Ingin Tahu Bagaimana Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP? Beginilah Caranya

0
165
Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP

Cara perpanjang STNK tanpa KTP adalah salah satu informasi yang wajib diketahui saat ini. Sebab memperpanjang STNK berarti pajak kendaraan bermotor kita terus hidup dan jalan. Sebagai rakyat yang baik, kita berkewajiban membayar pajak kendaraan bermotor. Yang dimaksud disini adalah KTP pemilik lama kendaraan. 

Sebenarnya cara agar bisa memperpanjang STNK itu ada beberapa opsi. Yang mana salah satu opsi paling umum digunakan ialah pergi mendatangi kantor SAMSAT setempat secara langsung. Namun bagi kalian yang berhalangan tidak perlu khawatir. Sebab tersedia layanan onlinenya juga.

Baca Juga : Perpanjang STNK Online Berikut Ini Penting Dipahami

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini ada banyak orang yang belum bisa melakukan perpanjangan STNK. Tentu saja hal ini terjadi karena ada banyaknya penyebab karena adanya variasi permasalahan yang datang.

Contoh beberapa kendalanya ialah seperti tidak adanya persyaratan yang dimiliki untuk memperpanjang ataupun lainnya. Dengan adanya permasalahan ini, tidak mengherankan jika ada banyak orang yang mencari cara perpanjang STNK tanpa KTP agar bisa tetap membuat STNK berlaku.

Syarat Agar Bisa Perpanjang STNK

Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP

Tidak menjadi suatu hal mengherankan jika semua pemilik kendaraan bermotor pasti selalu memperhatikan hal ini. Sebab STNK itu memang wajib diperpanjang sesuai dengan periode yang berlaku agar identitas kendaraan tetap valid.

Lantas persyaratan seperti apa saja yang perlu disiapkan agar bisa memperpanjang STNK? Tidak banyak orang yang tahu sehingga ketika mendatangi SAMSAT mereka tidak bisa menyiapkan berkas dengan lengkap. Perhatikan informasi berikut ini untuk mengetahui apa saja persyaratan yang diperlukan sebelum ke cara perpanjang STNK tanpa KTP.

  • BPKB

Persyaratan pertama yang harus disiapkan tentu adalah BPKB. Pastikan agar berkas ini adalah berkas aslinya bukan fotocopy. Harus dipastikan juga BPKB adalah dokumen resmi dari STNK yang diperpanjang.

  • STNK

Berkas yang paling penting dan tidak boleh dilupakan ialah STNK. Sebab jika tidak membawa STNK maka proses perpanjangan tidak akan bisa dilakukan. Karena nantinya STNK lama akan ditahan sedangkan kalian akan diberikan yang baru.

  • KTP

Banyak orang yang penasaran dengan bagaimana cara perpanjang STNK tanpa KTP. Sebenarnya memang ada cara tersebut, namun jika kendaraan tersebut adalah atas nama pribadi maka jangan lupa membawa KTPmu.

Jadi itulah beberapa berkas yang kalian perlukan agar dapat STNK kendaraan bermotor bisa diperpanjang. Dengan memperpanjangnya maka proses pembayaran pajak tahunan bisa dilakukan.

Inilah Cara Perpanjang STNK tanpa KTP dengan Balik Nama

Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP

Ada banyak kejadian yang membuat seseorang saat ini harus memperpanjang STNK tanpa KTP. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah apabila kalian melakukan balik nama terlebih dahulu terhadap kendaraan bermotor yang dimiliki. 

Namun sayangnya tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara melakukan pembalikan nama. Tidak perlu khawatir, sebab kalian hanya perlu mengikuti cara perpanjang STNK tanpa KTP berikut ini.

  • Mempersiapkan Dokumen

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa cara perpanjang STNK tanpa KTP dapat dilakukan dengan melakukan pembalikan nama terlebih dahulu. Karena itulah persiapkan beberapa dokumen ini terlebih dahulu.

STNK asli dan fotocopy, KTP asli dan fotocopy pemilik kendaraan yang baru, BPKB asli serta fotokopinya, dan terakhir adalah kwitansi tanda pembelian kendaraan bermotor. 

  • Datang ke Samsat

Setelah semua berkas disiapkan, maka selanjutnya kalian hanya perlu pergi ke Samsat terdekat. Datanglah ke Samsat terdekat dengan domisili KTP. 

  • Membawa Kendaraan Bermotor

Selain harus membawa berkas yang berkenaan dengan kendaraan yang STNK nya akan diperpanjang, kalian juga harus membawa kendaraan ke Samsat. Sebab kendaraan tersebut akan dicek oleh petugas secara fisik sehingga wajib dibawa.

Wajar saja, sebab nomor rangka dan mesin pada kendaraan harus dipastikan sesuai dengan STNK. Karena itulah pastikan agar tidak lupa untuk membawa kendaraanmu saat membalik nama kendaraan.

  • Mendaftarkan Untuk Balik Nama

Untuk memulai proses perpanjangan, kalian bisa mendaftarkan diri ke bagian administrasi. Daftarkan diri untuk mendapatkan pelayanan balik nama dengan cara menyerahkan berkas yang diperlukan. Setelah mendaftarkan diri di loket, kalian akan diminta untuk membayar biaya.

Adapun pembayaran tersebut mencakup pajak kendaraan, biaya balik nama, administrasi, denda keterlambatan pajak, dan sumbangan wajib dana kecelakaan. 

  • Mengambil STNK Baru

Setelah semua proses di atas sudah selesai dilakukan, maka kalian hanya perlu menunggu sampai STNK jadi dan bisa diambil. Dengan mengandalkan cara ini, maka dapat disimpulkan jika proses diatas bisa dimanfaatkan sebagai cara perpanjang STNK tanpa KTP. 

Mengapa Banyak Orang Ingin Perpanjang STNK Tanpa KTP?

Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP

Ada banyak orang yang merasa penasaran mengapa sering ditemui pihak yang ingin memperpanjang STNK namun terkendala pada KTP. Ketahuilah bahwa terdapat banyak alasan yang membuat seseorang membutuhkan informasi mengenai cara perpanjang STNK tanpa KTP.

Salah satunya ialah karena kendaraan yang mereka miliki saat ini ternyata bukan atas nama pribadi. Hal ini sering terjadi dikarenakan kendaraan tersebut dibeli dalam kondisi bekas milik orang lain.

Jadi ketika ingin membayar pajak atau memperpanjang STNK maka mereka harus menggunakan KTP pemilik kendaraan jika belum dibalik nama. Karena itulah beberapa orang merasa kerepotan saat ingin membayar pajak entah karena pemilik kendaraan sebelumnya sulit dihubungi atau karena alasan lainnya.

Tidak hanya dalam kasus itu saja, terkadang kehilangan KTP juga menjadi salah satu penyebab mengapa banyak orang ingin memperpanjang STNK saat kartu identitas ini hilang. Meskipun bisa diatasi dengan membuat KTP baru, ternyata cara ini memakan waktu. 

Sebagai solusi, banyak yang menginginkan untuk langsung bisa membayar perpanjangan STNK tanpa harus menggunakan KTP. Sedangkan cara di atas adalah salah satu contoh yang bisa kalian gunakan sebagai alternatif.

Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP Melalui SMS

Ternyata masih ada cara perpanjang STNK tanpa KTP yang bisa kalian lakukan bahkan dengan jauh lebih mudah. Sebab cara ini tidak akan memintamu untuk pergi keluar rumah. Caranya ialah dengan memanfaatkan ponsel agar bisa memperpanjangnya via SMS.

Dengan memperpanjang STNK menggunakan cara ini maka kalian hanya perlu mengirimkan suatu SMS dengan format yang sudah ditentukan. Karena itulah simak informasi berikut ini untuk bisa mengikuti panduan yang kita uraikan secara langsung.

Langsung saja kalian dapat melakukannya dengan mengirim pesan dengan format : e-samsat (spasi) nomor rangka kendaraan (spasi) nomor KTP (spasi) alamat email. Format tersebut dapat diisikan sesuai dengan data yang kalian miliki.

Lalu kemanakah pesan ini harus dikirimkan? Pesan ini dapat dikirimkan dengan mengirimkannya ke nomor gateway dinas pendapatan daerah pada aplikasi Samsat. Dengan begitu nantinya kalian akan memperoleh balasan pesan untuk melakukan pembayaran berupa kode dan informasi lain seperti data kendaraan dan tagihannya.

Selesaikan proses pembayaran tersebut agar dapat menyelesaikan proses perpanjangan. Jika sudah selesai maka bisa dilanjutkan dengan mengunjungi kantor Samsat terdekat agar dapat memperoleh struk dengan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Perpanjang STNK Secara Online Berikut

Masih ada opsi terakhir yang bisa kalian lakukan agar dapat memperpanjang STNK tanpa menggunakan KTP. Caranya ialah dengan menggunakan layanan online. Yang mana metode pembayaran ini bisa dilakukan melalui minimarket.

Tidak perlu khawatir karena persyaratan yang diperlukan cukup sederhana. Sehingga metode ini dapat dijadikan sebagai alternatif cara perpanjang STNK tanpa KTP. Data yang diperlukan ialah NIK dan data alamat rumah sesuai dengan KTP.

Tapi harus diingat bahwa cara ini tidak berlaku untuk semua Samsat. Hanya provinsi tertentu saja yang menyediakan layanan ini. Karena itulah jika provinsimu masih belum menyediakannya maka bisa menggunakan opsi lainnya.

Dengan adanya beberapa opsi di atas, maka kalian sudah tidak perlu khawatir ketika ingin memperpanjang STNK kendaraan namun terkendala KTP sebagai dokumennya. Di zaman digital saat ini semua hal dapat dilakukan dengan mudah asal data yang dimiliki memang benar apa adanya.

Karena itulah kalian bisa memilih salah satu dari beberapa opsi di atas sebagai alternatif. Apabila semua cara di atas dapat dilakukan semua, maka kalian hanya perlu menyesuaikan manakah opsi terbaik dan paling efisien untuk dilakukan.

Baca Juga : 5 Dampak Membeli Mobil STNK Only Dan Cara Menghindarinya

Sehubungan dengan maraknya transaksi jual beli kendaraan bekas, banyak orang yang belum bisa membalik namakan kendaraan karena biayanya yang lumayan. Sebagai konsekuensinya, mereka membutuhkan data pemilik pertama untuk mengurus keperluan kendaraan. Jika mengalami kendala, bisa juga memanfaatkan cara perpanjang STNK tanpa KTP seperti yang kita uraikan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here