Honda Jazz Pensiun, Berapa Harga Bekasnya?

0
147
Honda Jazz Pensiun, Berapa Harga Bekasnya?
Honda Jazz Pensiun, Berapa Harga Bekasnya?

Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? Mobil yang cukup mendominasi aspal di jalanan Indonesia ini berhenti produksi tahun 2021 lalu. Menjawab isu yang beredar sejak tahun 2019 di Indonesia.

Baca Juga: Pilihan Motor Terbaik Patut Dibeli untuk berbagai Keperluan

Mobil seri Jazz sudah dikenal masyarakat sejak tahun 2003. Saat kemunculannya sudah menyita perhatian karena bentuk dan ukurannya yang ideal bagi anak muda. Hingga kini masih banyak yang mencari berbagai varian Jazz meski dalam kondisi bekas.

Tidak semua masyarakat membeli mobil dalam kondisi baru. Tingkat ekonomi yang berbeda menjadi salah satu alasan mengapa pebisnis mobil bekas ramai dicari orang. Jazz sendiri menjadi primadona karena membawa nama besar Honda. 

Suku cadangnya mudah, service center tersedia di banyak kota di Indonesia. Perawatan tidak ribet dan tetap gaya meski tidak baru. Tetapi memang eksistensinya harus berhenti karena kebijakan perusahaan dengan alasan tertentu, berikut ulasannya. 

Alasan Honda Jazz Berhenti Produksi

Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? Sebelum masuk ke harga, terlebih dahulu perlu diketahui apa penyebab berhenti produksi. Menurut Business Innovation and Sales, Marketing Director PT. HPM, Billy Yusak adalah sebagai berikut.

  • Terdapat 300 unit baru

Tahun 2022 ini menurut Billy Yusak, dikutip dari idntimes hanya tersisa 300 unit. Perusahaan fokus untuk menghabiskan sisa stok baru tersebut. Jadi Anda masih bisa mendapatkannya di dealer terdekat jika ingin baru. 

  • Kurang diminati pasar

Alasan Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? karena kurang diterima pasar Indonesia. Sebelumnya mobil ini hadir dengan tampilan sporty dengan body agak lebar dan terkesan lebih kokoh, namun paling baru justru lebih halus.

Konsumen sudah berekspektasi bahwa model terbaru akan lebih sporty dengan fitur berbeda dari sebelumnya. Namun beberapa fitur justru masih mengadopsi seri sebelumnya, sehingga lebih banyak memilih versi lama. 

  • Digantikan dengan seri Hatchback lain

Untuk menggantikan Jazz, Honda mengeluarkan seri Hatchback yaitu Honda City RS. Desain Hatchback terbaru ini mengusung desain lebih sporty bukan lagi sedan seperti biasa. Fitur mutakhir didalamnya melimpah dan mesin lebih bertenaga.

City Hatchback memiliki kapasitas turbo 1500cc, sama dengan Jazz RS terbaru. Ini juga jadi alasan Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? Sebab dari dapur pacu sama namun body dan fitur lebih baru. 

Daya Tarik dari Honda Jazz

Honda Jazz Pensiun, Berapa Harga Bekasnya?_Daya Tarik dari Honda Jazz
Honda Jazz Pensiun, Berapa Harga Bekasnya?_Daya Tarik dari Honda Jazz

Meski sudah tidak lagi diproduksi dan hanya menghabiskan stok lama, namun minat pembeli tetap tinggi. Harga Rp 200 jutaan tidak menjadikan sepi penjualan bahkan mampu bersaing dengan Mazda2, Kia Rio Hyundai i20 serta Toyota Yaris.

Harga seri terbaru tipe RS ditawarkan mulai dari Rp 250,2 juta hingga Rp 292,5 juta. Batas bawah ini merupakan range paling rendah di kelasnya. Untuk mobil sporty lebih unggul dibanding Toyota Yaris yang dijual mulai harga Rp 256 juta. 

Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? Lihat dulu betapa desain eksterior sporty paling kental di mobil ini. Bukan hanya untuk seri RS namun juga seri standar. Meski pada seri standar belum dilengkapi spoiler belakang.

Seri standar hingga RS sudah menggunakan sistem pengereman ABS dan EBD. Menjamin keamanan saat berkendara dengan minimalisir selip. Ini juga salah satu daya tarik yang menjadikannya diminati khususnya anak muda. 

Bagian kabin dipenuhi fasilitas memanjakan pengguna. Terdapat pelipat bangku di baris kedua, start stop button, paddle shift dan audio steering switch. Untuk fitur ini mampu menyamai pesaing terberatnya yaitu Toyota Yaris.

Dapur pacunya menggunakan i-Vtec. Tidak diragukan lagi betapa mesin ini tangguh dengan daya paling besar 120 Ps/6600 rpm. Torsi yang dihasilkan mencapai 145 Nm/4600 rpm. Dan ini tidak hanya didapatkan seri RS tapi juga standar. 

Bagi pecinta hatchback sebenarnya Jazz terbaru 2020 sangat mumpuni. Bukan hanya tampilannya gagah tetapi performa mesin berkelas. Mengungguli kompetitornya yaitu Toyota Yaris. 

Honda Jazz Pensiun, Berapa Harga Bekasnya?

Seri tahun 2020 bekas masih dibandrol dengan harga Rp 266 jutaan untuk tipe RS MT. Masuk akal mengingat masih terbilang baru. Meski bekas tetapi tidak ada yang kurang dari performa, tampilan eksterior, kaki-kaki mobil dan ban.

Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? Jika Anda mencari seri sporty lainnya, seri tahun 2017 bisa jadi pilihan ideal. Masih seperti baru, body sporty khas dan hanya dibanderol mulai dari Rp 220 jutaan. 

Ingin mendapatkan unit dibawah Rp 200 jutaan, seri 2016 bisa jadi pilihan. Tipe RS MT dibanderol mulai harga Rp 190 jutaan. Jika ingin lebih rendah lagi Anda bisa pilih seri standar sebab RS memang paling unggul dibanding lainnya.

Seri 2013 bisa jadi alternatif bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Sebab dengan Rp 150 jutaan sudah bisa memiliki Honda Jazz 1.5L RS AT. Perlu diketahui bahwa perusahaan masih menyediakan suku cadang hingga 15 tahun kedepan jadi masih mudah dalam perawatan. 

Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? Untuk seri lebih lama tentu lebih murah. Jika Anda berniat membeli dibawah harga Rp 100 jutaan masih tersedia. Tetapi tentu dari segi body kurang futuristik dan tidak lepas dari kesan jadul.

Salah satu contoh seri 2004 masih bisa Anda dapatkan mulai harga Rp 75 jutaan. Sangat ekonomis untuk penggunaan keluarga dan harian. Namun membeli dengan tahun lama perlu lebih teliti dan usahakan memilih showroom terpercaya.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Honda Jazz Bekas

Honda Jazz Pensiun, Berapa Harga Bekasnya?_Faktor yang Mempengaruhi Harga Honda Jazz Bekas
Honda Jazz Pensiun, Berapa Harga Bekasnya?_Faktor yang Mempengaruhi Harga Honda Jazz Bekas

Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? Sebelum memutuskan membeli ada baiknya mengetahui apa saja yang berpengaruh terhadap harga. Jangan sampai Anda mendapatkan unit bagus dengan harga murah tidak wajar atau sebaliknya.

Pertama adalah jumlah kilometer. Ini menunjukkan seberapa jauh yang telah ditempuh mobil. Semakin tinggi angkanya semakin kurang diminati, akhirnya harganya turun. Salah satu alasan konsumen adalah kendaraan kilometer tinggi lebih rewel dan butuh maintenance lebih.

Kedua faktor warna. Warna standar seperti hitam dan putih ditawarkan lebih tinggi dibanding orange, brick, hijau, biru, coklat dan sebagainya. Konsumen lebih suka warna netral untuk kendaraan dan sedikit yang berminat membeli sesuai warna favorit. 

Faktor ketika yang perlu diperhatikan mengingat Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? adalah body. Apakah ada goresan, warna kusam, pernah tabrakan hingga beberapa bagian tidak sempurna, tampilan kaca, kondisi ban dan sebagainya.

Keempat adalah interior. Konsumen lebih suka kondisi interior seperti jok, setir yang masih orisinil. Tidak heran jika kendaraan yang sudah ditutup dengan jok aftermarket lebih jarang peminat. Sebab menunjukkan ada yang sudah tidak sesuai aslinya. 

Honda jazz pensiun, berapa harga bekasnya juga dipengaruhi oleh kualitas audio. Meski merupakan fitur hiburan tetapi bagian ini jadi perhatian lebih. Konsumen lebih menyukai fasilitas audio sesuai aslinya dan tidak kurang apapun misalnya speaker yang sudah dicopot atau diganti. 

Faktor selanjutnya adalah velg. Kendaraan yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa kurang diminati pasar. Akhirnya harga turun karena konsumen lebih suka velg orisinil dibanding merk lain. 

Tips Membeli Honda Jazz Bekas

Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? pertama sebelum membeli periksa riwayat service. Apakah pengguna sebelumnya rutin melakukan pengecekan atau tidak. Dari riwayat tersebut Anda akan mendapatkan info akurat mengenai kondisi mobil.

Dari riwayat service juga Anda bisa tahu part apa saja yang sudah diganti dan alasannya. Jika kondisi masih sehat dan semuanya asli maka bisa dijadikan pilihan. Tidak berhenti sampai disitu, Anda perlu memperhatikan interior dan eksterior.

Bisa jadi kondisinya sudah tidak mulus akibat pemakaian. Tetapi jika pemilik rutin melakukan perawatan akan tampak bahwa tampilannya masih prima. Tidak ada bekas penyok yang dibiarkan begitu saja. Termasuk rutinitas mengganti ban.

Honda Jazz pensiun, berapa harga bekasnya? Periksa kelengkapan dokumen. Perlu diketahui bahwa kendaraan bermotor yang ditawarkan murah biasanya ada kekurangan surat-surat. Misalnya tidak ada BPKB, memang bisa dibeli namun menyulitkan saat akan mengurus pajak. 

Tips selanjutnya adalah melakukan penawaran. Anda sebagai pembeli berhak menganalisa harga dari kondisi fisik dan kelengkapan dokumen. Bandingkan dengan pasaran, kemudian tawar harga dengan wajar.

Baca Juga: Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui

Tidak ada harga mahal atau murah jika membeli dalam kondisi bekas. Sebab banyak faktor berpengaruh. Namun jika tahu standar kualitas kendaraan secara umum Anda bisa mendapatkan yang terbaik termasuk membekali pengetahuan Honda jazz pensiun, berapa harga bekasnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here