Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria

0
56
Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria
Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria sering menjadi bahan pertimbangan beberapa orang terutama bagi kalian yang baru bisa menaiki mobil dan ingin memiliki kendaraan sendiri. Sebagai pemula pasti akan terasa mubazir jika harus membeli kendaraan baru karena harga sangat tinggi.

Selain itu sebagai seorang pemula yang baru saja bisa mengendarai kendaraan beroda empat tersebut pasti ingin mencoba praktik secara mandiri memiliki kendaraan miliknya sendiri. Oleh sebab itu, karena masih belajar sebaiknya kalian membeli kendaraan bekas karena harga lebih terjangkau.

Baca juga: Spesifikasi IM LS6 Mobil Buatan Alibaba Terbaru 2024

Selain itu jika terjadi kerusakan akibat sedang belajar juga tidak akan membayar biaya untuk perawatan terlalu tinggi. Oleh sebab itu,banyak orang menanyakan mengenai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria ketika ingin mengendarai mobil bekas untuk pertama kalinya.

Pemilihan Daihatsu Ceria sendiri bukanya tanpa sebab selain karena memiliki ukuran kecil, sehingga cocok untuk latihan membawa mobil pertama kali. Selain itu karena tergolong sebagai kendaraan bekas mobil ini memiliki harga yang sangat terjangkau daripada jenis lainnya.

Hal tersebut menyebabkan banyak orang melirik ingin membeli Daihatsu Ceria selain itu juga memiliki kelebihan tersendiri. Selain adanya kelebihan tersendiri karena tergolong sebagai mobil bekas tidak menutup kemungkinan jika Daihatsu Ceria memiliki kekurangannya sendiri.

Mengetahui 3 Kelebihan Daihatsu Ceria

Mengetahui 3 Kelebihan Daihatsu Ceria
Mengetahui 3 Kelebihan Daihatsu Ceria

Kendaraan ini pertama kali rilis di Indonesia pada tahun 2001 oleh PT Astra Daihatsu Motor dan langsung berhadapan oleh kompetitor sejenis yaitu Karimun serta Kia Visto. Sebagai kendaraan dengan kapasitas kecil sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih Daihatsu.

Hal tersebut tidak bisa kalian lepaskan dari kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria sebagai salah satu mobil berbadan kecil, sehingga cocok untuk kalian gunakan berlatih mengendarai. Namun usia dari kendaraan ini sangat singkat karena hanya bertahan hingga sekitar tahun 2006 saja.

Kendati demikian walau hanya terjual selama 5 tahun bukan berarti kendaraan ini sangat buruk, melainkan pada saat ini masih memiliki kelebihan tersendiri. Sebagai mobil berukuran kecil sendiri performanya tidak bisa kalian anggap remeh terlebih pada bagian daya tampung bensinnya.

Daihatsu sendiri sudah terkenal mampu memproduksi kendaraan berkualitas tinggi dan juga awet, sehingga mampu bertahan lama. Hal ini bisa kalian buktikan setelah mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria, sehingga masih banyak orang yang memburunya.

Bahkan pada sebagian besar perkotaan Indonesia masih menjual kendaraan ini dengan harga terjangkau namun bukan berarti murahan. Karena kualitasnya walau sudah berumur lebih dari 20 tahun masih tetap terjaga, berikut beberapa kelebihan yang patut kalian ketahui tentang kendaraan beroda empat ini:

Hemat Bahan Bakar

Hemat Bahan Bakar
Hemat Bahan Bakar

Sebagai mobil keluaran tahun 2001 bukan berarti bensinnya boros karena salah satu dari kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria terletak pada penggunaan bahan bakar miliknya. Hal ini bisa kalian lihat karena Daihatsu sudah berpengalaman memproduksi kendaraan yang hemat bensin.

Sebagai kendaraan yang sudah berumur  selama lebih dari 20 tahun Ceria sudah memiliki teknologi penghematan bensin sehingga bahan bakarnya terbilang tidak terlalu boros. Jika kalian mengendarai dalam kota saja hanya membutuhkan bensin dengan kapasitas 14 hingga 16 liter sekali isi saja.

Dengan jumlah bensin yang sangat terjangkau tersebut sangat bermanfaat jika kalian ingin irit dalam penggunaan bahan bakar. Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria lainnya terlihat jika mengendarai dengan tujuan luar kota yang hanya perlu mengisi bensin sebanyak 17 liter saja.

Mudah untuk Mengendarainya

Mudah untuk Mengendarainya
Mudah untuk Mengendarainya

Keunggulan lain yang bisa kalian perhitungkan adalah bagaimana cara mengemudikannya terlebih jika baru saja bisa mengendarai kendaraan. Jika kalian baru saja bisa mengendarai mobil sangat wajib untuk menggunakan kendaraan berukuran kecil terlebih dahulu, sehingga bisa menguasai medan dengan aman.

Hal ini menjadi kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria karena memiliki keunggulan mudah untuk mengendarainya. Hal ini terletak dari panjangnya yang hanya sebesar 3 meteran serta lebarnya sekitar 1,4 meter membuatnya sangat lincah melewati beberapa gang sempit untuk belajar.

Dengan bobot kendaraan yang terbilang sangat ringan akan membantu kalian dalam proses belajar mengendarai terlebih ketika sedang menghadapi jalan yang macet. Dengan bobot ringan serta ukuran kecil membuatnya sangat lincah, sehingga dapat menembus titik macet secara mudah.

Perawatan Sangat Mudah

Perawatan Sangat Mudah
Perawatan Sangat Mudah

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria lainnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan terletak pada bagian perawatannya. Karena sebagai mobil bekas kalian harus selalu sering melakukan perawatan, sehingga mesinnya tetap terjaga kondisinya untuk kalian gunakan berkendara.

Namun salah satu poin keunggulan dari Daihatsu Ceria terletak pada proses perawatannya karena sangat mudah sekali untuk menemukan spare partnya. Bahkan walau sudah rilis selama lebih dari 20 tahun hingga saat ini sangat mudah untuk menari spare part jika mobil mengalami kerusakan.

Ketahui 3 Kekurangan Daihatsu Ceria

Ketahui 3 Kekurangan Daihatsu Ceria
Ketahui 3 Kekurangan Daihatsu Ceria

Karena tergolong sebagai kendaraan bekas dan sudah tidak terdapat versi terbarunya tentu saja mobil ini memiliki kekurangannya sendiri. Sehingga sebelum memutuskan untuk membelinya kalian perlu mengetahui bagaimana kekurangan dari mobil ini, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Walau begitu kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria tidak terlalu banyak, sehingga bisa menjadi solusi bagi kalian yang ingin memiliki kendaraan terjangkau. Namun tetap saja sebelum membeli barang bekas sudah sewajarnya untuk mengetahui bagaimana kekurangan dari kendaraan tersebut terlebih dahulu.

Karena dengan memahami bagaimana kekurangannya dapat mencegah terjadinya hal yang kurang kalian inginkan. Selain itu, dengan mengetahui bagaimana kekurangannya dapat menjadi poin penting sebelum membelinya karena dapat mengetahui hal yang perlu kalian hindari sebelum membelinya.

Dengan mengetahui bagaimana kekurangan sebuah kendaraan juga menjadi langkah besar untuk menemukan solusi jika kemudian hari terjadi permasalahan secara mendadak. Karena kalian sudah mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria akan mudah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Berikut beberapa kekurangan dari Daihatsu Ceria yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum kalian memutuskan untuk membelinya. Hal ini juga menjadi langkah tersendiri untuk mencegah terjadinya kerugian serta dapat mengatasinya dengan mudah pada masa depan nantinya.

Ukuran Kabin Sangat Sempit

Hal pertama yang menjadi pembicaraan ketika sedang membicarakan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria terletak pada bagian kabinnya. Salah satu alasan mengapa bagian kabinnya menjadi bahan pembicaraan banyak penggunanya karena memiliki ukuran yang terbilang sangat sempit.

Bahkan jika kalian membandingkannya dengan beberapa kendaraan kecil berjenis lainnya memiliki ukuran kabin yang tidak sesempit Ceria. Salah satu alasan mengapa mobil ini memiliki kabin berukuran sangat sempit karena mengusung konsep city car dengan ukuran sangat mini.

Walau memiliki kabin yang terbilang sangat sempit namun kalian tidak bisa menganggap remeh daya tampungnya. Karena dalam sekali perjalanan kendaraan ini bisa mengangkut hingga empat orang sebagai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria sebagai bahan pertimbangan nanti.

Tampilan Interior Sederhana

Kelemahan dari Ceria sendiri sudah berumur selama lebih dari 20 tahun, sehingga membuat beberapa bagiannya terasa sedikit jadul. Hal ini sendiri menjadi bahan pertimbangan banyak orang sebelum membelinya karena terlihat jadul sudah bisa kalian pastikan bahwa interior juga memiliki desain lama.

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria sendiri memiliki kesan sangat sederhana pada bagian interior miliknya. Bahkan pada bagian interiornya belum memiliki banyak aksesori tambahan, sehingga tidak mampu memunculkan kesan mewah ketika sedang mengendarai kendaraan tersebut.

Terlebih material yang ada pada bagian interiornya masih tampak sederhana karena sudah berumur lebih dari 20 tahun. Bahkan terkesan sangat murahan, sehingga sangat cocok bagi kalian yang memiliki budget terbatas dan ingin belajar bagaimana cara mengendarai mobil.

Belum Memiliki Power Steering

Salah satu kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria lainnya dan terbilang cukup penting terletak pada bagian power steering miliknya. Karena sudah berumur lebih dari 20 tahun maka mobil tersebut belum memiliki teknologi power steering.

Karena tidak adanya power steering akan membuat proses mengemudi terasa seperti sangat berat. Hal tersebut bisa kalian rasakan ketika sedang memutar bagian kemudi ketika sedang ingin berbelok harus memutar dengan sangat banyak.

Baca juga: Kijang Innova Reborn Berbeda dari Generasi Sebelumnya

Walaupun tidak memiliki teknologi power steering dengan teknologi Daihatsu pada saat itu membuat putaran pada kemudinya tidak terasa terlalu berat. Namun tetap saja tidak bisa kalian bandingkan dengan kendaraan pada masa kini.

Sebagai salah satu kendaraan yang memang memiliki desain untuk kalian pakai dalam kota sudah sangat cocok untuk memilih Ceria. Oleh sebab itu, jika ingin belajar dan ingin membeli mobil pertama patut mengerti kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria terlebih dahulu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini