Langkah Antisipasi Bengkel Nakal yang Harus Anda Praktikkan

0
33
Langkah Antisipasi Bengkel Nakal yang Harus Anda Praktikkan
Langkah Antisipasi Bengkel Nakal yang Harus Anda Praktikkan

Bagaimana cara antisipasi bengkel nakal yang secara sengaja berbuat curang? Sebuah pertanyaan penting yang seharusnya Anda sekalian mengetahui jawabannya. Terutama Anda yang memiliki kendaraan bermotor, seperti mobil atau sepeda motor.

Baca juga: Komponen Motor yang Paling Penting dan Bagaimana Merawatnya?

Hal itu dikarenakan tidak menutup kemungkinan ada bengkel nakal di luar sana yang sengaja mencurangi Anda agar mendapatkan uang lebih banyak. Jangan sampai Anda menservis atau memperbaiki kendaraan bermotor di bengkel seperti itu.

Bukan hanya lebih boros pengeluaran uang saja, tetapi juga merugikan dalam jangka waktu lama karena mesin kendaraan menjadi tidak baik. Oleh karena itu, antisipasi bengkel nakal memang sangat diperlukan untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan.

Kenapa Disebut Bengkel Nakal ?

Langkah Antisipasi Bengkel Nakal yang Harus Anda PraktikkanKenapa Disebut Bengkel Nakal ?
Langkah Antisipasi Bengkel Nakal yang Harus Anda Praktikkan_Kenapa Disebut Bengkel Nakal ?

Nakal di sini bukan berarti seperti anak kecil yang bertingkah laku seenaknya sendiri, sehingga membuat orang tuanya jengkel. Namun, nakal disini diartikan berbuat curang hingga merusak suatu komponen tertentu tanpa sepengetahuan pemilik kendaraan.

Montir atau orang yang melakukannya berharap kerusakan pada kendaraan bermotor tersebut lebih banyak dan parah. Dengan begitu, uang yang Anda keluarkan untuk mengganti ongkos perbaikan dan membeli sparepart baru menjadi lebih banyak.

Jika kondisinya seperti itu, Anda sebagai pemilik kendaraan yang sangat dirugikan karena perbuatan curang bengkel nakal semacam itu. Harus ada langkah antisipasi bengkel nakal karena dijalankan oleh orang-orang yang tidak jujur, sehingga harus dihindari.

Apalagi Anda yang belum mengetahui seluk beluk dari bengkel yang bersangkutan. Oleh karenanya, lebih baik menanyakan dulu perihal bengkel itu untuk memastikan jujur dan hasil pekerjaannya bagus, atau malah sebaliknya.

Jika benar-benar ada bengkel nakal semacam itu, dipastikan dijauhi oleh konsumen. Kecuali, pemilik kendaraan yang sedang mengalami kesulitan karena mesin mobil atau sepeda motornya bermasalah hingga mogok di tengah jalan. 

Sementara itu, hanya ada bengkel nakal yang paling dekat lokasinya, sehingga mau tidak mau harus kesana. Kondisi yang dilematis karena Anda harus memperbaiki kendaraan pribadi di bengkel yang sudah berpredikat nakal.

Jika seperti itu, Anda harus melakukan langkah-langkah antisipasi bengkel nakal agar tidak merugi banyak. Langkah dan cara yang seharusnya Anda ketahui lebih detail.

Bagaimana Cara Antisipasi Bengkel Nakal yang Efektif?

Langkah Antisipasi Bengkel Nakal yang Harus Anda PraktikkanBagaimana Cara Antisipasi Bengkel Nakal yang Efektif?
Langkah Antisipasi Bengkel Nakal yang Harus Anda PraktikkanBagaimana Cara Antisipasi Bengkel Nakal yang Efektif?

Ada beberapa cara atau langkah yang harus Anda ketahui untuk mengantisipasi bengkel nakal. Langkah antisipasi tersebut di kemudian hari bisa Anda praktikkan sendiri dalam kehidupan sehari-hari terutama saat ingin memperbaiki kendaraan motor pribadi.

Lalu, apa saja langkah antisipasi bengkel nakal yang efektif dan direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca.

  • Ketahui Dulu Rekam Jejaknya

Track record atau rekam jejak dapat diartikan informasi mengenai seseorang atau pihak tertentu di masa lampau untuk diketahui lebih detail. Dengan mengetahuinya, dapat disimpulkan mengenai dirinya dengan data-data pendukung yang kuat.

Begitu juga saat Anda ingin memilihnya perlu mengetahui rekam jejaknya terlebih dulu sebagai langkah antisipasi bengkel nakal. Lebih diutamakan bengkel yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal Anda, sehingga lebih mudah mencari rekam jejaknya.

Anda bisa mencari tahu dari orang lain atau orang terdekat perihal bengkel tersebut. Misalnya, informasi mengenai pemiliknya, montir-montir yang bekerja disitu, peralatan bengkelnya, tingkat kepuasan pelanggan, dan lain sebagainya.

Jika rekam jejaknya buruk, lebih baik Anda mencari bengkel lainnya saja daripada nantinya merugikan. Namun jika baik, silahkan untuk membawa kendaraan bermotor Anda ke bengkel tersebut karena dijamin tidak merugikan.

Bagi Anda yang masih pemula di dunia perbengkelan, tentu sulit membedakan mana bengkel nakal dan mana yang benar-benar jujur. Namun minimal, ketahui dulu rekam jejak dari pemilik serta montir yang bekerja di bengkel tersebut agar Anda dapat menilainya.

  • Bengkel Sudah Berpengalaman atau Belum

Langkah antisipasi bengkel nakal berikutnya, yaitu Anda perlu mengetahui sudah berpengalaman atau belum. Dengan kata lain, bengkel tersebut sudah berpengalaman memperbaiki beragam kendaraan bermotor di segala kondisi atau belum.

Hal itu dikarenakan bengkel yang sudah berpengalaman dan lama berdiri tentu sudah memiliki pelanggan tetap. Mereka yang sudah menjadi pelanggan tetap pasti puas dengan hasil pekerjaan para montir di bengkel tersebut.

Dengan demikian, bengkelnya memang sudah terpercaya dan memuaskan para pelanggannya. Berbeda dengan bengkel yang baru saja berdiri apalagi montir-montirnya kurang berpengalaman karena baru saja lulus sekolah.

Ditambah pemilik bengkelnya yang hanya ingin mengejar keuntungan bisnis saja. Akibatnya, kualitas hasil pekerjaannya tentu saja buruk dan tidak memuaskan. Bengkel seperti itu sebaiknya jangan Anda datangi untuk menservis kendaraan pribadi.

  • Memiliki Montir yang Jujur atau Tidak Nakal

Antisipasi bengkel nakal berikutnya, yaitu memastikan bahwa montir yang bekerja di bengkel tersebut jujur. Montirnya tidak nakal dan tidak bermain curang hanya untuk mendapatkan perawatan kendaraan bermotor lebih banyak.

Dengan begitu, biayanya lebih mahal yang hanya merugikan konsumen saja. Tentu saja sulit menemukan montir kendaraan yang jujur karena memang tidak bisa diketahui secara pasti. Untuk mengetahui jujur tidaknya seseorang, Anda harus mengikuti aktivitas kesehariannya.

Begitu juga bagi montir yang bekerja setiap hari di bengkel. Montir tersebut hanya sebagai pekerja atau karyawan saja dari bengkelnya. Jadi, jujur tidaknya seorang montir tentu juga dipengaruhi oleh pemilik dari bengkel tersebut.

Namun demikian, Anda bisa mengetahui kejujuran montir bengkel dari pekerjaannya. Silahkan mengamati lebih detail saat montir bekerja. Dengan begitu, Anda minimal bisa menilai kinerjanya bagus atau tidak.

  • Bengkel Selalu Ramai dan Banyak Pelanggan

Inilah salah satu ciri bengkel yang terpercaya sekaligus langkah antisipasi bengkel nakal. Hal itu dikarenakan bengkel yang setiap hari ramai dengan pelanggan bisa diindikasikan pelayanannya yang berkualitas bagus dan tidak mengecewakan tiap konsumen.

Dimana para pelanggannya selalu puas dengan kinerja para montir di bengkel tersebut. Selain itu, harga atau biaya servisnya cukup bersahabat atau lebih murah, tetapi hasil pekerjaannya benar-benar memuaskan para pelanggan.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pemilik kendaraan motor memilihnya dibanding bengkel lainnya. Anda juga direkomendasikan untuk memilih bengkel tersebut karena berkualitas bagus dan tidak nakal.

Dengan begitu, Anda bisa antisipasi bengkel nakal dan memilih menservis kendaraan motor pribadi di tempat yang terpercaya. Lagipula, biaya yang dikeluarkan masih wajar dan tidak berlebihan. Anda semakin percaya dan selanjutnya bisa menjadi bengkel langganan.

  • Biaya di Bengkel yang Masih Wajar

Biaya servis atau perbaikan kendaraan bermotor di sebuah bengkel memang bervariasi. Biaya tersebut tergantung dari banyak sedikitnya perbaikan yang dilakukan. Jika servisnya menyeluruh bahkan hingga turun mesin, tentu biayanya semakin mahal.

Maka dari itu, Anda sebagai konsumen perlu mengetahui detail pekerjaan montir yang menangani kendaraan motornya. Jika perlu, tanyakan kepada montirnya perihal kerusakan yang harus ditangani serta sparepart perlu diganti atau tidak.

Seorang montir yang jujur pasti akan memberitahukannya dengan jelas dan detail. Bahkan, montir tersebut merekomendasikan yang terbaik untuk pelanggannya. Bukan malahan sebaliknya, montirnya berbicara bohong mengenai kerusakan pada kendaraan tersebut.

Jadi, biaya yang dibebankan kepada Anda juga masih wajar dan masuk akal. Bukan biaya yang begitu besar karena ada praktik kecurangan dalam menangani kendaraan bermotornya. Anda jangan mau dicurangi seperti itu oleh montir yang tidak jujur.

Alasan Pentingnya Menerapkan Cara Antisipasi Bengkel Nakal Agar Tidak Dicurangi

Langkah Antisipasi Bengkel Nakal yang Harus Anda Praktikkan_Alasan Pentingnya Menerapkan Cara Antisipasi Bengkel Nakal Agar Tidak Dicurangi
Langkah Antisipasi Bengkel Nakal yang Harus Anda Praktikkan_Alasan Pentingnya Menerapkan Cara Antisipasi Bengkel Nakal Agar Tidak Dicurangi

Antisipasi bengkel nakal harus dipraktikkan tujuannya agar kendaraan bermotor milik Anda tidak bermasalah dan biayanya tidak tinggi. Berbeda jika Anda mengunjungi bengkel tidak jujur yang pasti akan menambah biayanya.

Sebagai contoh, sepeda motor Anda mogok di tengah jalan karena businya kemasukan air dan harus diganti. Setelah diperiksa oleh montirnya, kerusakannya bukan hanya pada bagian businya saja, tetapi hingga merembet di bagian aki.

Padahal Anda sebagai pemiliknya sangat mengetahui kondisi motornya. Di mana kondisi aki motor tersebut masih baik-baik saja. Akhirnya, pihak montir bengkel menyarankan Anda untuk sekalian mengganti akinya agar bisa berjalan lagi.

Anda jangan mau dicurangi seperti itu karena merugikan. Sebaiknya Anda tegas menolak untuk mengganti aki dan cukup membeli serta memasang busi baru saja yang biayanya relatif murah. 

Diketahui mengganti busi sepeda motor cukup mengeluarkan biaya belasan ribu rupiah saja. Sementara itu, mengganti aki motor bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Oleh karena itu, Anda tetap harus mengetahui kondisi sepeda motor tersebut agar tidak dicurangi.

Baca juga: Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol ?

Setelah membaca uraian diatas selengkapnya, Anda sekarang sudah mengenal beberapa ciri bengkel nakal yang harus dihindari. Selain itu, Anda bisa antisipasi bengkel nakal jika sewaktu-waktu menemukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here