Jenis Velg Mobil yang Penting untuk Kita Ketahui

0
104
Jenis Velg Mobil yang Penting untuk Kita Ketahui
Jenis Velg Mobil yang Penting untuk Kita Ketahui

Jenis velg mobil terus berkembang seiring kemajuan teknologi yang memberikan beragam pilihan kepada pemilik mobil. Kita dapat memilih beragam jenisnya menyesuaikan kendaraan, apakah untuk balapan atau sekedar bepergian saja.

Baca juga: Velg KLG Mobil Pilihan Tepat untuk Menambah Gaya dan Performa

Velg mobil merupakan salah satu komponen penting yang memengaruhi performa serta penampilan mobil. Selain itu, komponen tersebut dapat membantu menghemat bahan bakar, menstabilkan laju kendaraan, serta kenyamanan berkendara.

Setiap jenisnya memiliki fitur khusus di mana akan memengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan. Para pemilik mobil biasanya menggantinya tersebut bersamaan dengan mengganti ban mobilnya. Hal ini dikarenakan dapat membuat tampilan eksterior mobil terlihat lebih menarik.

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatannya

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatannya
Jenis Velg Mobil Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatannya

Beberapa bahan dasar velg mobil, termasuk baja, alloy, carbon fiber memiliki efek langsung pada kinerja, kekuatan, serta bobot kendaraan. Sifat masing-masing material tersebut memengaruhi pengalaman berkendara dan efisiensi bahan bakar. 

Baja

Baja
Baja

Bahan baja biasanya digunakan pada kendaraan konvensional dikarenakan kuat dan tahan lama. Velg baja umumnya lebih berat daripada berbahan alloy, tetapi beratnya mampu membuat kendaraan lebih stabil terutama saat digunakan dalam kecepatan tinggi.

Salah satu keunggulan menggunakan velg baja adalah sangat andal bagi pengemudi untuk kekuatan serta ketahanannya menahan dari tekanan berat. Bahkan menariknya, produk berbahan inipun tidak memakan anggaran biaya cukup besar. 

Alloy

Alloy
Alloy

Jenis velg mobil kedua jika dilihat dari bahan dasarnya adalah berbahan alloy. Penggemar otomotif yang mengutamakan penampilan kontemporer seringkali memiliki alloy. Sebuah barang yang terbuat dari campuran logam seperti aluminium, magnesium, atau silikon.

Bahan tersebut memiliki bobot lebih ringan serta tahan karat apabila dibandingkan dengan baja. Selain itu, bahan baja memiliki kemampuan mendispersikan panas dengan lebih baik. Bahkan bahan tersebut mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sehingga membuatnya lebih responsif saat berkendara.

Carbon Fiber

Carbon Fiber
Carbon Fiber

Produknya terbuat dari serta karbon yang diperkuat dengan resin epoxy. Bobotnya yang sangat rendah, memungkinkan adanya pengurangan beban kendaraan secara signifikan dan peningkatan efisiensi bahan bakar.

Selain itu, carbon fiber memiliki daya tahan luar biasa terhadap cuaca ekstrim sehingga sangat cocok untuk digunakan bepergian. Dikarenakan sifat serat karbon yang mampu memberikan daya kekuatan maksimal, maka mampu menahan dari tekanan berat.

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Desain 

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Desain 
Jenis Velg Mobil Berdasarkan Desain

Selain dilihat dari bahan dasar pembuatannya, ternyata jenis produk ini dapat juga dilihat dari desainnya. Desain-desain tersebutlah yang membuat nilai estetika pada mobil. 

Velg Palang

Velg Palang
Velg Palang

Desain palang memberikan tampilan modern, sporty, serta aerodinamis pada kendaraan. Desain palang memiliki kelebihan dalam mengurangi panas akibat sistem rem kendaraan. Selai itu, desain palang memungkinkan adanya sirkulasi udara dengan sangat baik di lokasi sekitar rem.

Adanya sistem sirkulasi yang baik tentu saja mampu membantu dalam mencegah panas berlebih sehingga kinerja rem tetap stabil. Desain palang seringkali menjadi bahan koleksi pecinta mobil karena memiliki nilai unik tersendiri.

Velg Jari-Jari

Velg Jari-Jari
Velg Jari-Jari

Desain jari-jari memiliki bentuk penghubung antara bagian tengah dengan tepi. Jenis velg mobil berdesain jari-jari mampu memberikan tampilan klasik pada mobil, sehingga membuatnya popular dalam industry mobil.

Salah satu keuntungan menggunakan desain jari-jari adalah ringan jika dibandingkan dengan desain lainnya. Tentu saja, desain ini mampu memberikan respons yang baik terhadap kendaraan. Namun perlu diperhatikan adalah perawatannya harus secara ekstra agar celah antara jari-jari tidak rusak.

Velg Mesh

Velg Mesh
Velg Mesh

Desain yang dimilikinya adalah lubang-lubang teratur serta simetris pada tiap sisinya. Melalui desain lubang terbuka tersebut, memungkinkan sirkulasi udara mudah mengalir sehingga mampu membantu mencegah rem mobil dari overheating.

Umumnya, bahan dasar yang digunakan untuk membuat velg dengan desain ini adalah campuran alloy dengan logam. Adanya lubang-lubang teratur tadi tentu saja memudahkan dalam proses perawatan.

Velg Split-Spoke

Velg Split-Spoke
Velg Split-Spoke

Jenis velg mobil dengan desain split-spoke memiliki desain palang terpisah yang menyambung dari tengah ke tepi. Sama halnya dengan desain lainnya, desain ini memungkinkan masuknya sirkulasi udara dengan lancer serta mendinginkan sistem kerja rem.

Desain seperti ini hadir dalam berbagai warna, ukuran, serta finishing. Hal ini memungkinkan kita untuk memilih desain sesuai keinginan. Desain seperti ini menjadi pilihan yang sulit bagi penggemar mobil karena keunikannya.

Velg Beadlock

Velg Beadlock
Velg Beadlock

Desain ini dirancang khusus untuk mobil off-road seperti truk. Desain beadlock memiliki cincin tambahan di sekitar ban, sehingga membuatnya tetap terkunci dengan kuat. Salah satu keunggulannya adalah mampu mencegah ban agar tidak terlepas saat mengalami tekanan tinggi.

Desain seperti ini memungkinkan pengemudinya dalam melewati lintasan yang cukup ekstrim seperti di gunung atau balapan. Beadlock memudahkan kendaraan melaju dengan kondisi stabil meskipun berada pada medan sulit.

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Tujuan Penggunaan

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Tujuan Penggunaan
Jenis Velg Mobil Berdasarkan Tujuan Penggunaan

Jika dilihat dari tujuan penggunaannya, terdapat 4 jenis, meliputi standar, performa, off-road, serta winter wheels. Lantas apa perbedaan dari keempat jenis tersebut?

Velg Standar

Velg Standar
Velg Standar

Tipe ini biasanya dipasang oleh pabrik mobil saat keluar dari jalur produksi. Perancangannya bertujuan untuk standar keamanan, kestabilan, serta kinerjanya. Seringkali tipe ini di desain secara sederhana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari berbagai jenis mobil.

Hal yang menjadi kelebihannya, adalah telah dilakukan uji sertifikasi hingga kelayakan oleh produsen sebelum diperjual belikan. Tentu saja, uji kelayakan tersebut demi keamanan pengemudi saat berkendara.

Velg Off-Road

Velg Off-Road
Velg Off-Road

Model ini dirancang khusus untuk digunakan pada kendaraan off-road seperti truk, pick-up, atau SUV. Jenis velg mobil ini, dirancang untuk menghadapi medan berat sehingga mampu mengurangi tekanan kendaraan dengan baik.

Salah satu desain yang umumnya digunakan untuk model off-road adalah beadlock. Hal ini memungkinkannya tetap bertahan pada posisi sehingga tidak mudah terlepas. Tentu saja, untuk ketahanan dan kekuatan yang diberikan bisa sangat maksimal.

Velg Winter Wheels

Velg Winter Wheels
Velg Winter Wheels

Sesuai dengan namanya, model seperti ini jika ditinjau dari tujuan penggunaan adalah untuk digunakan pada musim dingin, terutama pada daerah salju. Perancangan ini bertujuan untuk dijadikan pertimbangan khusus dalam keselamatan dari kondisi jalan yang sulit.

Winter wheels memiliki kemampuan menampung ban musim dingin yang dirancang secara khusus. Bahan yang digunakan berupa campuran karet, sehingga tetap berada pada posisi lentur saat berada di tumpukan salju.

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Metode Produksi

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Metode Produksi
Jenis Velg Mobil Berdasarkan Metode Produksi

Terdapat dua jenis metode produksi dalam proses pembuatannya, yakni cast dan forged. 

Velg Cast

Velg Cast
Velg Cast

Dikatakan cast karena menggunakan metode casting atau pengecoran logam cair saat proses pencetakannya. Hal ini melibatkan tuangan logam cair yang kemudian dinginkan untuk membentuk struktur barang.

Keunggulan dari model ini adalah biaya produksi yang terjangkau karena prosesnya tidak rumit. Meskipun harganya terbilang murah, namun tidak dapat dipungkiri untuk daya tahan dan kekuatannya.

Velg Forged

Velg Forged
Velg Forged

Jenis velg mobil forged ini diproduksi menggunakan metode pemanasan logam hingga mencapai suhu cukup tinggi. Apabila sudah dalam tahapan panas tinggi, maka akan dilakukan pengepresan menggunakan mesin. 

Proses pembuatan forging ini mampu menciptakan struktur molekuler padat dan seragam. Tentu saja, hal ini mampu menjadikan performa mobil menjadi lebih ideal, bahkan saat digunakan dalam kecepatan tinggi.

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Warna dan Finishing

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Warna dan Finishing
Jenis Velg Mobil Berdasarkan Warna dan Finishing

Tidak hanya dilihat dari desain saja, melainkan orang-orang seringkali menjadikan warna sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. Warna-warna tersebut antara lain:

Velg Chrome

Velg Chrome
Velg Chrome

Proses pembuatannya melibatkan pencampuran dengan chromium yang mampu memberikan aksen mengkilap pada desain tersebut. Hal ini nantinya akan memberikan kesan kilau menawan pada permukaannya.

Bagi pecinta estetika visual, model ini sering dijadikan koleksi karena memang tampilannya yang terkesan menawan. Sehingga mampu memberikan sentuhan kemewahan dan eksklusivitas kendaraan.

Velg Matte

Velg Matte
Velg Matte

Berbanding dengan chrome yang memiliki tampilan mengkilap, matte lebih pada tampilan mat. Jenis velg mobil berwarna matte ini memiliki lapisan lebih kasar serta tidak memiliki refleksi Cahaya yang menyilaukan mata. 

Model ini sangat cocok bagi kalian yang kurang menyukai warna mencolok, karena memang kesannya lebih minimalis. Segi pewarnaannya juga sangat cocok digunakan berbagai jenis mobil baik gelap maupun terang.

Baca juga: Cara Mengenal Velg Palsu yang Perlu Kalian Ketahui

Dari berbagai jenis velg mobil yang ada, tentunya memiliki nilai estetikanya tersendiri. Dari segi desain, pewarnaan, hingga tujuan penggunaan. Pastinya, harga jualnya pun bermacam-macam karena memang proses pembuatannya tidak mudah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini