4 Karakter Kampas Rem yang Dibutuhkan Mobil Kencang dan Terbaik

0
324
Karakter Kampas Rem yang Dibutuhkan Mobil Kencang dan Terbaik
Karakter Kampas Rem yang Dibutuhkan Mobil Kencang dan Terbaik

Karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang saat ini harus diketahui sebelum membelinya. Rem cakram atau dikenal sebagai disc brake merupakan bagian paling penting dari kendaraan.

Baca juga : Jenis Ban Mobil dan Fungsinya Masing-Masing

Rem cakram berfungsi agar bisa mengurangi laju kendaraan. Rem cakram merupakan sebuah sistem pengereman mobil yang menggunakan komponen tambahan.

Kenali Karakter Kampas Rem yang Dibutuhkan Mobil Kencang

Kenali Karakter Kampas Rem yang Dibutuhkan Mobil Kencang
Kenali Karakter Kampas Rem yang Dibutuhkan Mobil Kencang

Saat ini masih banyak orang yang mengira jika temperatur merupakan tingkat kepakeman dari suatu kampas rem. Hal ini berarti semakin panas rem kendaraan maka akan semakin bagus. 

Padahal sebenarnya tidak, kampas rem depan dikatakan bagus jika dilihat dari freaktion. Selain itu, rem tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. 

Saat ini sudah ada beberapa jenis kampas rem mobil berdasarkan materialnya. Berikut ini penjelasan terkait karakter kampas rem mobil kencang, antara lain:

  •  Semi Metallic 

Kampas rem yang satu ini memang lebih tahan lama. Selain itu, mempunyai tingkat keausan tinggi, transfer panas yang baik, dan lebih cepat ketimbang yang lain. 

  •  Kampas Rem Organik 

Kampas rem ini dibuat dari adanya kombinasi antara karet, resin karbon, kaca, dan lainnya. Kampas rem ini paling lunak dibandingkan yang lain karena cepat aus dan tidak mudah rusak.

  •  Non Asbes Organik

Kampas rem ini mempunyai kandungan metal lebih rendah. Karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang ini mampu menghantarkan panas lebih baik. Bahkan, bisa berbunyi karena adanya kandungan logam. 

  • Kampas Rem Keramik 

Kampas rem ini berasal dari keramik dan lebih mahal dibandingkan lainnya. Kampas ini mempunyai karakter pengereman yang baik dan tidak mudah rusak.

Waktu Tepat untuk Mengganti Kampas Rem

Biasanya, semakin sering mobil kalian gunakan, maka fungsi remnya juga akan menurun. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harus lebih rutin dan rajin melakukan pengecekan.

Hal ini tentunya untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut sudah ada beberapa kendala yang perlu kalian sadari agar bisa mengganti karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang, yaitu: 

  •  Injakan Pedal Tampak Lebih Dalam 

Ciri-ciri ini sebenarnya sering dirasakan oleh pengendara. Misalnya saja, pedal rem tampak dalam bisa menjadi indikasi kampas rem tromol belakang mulai habis. 

Injakan pedal yang terlalu dalam juga karena adanya rem tromol yang mempunyai pegas balik. Hal ini juga akan membuat piston kembali ke posisi semula. 

Apabila kampas rem semakin menipis, maka piston juga akan bergerak lebih jauh. Hal ini terjadi karena tromol tertekan, gerakan inilah yang akan membuat injakan pedal terlihat lebih dalam. 

  •  Terdengar Suara saat Ngerem 

Karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang akan mulai habis apabila muncul suara gesekan. Misalnya saja seperti seng dan logam ketika melakukan pengereman. 

Biasanya, suara ini berasal dari badan kampas besi kendaraan. Dimana rem akan mengalami gesekan pada cakram. 

  •  Getaran Rem Terasa Hingga Setir Mobil 

Getaran yang muncul ketika rem diinjak juga menjadi tanda kampas semakin menipis. Apabila kondisinya tampak parah, maka getaran tersebut akan menjalar hingga ke setir mobil. 

Apabila sudah begini, maka harus mengganti kampas rem yang baru. Kalian bisa memilih karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang dan bagus.

  •  Rem Menjadi Tidak Pakem 

Kampas rem yang menipis biasanya akan membuat rem menjadi tidak pakem. Hal ini tentunya terjadi karena adanya tekanan kampas terhadap piringan cakram.

Di mana tekanan ini semakin tidak rata dan ukuran rem menjadi tampak lebih kecil. Hal ini juga berdampak, pada tenaga pengereman yang menjadi kurang maksimal. 

Komponen dan Jenis Kampas Rem

Apabila dilihat dari kinerjanya, rem cakram dilengkapi dengan berbagai macam komponen. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini sudah ada penjelasan tentang komponen karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang. 

  •  Caliper Bracket

Komponen kaliper ini dikenal sebagai caliper bracket yang sudah terhubung dengan steering knuckle secara langsung. Caliper bracket ini berfungsi untuk menahan kaliper pada kendaraan.

  • Piston Brake

Biasanya, kaliper akan bekerja lebih optimal apabila memiliki piston brake. Oleh karena itu, posisi kampas rem dari piston brake ini harus berada di dalam kaliper.

Bentuk dari pisto ini sama seperti tabung yang memiliki ujung dengan desain groove. Pisto ini juga memiliki lekukan yang berguna sebagai penyimpan karet pelindung debu.

Selain itu, piston brake berfungsi sebagai pendorong atau penekan bagian kampas rem ke piringan cakram. Hal ini tentunya agar roda bisa berputar dan berhenti lebih rendah.

  •  Kaliper

Karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang ini memang menjadi bagian paling penting dari sistem pengereman. Kaliper yang berfungsi sebagai penghimpit kampas rem terhadap piringan cakram untuk menopang piston

Cara kerja kaliper bisa menggunakan bantuan tekanan hidrolik yang berasal dari minyak rem. Nantinya, rem ini akan langsung masuk melalui selang rem. 

Secara umum, saat ini sudah dua jenis kaliper yang digunakan mobil yaitu fixed caliper dan floating caliper. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait dua kampas rem.

  • Fungsi Floating Caliper

Letak dari floating caliper ini berada pada brake support yang mampu bekerja ke kiri maupun ke kanan. Fungsi dari floating ini berguna untuk menekan karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang agar lebih maksimal.

Dilengkapi dengan piston rem pada satu sisinya dan sisi lainnya juga akan menekan kampas dari sudut yang berbeda. Jadi fungsi dari floating caliper ini sebenarnya sangat banyak.

Fixed caliper ini juga dikenal sebagai kaliper yang berada di brake support. Namun, yang membedakan dari kampas rem ini sudah bersatu dengan brake support.

Jadi komponen ini tidak akan mudah berkerak sama seperti floating caliper. Fixed caliper ini bertugas untuk bisa menekan karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang.

  • Master Silinder

Cara kerja dari komponen yang satu ini mampu mengubah gerakan mekanis yang berasal dari pedal menjadi tekanan hidrolik. Jadi rem ini juga mempunyai komponen lain yang terhubung pada pedal rem. 

Saat ini, sudah ada dua tipe master silinder, yakni tipe tunggal dan tandem. Tandem tipe yang dikenal sebagai master silinder, di mana memiliki dua piston dan outlet hose.

Sedangkan, tipe tunggal berarti hanya mempunyai satu outlet piston dan histen. Jadi, karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang ini dapat mengatur laju kendaraan roda empat.

  •  Tangki Minyak Rem

Minyak rem berguna sekali untuk menampung sebuah oil atau tangki reservoir. Dimana letak minyak remnya telah menyatu dengan master silinder. Rem cakram ini telah dilengkapi dengan sensor agar bisa mendeteksi volume minyak. 

  •  Booster 

Komponen rem cakram ini dibuat dari membran yaitu booster rem. Jenis rem satu ini telah terhubung dengan bagian intake manifold

Fungsi dari booster rem ini sebagai assist dan mampu meringankan tenaga penekanan terhadap pedal rem. Jadi kalian tidak perlu mengurangi daya pengereman. 

Karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang ini juga dapat melipat gandakan energi dari pengereman. Jadi pengendara tidak perlu lagi tenaga yang besar untuk proses pengereman. 

Kelebihan dari Rem Cakram Mobil

Kelebihan dari Rem Cakram Mobil
Kelebihan dari Rem Cakram Mobil

Perlu kalian ketahui, saat ini rem cakram mobil juga memiliki kelebihan. Berikut sudah ada beberapa kelebihan dari rem cakram yang perlu diketahui lebih dalam, antara lain:

  •  Tidak Bunyi saat Pengereman

Umumnya, suara akan ditimbulkan ketika terjadi pengereman yang asalnya dari brake pads. Ini bisa saja terjadi karena brake pads mendapatkan panas yang berlebihan. 

  •  Pendinginan Sistem Rem yang Baik

Terjadinya gesekan pada rem juga dapat menyebabkan panas. Jadi akan membuat pengereman sistem mobil semakin terganggu. Meski begitu, cakram rem mempunyai konstruksi yang terbuka. 

  • Perawatan yang Mudah

Perawatan untuk karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang memang jauh lebih praktis. Misalnya saja, saat kalian ingin sekali ganti brake pads, hanya perlu membuka baut kaliper yang akan terbuka dengan sendirinya. 

  •  Pengereman Konstan 

Apabila mobil terkena genangan air, mak bagian piringan juga ikut terkena air. Meski begitu, pengereman tidak akan berubah karena adanya air di piringan. Hal ini karena, piringan akan terlempar ke luar dan ada gaya sentrifugal yang berasal dari putaran cakram.

  •  Menekan Pengereman Merata di Brake Pads

Pada dasarnya, rem cakram ini tidak akan mampu melakukan penambahan gaya pengereman. Jadi pengereman akan langsung menjadi merata. 

Hal ini juga bisa membuat salah satu roda tidak ada gaya pengereman yang besar. Keadaan seperti ini membuat roda tidak tertarik ke arah satu saja.

Baca juga : Emergency Tools di Kendaraan yang Wajib Dibawa

Oleh karena itu, sebagai pengemudi sebaiknya komponen pengereman harus bisa dirawat secara rutin. Hal ini tentunya agar karakter kampas rem yang dibutuhkan mobil kencang tidak berpotensi mengancam keselamatan pengendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here