Mengenal Tilang Elektronik Seperti Apa

0
145
Mengenal Tilang Elektronik Seperti Apa
Mengenal Tilang Elektronik Seperti Apa

Wajib bagi kalian untuk mengetahui seluk beluk dari tilang elektronik sehingga bisa mengetahui apa perbedaannya dengan tilang versi biasa. Hilang merupakan salah satu tindakan yang dilakukan oleh pihak berwajib apabila kalian melakukan pelanggaran pada saat membawa kendaraan. 

Baca juga: Harley Davidson Motor CC Besar yang Masih Eksklusif

Tentunya pelanggaran yang dilakukan oleh kalian baik disadari maupun tidak bisa membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain. Jadi dengan adanya kehadiran tilang bisa membantu kalian untuk tertib dalam membawa kendaraan. 

Walaupun tujuannya sama tetapi terdapat perbedaan antara sistem tilang elektronik dengan yang konvensional. Apalagi jenis tilang baru ini sudah diberlakukan di beberapa kota sehingga harus kalian ketahui seperti apa sistemnya dan efek yang ditimbulkan ketika kalian melakukan pelanggaran 

Apa Itu Tilang Elektronik ?

Mengenal Tilang Elektronik Seperti Apa_Apa Itu Tilang Elektronik ?_Apa Itu Tilang Elektronik ?
Mengenal Tilang Elektronik Seperti Apa_Apa Itu Tilang Elektronik ?_Apa Itu Tilang Elektronik ?

Pastinya kalian ingin mengetahui seperti apa tilang elektronik itu dan perbedaannya dengan tilang biasa. Tentunya jenis tilang yang satu ini merupakan efek dari perkembangan teknologi yang sudah maju ke arah lebih baik. 

Jenis tilang ini sendiri menggunakan kamera pemantau dengan teknologi canggih untuk melihat pelanggaran lalu lintas di ruas jalan. Jadi jika seseorang terkena tilang jenis ini maka sanksinya tidak membayar denda tetapi pemblokiran surat tanda nomor kendaraan. 

Sampai saat ini sudah terdapat 12 kepolisian daerah yang dijadikan sebagai percontohan nasional untuk tilang jenis ini. Beberapa Polda tersebut seperti Polda Metro jaya, Polda Jawa barat Polda Jawa tengah, Polda Jawa timur, Polda Jambi, Polda Sumatera Utara, Polda Riau, Polda Banten, Polda DIY, Polda Lampung, Polda Sulawesi Selatan, dan Polda Sumatera barat.

Pemberlakuan ETLE ini juga berlaku di seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Nantinya akan ada kamera pemantau yang menangkap pelanggaran lalu lintas secara otomatis setiap terjadi pelanggaran. 

Jadi ketika kendaraan kalian terkena tilang elektronik maka akan diberitahu pelanggarannya melalui pesan elektronik maupun surat konfirmasi yang diantar ke alamat. Bila kalian beranggapan bisa mengelabui sistem tilang yang satu ini maka sangat salah besar. 

Karena nantinya pihak berwajib akan mendapatkan berbagai macam data kendaraan yang melakukan pelanggaran. Biasanya outputnya berupa foto maupun video hasil analisa yang transparan. 

Jadi nantinya kalian tidak bisa mengelak telah melakukan pelanggaran. Nantinya di dalam surat konfirmasi yang dikirimkan ke alamat kalian terdapat barcode yang bisa kalian scan untuk melihat bukti pelanggaran yang kalian lakukan.

Jenis Pelanggaran yang Akan Terkena Tilang 

Agar tidak terkena tilang elektronik kalian harus mengetahui pelanggarannya apa saja. Dengan adanya informasi seperti ini maka kalian bisa menghindari pelanggaran tersebut sehingga tidak terkena tilang. 

Apalagi nantinya kalian akan dikenakan denda menaati seluruh peraturan lalu lintas. Karena ketika kalian melakukan pelanggaran pastinya bisa membahayakan orang lain dan diri sendiri. 

Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa sampai saat ini banyak orang yang melakukan pelanggaran walaupun tahu itu salah. Berikut beberapa pelanggaran yang harus kalian pastikan tidak melakukannya baik sadar maupun tidak yaitu:

  1. Melanggar rambu lalu lintas
  2. Saat mengendarai kendaraan roda empat tidak menggunakan sabuk pengaman
  3. Memainkan handphone pada saat berkendara
  4. Membawa kendaraan di atas batas kecepatan
  5. Kendaraan menggunakan plat maupun tidak menggunakan plat
  6. Melawan arus pada saat berkendara
  7. Melanggar lampu merah
  8. Tidak menggunakan helm
  9. Lebih dari dua orang berboncengan
  10. Tidak menyalakan lampu pada saat malam bagi pengendara sepeda motor.

Penting bagi kalian untuk mengetahui pelanggaran apa saja yang harus dijauhi agar tidak mendapatkan tilang elektronik. Pastinya tujuan ada tilang ini sangatlah bagus sebab bisa membuat para pengendara kendaraan menjadi taat peraturan dan tidak membahayakan orang lain. 

Karena ketika kalian melakukan pelanggaran maka pengendara lain juga merasa tidak nyaman pada saat membawa kendaraan mereka. dengan adanya tilang ini bisa memberikan efek jera terhadap pelaku pelanggaran agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Hal yang Dilakukan Setelah Mendapatkan Surat Tilang

Mengenal Tilang Elektronik Seperti Apa_Hal yang Dilakukan Setelah Mendapatkan Surat Tilang
Mengenal Tilang Elektronik Seperti Apa_Hal yang Dilakukan Setelah Mendapatkan Surat Tilang

Setelah kalian terkena tilang elektronik maka tidak perlu kebingungan sebab harus melakukan beberapa hal di bawah ini. Jadi dengan melakukan hal di bawah ini kalian bisa membayar denda dan tidak mengalami masalah. 

Karena ketika kalian terkena tilang dan terjadi pemblokiran maka bisa merepotkan untuk kedepannya. Kondisi seperti ini memberikan pengaruh terhadap kenyamanan pada saat membawa kendaraan. Inilah beberapa hal yang harus kalian lakukan setelah mendapatkan surat konfirmasi yaitu:

1. Melakukan konfirmasi

Hal pertama yang harus kalian lakukan setelah surat konfirmasi tilang elektronik adalah melakukan konfirmasi. Caranya adalah kalian mengunjungi website ETLE atau mengakses aplikasinya. kalian juga bisa mengirimkan kembali blanko ke ETLE. 

Langkah ini harus kalian lakukan secepat mungkin maksimal 5 hari setelah adanya pemberitahuan. Karena saat ini sudah zaman internet dan kemudahan dalam mengaksesnya maka kalian bisa membuka websitenya saja. Apabila kendaraan yang tercatat bukan milik kalian maka kalian juga harus memberitahunya pada saat proses konfirmasi

2. Pihak kepolisian akan mengirimkan surat tilang

Setelah melakukan konfirmasi nantinya pihak kepolisian akan mengirim surat tilang resmi kepada kalian.

3. Melakukan pembayaran

Setelah surat tilang dikirimkan kepada kalian maka akan masuk SMS berupa kode pembayaran yang harus dilakukan di bank yang ditentukan. Nantinya kalian harus melakukan pembayaran ke bank yang dituju tersebut. Apabila pembayaran tidak lakukan setelah 7 hari dari masa konfirmasi maka STNK kendaraan akan diblokir. 

Cara Cek Tilang Secara Online Maupun Offline

Pastinya kalian bisa cek tilang elektronik secara online sehingga dilakukan dalam waktu singkat. Apalagi saat ini sudah sangat mudah untuk mengakses internet sehingga tidak lagi kesulitan. Jadi semakin cepat kalian tahu terkena tilang maka semakin cepat pula melakukan pembayaran denda sehingga tidak mengalami masalah kedepannya. 

Apabila kalian ingin mengecek secara online maka langkah pertama yaitu mengunjungi website ETLE. Tentunya website tersebut bisa dibuka di PC maupun smartphone milik kalian. Setelah masuk ke website kalian bisa memasukkan nomor plat kendaraan, nomor mesin dan nomor rangka. 

Pastikan nomor tersebut kalian masukkan dengan tepat dan tidak ada yang salah. Karena ketika salah satu angka saja tidak bisa menunjukkan apakah kalian terkena tilang atau tidak. Kemudian kalian hanya perlu mengklik cek data dan nantinya akan muncul berbagai macam informasi mengenai waktu, lokasi dan tipe pelanggaran yang terkena tilang elektronik. 

Jadi dalam waktu singkat saja kalian bisa mengetahui apakah terkena tilang atau tidak. Namun apabila kalian tidak sempat melakukan pengecekan secara online Maka terdapat juga secara offline. Biasanya petugas akan mengirimkan surat tilang ke alamat kalian tinggal. 

Nantinya di dalam surat tersebut akan dilengkapi foto bukti pelanggaran sehingga kalian bisa tahu apakah pelanggaran tersebut memang kalian lakukan atau tidak. Biasanya surat ini akan dikirimkan 3 hari setelah terjadinya pelanggaran. 

Pastinya petugas bisa mengetahui di mana tempat kalian tinggal Karena setelah kendaraan terkena tilang maka dilakukan pengecekan identitas kendaraan dari database. Setelah semuanya dinyatakan cocok baru surat tersebut akan dikirimkan ke alamat rumah kalian.

Kelebihan yang Dimiliki Oleh Tilang Elektronik

Mengenal Tilang Elektronik Seperti Apa_Kelebihan yang Dimiliki Oleh Tilang Elektronik
Mengenal Tilang Elektronik Seperti Apa_Kelebihan yang Dimiliki Oleh Tilang Elektronik

Tentunya jenis tilang baru ini memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan versi konvensional. Tidak heran jika praktik tilang baru ini mulai ditetapkan di berbagai tempat sebelum akhirnya ditetapkan secara nasional kedepannya.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem tilang baru ini yaitu mempercepat waktu penindakannya karena tidak perlu ditulis secara manual seperti di tilang konvensional. Serta tilang baru ini juga tidak memerlukan blanko tilang sehingga cara menghemat kertas dan efektif. 

Sudah pasti kehadiran versi tilang baru ini untuk menghindari praktek pungli yang sering dilakukan oleh oknum petugas di lapangan. Tentunya oknum seperti ini banyak yang merugikan para pelaku pelanggaran. Biasanya mereka akan memberikan biaya berlebihan dari yang ditetapkan di aturan. 

Serta tilang baru ini juga secara otomatis terkoneksi dengan bank pada saat proses pembayaran denda tilang sehingga tidak perlu takut untuk dua kali melakukan pembayaran. Bahkan secara otomatis juga terkoneksi pengadilan untuk menjatuhkan putusan denda.

Baca juga: Mengenal Wuling Confero Mobil dengan Harga Terjangkau

Pastinya tilang versi elektronik ini juga terkoneksi dengan back office sehingga bisa mendapatkan data yang akurat seperti sistem filling dan recording. Dengan kehadiran tilang elektronik ini maka bisa menghindari praktek pungli dan membuat masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran secara sengaja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here