Prosedur Mengurus Balik Nama Kendaraan Hingga Biayanya

0
88
Cek Surat Kendaraan 
Cek Surat Kendaraan 

Bagi yang ingin membeli motor bekas, kalian perlu mengurus balik nama kendaraan. Balik nama sendiri merupakan prosedur yang penting untuk menggantikan identitas dan juga kepemilikan kendaraan.

Baca juga: Cara Mengurus BPKB Hilang beserta Biayanya

Dari pemilik yang pertama ke pemilik berikutnya dan seterusnya. Mengapa balik nama itu sangat penting? Salah satunya ialah agar pengurusan administrasi bisa menjadi lebih lancar.

Pengurusan balik nama ini sebenarnya tidaklah rumit, namun masih banyak orang yang menganggapnya sulit. Dalam artikel kali ini kita akan bahas cara mengurusnya, persyaratan hingga biayanya.

Syarat Dalam Mengurus Balik Nama Kendaraan

Syarat Dalam Mengurus Balik Nama Kendaraan
Syarat Dalam Mengurus Balik Nama Kendaraan

Seperti sudah dibahas sebelumnya, balik nama kendaraan ini wajib dilakukan bila pemilik kendaraan baru ingin mengubah identitas. Serta mempermudah dalam pengurusan pembayaran pajak, berikut persyaratan yang harus dipenuhi :

  1. KTP pemilik kendaraan baru beserta fotokopiannya
  2. Kemudian BPKB asli beserta fotokopiannya
  3. Lalu STNK asli beserta fotokopiannya
  4. Siapkan juga bukti pembelian motor berupa kwitansi
  5. Terakhir bawa hasil cek fisik kendaraan

Prosedur Mengurus Balik Nama Kendaraan STNK

Prosedur Mengurus Balik Nama Kendaraan STNK
Prosedur Mengurus Balik Nama Kendaraan STNK

Bila tadi kalian sudah mengetahui persyaratan apa saja yang diperlukan untuk mengurus balik nama. Kini kita akan membahas bagaimana prosedur pengurusannya, kalian cukup lakukan saja langkah-langkah berikut ini :

  1. Kunjungi kantor Samsat sesuai domisili KTP si pemilik kendaraan bermotor yang terbaru. Misal tinggal di Jakarta, maka kalian dapat mendatangi Samsat di kota yang sama. Tetapi bila proses balik nama beda area, maka kalian terlebih dulu harus melakukan cabut berkas. Contohnya dari Malang ke Jakarta, maka harus dilakukan pencabutan berkas di Malang terlebih dahulu baru setelah itu balik nama di Jakarta.
  2. Setelah itu pastikan membawa segala persyaratan balik nama kendaraan BPKB
  3. Kemudian kunjungi loket cek fisik kendaraan guna melakukan pengecekan kendaraan
  4. Sesudah mendapatkan hasil cek fisik, berikutnya kalian dapat pergi ke loket balik nama STNK
  5. Setelah itu Isi formulir pendaftaran serta serahkan segala persyaratan balik nama kendaraan serta hasil cek fisik kendaraan yang baru didapatkan
  6. Berikutnya petugas Samsat nanti akan mengarahkan kalian untuk mengikuti proses balik nama kendaraan
  7. Sesudah segala proses selesai, berikutnya adalah proses pembayaran yang dapat kalian lakukan di loket. Di tahap ini, bila kalian mempunyai tunggakan pajak kendaraan maka kalian harus melunasinya secara bersamaan
  8. Kalian akan menerima bukti pembayaran atau kwitansi. Simpan dengan baik bukti tersebut sebagai syarat mengambil STNK terbaru
  9. Terakhir, datang kembali ke Samsat pada hari yang telah ditentukan guna mengambil STNK terbaru dengan membawa bukti pembayaran balik nama motor

Sebagai informasi tambahan, mengurus balik nama kendaraan tidak dapat jadi langsung sehari. Nanti pihak Samsat akan menginformasikan lagi untuk tanggal pengambilan terbaru, biasanya 2 hingga 7 hari.

Dari tanggal pengajuan balik nama kendaraan. Hal tersebut juga berlaku bila kalian melakukan balik nama kendaraan di Polda yang biasanya paling cepat sekitar 3 hingga 7 hari.

Prosedur Mengurus Balik Nama Kendaraan BPKB

Prosedur Mengurus Balik Nama Kendaraan BPKB
Prosedur Mengurus Balik Nama Kendaraan BPKB

Setelah kalian sudah berhasil mendapatkan STNK terbaru, prosedur berikutnya yakni balik nama kendaraan untuk mengganti BPKB lama dengan terbaru. Beda halnya dengan STNK yang dapat dilakukan di Samsat.

Untuk mengurus balik nama kendaraan BPKB terbaru ini kalian wajib untuk pergi ke Polda, sama seperti sebelumnya. Langkahnya cukup mudah, kalian tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini, antara lain:

  1. Datangi Polda setempat, jangan lupa membawa dokumen pendukung.
  2. Terlebih dahulu kalian harus mengambil nomor antrian beserta formulir pendaftarannya untuk balik nama BPKB kendaraan
  3. Sesudah semua terisi lengkap, serahkan formulir tersebut dengan melampirkan fotokopian dokumen yang telah dipersiapkan ke loket 
  4. Nanti kalian akan mendapatkan tagihan BPKB online yang harus dilunasi di loket pembayaran.
  5. Petugas kemudian akan memberikankan tanda terima sebagai bukti BPKB telah didaftarkan dan kini sedang dalam proses balik nama. Simpan bukti pembayaran dan tanda terima tersebut.
  6. Terakhir, datang lagi ke kantor Polda sesuai dengan jadwal yang tertera di tanda terima guna mengambil BPKB.

Proses mengurus balik nama kendaraan BPKB ini memang cukup panjang serta menguras tenaga. Sebaiknya persiapkanlah diri kalian untuk berpindah dari 1 loket ke loket lainnya.

Jangan ragu untuk bertanya ke petugas Samsat bila merasa kebingungan. Jika tidak memiliki waktu luang, pihak Samsat akan memberikan kesempatan kepada kalian untuk mengurusnya lewat perwakilan.

Prosedurnya kurang lebih sama seperti pada saat kalian mengurus balik nama sendiri. Hanya saja, seseorang yang mewakilkannya harus membawa juga surat kuasa yang sudah bermaterai.

Jadi bagi kalian yang tidak sempat atau tidak memiliki waktu luang untuk mengurusnya sendiri, jangan khawatir. Kalian bisa menyuruh atau mendatangkan perwakilan untuk mengurusnya, asal jangan lupa membawa surat kuasa.

Biaya Mengurus Balik Nama Kendaraan (Motor)

Biaya Mengurus Balik Nama Kendaraan (Motor)
Biaya Mengurus Balik Nama Kendaraan (Motor)

Pertama kita akan bahas berapa biaya balik nama untuk motor, sebab untuk motor dan mobil berbeda. Berikut ini rincian biayanya yang perlu kalian tau :

  1. Pertama, biaya administrasinya yakni sebesar Rp. 35.000.
  2. Biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDLLKJ yakni sebesar Rp. 35.000.
  3. Biaya pembuatan nomor polisi terbaru yakni sebesar Rp. 30.000.
  4. Biaya pembuatan BPKB terbaru yakni sebesar Rp. 225.000.
  5. Biaya pembuatan STNK terbaru yakni sebesar Rp. 100.000.
  6. Biaya Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan atau STNK pelat nomor untuk kendaraan roda 2 sebesar Rp. 60.000.
  7. Biaya transfer Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBN-KB yakni 10%. Biasanya tarif dasar ⅔ dari tarif SKPD atau Surat Ketetapan Pajak Daerah
  8. PKB atau Pajak kendaraan bermotor sebesar 2% untuk penyerahan pertama serta tambahan 5% untuk penyerahan selanjutnya.
  9. Denda jika bila kalian terlambat membayaran pajak

Biaya Mengurus Balik Nama Kendaraan (Mobil)

Biaya Mengurus Balik Nama Kendaraan (Mobil)
Biaya Mengurus Balik Nama Kendaraan (Mobil)

Bila tadi biaya pengurusan balik nama untuk motor, kini kita akan bahas biaya pengurusan untuk mobil. Berikut ini rincian biaya pengurusan balik nama mobil, di antaranya :

  1. Biaya penerbitan STNK terbaru sebesar Rp. 200.000
  2. Biaya penerbitan BPKB terbaru sebesar Rp. 375.000
  3. Baya penerbitan TNKB sebesar Rp. 100.000
  4. Biaya cek fisik mobil sebesar Rp. 25.000
  5. Biaya surat mutasi sebesar Rp. 250.000
  6. BBNKB atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor sebesar 1% dari harga mobil
  7. SWDKLLI atau sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas sebesar Rp. 143.000

6 Tips Mengurus Balik Nama Kendaraan

6 Tips Mengurus Balik Nama Kendaraan
6 Tips Mengurus Balik Nama Kendaraan

Proses balik nama kendaraan ini bisa dibilang cukup mudah, namun masih ada beberapa orang yang menganggapnya susah. Berikut ini beberapa tips dalam mengurus balik nama, antara lain :

Cek segala persyaratan untuk balik nama

Tips pertama, sebelum kalian berangkat untuk mengurus balik nama kendaraan. Cari tahu terlebih dulu persyaratannya apa saja yang dibutuhkan, lalu cek apa sudah lengkap atau belum.

Persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan

Bila segala persyaratan sudah lengkap, siapkan segala dokumen yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk memfotokopi dokumen itu, antara lain seperti STNK, KTP, BPKB, bukti pembelian dan sebagainya.

Siapkan uang secukupnya

Masalah biaya ini, kalian dapat melakukan simulasi perhitungan, atau bisa melihat yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk simulasinya, contohnya mobil seharga 200 juta di Jakarta biaya balik namanya sekitar 2,9 juta.

Datanglah ke satlantas lebih awal

Agar proses mengurus balik nama kendaraan bisa diproses lebih cepat, kalian bisa mendatangi Satlantas lebih awal. Tujuannya agar bisa mendapatkan nomor antrian pertama, sebab biasanya sudah banyak yang mengantri.

Isilah formulir dengan lengkap dan benar

Berikutnya kalian perlu mengisi formulir yang telah disediakan, apabila bingung lihat di contoh atau tanya kepada petugas. Jangan ragu untuk tanya ke orang sekitar atau petugas bila memang bingung. 

Sebab bila salah proses balik nama kendaraan tidak akan bisa diproses. Maka dari itu bila memang bingung, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas yang ada di sana.

Gunakanlah biro jasa balik nama kendaraan

Bila kalian tidak ingin repot dan ingin prosesnya cepat, gunakan saja biro jasa balik nama kendaraan. Besarnya biaya balik nama setiap biro berbeda-beda, kalian dapat bertanya terlebih dahulu terkait biayanya.

Baca juga: BPKB Elektronik, Transformasi Efisiensi Dalam Administrasi Kendaraan

Jadi bagi kalian yang ingin melakukan balik nama, kini tidak perlu bingung lagi. Sebab kalian kini sudah tau prosedur mengurus balik nama kendaraan beserta biayanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini