Komponen Motor yang Paling Penting dan Bagaimana Merawatnya?

0
33
Komponen Motor yang Paling Penting dan Bagaimana Merawatnya?
Komponen Motor yang Paling Penting dan Bagaimana Merawatnya?

Ada beberapa komponen motor yang paling penting, dan tentunya membutuhkan cara khusus untuk merawatnya. Selain itu, komponen-komponen ini juga perlu diperhatikan masalah pemakaian dan kapan waktu service.

Baca juga: Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya

Komponen ini sendiri memiliki fungsi cukup vital. Baik untuk menunjang performa dari motor sampai urusan penggunaan bahan bakar. Dan tidak kalah penting, beberapa bagian ini juga akan menunjang untuk aktor keselamatan.

Apa Saja Komponen Motor yang Paling Penting

Komponen Motor yang Paling Penting dan Bagaimana Merawatnya?_Apa Saja Komponen Motor yang Paling Penting
Komponen Motor yang Paling Penting dan Bagaimana Merawatnya?Apa Saja Komponen Motor yang Paling Penting

Jika ditelaah lebih jauh, tentu saja semua komponen dalam sepeda motor ini memiliki fungsi cukup penting. Tentunya masing-masing bagian akan memiliki peran dan fungsinya masing-masing.

Namun di antara semua komponen tersebut, ada beberapa komponen motor yang paling penting, dan tentunya membutuhkan perhatian khusus untuk melakukan perawatannya. Beberapa komponen tersebut antara lain:

1. Oli Mesin

Bagian ini akan sangat berhubungan dengan performa mesin. Sebetulnya, tidak hanya masalah performance, namun penggunaan oli mesin juga akan berkaitan dengan daya tahan dari mesin itu sendiri.

Di sinilah pentingnya untuk memperhatikan penggunaan dari oli mesin. Selain menggunakan oli dengan kualitas terbaik, Anda juga perlu memperhatikan masalah jangka waktu penggunaan dari oli itu sendiri.

2. Busi

Komponen motor yang paling penting lainnya adalah busi. Secara fungsi, komponen ini akan berperan untuk memantik api agar terjadi pembakaran pada mesin. Ketika komponen ini bermasalah, maka proses pembakaran akan terganggu.

Biasanya, masalah terjadi pada bagian ini adalah komponen kotor atau masa pakai sudah terlalu lama. Jika pemakaianan sudah terlalu lama, maka sebaiknya langsung diganti dengan komponen baru.

3. Filter Udara

Jika berbicara komponen motor yang paling penting, maka salah satunya adalah filter udara. Komponen satu ini akan sangat penting, dan bisa menjaga daya tahan dari beberapa fungsi komponen lainnya.

filter udara sendiri akan sangat berkaitan dengan beberapa sistem pada mesin lainnya, terutama komponen pada sistem pembakaran, seperti piston, cylinder, ring piston, dan lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah, bagian ini akan menyaring bagian kotoran agar tidak masuk ke pembakaran. Jika komponen ini tidak sering diganti maka resikonya sistem pembakaran menjadi bermasalah dan biaya perbaikannya cukup besar.

4. Air Radiator

Sistem pendingin atau radiator juga merupakan salah satu komponen motor yang cukup penting. Bagian satu ini akan berperan penting untuk menjaga kondisi mesin tetap dingin dan stabil.

Untuk menjaga performa radiator tetap stabil maka hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi dari air radiator yang digunakan. Gantilah air tersebut secara berkala, setidaknya satu tahun sekali.

5. Kampas Rem

Selain masalah performa, komponen motor yang penting juga akan berkaitan dengan keselamatan. Salah satu bagian yang akan menunjang hal tersebut adalah kampas rem. Sesuai namanya, maka bagian ini akan berkaitan dengan fungsi rem.

Bagian ini sendiri termasuk ke dalam mekanisme pengereman. Banyak kecelakaan karena rem blong terjadi karena kampas yang sudah tipis. Hal ini juga menyebabkan cengkraman rem menjadi tidak kuat

6. Kampas Kopling

Terutama untuk motor yang menggunakan sistem transmisi manual, maka kampas kopling merupakan komponen motor yang paling penting juga. Ketika bagian ini rusak atau sudah lama tidak diganti maka otomatis kinerja transmisi juga akan terganggu.

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika komponen ini bermasalah adalah slip kopling. Hal ini terjadi ketika permukaan kampas kopling sudah mulai aus. Penggantian kampas kopling juga tergantung waktu dan cara pemakaian.

7. Ban

Jika berbicara komponen motor yang paling penting, maka tidak mungkin jika tidak memasukan bagian ban. Bagian inilah yang akan membuat motor melaju dengan baik dan lancar.

Kondisi ban juga akan menentukan bagaimana kenyamanan Anda ketika berkendara. Pastikan ban tidak aus dan cengkramannya cukup baik. Selain itu, jika mengganti ban maka sebaiknya gunakan ban dalam kondisi baru.

Bagaimana Cara Merawat Komponen Motor yang Penting?

Komponen Motor yang Paling Penting dan Bagaimana Merawatnya?_Bagaimana Cara Merawat Komponen Motor yang Penting?
Komponen Motor yang Paling Penting dan Bagaimana Merawatnya?_Bagaimana Cara Merawat Komponen Motor yang Penting?

Setelah memahami mana saja komponen motor yang paling penting, maka selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah cara merawat dari bagian-bagian tersebut. Karena fungsinya sangat penting, maka perawatan dari bagian tersebut juga perlu diperhatikan.

1. Lakukan Service Secara Rutin dan Berkala

Hal penting untuk dilakukan guna menjaga komponen motor yang paling penting adalah melakukan service rutin. Service rutin sendiri bertujuan untuk dua hal, memastikan tidak ada kerusakan dan cepat melakukan pergantian jika ada kerusakan..

Dengan melakukan service rutin sendiri harapannya adalah performa mesin tetap terjaga. Selain itu, setiap bagian juga bisa bekerja dengan lebih optimal nantinya. Untuk melakukan service rutin sendiri ada dua patokan waktu yang bisa Anda gunakan.

Pertama adalah menggunakan bulan. Anda bisa melakukan service beberapa bulan sekali. Misal, penggantian oli mesin sebaiknya 3 atau 4 bulan sekali. Atau air radiator sebaiknya diganti 12 bulan sekali.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan patokan kilometer. Hal ini lebih sering digunakan, terutama untuk motor yang lebih sering digunakan. Misalnya, oli mesin sebaiknya tiap 4000 km sekali.

Kampas rem sebaiknya diganti setiap 20.000 km sekali. air radiator sebaiknya diganti tiap 12.000 km sekali. filter udara sebaiknya diganti tiap 16.000 km sekali. Ataupun busi sebaiknya diganti setiap 8000 km sekali.

2. Ganti Oli Secara Rutin

Selain melakukan servis rutin, hal yang tidak boleh Anda lakukan untuk menjaga komponen motor yang paling penting adalah dengan rajin melakukan proses ganti oli secara berkala.

Sudah dijelaskan sebelumnya jika ada dua cara untuk menentukan waktu penggantian oli ini. Baik menggunakan bulan ataupun kilometer. Jika motornya sering Anda pakai, maka menggunakan kilometer lebih disarankan.

Pada motor sendiri ada beberapa jenis oli yang biasa digunakan. Pertama tentu saja adalah oli mesin. Bagian ini akan berfungsi untuk menjaga dan melindungi kualitas mesin. 

Selain itu, oli ini juga berguna untuk merawat dan mendinginkan mesin saat bekerja. Selain oli mesin, beberapa jenis oli lainnya yang juga ada pada motor antara lain adalah

  • Oli rem berfungsi untuk memastikan kinerja pengereman bisa maksimal
  • Oli gardan berfungsi untuk melancarkan komponen transmisi otomatis, sehingga ketika saling bergesekan tidak ada komponen yang rusak

3. Selalu Periksa Kondisi Ban

Hal lainnya yang juga tidak boleh Anda lupakan untuk menjaga komponen motor yang paling penting adalah melihat kondisi ban. Bagaimanapun juga bagian ini menjadi penting karena memastikan laju kendaraan nyaman atau tidak.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ban adalah pastikan ban tidak bocor dan kekurangan angin, pastikan ban tidak gundul, dan alurnya tidak tipis. Hal ini sebaiknya Anda cek setiap kali akan berkendara.

Beberapa pabrikan ban memang mengatakan jika usia ideal sebuah ban adalah 2 tahun pakai. Mungkin Anda juga bisa mengikuti langkah tersebut dengan melakukan proses penggantian tiap 2 tahun sekali.

4. Cek Kondisi Aki

Hal yang sering dilupakan banyak orang ketika merawat motornya adalah mengecek kondisi aki. Padahal aki juga termasuk komponen motor yang paling penting. Akan banyak masalah terjadi ketika kondisi aki tidak optimal.

Mulai dari tidak bisa distarter sampai beberapa kelistrikan tidak bisa menyala. Maka sudah seharusnya jika kamu juga menjaga dan melihat kondisi aki ini sneidi. pastikan daya aki tersebut selalu penuh agar kinerjanya optimal.

5. Gunakan Selalu Spare Parts Original

Nantinya, beberapa komponen motor yang paling penting pasti harus diganti. Baik karena rusak maupun karena sudah waktunya. Ketika melakukan proses penggantian tersebut, maka pastikan Anda selalu menggunakan spare parts original.

Selain untuk memastikan kinerja, penggunaan suku cadang asli juga bisa membuat masa pakai menjadi lebih lama. Penggunaan suku cadang asli juga akan sangat berkaitan dengan kenyamanan ketika berkendara.

6. Jangan Biarkan Motor Kehabisan Bensin

Hal lainnya yang mungkin sering diabaikan oleh banyak orang adalah membiarkan bensin sampai kosong lalu mengisinya. Sebenarnya ini merupakan cara salah. Sebaiknya, isilah bensin sebelum jarum menunjukan posisi E.

Ketika tangki bensin kosong maka akan rawan menimbulkan uap air atau masuknya kotoran dan sedimen. Hal ini berpotensi untuk membuat kerusakan pada tabung pembakaran. Kotoran ini juga rawan tersedot ke tabung injector,

Karena perannya yang sangat vital, maka sudah sewajarnya jika tiap komponen tersebut dirawat dengan baik. Setidaknya, perhatikan cara penggunaan dan juga perawatan dari tiap komponen tersebut.

Baca juga: Mengenal PSG Sebagai Klub Sepak Bola Kaya di Daratan Eropa

Selain berpengaruh ke performa mesin, beberapa bagian tersebut juga akan berpengaruh ke kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa perlu menjaga komponen motor yang paling penting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here