaraan ini memang untuk mendukung tentara Amerika Serikat yang sedang berperang. Oleh karena itu, harus didesain lebih kuat dan tahan banting.

Namun dalam perkembangan zamannya, pihak produsen masih tetap mempertahankan ketangguhan body mobilnya. Selain itu, bagian interior dan eksterior dibuat sesuai kebutuhan masyarakat sekarang pada umumnya.

Dimana mobil keluarga yang paling banyak diincar dan dibutuhkan. Model mobil dengan ruangan lebih luas dan tempat duduk lebih banyak karena untuk mengangkut seluruh anggota keluarga.

Minimal satu keluarga kecil yang terdiri atas sepasang suami istri dan dua anaknya. Jeep juga menyediakan tipe mobilnya dengan body lebih luas yang cocok untuk keluarga. Selain itu, mobilnya juga dapat difungsikan sebagai alat pengangkut serba bisa dan multifungsi.

Mulai dari barang berukuran kecil hingga besar. Disesuaikan dengan besar dan berat barangnya. Misalnya, mengangkut peralatan keluarga atau sejenisnya untuk pindahan rumah. 

Harus menggunakan kendaraan roda empat berukuran besar. Tak perlu khawatir, mobil Jeep bisa melakukannya asalkan tidak berlebihan. Jadi, mobilnya bisa bermanfaat untuk berbagai aktivitas keseharian.

  • Harga jual cukup tinggi

Merk mobil ini menang sudah populer hingga seluruh dunia. Tidak sedikit penggemarnya memiliki mobilnya keluaran tahun lama, seperti 1970-an atau 1980-an. Sudah pasti mobilnya sudah tua dan perlu perawatan lebih intensif.

Namun demikian, harga mobil tersebut cukup tinggi di pasaran. Harganya berkisar ratusan bahkan bukan tidak mungkin hingga milyaran rupiah. Hal itu dikarenakan seorang pecinta sekaligus kolektor mobil Jeep akan menghargai lebih mahal.

Asalkan kendaraannya memang sudah lama diincarnya serta kondisinya dalam kondisi baik. Jadi, membeli mobil sekaligus berinvestasi karena harga jualnya dalam kondisi bekas masih cukup tinggi di pasaran. 

Oleh karenanya, Anda sebagai pemiliknya harus selalu merawat mobilnya karena dapat dijual lagi untuk mendapatkan keuntungan banyak. Namun demikian, tidak mudah melepaskan atau menjual mobil Jeep dengan harga tinggi tanpa surat-surat aslinya.

Dapat dikatakan kelengkapan paling penting saat bertransaksi jual beli mobil adalah surat-surat kendaraannya harus lengkap. 

Berpetualang dengan Mobil Jeep

Jenis dan merk kendaraan roda empat ini memang terkesan kuat dan macho. Bukan hanya dari body mobilnya saja, tetapi juga mesin kendaraannya. Maka dari itu, tidak berlebihan jika para adventurer atau petualang sejati sering membawanya.

Mereka yang menyukai aktifitas di luar ruangan, seperti menjelajah hutan, pegunungan, dan daerah pelosok. Harus mengendarai mobil dengan kapasitas mesin besar, sehingga kuat untuk diajak berkeliling di berbagai medan jalan yang ada.

Mobilnya tidak rewel dan kuat untuk perjalanan jauh. Oleh karenanya, kegiatan semacam itu cocok menggunakan mobil Jeep. Tanpa dimodifikasi di bagian mesin, interior, maupun eksteriornya, mobilnya dapat diandalkan dalam kondisi apa saja.

Bahkan, kondisi hujan badai dan harus menyeberangi sungai juga bisa. Asalkan masih dalam batas kewajaran. Selain itu, mobilnya dalam perawatan rutin dan berkala, sehingga tidak ada keluhan yang berarti saat digunakan.

Namun demikian, tetap harus membawa perbekalan perbengkelan standar saat ingin berpetualangan dengan mobil Jeep. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi mobil mogok di tengah jalan karena mesinnya bermasalah. Apalagi mobilnya sudah berumur tua.

Meskipun sudah populer memiliki mesin kuat dan bandel, tetapi Anda tetap berjaga-jaga untuk kondisi yang paling sulit. Namanya juga berpetualangan tetap harus membawa perbekalan banyak untuk dimanfaatkan di tengah perjalanan panjang.

Berapa Harga Mobil Jeep?

Mobil Jeep Tetap Eksis Sejak Zaman Perang Hingga Sekarang_Berapa Harga Mobil Jeep?
Mobil Jeep Tetap Eksis Sejak Zaman Perang Hingga Sekarang_Berapa Harga Mobil Jeep?

Harga mobilnya tentu bervariasi tergantung dari model, tipe, jenis, dan tahun pembuatannya. Dapat dikatakan, harganya mulai ratusan juta hingga milyaran rupiah. Termasuk kategori harga mobil menengah keatas.

Anda yang penasaran dengan harga mobilnya bisa mengeceknya langsung di dealer resmi yang membuka cabang di Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat memburu informasinya di dunia maya melalui browsing atau Googling di internet.

Hal tersebut untuk harga mobil Jeep baru. Sementara untuk harga mobilnya dalam kondisi second atau bekas, tidak dapat dipastikan batasan nominalnya. Hal itu dikarenakan mobilnya semakin tua sangat mungkin harganya melonjak tinggi.

Apalagi jika dijual kepada para kolektor yang benar-benar tergila-gila dengan jenis mobil ini. Mereka tidak segan-segan membayar mahal agar bisa memiliki mobil Jeep tua keluaran tahun lama. Meskipun sudah tua, tetapi body dan mesinnya masih bagus serta layak.

Biasanya, ada klub atau organisasi yang berisi orang-orang penggemar mobil ini. Anda mungkin terobsesi ingin memiliki salah satu mobilnya yang tua dapat mencari informasi dari para anggotanya. Siapa tahu ada yang ingin menjual mobilnya dengan harga lebih murah.

Harganya memang cukup mahal untuk ukuran kalangan menengah ke bawah. Namun demikian, mobil tersebut memiliki banyak keistimewaan seperti yang sudah diuraikan diatas. 

Baca Juga: Antisipasi Begal Ketika Berkendara di Malam Hari

Anda yang berminat memiliki salah satunya, silahkan menghubungi dealer resminya terdekat. Cari informasi selengkapnya tentang mobil tersebut. Jadi, jangan ragu lagi jika ingin membeli dan memiliki mobil Jeep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here