Jurusan Automotive Engineering dengan Prospek Kerja Menarik

0
110
Jurusan Automotive Engineering dengan Prospek Kerja Menarik
Jurusan Automotive Engineering dengan Prospek Kerja Menarik

Automotive engineering merupakan jurusan teknik otomotif, yang akan mengajarkan Anda untuk mengenal lebih dalam mengenai dunia otomotif. Peminat teknik otomotif saat ini semakin meningkat, hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah pemilik kendaraan setiap tahunnya.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Bertenaga Besar, Keunggulan dan Kekurangan

Untuk mempelajari suatu bidang, tentunya kita juga perlu menyukai bidang tersebut, agar bisa semangat dalam mempelajarinya. Pada umumnya bidang otomotif lebih disukai oleh kaum laki-laki, namun saat ini banyak juga kaum wanita berminat untuk mempelajarinya. 

Peluang dan prospek kerja automotive engineering cukup menjanjikan, hal itulah yang menjadi penyebab semakin tinggi peminat akan jurusan ini. Jika pembaca ingin mengetahui lebih banyak mengenai teknik otomotif, maka informasi berikut ini bisa menjadi referensi bagi Anda.

Bagi Anda berminat untuk mengetahui lebih dalam seputar dunia otomotif, maka kami akan mengajak Anda untuk membahas bidang ini. Kenali lebih banyak otomotif, karena ilmu ini tidak hanya berguna untuk diaplikasikan saat bekerja nanti, namun juga pada kehidupan sehari-hari.

Kelebihan Memilih Jurusan Automotive Engineering

Saat ini pengguna kendaraan baik mobil maupun motor semakin meningkat, bahkan memiliki kendaraan pribadi dianggap seperti sebuah kebutuhan. Tingginya tingkat kepemilikan kendaraan tentunya membuat semakin tinggi, peminat akan jurusan teknik otomotif di Indonesia.

Automotive engineering membahas mengenai bidang otomotif secara luas, tidak hanya mobil dan motor, namun juga kendaraan besar seperti kereta, bus dan truk. Anda akan mendapat banyak ilmu pengetahuan, seputar alat transportasi darat secara luas dan tidak terbatas.

Mulai dari desain mesin pada masing-masing moda transportasi, cara pengoperasiannya, proses pengujian, perakitan, proses perawatan juga proses produksi. Tentunya nanti Anda akan memiliki bidang spesialisasi tersendiri pada kendaraan tertentu, sehingga ilmu yang didapat lebih fokus.

Salah satu kekhawatiran para mahasiswa setelah menjalani masa pendidikan adalah, apakah akan sulit saat mencari lowongan pekerjaan atau tidak. Bagi Anda yang ingin mempelajari teknik otomotif, maka Anda tidak perlu khawatir karena terdapat lapangan kerja luas dan terbuka.

Banyak sekali prospek pekerjaan yang bisa dicoba, dan pastinya bisa disesuaikan dengan ilmu yang pembaca tekuni. Seorang lulusan teknik otomotif tidak hanya bekerja di bengkel saja, namun juga bisa bekerja di perusahaan besar, atau produsen kendaraan terkemuka.

Automotive engineering juga memberikan banyak kontribusi kepada masyarakat, pembaca bisa berinovasi dalam mengembangkan moda transportasi yang akan membantu masyarakat. Selain itu Anda juga bisa membantu masyarakat, yang mengalami masalah pada kendaraannya.

Jika Anda merupakan seseorang yang tidak begitu suka belajar secara teori, maka jurusan ini akan cocok dengan pembaca. Sebab kebanyakan ilmu pengetahuan didapat secara langsung, dengan praktek yang menantang namun juga menarik untuk dicoba.

Prospek Kerja Automotive Engineering yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Jurusan Automotive Engineering dengan Prospek Kerja Menarik_Prospek Kerja Automotive Engineering yang Bisa Menjadi Pilihan Anda
Jurusan Automotive Engineering dengan Prospek Kerja Menarik_Prospek Kerja Automotive Engineering yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Dalam memilih jurusan kuliah, tentunya kita akan memilih jurusan yang memiliki prospek kerja menjanjikan. Salah satunya adalah jurusan ini, yang membuat Anda lebih mudah dalam mencari pekerjaan, karena perusahaan otomotif di Indonesia semakin banyak.

  • Teknisi

Memilih automotive engineering sebagai jurusan pembaca, maka akan membuka lowongan kerja bagi Anda sebagai teknisi. Teknisi mesin akan bekerja menangani berbagai mesin kendaraan. 

Tentunya akan sangat dibutuhkan bagi setiap perusahaan. Prospek kerja ini juga memiliki jumlah gaji yang cukup, dan semakin senior Anda di bidang ini, maka akan semakin besar gaji yang diterima.

  • Wirausaha

Jika tidak berminat untuk bekerja di sebuah perusahaan atau di bawah pimpinan orang lain, maka buat saja perusahaan versi pembaca sendiri. Anda bisa membuka bengkel atau dealer, meskipun membutuhkan modal banyak, namun jika strategi yang digunakan tepat, maka keuntungan yang pembaca dapatkan juga besar.

  • Operator Alat Berat

Di perusahaan-perusahaan konstruksi, biasanya akan banyak memanfaatkan alat-alat berat dalam lingkungan kerjanya. Disinilah peran automotive engineering dibutuhkan, tentunya alat-alat tersebut harus diperiksa secara rutin, juga diperbaiki apabila ditemukan kerusakan.

Kemampuan Anda akan dibutuhkan pada profesi tersebut, pembaca bisa bekerja di perusahaan tambang, perkebunan ataupun perusahaan kontraktor.

  • Modifikator

Mungkin bagi pembaca yang tidak begitu asing dengan modifikator, kami akan menjelaskan sedikit mengenai profesi ini. Modifikator akan melakukan kustomisasi dengan settingan standar, biasanya pekerjaan ini juga lebih banyak dijadikan sebagai wirausaha.

Profesi ini sangat dibutuhkan oleh banyak pemilik kendaraan, dan untuk urusan keuntungan atau gaji yang didapatkan sudah pasti akan semakin besar seiring dengan tingkat profesionalitas Anda.

Keahlian dan Pengetahuan yang Harus Dimiliki oleh Jurusan Teknik Otomotif

Sebelum memilih jurusan automotive engineering, tentunya pembaca perlu mengetahui terlebih dulu kemampuan atau keahlian seperti apa yang wajib dimiliki. Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda, kemampuan dasar seperti apa yang wajib pembaca miliki.

  • Tekun dan Teliti

Kemampuan tekun dan teliti memang dibutuhkan oleh semua bidang, dengan menerapkan sikap tekun dan teliti, sudah pasti akan meminimalisir kesalahan yang Anda lakukan. Sebagai seorang mahasiswa jurusan teknik otomotif, kita diwajibkan untuk tekun dalam mengerjakan sesuatu.

Karena nanti saat berada di lapangan kerja, kita akan dihadapkan dengan berbagai masalah, dan sebagai mekanik, sudah pasti pembaca harus menemukan letak kesalahan pada mesin dan mencari tau solusi yang tepat untuk menanganinya.

  • Terstruktur dan Terukur

Mahasiswa jurusan automotive engineering juga diwajibkan untuk bekerja secara terstruktur, saat berada di lapangan nanti, Anda akan bertemu dengan berbagai komponen mesin, dan jika tidak bisa bekerja secara teratur, maka komponen tersebut akan sulit ditata kembali.

Maka dari itu, latih diri pembaca mulai sekarang untuk bisa bekerja secara terstruktur dan terukur, agar saat berada di lapangan secara langsung, pembaca sudah terbiasa dengan kemampuan ini.

  • Merancang dan Memelihara Sistem Otomotif

Sebagai orang yang bekerja di bidang otomotif, sudah sepatutnya Anda memiliki kemampuan dalam merancang mesin dan mengoperasikannya. Kemampuan ini mungkin tidak akan langsung dikuasai, namun kemampuan tersebut perlu diasah agar menjadi kemampuan untuk pembaca.

Selain itu seorang teknisi juga harus cermat dalam memelihara sistem otomotif dengan baik, karena pemeliharaan mesin ataupun komponen lainnya sangat penting untuk dijaga.

  • Berpikir Kritis dan Ideal

Automotive engineering juga harus berpikir kritis dan ideal, cobalah asah kemampuan berpikir Anda lebih tertata dan rasional, karena nantinya pembaca akan dihadapkan dengan berbagai masalah yang cukup kompleks, dan tentunya perlu menemukan solusi yang tepat bagi konsumen.

Menambah Pengetahuan di Bidang Teknik Otomotif

Jurusan Automotive Engineering dengan Prospek Kerja Menarik_Menambah Pengetahuan di Bidang Teknik Otomotif
Jurusan Automotive Engineering dengan Prospek Kerja Menarik_Menambah Pengetahuan di Bidang Teknik Otomotif

Selain mendapat ilmu pengetahuan dari universitas, pembaca juga bisa mendapatkannya secara langsung dari bengkel atau mengikuti berbagai kursus atau pelatihan. Untuk bisa mengenal dunia otomotif sepenuhnya, pembaca memang perlu mendapatkan pengalaman secara langsung.

  • Menimba Ilmu di Bengkel atau Spesialis

Siapa sangka menemukan ilmu pengetahuan automotive engineering tidak hanya didapat dari perkuliahan, namun Anda juga bisa mendapatkannya secara langsung di bengkel atau spesialis. Tidak ada salahnya untuk mampir ke dunia kerja ini secara langsung, dan melihat bagaimana para pegawai sedang bekerja. Anda bisa sesekali membawa kendaraan ke tempat service, untuk mengetahui bagaimana kendaraan pembaca diperbaiki atau dicek kondisinya.

Jika kendaraan mengalami masalah dan membawanya ke bengkel, coba cari tau masalah apa yang terjadi pada kendaraan Anda dan solusi apa yang ditawarkan oleh pekerja tersebut.

  • Mengikuti Kursus atau Pelatihan

Saat ini terdapat juga kursus atau pelatihan mekanik, dimana Anda bisa mendapatkan pelatihan secara langsung yang akan membuat pembaca lebih mudah dalam menyerap ilmu otomotif. 

Akan banyak pengetahuan baru yang menarik untuk diungkap, selain itu pembaca pasti akan tertarik dengan bidang ini. Seperti halnya cara membongkar suatu komponen pada kendaraan, tanpa perlu mengganti komponen tersebut yang akan membuat pembaca merugi.

  • Menyukai Bidang Otomotif

Dalam mempelajari automotive engineering, satu hal tidak kalah penting adalah Anda harus menyukai bidang ilmu tersebut. Jika Anda tidak menyukai bidang tersebut, namun dipaksakan untuk memahami semua teori dan praktik didalamnya, maka akan sulit untuk memahaminya.

Cobalah cari tau hal Anda sukai dari bidang otomotif, jika Anda sudah menemukannya, maka akan lebih mudah untuk Anda fokus pada bidang tersebut. Memang menarik untuk membahas bidang ini, karena ada banyak hal yang dapat diungkap untuk menambah pengetahuan pembaca.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol Baru Beserta Tarifnya Berikut

Setelah mendapatkan ilmu secara teori, tentunya Anda juga akan membutuhkan ilmu melalui pengalaman secara langsung. Terapkan ilmu automotive engineering yang telah Anda dapatkan, baik saat sudah bergabung ke perusahaan nanti maupun di kehidupan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here