Mengenal Oli AHM, Serta Kelebihan dan Kekurangannya yang Harus Anda Ketahui

0
243
Mengenal Oli AHM

Apa yang Anda ketahui perihal oli AHM? Anda sekalian atau sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal merk oli mesin yang satu ini. Hal itu dikarenakan sangat berkaitan dengan merk kendaraan bermotor paling populer di Indonesia.

Dengan kata lain, kendaraan bermotor dengan merk tersebut sangat direkomendasikan menggunakan oli mesin AHM. Oli resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan kendaraan bermotor tersebut, sehingga bisa dikatakan laris manis di pasaran.

Harganya bagi kalangan menengah keatas masih terjangkau untuk ukuran 1 – 2 liter, tetapi kualitas olinya memang bagus. Anda yang sudah langganan oli AHM tentu bisa merasakan sendiri pada performa kendaraannya meskipun masih ada kekurangan dari oli mesin ini.

Ada begitu banyak merk oli mesin yang dijual di pasaran. Mulai dari merk dalam negeri hingga luar negeri. Mulai dari merk yang direkomendasikan pabrikan kendaraan bermotor hingga nama yang masih asing Anda baca.

Baca Juga : Cara Membedakan Oli Asli atau Palsu Berdasarkan Kriteria Utama

Anda saat di bengkel pasti bisa melihat sendiri deretan oli mesin di etalasenya. Hal itu memang sengaja dilakukan oleh pemilik atau pengelola bengkel agar pemilik kendaraan bisa langsung memilih oli mesin merk apa yang diinginkan.

Tentu saja oli mesin yang cocok dengan spesifikasi kendaraan bermotornya, sehingga semakin menambah performa mesinnya. Selain itu, oli mesinnya mampu melindungi mesin kendaraan agar lebih awet dan sparepart di bagian dalamnya tidak bermasalah.

Jangan sampai memilih oli mesin yang spesifikasinya tidak mendukung performa mesin kendaraan Anda. Hal itu hanya akan membuat mesin bermasalah terutama saat kendaraan dibawa dalam perjalanan jarak menengah dan jauh. 

Mengenal Produk Oli AHM yang Sudah Populer

Mengenal Oli AHM

Salah satu produk oli mesin yang berkualitas bagus, yaitu merk AHM. Dimana oli AHM sebenarnya memang khusus untuk digunakan pada mesin kendaraan sepeda motor pabrikan tertentu. 

Namun kenyataannya, tidak sedikit penggunanya memilih AHM untuk diisi pada mesin sepeda motor pabrikan lainnya. Hal itu diperbolehkan saja karena pada dasarnya kandungan isi oli mesin untuk mesin sepeda motor dibagi menjadi dua, yaitu 2 tak dan 4 tak.

Untuk mesin motor 2 tak dipilih oli mesin khusus karena pada mesinnya masih harus didukung oleh oli samping. Berbeda dengan mesin motor 4 tak yang sepenuhnya mengandalkan oli mesin untuk mendukung performa mesinnya.

Namun sekarang, oli mesin 2 tak jarang ditemui atau dijual karena semakin sedikit orang mengendarai sepeda motor dengan jenis mesin tersebut. Lebih banyak motor bermesin 4 tak yang dikendarai di jalanan.

Bahkan seiring perkembangan zaman, mulai digeser oleh sepeda motor bermesin matic yang tentu saja menggunakan oli mesin berbeda. Tentu saja perusahaan oli juga memproduksinya dengan mengeluarkan jenis oli mesin khusus matic.

Terutama oli AHM yang juga meluncurkan produk untuk sepeda motor matic. Anda yang memiliki beragam jenis sepeda motor, seperti 2 tak, 4 tak, matic, atau yang lainnya. Masih tetap memilih dan memakai AHM sebagai oli mesinnya.

Kelebihan dan Kekurangan dari Oli AHM

Meskipun merk olinya sudah sangat populer di Indonesia dan banyak orang menggunakannya. Namun demikian, AHM juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui informasinya.

Jadi, kelebihan dan kekurangan dari produk oli mesin memang sudah biasa terjadi. Hal tersebut malahan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna kendaraan bermotor untuk coba menggunakan oli mesinnya.

Anda mungkin juga melakukannya karena penasaran dengan jenis oli mesin bermerk tertentu. Dengan harapan, oli mesin tersebut menambah performa sepeda motor yang Anda kendarai. 

Begitu juga oli AHM yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan bagi Anda sebelum coba menggunakannya. Berikut informasi selengkapnya.

  • Kelebihannya

Mengenal Oli AHM

Ada beberapa kelebihan dari oli AHM yang mungkin Anda sebagai penggunanya sudah mengetahuinya. Beberapa kelebihannya sebagai berikut.

1. Oli Mesin Berteknologi Tinggi

Oli mesin AHM hingga sekarang masih dikembangkan terus oleh tim riset dan pengembangan Jepang dari pabrikan sepeda motor yang bersangkutan. Oleh karena itu, tidak heran jika teknologi yang diterapkan pada produknya cukup modern dan tinggi.

Beberapa teknologi yang diterapkan dalam produksi oli AHM, yaitu antioksidan, base oil fully synthetic, visco improver technology, dan cleansing agent. Semua teknologi tersebut sudah terbukti ampuh dan efektif dalam pembuatan oli mesin yang berkualitas bagus.

2. Mesin Kendaraan Lebih Awet dan Terawat

Salah satu keunggulan dari oli AHM yang tentu sudah diketahui oleh Anda sekalian. Di mana Anda sudah lama menggunakannya sebagai oli mesin dan terasa manfaatnya. Mesin sepeda motor menjadi lebih terawat terutama di bagian sparepart dalamnya.

Oli mesinnya melumasi mesin dengan bagus yang menjadikan friksi atau gesekan antar komponennya tidak menjadikan cepat panas. Dengan begitu, mesin kendaraan tidak panas dan bisa didinginkan lebih cepat saat dikendarai.

Kondisi mesin sepeda motor seperti itu akan membuatnya tidak mudah rusak meskipun hampir setiap hari digunakan. Terutama Anda yang setiap hari mengendarai sepeda motor sebagai alat transportasi utama sudah seharusnya menjaga mesinnya agar lebih awet.

3. Lebih Irit Bahan Bakar Minyak (BBM)

Dikarenakan mesinnya tidak cepat panas serta mengoptimalkan performanya, maka BBM yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Asalkan Anda mengendarai kendaraannya normal dan tidak perlu menggeber gas berulang kali terutama saat memanaskan mesinnya.

Lebih irit BBM menjadi dambaan banyak pemilik dan pengguna sepeda motor di Indonesia di saat harga bahan bakar tersebut semakin melonjak. Oleh karenanya, tidak ada salahnya coba menggunakan oli AHM agar sepeda motor lebih irit BBM.

  • Kekurangannya

Mengenal Oli AHM

Selain kelebihan yang sudah diuraikan diatas, oli mesin AHM juga memiliki kekurangan yang juga perlu Anda ketahui informasinya. Dengan begitu, Anda yang ingin coba menggunakannya bisa terhindar dari tindakan yang mungkin merugikan sendiri.

Selain itu, beberapa kekurangan dari oli AHM dapat dijadikan bahan pertimbangan tersendiri sebelum benar-benar memakainya. Berikut uraian selengkapnya.

1. Tidak Optimal untuk Kendaraan Tertentu

Terutama bagi sepeda motor tua yang dibuat tahun lama, seperti tahun 70-an dan 80-an. Oli mesin AHM mungkin tidak cocok digunakan untuk jenis kendaraan bermotor tersebut. Hal itu dikarenakan kandungan olinya yang mungkin kurang cocok dengan kondisi mesin tua.

Oleh karena itu, tidak sedikit pemilik motor tua mengoplos atau mencampur dua atau lebih merk oli mesin untuk digunakannya. Tentu saja proses pencampurannya ada perbandingannya tertentu dan hanya orang yang kompeten di bidang ini mengetahuinya.

Langkah seperti itu memang tidak direkomendasikan untuk sepeda motor terutama produksi terbaru. Lebih baik menggunakan satu merk oli mesin saja yang paling cocok.

2. Harga Oli yang Cukup Tinggi

Harga oli AHM di semua jenis dan kelas bagi kalangan menengah ke bawah tentu cukup tinggi dibanding merk lokal lainnya. Oleh karena itu, mereka yang keberatan dengan harganya tidak memilih AHM untuk oli mesin sepeda motornya.

Namun demikian, manfaat dan kelebihan oli merk AHM yang bagus untuk mesin sepeda motor dirasakan cukup sebanding dengan harga bandrolannya. Anda yang ingin oli mesin berkualitas bagus salah satu pilihannya, yaitu AHM meskipun harganya lebih mahal.

Memiliki Sepeda Motor yang Menguntungkan

Mengenal Oli AHM

Sepeda motor yang dimiliki sebagian besar masyarakat Indonesia memang sangat menguntungkan. Bukan dikarenakan harganya yang masih terjangkau semua kalangan saja. Namun, mesin kendaraannya yang lebih awet dan bagus meski dikendarai setiap hari.

Dengan catatan, Anda sebagai pemilik sepeda motor harus memperlakukannya sebaik-baiknya. Contoh sederhananya, yaitu jangan lupa untuk menservis sepeda motor tersebut rutin sesuai aturannya.

Selain itu, jika ada kerusakan di bagian mesin yang harus diganti, sebaiknya segera menggantinya agar kerusakannya tidak merembet lebih parah. Biasanya, kerusakan mesin terjadi hingga harus turun mesin disebabkan oleh keterlambatan mengganti oli mesin.

Apalagi oli mesinnya dipilih yang harganya lebih murah padahal spesifikasinya tidak sesuai dengan mesin sepeda motornya. Jika seperti itu, jangan heran jika mesin motornya bermasalah dan harus diganti beberapa komponen di dalamnya.

Anda yang sudah lama mengenal sepeda motor tentu mengetahui merk-merk oli mesin tertentu yang berkualitas bagus. Salah satunya merk AHM yang direkomendasikan khusus sepeda motor pabrikan Jepang.

Baca Juga : Oli Mobil Terbaik, Mengenal Kode dan Jenis – Jenisnya

Jangan ragu memilihnya jika memang kualitas bagus dan sangat cocok untuk mesin sepeda motor yang Anda miliki. Meskipun harga oli AHM lebih mahal, tetapi Anda tetap diuntungkan dengan mesin sepeda motor yang lebih awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here