Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan Spooring

0
159
Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan Spooring
Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan Spooring

Kaki-kaki mobil dan ban merupakan komponen yang harus diperhatikan terutama menjaga balancing ban mobil. Sangat penting untuk diperhatikan karena komponen tersebut adalah penopang berat kendaraan secara keseluruhan.

Baca juga: Manfaat Membeli Mobil Tua dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Biasanya saat ke bengkel dan akan melakukan servis pada bagian kaki-kaki mobil, kita akan mendapatkan perawatan selain balancing juga spooring.

Walaupun memiliki fungsi untuk mengembalikan keseimbangan bagi mobil, keduanya merupakan dua hal yang berbeda penjelasannya akan lebih lengkap di artikel ini.

Apa itu Balancing Ban Mobil, Ini Penjelasan lengkapnya

Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan Spooring_Apa itu Balancing Ban Mobil, Ini Penjelasan lengkapnya
Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan Spooring_Apa itu Balancing Ban Mobil, Ini Penjelasan lengkapnya

Balancing ban merupakan penyesuaian keseimbangan pada titik bawah mobil, menyeimbangkan antara atas bawah dan kanan kiri roda. Caranya dengan menambahkan timah pada bagian yang kurang.

Pada balancing ban mobil juga biasanya akan dilakukan pergantian ban atau juga velg jika kilometernya memang sudah mencapai batas untuk dilakukannya penyeimbangan atau balancing.

Alasan harus dilakukannya balancing ini adalah mengurangi getaran yang biasanya akan dirasakan oleh pengemudi saat mobilnya melaju dengan kecepatan di atas 80 km/jam.

Jika dibiarkan akan menimbulkan berbagai risiko hingga menyebabkan kerusakan serius pada roda-roda pada sambungan antara kemudi dan juga roda-rodanya.

Cara Melakukan Balancing Ban Mobil

Cara balancing ban ini merupakan salah satu langkah yang dibuat untuk memperbaiki keseimbangan pada roda mobilnya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan balancing ban.

  • Mengendorkan mur

Pertama Kalian perlu mengendorkan mur dengan menggunakan kunci roda atau ring. Setelah itu gunakanlah jack stand agar bisa mendongkrak mobilnya sehingga pelepasan bannya dapat dilakukan dengan mudah.

  • Membersihkan pelek dari berbagai macam kotoran

Tekanan udara pada ban mobilnya wajib untuk sesuai dengan standar, setelah itu pelek bisa dibersihkan dari berbagai macam kotoran yang menempel.

Tekanan udara yang harus standar karena jika tekanan udara berlebih akan membahayakan penggunanya sehingga dapat berakibat fatal lagi.

  • Memasang wheel balancer

Langkah selanjutnya adalah pemasangan wheel balancer, wheel balancer sendiri berisi poros-poros untuk penempatan dan memutar rodanya. Pada papan display akan ditempatkan pada bagian ban yang tidak seimbang.

Setelah itu penyeimbangnya akan ditempelkan pada pelek bannya, saat memasang ban akan dilakukan penyeimbangan dengan mesin tersebut. jangan lupa untuk memasang mur sekuat mungkin dengan kunci ringnya.

  • Menggunakan wheel balancer

Setelah memasangnya kalian harus menggunakan nya agar proses penyeimbangan terjadi. Tentukan tipe penyetelan yang ada pada tombol selectornya, aturlah angka pada papan wheel tersebut dengan cara menarik tuas pada roda.

Pada sebelah kiri jarak antara mesin dan rodanya akan ditunjukan begitu juga pada bagian kanannya akan terlihat diameter pelek sementara.

Jika angkanya tidak sesuai maka angka tersebut bisa diubah dengan menekan tombol a+ dan a-. Tekanlah sesuai dengan petunjuk, tutuplah penutup rodanya setelah itu biarkan untuk berputar sampai dengan berhenti.

Saat memasang roda, putarlah terlebih dahulu sampai angkanya menunjukan satu garis lurus. Ini merupakan tanda bahwa tekanan bannya sudah balance sesuai dengan standar.

  • Pasang bobo balancer

Langkah terakhir dari balancing ban mobil adalah memasang pembobot balancer. Pembobot inilah yang akan disesuaikan dengan angka yang tertera pada mesin, setelah terpasang tutuplah ban mobil lai dan tekan kembali start pada mesin.

Nantinya pada mesin akan terlihat hasil yang seimbang, ini tandanya prosesnya sudah selesai dan bisa digunakan dengan nyaman dan aman lagi.

Manfaat Balancing ban mobil saat mengendarai mobil

Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan SpooringManfaat Balancing ban mobil saat mengendarai mobil
Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan Spooring_Manfaat Balancing ban mobil saat mengendarai mobil

Memiliki banyak sekali manfaat balancing ban ini tidak boleh kalian lewatkan sebagai salah satu servis rutin. Karena jika membiarkan kondisi tersebut akan menimbulkan banyak perbaikan.

Jika seperti ini biaya servisnya menjadi lebih besar, untuk mencegah hal ini ketahui lebih banyak mengenai manfaat dari balancing ban untuk menjaga kondisi dan saat mengendarai mobil.

  • Umur ban menjadi lebih panjang

Manfaat pertama Kalian bisa memperpanjang umur ban membuatnya lebih awet dan tidak sering bergonta-ganti. Ban sendiri adalah komponen yang sangat penting terutama yang membuat mobilnya bisa bergerak.

Harga satuannya cukup mahal, sehingga dengan balancing ban mobil kalian bisa menghemat biaya pembelian ban dan cukup mengeluarkan uang untuk melakukan servis dengan baik.

  • Menjamin keselamatan

Keselamatan akan terjamin karena ban akan kembali menyerupai setelah pabriknya. Karena ban yang berbelok dan tidak punya keseimbangan berpotensi untuk menimbulkan kecelakaan.

Jadi pastikan untuk mengecek secara rutin kondisi dari kendaraan roda empat Kalian agar tidak membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya.

  • Meningkatkan efisiensi bahan bakar

Body roll atau limbung yang tidak bekerja dengan baik akan mengakibatkan bahan bakarnya boros, hal ini dikarenakan ban gundul membuat akselerasi mobilnya jauh lebih menurun.

Kondisi ini mengakibatkan mesin jadi harus bekerja lebih ekstra, mesin yang bekerja lebih terasa akan membuat bahan bakar lebih banyak terbakar. Berbeda jika body roll atau limbung dapat bekerja dengan baik.

Mesin akan bekerja sesuai dengan tugasnya, dan pemakaian bensin akan lebih efisien dibandingkan dengan ban gundul dan sudah tidak seimbang.

  • Biaya perbaikan lebih murah

Dengan melakukan servis rutin, biaya perbaikan akan menjadi lebih murah daripada tidak melakukan balancing ban mobil dan juga spooring secara rutin. Biasanya banyak orang yang baru melakukan pengecekan saat kerusakan mobil sudah parah.

Jika kerusakannya sudah parah, otomatis biayanya akan menjadi lebih besar. Berbeda kondisinya jika kalian secara rutin mengecek kondisi dan melakukan servis penyeimbangan ban mobilnya.

Kondisi mobil akan tetap terjaga, keselamatan bagi pengemudi dan para penumpang juga dapat terjamin dengan baik. Ditambah lagi kalian bisa menghemat biaya perbaikan.

  • Menjaga keempat ban bisa menapak dengan baik

Selanjutnya, manfaat lainnya dari melakukan balancing ban mobil adalah membuat semua ban bisa menapak di jalan dengan baik. Balancing sendiri akan mengatur semua ban sesuai dengan posisi yang sama dan juga harus menapak pada jalan.

  • Berkendara lebih mulus

Seperti yang diketahui salah satu tanda mobil harus mendapatkan servis jika pengemudi merasakan kemudinya bergetar saat masuk pada kecepatan tertentu. Getaran tersebut akan segera hilang ketika Kalian melakukan perawatan ini.

Balancing ban mobil ini akan berjalan lebih lurus dan tidak lagi akan berbelok ke kiri atau ke kanan lagi. 

Kapan Mobil Perlu di Service Balancing

Banyak faktor yang menyebabkan kendaraan roda empat kalian harus melaksanakan servis balancing terkadang di satukan dengan spooring. Perlu diketahui juga kedua servis ini merupakan salah satu servis yang harus dilakukan secara rutin.

Memiliki tujuan untuk membuat mobil terus melaju lurus, jika lajunya dirasa berubah ini bisa jadi tanda mobilnya membutuhkan spooring dan balancing. Lebih jelasnya berikut ini adalah tanda-tanda kendaraan harus di service balancing ban mobil.

  • Setir bergetar

Biasanya setir akan bergetar saat kalian melaju pada kecepatan tertentu, hal ini dapat dirasakan secara langsung oleh pengemudinya karena roda depan berkaitan langsung dengan kemudi supirnya.

  • Terasa berbelok

Saat sedang melaju lurus, mobil terasa berbelok sendiri seperti berjalan ke arah tertentu di luar kendali. Memang untuk mengatasinya Kalian hanya perlu menyesuaikan arah kemudinya tetapi jika dibiarkan seperti terus akan membuat kondisinya semakin parah.

  • Tidak mau berputar pada posisi

Saat mobil akan berputar balik atau berbelok, roda yang dibelokan tidak mau untuk kembali berputar pada posisi yang benarnya sehingga harus mendapatkan servis balance ban mobil.

  • Terlihat tidak lurus

Saat sedang melihat pada bagian belakang, kalian mendapati bannya tidak sejajar atau lurus dengan bagian belakangnya. Jika sudah melihat ini wajib untuk segera memperbaikinya di bengkel agar dapat seimbang.

  • Permukaan ban tidak rata

Jika permukaan ban tidak rata atau sudah gundul sebelum waktunya itu artinya bannya telah bekerja keras karena ban yang bengkok akan memiliki banyak sekali gesekan dengan jalanan. Itu menyebabkan permukaan bannya tidak rata dalam waktu yang sebelumnya.

Perbedaan Spooring dengan Balancing Ban

Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan Spooring_Perbedaan Spooring dengan Balancing Ban
Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan Spooring_Perbedaan Spooring dengan Balancing Ban

Untuk menjaga kesehatan kendaraan yang dimiliki tentu saja harus menjalani beberapa tahap perawatan. Kendaraan yang sehat akan menunjang keselamatan dan juga kenyamanan bagi pengemudi dan juga penumpang pada saat berkendara.

Termasuk merawat ban mobil, selain balancing ban ada lagi jenis perawatan lainnya yang biasa digunakan yaitu spooring. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama namun kalian juga harus paham perbedaan antara keduanya.

Spooring sendiri perawatan yang dilakukan untuk menyeimbangkan keempat roda agar putarannya tetap seimbang, sedangkan balancing adalah menyeimbangkan roda pada mobil sehingga putarannya seimbang.

Perbedaan ini memang terdengar mirip karena keduanya sama-sama berfungsi untuk menyeimbangkan keempat ban mobil. Tetapi gejala saat Kalian membutuhkan perawatan spooring atau balancing juga berbeda.

Saat mobil membutuhkan balancing ban akan memiliki tanda saat mobilnya sedang melaju dengan kecepatan 80 km/jam setir akan terasa bergetar. Sedangkan saat membutuhkan spooring  dapat dilakukan ketika ban sudah tidak lurus lagi meskipun setir sedang lurus.

Baca juga: Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia

Bannya bisa berbelok ke kanan atau juga ke arah kiri tanpa membelokkan setirnya. Sangat penting untuk mengenali kondisi kendaraan sendiri terutama pada saat membutuhkan perawatan seperti balancing ban mobil dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here