Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya

0
86
Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya
Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya

Ada beberapa cara mengajukan kredit motor yang perlu diketahui apabila Anda ingin melakukan pengajuan. Seperti diketahui bila ingin membeli kendaraan saat ini tidak harus cash, Anda bisa membelinya dengan kredit.

Baca juga: Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem

Motor sudah dapat dikredit dengan cicilan serta uang muka rendah, sehingga tidak akan memberatkan secara finansial. Tapi tidak semua pengkreditan dapat langsung disetujui pihak leasing.

Sebelum mengajukan pengkreditan ini, ada beberapa syarat serta tips yang perlu Anda ketahui dan penuhi. Agar pihak bank atau leasing nantinya bisa langsung menyetujui pengajuan Anda. 

Syarat-Syarat Pengajuan Kredit Motor

Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya_Syarat-Syarat Pengajuan Kredit Motor
Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya_Syarat-Syarat Pengajuan Kredit Motor

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengajukan kredit motor yang benar. Anda perlu tahu terlebih dahulu persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk bisa melakukan pengajuan kredit motor. Berikut ini beberapa persyaratannya:

  • Syarat Umum 

Pertama ada persyaratan umum yang perlu dipenuhi yaitu pihak pengaju termasuk warga Negara Indonesia atau berdomisili di Indonesia. Berusia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun ketika kredit lunas.

Mempunyai pekerjaan serta penghasilan tetap perbulan, namun kebijakan ini berbeda di setiap Negara. Permohonan kredit akan ditolak apabila Anda belum mempunyai pendapatan atau belum bekerja.

Sebab Anda akan dinilai tidak serius dalam mengajukan kredit karena dianggap nantinya tidak dapat membayar cicilan. Berapapun pendapatannya tidak menjadi masalah, tetapi ada syarat tambahan terkait pekerjaan.

Syarat tambahan yang perlu dipenuhi sebelum Anda mencari tau bagaimana cara mengajukan kredit motor ada beberapa kategori. Apabila Anda adalah seorang karyawan, maka Anda baru dapat mengajukan kredit.

Setelah masa kerja minimal 1 tahun, untuk membuktikannya, perlu membawa surat keterangan dari kantor. Apabila Anda adalah seorang wiraswasta maupun professional. Maka Anda baru bisa mengajukan kredit. 

Setelah usaha tersebut berjalan minimal 2 tahun. Namun jika Anda mewakili perusahaan, wajib sertakan kondisi keuangan perusahaan Anda. Jadi persyaratan tambahan ini tergantung status pekerjaan Anda.

  • Syarat Dokumen

Sebelum membahas cara mengajukan kredit motor yang benar. Syarat berikutnya yang perlu dilengkapi adalah persyaratan dokumen. Berikut ini beberapa dokumen yang diperlukan untuk persyaratan, di antaranya seperti :

  1. Foto copy KTP dan KK pemohon yang berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  2. Bukti pembayaran telepon atau rekening listrik 3 bulan terakhir
  3. Slip gaji atau bukti mutasi rekening selama 3 bulan terakhir
  4. Membayar DP atau uang muka sebesar 20 hingga 30%
  5. Usia maksimal pihak pemohon ketika kredit lunas adalah 55 tahun

Beberapa Cara Mengajukan Kredit Motor

Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya_Beberapa Cara Mengajukan Kredit Motor
Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya_Beberapa Cara Mengajukan Kredit Motor

Setelah tadi Anda telah mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini ada beberapa cara mudah dalam mengajukan kredit motor, antara lain sebagai berikut :

  • Tentukan Jenis Motornya

Cara pertama, tentu saja sebelum melakukan kredit motor, tentukan jenis motor yang ingin Anda beli terlebih dahulu. Baik itu lewat showroom, dealer ataupun penjual perorangan. Setelah itu hubungi pihak leasing.

  • Pastikan Nama Anda Tidak Dblacklist

Cara mengajukan kredit motor berikutnya adalah pastikan dulu bahwa nama Anda tidak diblacklist bank atau leasing tertentu. Hal ini menjadi pertimbangan yang paling penting untuk mengajukan kredit motor.

Meskipun Anda mempunyai penghasilan cukup untuk membayar angsuran, namun Anda telah masuk daftar blacklist oleh bank atau leasing. Maka Anda tidak bisa mengajukan kredit motor di sana.

Sebelum Anda hendak di survey oleh mereka, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui nama leasing terlebih dahulu. Pastikan bahwa Anda tidak pernah terkait masalah apapun dengan mereka.

  • Memberikan DP Besar

Cara mengajukan kredit motor berikutnya Anda dapat mengajukan kredit tersebut ketika melakukan pemesanan motor di showroom dengan sales. Anda dapat menentukan tenor serta jumlah cicilan yang akan dibayar.

Berdasarkan pengalaman sebagian besar orang, kredit motor ditambah DP besar akan lebih mudah disetujui. Sebab DP besar dianggap sebagai bentuk keseriusan, sehingga dealer akan memiliki kepercayaan lebih pada calon pembelinya.

Perlu diketahui, tenor yang panjang dapat membuat resiko kredit macet lebih tinggi. Hal lain yang perlu dipertimbangkan ialah nilai kendaraan semakin berkurang setiap tahunnya, sementara cicilan jumlahnya tetap.

  • Mempersiapkan Kelengkapan Data

Cara mengajukan kredit motor selanjutnya adalah mempersiapkan segala kelengkapan data sesuai persyaratan. Kelengkapan data ini harus Anda lengkapi, di antaranya seperti KK dan juga KTP.

Namun data tersebut bisa saja kurang memenuhi, sebab beberapa pihak leasing terkadang menambahkan persyaratan data lainnya. Hal itu sangat tergantung pada kondisi calon pembeli yang hendak disurvey.

  • Memiliki Penghasilan Tetap dan Dapat Dibuktikan

Apabila data sudah lengkap, namun Anda tidak memiliki penghasilan tetap yang dapat dibuktikan. Maka pengajuan kredit tersebut akan sulit untuk disetujui. Akan lebih baik Anda memiliki pekerjaan.

Atau sebagai karyawan minimal 3 bulan, baru dapat mengajukan kredit. Tetapi semua itu juga tergantung pada penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulan. apabila penghasilan Anda dirasa cukup untuk melakukan pengajuan.

Maka pengajuan tersebut akan cepat disetujui. Sementara apabila Anda adalah seorang pengusaha, Anda tetap bisa melakukan pengajuan ini, seperti telah dibahas sebelumnya, hal tersebut tergantung penghasilan Anda.

  • Domisili Jelas

Cara mengajukan kredit motor berikutnya domisili tempat tinggal Anda harus jelas. Apabila Anda mempunyai tempat tinggal tetap maka akan lebih mudah melakukan pengajuan kredit motor.

Namun apabila tempat tinggal Anda masih menyewa, tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengajukan kredit, asal sudah lebih dari 3 bulan tinggal di sana, apabila kurang, pengajuan tidak akan disetujui.

  • Harus Berusia Minimal 21 Hingga 55 Tahun

Point berikut ini sesuai dengan syarat yang telah dibahas di atas tadi. Pihak pengaju harus berusia minimal 21 tahun, dan ketika kredit sudah lunas tidak boleh lebih dari 55 tahun.

Apabila saat ini Anda belum berusia 21 tahun, maka masih belum bisa mengajukan kredit. Tetapi, Anda bisa menggunakan nama orang tua sebagai pemohon kredit bila usianya belum mencapai 55 tahun.

Tips dalam Menentukan Kredit Motor yang Aman

Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya_Tips dalam Menentukan Kredit Motor yang Aman
Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya_Tips dalam Menentukan Kredit Motor yang Aman

Setelah tadi Anda mengetahui bagaimana cara mengajukan kredit motor, kini ada beberapa tips dalam menentukan kredit motor yang aman. Berikut ini beberapa tipsnya, antara lain seperti :

  • Pilihlah Dealer Terpercaya

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kredit motor terpercaya ialah pilihlah dealer terpercaya. Dengan cara membandingkan beberapa dealer resmi yang menyediakan program angsuran tersebut.

Hal tersebut sangat penting untuk mencegah adanya penipuan jual beli motor yang dilakukan oknum dealer penipu. Daripada merugi, lebih baik lakukan tindakan pencegahan dengan mencari tau dealer mana yang terpercaya.

  • Sesuaikan Dengan Penghasilan Anda

Setelah tadi sudah mengetahui cara mengajukan kredit motor. Tips berikutnya yang perlu Anda ketahui dalam menentukan kredit motor aman ialah sesuaikan dengan penghasilan atau gaji Anda.

Tujuannya agar dapat menghitung seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk kredit. Jadi harus paham seberapa jelas kondisi keuangan Anda, agar kebutuhan lain tidak menjadi beban selama mengajukan kredit.

Sesuaikan dana dengan keinginan Anda, agar tidak perlu repot-repot mencari uang tambahan untuk melunasi DP. Apabila dana Anda belum cukup sebaiknya tunda dulu keinginan Anda daripada nanti justru memberatkan.

  • Periksa Selalu Biaya yang Ditetapkan

Tips berikutnya Anda perlu meneliti besarnya biaya yang ditetapkan pihak leasing, hal ini dapat berdampak pada kondisi keuangan Anda. Telitilah dalam melihat jumlah biaya yang ditetapkan.

Jangan sampai selama menyicilnya, membuat Anda justru merasa menyesal dan dirugikan di kemudian hari. Sebelum menentukan dealer, pastikan Anda bertanya dulu terkait ragam biaya yang dikenakan.

  • Perhatikan Persyaratan yang Ditawarkan Dealer

Seperti kita ketahui, saat ini di Indonesia telah tersedia berbagai macam dealer dengan persyaratan yang berbeda-beda. Pilihlah dealer yang memang jelas terpercaya, persyaratan pengajuan mudah serta nominal pengajuan pengkreditan wajar.

  • Pahami Sistem Kredit dan Dendanya

Tips berikutnya yang perlu diketahui setelah Anda mengetahui cara mengajukan kredit motor ialah pahami kredit dan dendanya. Setiap dealer juga mempunyai sistem kredit dan denda yang berbeda-beda. 

Pahami dengan baik hal tersebut, sebab itu akan sangat membantu Anda ketika ingin mengajukan pengkreditan. Jadi, jangan sampai lupa untuk memahaminya dengan benar, sebab tiap dealer berbeda.

  • Pilih Jangka Waktu Kredit yang Tepat

Seperti kita ketahui setiap jenis kredit mempunyai jangka waktu berbeda, yaitu 1, 2 hingga 5 tahun. Perhatikan dulu kemampuan Anda dalam mencicil motor tersebut sebelum memilih.

Jangan sampai nantinya tidak sanggup membayar di tengah jalan. Anda perlu menghitung dengan tepat antara kebutuhan dan juga penghasilan Anda setiap bulannya. Jangan sampai nantinya justru akan memberatkan.

Baca juga: Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Dijamin Lebih Hemat

Jadi bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk kredit motor sudah tidak perlu bingung. Sebab sudah ada beberapa syarat, tips dan juga cara mengajukan kredit motor yang mudah dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here