Apa Itu Helm Cargloss dan Jenis-jenisnya?

0
223
Apa Itu Helm Cargloss dan Jenis-jenisnya?
Apa Itu Helm Cargloss dan Jenis-jenisnya?

Di era sekarang ini, Helm Cargloss menjadi pilihan pelindung kepala yang paling banyak digunakan. Hal tersebut karena desainnya yang tidak terlalu berlebihan, bahkan terlihat klasik. Namun, ada saja oknum yang berusaha merusak citra dari jenis pelindung kepala satu ini.

Baca juga: Mengenal Mobil Listrik Indonesia dan Jenis-jenisnya

Saat berkendara, tentu saja kalian harus memperhatikan keamanan juga keselamatan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan helm SNI Standar Nasional Indonesia (SNI). Zaman dahulu orang-orang hanya asal dalam menggunakan helm karena belum ada aturan SNI.

Zaman semakin berkembang menyebabkan perlindungan dalam berkendara juga meningkat. Sekarang ini, sangat mudah menemukan pelindung kepala dengan jenis apapun. Namun, harus diingat bahwa tidak semua helm mendapatkan label Standar Nasional Indonesia (SNI).

Apa Itu Helm Cargloss ?

Apa Itu Helm Cargloss dan Jenis-jenisnya?_Apa Itu Helm Cargloss ?
Apa Itu Helm Cargloss dan Jenis-jenisnya?_Apa Itu Helm Cargloss ?

Helm atau topi pengaman merupakan salah satu pelindung tubuh yang digunakan pada kepala. Helmet biasanya terbuat dari bahan metal maupun bahan keras lainnya, seperti serat resin, plastik, maupun kevlar.

Helmet sendiri tidak hanya digunakan saat berkendara, tetapi juga pada saat pertempuran (militer) dan aktivitas sipil, seperti pertambangan dan olahraga. Di beberapa negara bahkan mewajibkan pengendara motor maupun sepeda untuk menggunakannya.

Sedangkan, untuk jenis Helm Cargloss sendiri sudah diproduksi sejak tahun 1985, tapi baru populer sekarang. Pelindung kepala ini banyak dipilih karena keunggulannya, seperti materialnya dan sudah memperoleh sertifikat keamanan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Jadi, kalian tidak perlu khawatir tentang keamanannya karena sudah teruji. Selain itu, jenis dan warna pelindung kepala ini sangat beragam. Meskipun kualitasnya sangat baik, tapi harganya tetap terjangkau.

Salah satu penyebab populernya jenis pelindung kepala yaitu Helm Cargloss, khususnya dikalangan para remaja karena desainnya yang trendy serta kualitasnya tinggi. Maka, bagi para remaja akan terlihat sangat bagus sangat digunakan.

Tips-tips dalam Membedakan Helm Cargloss Asli dan Palsu

Apa Itu Helm Cargloss dan Jenis-jenisnya?_Tips-tips dalam Membedakan Helm Cargloss Asli dan Palsu
Apa Itu Helm Cargloss dan Jenis-jenisnya?_Tips-tips dalam Membedakan Helm Cargloss Asli dan Palsu

Penggunaan helm saat ini memang sudah diatur dalam undang-undang berkendara. Maka dari itu, jika kalian keluar berkendara tanpa menggunakan topi pengaman, dapat dipastikan kalian akan ditilang oleh aparat kepolisian.

Diketahui bahwa helmet adalah salah satu penunjang keselamatan dalam berkendara. Selain itu, terkadang pelindung kepala ini digunakan untuk menunjang penampilan saat berkendara. Saat ini juga semakin banyak merek-merek yang bermunculan.

Helm Cargloss hadir dan mencuri perhatian para pengendara dengan desainnya yang terlihat klasik. Tapi, sayangnya ada saja oknum yang membuat tiruan dari helmet tersebut dengan kualitas yang tidak sama bagusnya. Berikut beberapa cara untuk mengetahui helmet yang asli:

  • Perhatikan Logonya

Cara pertama bisa dengan memeriksa logonya, pada helmet asli logo atau tulisan Cargloss catnya menyatu pada helm, jadi tidak akan mudah pudar maupun terkelupas. Hal tersebut juga tentunya akan membuat logo bertahan lama.

Pada barang palsu, logo maupun tulisan tidak menyatu dengan helmet. Bahkan, terkadang hanya ditempel dengan stiker. Jadi, tentu saja cara satu ini akan sangat efektif digunakan untuk mengetahui mana yang palsu dan asli.

  • Perhatikan Harganya

Pada dasarnya, Helm Cargloss palsu hanya meniru desain dari yang asli tapi tidak dengan kualitasnya. Maka cara berikutnya yang bisa digunakan dengan membandingkan harganya. Meskipun cara ini tidaklah terlalu efektif karena terkadang ada penjual yang licik.

Biasanya harga yang palsu akan lebih murah dibandingkan dengan aslinya. Hanya saja, terkadang ada penjual dengan liciknya menaikkan harga helmet palsu.

  • Perhatikan Emblem Warning

Cara efektif yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan mengecek emblem “Warning” pada helmet. Semua helmet asli selalu terdapat emblem “warning” pada bagian dalamnya. Begitu juga pada jenis pelindung kepala satu ini.

Biasanya, helmet asli terdapat emblem “Warning” disertai dengan tulisan PT. Mega Karya Mandiri selaku tempat produksinya. Cara tersebut terbilang efektif untuk dilakukan. Mengapa demikian? Karena pada helmet palsu palsu, tidak ada tulisan apapun.

  • Perhatikan Kualitas Catnya

Cara membedakan Helm Cargloss asli atau palsu berikutnya adalah dengan memperhatikan catnya, hal ini seharusnya sangat mudah dilakukan karena biasanya manusia sangat ahli dalam membandingkan. Pada barang asli tentu saja kualitas catnya sangat rapi. 

Maka, cara satu ini sangat efektif untuk dilakukan. Mengapa demikian? Karena pada barang palsu, kualitas catnya akan lebih kasar dan tentunya berantakan. 

Beberapa Helm Cargloss yang Sangat Direkomendasikan

Apa Itu Helm Cargloss dan Jenis-jenisnya?_Beberapa Helm Cargloss yang Sangat Direkomendasikan
Apa Itu Helm Cargloss dan Jenis-jenisnya?_Beberapa Helm Cargloss yang Sangat Direkomendasikan

Helmet merupakan salah satu perlengkapan untuk berkendara yang tidak boleh dilepas dari pengemudi. Peran helmet memang sangat penting, terutama sebagai pelindung kepala saat mengendarai sepeda motor. 

Selain itu, helmet juga membantu akan membuat kalian terlihat lebih keren saat berkendara. Saat ini, ada banyak sekali merek pelindung kepala yang dijual di pasaran. Namun, dari sekian banyaknya merek tersebut, Helm Cargloss masih menjadi merek yang sangat disarankan.

  • Cargloss Retro

Jenis satu ini memiliki tipe open face, jenis retro ini juga hadir dalam banyak pilihan warna menarik. Seperti warna merah, abu-abu, kuning, juga biru. Selain itu, helmet jenis ini didesain tanpa sudut, sehingga sangat cocok untuk para pengguna motor klasik.

Tingkat kerapian dari jenis retro sendiri dapat dilihat dari sisi karet, busa, jahitan, hingga pewarnaannya. Soal harganya sendiri dibanderol sekitar Rp 220, kalian sudah mendapatkan helmet beserta pet, serta standarisasi keamanan yang bersertifikasi SNI.

  • Cargloss YCN Half Face

Meskipun harga Helm Cargloss hanya berkisaran Rp 250 ribu, jenis YCN Half Face juga masih menjadi salah satu rekomendasi terbaik. Desainnya yang simple juga tidak neko-neko membuat jenis ini sangat cocok untuk kalian yang menginginkan sebuah helm half face.

YCN Half Face sudah dilengkapi dengan visor transparan, serta memiliki empat buah ventilation layer pada bagian atas juga pada bagian belakangnya yang tentunya akan nyaman dipakai selama berkendara. YCN Half Face juga sudah bersertifikat SNI.

  • Cargloss YR Gothic Half Face

Rekomendasi selanjutnya adalah jenis YR Gothic Half Face dengan tampilannya yang menggunakan visor seperti helmet penerbang. Hal tersebut tentunya akan membuat tampilan kalian terlihat keren.

Selain itu, bahan pembuatannya menggunakan ABS Thermoplastic yang membuat helmet kokoh serta tahan banting. Keamanannya sendiri telah bersertifikasi SNI dan harganya dibanderol sekitar Rp 270.

  • Helm Cargloss YD Former

YD Former telah dilengkapi dengan pet untuk menghalau sinar matahari agar tidak mengganggu pandangan saat berkendara. Bahkan, tidak tanggung-tanggung untuk menghalau sinar matahari, YD former menggunakan double visor.

Meskipun menggunakan double visor, tetapi tidak akan membuat pandangan pengendara buram karena kacanya transparan. Selain itu, terdapat banyak pilihan warna seperti merah, hitam, abu-abu, serta putih. Untuk harga dibanderol sekitar Rp 370 ribu.

  • Cargloss DEVIL ZFH Flip Up

Jenis Devil ZFH ini merupakan helmet full face, tetapi memiliki sifat modular serta fleksibel. Flip Up didesain untuk memenuhi tuntutan para pengendara yang mencari perlindungan ekstra saat berkendara. 

Namun, bisa langsung diubah menjadi half face hanya dengan membuka pelindung rahang pada helmet. Sedangkan dari segi desain, Devil ZFH memiliki tampilan modern juga sporty dengan beberapa fitur menarik.

Fitur yang dimaksud seperti visor ganda untuk mencegah paparan sinar matahari, kunci visor, dan adjustable strap yang bisa diatur kekencangannya. Keunggulan lainnya, Devil ZFH terbuat dari bahan ABS Thermoplastic composite, sehingga kuat tapi ringan saat digunakan. 

Selain itu, busa pada helm ini bisa dilepas guna untuk mempermudah proses perawatan serta pembersihannya. Keamanannya sendiri sudah bersertifikat SNI, dengan banyaknya fitur yang dimiliki membuat Devil ZFH dibanderol dengan harga sekitar Rp 500 ribu.

Pada zaman dahulu pelindung kepala memang sudah ada, namun belum diwajibkan dalam penggunaannya. Pada zaman dahulu pelindung kepala tidak hanya digunakan untuk berkendara, sebenarnya saat ini juga seperti itu.

Hanya saja, pada era sekarang ini, penggunaan helmet sudah diwajibkan dan diatur dalam undang-undang berkendara. Dalam berkendara orang-orang harus memperhatikan keamanan juga keselamatan pribadi dan pengendara lain.

Kualitas helmet bahkan juga telah diatur, harus bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Jadi, jangan asal menggunakan pelindung kepala, karena kualitas yang buruk tidak akan mampu melindungi kalian dengan baik.

Baca juga: Harga Yamaha Fazzio Beserta Keunggulan Dimiliki

Pada akhirnya, banyak perusahaan yang akhirnya berlomba-lomba memproduksi helmet. Ada banyak sekali jenis serta merek pelindung kepala saat ini. Namun, paling banyak digunakan dan direkomendasikan adalah Helm Cargloss.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here