Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol ?

0
30
Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol ?
Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol ?

Ketika berkendara di jalan tol, ada hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol. Hal tersebut akan berkaitan dengan kenyamanan saat berkendara dan juga keselamatan. Baik untuk diri sendiri maupun untuk pengendara lain.

Baca juga: Mengenal PSG Sebagai Klub Sepak Bola Kaya di Daratan Eropa

Fasilitas tol sendiri sebagai jalan bebas hambatan memang memiliki beberapa aturan tersendiri. Mulai dari batas kecepatan sampai penggunaan lajur ketika berkendara. Hal inilah nantinya perlu diperhatikan.

Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol

Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol ?_Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol
Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol ?_Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol

Bagi para pengemudi, berkendara lewat jalan bebas hambatan memang menjadi salah satu pilihan. Masalahnya, ada perbedaan antara jalan biasa dan jalan bebas hambatan. 

Salah satu hal paling umum adalah masalah kecepatan. Berikut adalah hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol.

1. Sesuaikan Kecepatan

Salah satu hal pertama dan perlu diingat ketika berada pada jalan tol adalah masalah kecepatan. Fasilitas ini sendiri memiliki batas minimal dan maksimal ketika berkendara.

Misalnya, batas minimal adalah 60 kilometer per jam dan maksimal adalah 100 kilometer per jam. Kecepatan tersebut tentunya akan menyesuaikan dengan kondisi sekitar.

Perlu diperhatikan adalah pastikan kecepatan yang digunakan tidak mengganggu sekitar. Tidak terlalu kencang karena akan membahayakan atau terlalu lambat karena akan mengganggu pengemudi lain.

2. Jangan Pindah Jalur Secara Mendadak

Ini merupakan aturan umum untuk semua jalan, termasuk ini juga hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol yaitu jangan pindah jalur secara mendadak. Dalam hal ini, jika ingin melakukan perpindahan jalur maka lakukan dengan benar.

Ketika akan melakukan manuver, maka lakukanlah hal tersebut dengan bertahap, mulai dari memberi lampu sein sampai melakukan perpindahan jalur dengan perlahan. Melakukan perpindahan jalur dengan mendadak akan membahayakan pengemudi lain.

Selain itu, pastikan juga tidak berkendara secara zig-zag. Hal ini akan membahayakan, baik bagi diri sendiri maupun pengemudi lain. Dalam hal ini maka pastikan kecepatan kendaraan yang dikemudikan sesuai saat akan melakukan manuver.

3. Perhatikan Penggunaan Jalur

Hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol lainnya adalah masalah penggunaan jalur. Layanan ini sendiri memiliki aturan tentang penggunaan jalur ini, misalnya jalur kanan hanya untuk mendahului dan jalur paling kiri untuk keadaan darurat.

Hal ini juga akan berkaitan dengan kenyamanan pengguna lain. Misalnya, jika menggunakan jalur paling kanan, maka pastikan laju kendaraan cukup cepat dan agar tidak menghalangi kendaraan di belakang.

4. Pastikan Sudah Paham Rute yang akan Digunakan

Ketika menggunakan alternatif ini, maka Anda harus sudah paham akan masuk dan keluar di pintu tol mana. Ini juga termasuk hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol.

Masalah rute ini tentunya akan memudahkan ketika berkendara. Perlu diingat adalah jika salah keluar pintu tol maka mungkin saja akan berpengaruh dengan lama perjalanan.

Ketika salah keluar pintu tol maka sangat mungkin jika Anda harus memutar nantinya. Dan tentu saja jarak tersebut akan membuang waktu Anda dengan percuma.

Selain itu hal, lain untuk Anda ingat adalah ketika Anda tidak hapal atau ragu dengan rute maka lebih baik untuk bertanya ke petugas di sekitar. Hal tersebut lebih baik daripada ragu atau keluar pada pintu yang salah.

5. Jangan Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

Hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol lainnya adalah jangan pernah menggunakan ponsel ketika mengemudi. Anda perlu ingat jika ketika berada di sini, maka hampir semua kendaraan berada pada posisi kencang.

Ketika fokus Anda teralihkan karena menggunakan ponsel. maka hal tersebut tentu saja akan sangat membahayakan. Terutama ketika ada hal tidak terduga terjadi di depan Anda.

Aturan Umum dan Perlu Anda Perhatikan

Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol ?_Aturan Umum dan Perlu Anda Perhatikan
Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol ?_Aturan Umum dan Perlu Anda Perhatikan

Selain hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol, Anda juga perlu memperhatikan aturan umum dan berlaku pada fasilitas tersebut. Beberapa aturan mungkin sama antara satu ruas dengan ruas lainnya. Namun ada juga beberapa aturan mungkin berbeda.

Berikut adalah beberapa aturan umum yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan jalan bebas hambatan.

1. Sistem Pembayaran

Ketika Anda akan menggunakan jalan bebas hambatan maka pastikan Anda sudah mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang digunakan pada ruas tersebut. Dalam hal ini. beberapa ruas menggunakan sistem pembayaran yang berbeda.

Yang paling umum adalah sistem pembayaran tunai dan non tunai. Beberapa ruas tol, terutama di Jakarta sudah tidak menggunakan sistem pembayaran tunai. Beberapa ruas lainnya masih melayani sistem tunai.

Selain itu, cara pembayaran pun terbagi dua. Ada ruas yang harus membayar ketika baru masuk gerbang. Namun ada juga yang baru membayar ketika Anda akan keluar.

2. Tarif

Hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol dan berkaitan dengan aturan juga adalah masalah tari. Pastikan Anda sudah mengetahui berapa tarif tol yang perlu Anda bayarkan.

Terutama ketika Anda menggunakan sistem pembayaran non tunai. Pastikan juga saldo Anda cukup untuk melakukan transaksi pembayaran tersebut. Hal ini untuk mempercepat proses pembayaran di gerbang tol.

3. Jangan Sembarangan Berhenti

Hal lainnya yang juga menjadi aturan umum ketika berada di jalan tol adalah jangan sembarangan berhenti. Hal-hal yang harus diketahui saat berada di jalan tol ini sebenarnya merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh semua pengendara.

Berhenti secara mendadak di jalan tol akan membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain. Ada beberapa tempat yang bisa Anda gunakan untuk berhenti. Jika terdesak, maka usahakan kendaraan Anda berhenti di jalur paling kiri.

4. Tidak Boleh Memutar Balik

Aturan umum lainnya dan juga termasuk hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol oleh semua pengendara adalah tidak boleh memutar balik ketika berada di jalan tol. Hal ini berlaku di semua ruas jalan tol.

Satu-satunya kendaraan yang diperbolehkan untuk memutar balik atau menggunakan U-Turn adalah kendaraan milik petugas yang berwenang. Ini juga termasuk hal-hal yang harus diketahui saat berada di jalan tol.

Jika Anda salah jalan atau pintu keluar Anda terlewat. maka satu-satunya cara adalah keluar di pintu tol terdekat. Lalu setelah itu, Anda bisa masuk kembali melalui pintu tol arah sebaliknya.

5. Pahami Semua Petunjuk yang Ada

Ketika berada di jalan tol, maka Anda juga akan melihat banyak sekali rambu. Mulai dari rambu lalu lintas sampai rambu pemberitahuan. Untuk rambu lalu lintas mungkin tidak akan jauh berbeda dengan rambu di jalanan umum.

Rambu lainnya yang juga akan banyak Anda temukan antara lain pemberitahuan batas kecepatan. jarak ke kota tertentu maupun jarak ke rest area terdekat. Khusus untuk informasi jarak, maka pastikan juga Anda membacanya dengan baik.

Hal ini untuk mengantisipasi Anda agar tidak terlewat. Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan seberapa jauh lagi jarak Adna dengan tujuan. Ini juga termasuk hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol.

6. Jaga Selalu Jarak Aman

Hal-hal yang harus diketahui saat berada di jalan tol lainnya adalah jaga selalu jarak aman. Dalam hal ini, setiap kendaraan mungkin akan melaju dengan kencang. Untuk itu, menjaga jarak aman menjadi penting untuk Anda lakukan.

Pastikan Anda tidak terlalu dekat dengan mobil yang berada di depan Anda. Hal ini untuk memastikan Anda memiliki waktu untuk bermanuver ketika sesuatu terjadi pada mobil di depan Anda tersebut.

Namun di lain sisi, Anda juga tidak bisa terlalu lambat. Hal ini untuk memastikan Anda tidak mengganggu laju kendaraan yang berada di belakang kendaraan Anda. Jika ingin melambat, maka pastikan Anda berada di jalur tepat.

7. Jangan Buang Sampah Sembarangan dari Jendela

Ini juga merupakan hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol. Sebenarnya ini merupakan hal umum dan perlu dipatuhi meskipun Anda berada di jalan biasa atau jalan non tol.

Membuang sampah sembarangan, selain merusak lingkungan, juga bisa membahayakan pengendara lain. Terutama ketika sampah tersebut mengenai kendaraan lain karena terbawa angin.

Sebagai salah satu jalan alternatif, penggunaan jalan tol memang banyak memberikan keuntungan. Hal inilah yang membuat banyak orang memilih menggunakan jalan tol.

Baca juga: Komponen Motor yang Paling Penting dan Bagaimana Merawatnya?

Salah satu keunggulan dari jalan tol sendiri adalah waktu tempuh yang menjadi singkat. Karena banyaknya pengguna, maka memperhatikan aturan dan hal-hal yang harus diketahui saat di jalan tol menjadi wajib untuk dipahami oleh semua pengendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here