Ketahui Apa Itu Towing Mobil dan Manfaatnya

0
75
Gunakan Kontrak Penjualan
Gunakan Kontrak Penjualan

Sampai sekarang, masih banyak orang yang tidak paham mengenai apa itu towing mobil. Di kehidupan sehari-hari, kalian pasti sering menemukan mobil towing namun belum kenal lebih dekat dengan istilah tersebut.

Baca juga: 6 Mobil Tercepat di Dunia Kecepatan Pada Kinerja Otomotif

Mobil towing sering kali disebut dengan mobil derek, padahal keduanya sangat berbeda. Pengemudi yang salah kaprah dalam mengartikan towing membuat pembahasan ini sangat penting untuk diikuti sampai akhir.

Dalam dunia otomotif, kalian harus mengetahui pengertian kegiatan towing sebelum menggunakan sendiri nantinya. Towing merupakan kegiatan mengangkut sebuah mobil namun berbeda dengan cara yang dilakukan oleh mobil derek.

Kalian bisa mengenal lebih dekat tentang apa itu towing mobil lewat pembahasan ini. Jadi, jangan sampai melewatkan informasi penting mengenai pengertian towing, manfaat, hingga perbedaannya dengan sebuah mobil derek.

Di era sekarang, keberadaan jasa towing semakin banyak dibutuhkan oleh pemilik mobil. Pengguna towing umumnya punya mobil mewah yang tidak ingin mengendarai mobilnya sendiri untuk dipindah ke tempat lain.

Keberadaan towing sangat membantu pemilik mobil untuk memindahkan kendaraan roda empat tersebut dari satu tempat ke tempat lainnya. Lantas bagaimana arti istilah towing? Yuk kita simak pembahasan lengkap berikut ini.

Pengertian Apa Itu Towing Mobil?

Pengertian Apa Itu Towing Mobil?
Pengertian Apa Itu Towing Mobil?

Secara sederhana, towing adalah suatu truk yang dipakai dalam proses pengangkutan satu jenis mobil di belakangnya. Istilah towing mempunyai arti yaitu proses pengangkutan kendaraan roda empat secara penuh menggunakan truk.

Melihat dari pengertian apa itu towing mobil, tentunya kalian bisa menggunakan jasa towing untuk pengiriman suatu mobil. Kendaraan dapat dikirim ke jarak dekat atau jarak jauh sesuai permintaan pengirim.

Saat pengiriman berlangsung, biaya akan menyesuaikan jarak dan jenis mobil yang diangkut. Tidak bisa dibohongi bahwa biaya menggunakan towing memang mahal, tetapi mobil akan sampai lebih cepat ke lokasi tujuan.

Bahkan, keadaan kendaraan akan tetap aman tanpa kekurangan apapun ketika menggunakan towing. Tidak heran jika jasa towing semakin banyak dicari oleh pemilik mobil yang ada di Indonesia.

Dengan mengenali apa itu towing mobil, pengiriman dapat berlangsung aman dan lancar. Bahkan, kalian bisa mengirim ke lokasi manapun tergantung permintaan pribadi, jasa towing akan menjalankan perintah pemesan.

Penggunaan towing menjadi solusi tepat bagi kalian untuk mengirim mobil saat situasi terdesak. Artinya, kalian tidak perlu mengantar kendaraan ke lokasi tujuan karena sudah diangkut oleh mobil towing.

Layanan towing biasanya menawarkan dua cara dengan jenis truk berbeda. Berikut ini adalah dua cara paling sering dijumpai saat towing bekerja memindahkan kendaraan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Teknik Towing Kendaraan Paling Populer

Teknik Towing Kendaraan Paling Populer
Teknik Towing Kendaraan Paling Populer

Dalam mengangkut sebuah mobil, tentunya ada teknik-teknik khusus yang perlu diketahui selama kalian suka terhadap dunia otomotif. Karena cara mengangkut mobil dapat menambah wawasan kalian sebelum menggunakan layanan tersebut.

Ingin tahu apa itu towing mobil berdasarkan cara memindahkan kendaraan terkait, pastikan ikuti terus penjelasan kita. Berikut adalah 2 cara atau teknik mengangkut mobil berdasarkan jenis truk towing.

Towing Gendong

Teknik pertama dalam melakukan pengangkutan mobil biasa disebut dengan istilah towing gendong. Mobil akan diangkut seperti umumnya pada bagian bak truk, cara ini sudah lama dan paling banyak digunakan.

Meskipun berada di bak truk, mobil tetap aman karena jenis truk sudah sesuai kriteria. Ukuran bak truk lebih besar daripada ukuran lebar mobil sehingga proses mengangkut kendaraan berlangsung tanpa kendala.

Towing Hidrolik

Seiring berjalannya waktu, apa itu towing mobil kini memanfaatkan teknologi canggih. Towing hidrolik merupakan teknik mengangkut kendaraan, cara mengusungnya adalah dengan menurunkan bak truk sejajar dengan jalan.

Teknik pengangkutan hidrolik tidak akan merusak bagian bawah mobil yang akan dipindahkan. Jenis mobil yang punya ground clearance rendah lebih direkomendasikan pakai teknik towing hidrolik agar lebih aman.

Selama mobil terangkut, maka bagian ban akan dikunci supaya tidak bergerak meskipun terdapat goncangan dari truk. Setelah ini, kalian juga harus tahu perbedaan antara mobil derek dengan towing.

Inilah Perbedaan Towing dan Derek

Inilah Perbedaan Towing dan Derek
Inilah Perbedaan Towing dan Derek

Sebagai pecinta dunia otomotif, kalian sudah tahu apa itu towing mobil secara jelas. Jangan sampai salah, keberadaan towing dan derek sangatlah berbeda, kalian bisa mengamati dari beberapa hal sebagai berikut.

Cara Mengangkut

Mobil derek punya alat khusus yang terpasang di bagian belakang truk untuk menarik atau menderek kendaraan. Alat tersebut terkait pada bagian depan sebuah mobil, sehingga ban depan sedikit terangkat.

Dengan ban mobil sedikit terangkat, maka alat derek bisa bekerja sesuai namanya. Umumnya, rem tangan mobil yang terderek harus aktif sehingga harus berhati-hati selama proses penderekan sedang berlangsung.

Jauh berbeda dengan towing yang mengangkut mobil secara keseluruhan di atas truk. Mesin mobil saat berada di towing harus keadaan mati serta tidak memerlukan kondisi rem tangan aktif.

Jenis Kendaraan Pengangkut

Ada perbedaan antara apa itu towing mobil dan derek dari segi jenis kendaraan pengangkut. Kendaraan towing jauh lebih besar daripada mobil derek, yang umumnya menggunakan sebuah truk khusus.

Sedangkan derek memakai mobil khusus yang umumnya mempunyai katrol untuk menaikkan bagian ban depan kendaraan. Perbedaan ini membuat kalian semakin paham bagaimana kontrasnya antara derek dan juga towing.

Penyedia Jasa

Berikutnya, penyedia jasa juga berbeda antara towing dan derek yang saat ini bisa kalian jumpai dengan mudah. Truk towing umumnya dimiliki swasta untuk membantu proses pengangkutan mobil-mobil masyarakat sesuai kebutuhan.

Jika dibandingkan mobil derek, biasanya layanan tersebut diberikan oleh Dinas Perhubungan. Jadi, tidak semua orang atau pihak swasta menyediakan mobil derek, sebab fungsinya berbeda dengan towing.

Perbedaan Fungsi

Apa itu towing mobil punya fungsi utama untuk mengangkut kendaraan supaya terhindar dari banjir, mengantar mobil ke pembeli, dsb. Proses pengangkutan menggunakan towing juga biasa dilakukan oleh orang kaya.

Kalau mobil derek biasa digunakan untuk mengangkut mobil yang melanggar aturan lalu lintas seperti parkir sembarangan, kecelakaan, dan mesin mati. Derek khusus biasa dibawa ke Dishub atau lokasi tertentu.

Melihat perbedaan tersebut, tentunya kalian harus tahu apa saja manfaat dalam menggunakan towing. Proses pengangkutan kendaraan pakai towing ternyata ada banyak manfaatnya, berikut adalah penjelasannya.

7 Manfaat Memakai Jasa Truk Towing

7 Manfaat Memakai Jasa Truk Towing
7 Manfaat Memakai Jasa Truk Towing

Apa itu towing mobil bisa kalian gunakan dengan menghubungi jasa penyedia tertentu. Manfaat hadirnya jasa truk towing bisa kalian rasakan langsung ketika sudah menggunakannya, yuk ketahui lewat penjelasan berikut.

Mengangkut Banyak Jenis Kendaraan

Manfaat pemakaian towing bisa mengangkut banyak jenis kendaraan, mulai dari mobil, kendaraan alat berat, motor, kendaraan dinas, dan sejenisnya. Beragam jenis kendaraan bisa diangkut dalam towing, sehingga semakin praktis.

Hemat Waktu

Jika kalian mempunyai kesibukan yang tidak dapat ditinggalkan, pemakaian towing bisa menghemat waktu. Karena mobil akan diantarkan ke lokasi tujuan sesuai permintaan tanpa harus dikendarai sendiri.

Kendaraan Tetap Bersih

Mengenali apa itu towing mobil juga mampu menjaga kendaraan tetap bersih hingga sampai ke lokasi tujuan. Jika kalian memakai jasa towing terbaik, biasanya kendaraan akan dibungkus dengan plastik wrap.

Kilometer Kendaraan Tetap

Towing cocok dipakai untuk kalian yang memiliki usaha jual beli kendaraan. Ketika diantarkan pakai towing, jumlah kilometer pada kendaraan tidak akan bertambah atau tetap seperti sebelum diangkut.

Menghindari Banjir

Kalian tinggal di daerah yang rawan terhadap bencana banjir? Menggunakan towing adalah solusi alternatif terbaik. Kendaraan terangkut di truk towing akan terhindar dari sebuah banjir atau genangan air.

Cepat Sampai Lokasi

Dengan menggunakan apa itu towing mobil, manfaat lainnya adalah mempercepat kendaraan tiba di lokasi tujuan. Hanya butuh kurang lebih dari 1×24 jam, truk pengangkut kendaraan kalian akan mengantarkan ke lokasi.

Tidak Rusak

Jenis kendaraan sportscar sangat cocok menggunakan towing jika berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Umumnya, sportscar punya ground clearance rendah, towing menjamin tidak merusak bagian bawah mesin mobil.

Melihat sekarang banyak orang menggunakan jasa towing, kalian juga bisa mencobanya. Keamanan pengiriman kendaraan memakai towing sudah terjamin apabila jasa yang menyediakan profesional dan terpercaya.

Baca juga: Mengenal OBU di Gerbang Tol beserta Cara Kerjanya

Kalian bisa memakai layanan pengangkut atau towing kendaraan sesuai kebutuhan. Apa itu towing mobil dapat mempermudah proses pemindahan mobil dari tempat satu ke tempat lain dengan aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini