Cara Memperpanjang STNK Online Resmi Terbaru

0
356
Cara Memperpanjang STNK Online Resmi Terbaru
Cara Memperpanjang STNK Online Resmi Terbaru

Cara memperpanjang STNK online adalah langkah untuk menambah umur surat atau dokumen tersebut. Pastinya bisa digunakan baik untuk motor maupun motor. Pastinya Anda harus pandai mengetahui bagaimana langkah mengurusnya.

Baca Juga: Cara Merawat Mesin Motor Untuk Jangka Waktu Panjang

Bila ingin menambah masa berlakunya, pastikan sudah memiliki beberapa ketentuan. Contohnya kendaraan tersebut setidaknya sudah memiliki 1 tahun masa berlaku. Ditambah tidak terdapatnya kondisi ingin ganti STNK.

Selain itu tidak ketinggalan wajib dilengkapi BPKB sampai KTP dari pemilik kendaraan. Bisa ditambah dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan saat ini. Jangan lupa pastikan jika pembayaran pajaknya tidak terhambat.

Melakukan cara memperpanjang STNK online memang tergantung dengan pajaknya juga. Jika lebih dari satu tahun mengalami hambatan, disarankan diperpanjang dulu. Terutama menuju pihak terkait supaya selesai ketentuannya.

Aturan lainnya yang harus dipahami pemohon yaitu kendaraan tidak sedang rusak. Termasuk dalam kondisi dimiliki atau tidak terkena pencurian. Begitu juga tidak memiliki situasi kecelakaan apalagi sampai kriminal.

Sekarang kita sangat terbantu dengan munculnya beberapa jalur online. Misalnya memakai fitur dari e-Samsat beserta Drive Thru yang sudah dimiliki. Termasuk adanya aplikasi SIGNAL sampai GOJEK X JumpaPay.

Cara Memperpanjang STNK Online Via e-Samsat

Dapat dikatakan bahwa e-Samsat termasuk sebagai cara resmi yang selalu dipakai. Pastinya karena memiliki prosedur mudah sekaligus sudah semakin sederhana. Termasuk dari pengisian formulir maupun pembayaran permohonan.

Langkah pertama yang Anda lakukan disini adalah dengan buka e-samsat pada mesin pencarian. Tapi harus memasukan jika e-samsat tersebut sesuai dengan provinsi sendiri. Tentunya demi dapat melanjutkan penambahan masa berlaku.

Untuk cara memperpanjang STNK online ini masih berkaitan dengan pengisian data kota. Termasuk nomor polisi yang terdapat pada kendaraan Anda. Lalu dapat mencarinya untuk menemukan data kendaraan dan bisa melanjutkan.

  • Isi Form Lanjutan

Proses selanjutnya yaitu isi form lanjutan yang sudah disediakan oleh e-samsat. Nantinya akan berisi data seperti mana kota pengambilan nota pajaknya. Anda harus memilih samsat terdekat supaya lebih mudah.

Tidak ketinggalan pemohon juga diperintahkan agar memilih bank untuk membayar. Termasuk apa sistem pembayaran yang diinginkan untuk proses tersebut. Pastinya memilih sesuai bank yang dipakai pribadi agar mudah.

  • Bayar

Jika proses sebelumnya telah selesai, Anda akan melanjutkan pada proses pembayaran. Tapi harus klik Pengajuan Kode Pembayaran di dalamnya. Tidak lama kemudian tersaji suatu deretan angka berfungsi sebagai kode pembayaran.

Dalam cara memperpanjang STNK online memakai jalur e-samsat ini hanya perlu membayar sesuai nominal. Pastinya menuju ATM langsung ataupun internet banking. Jangan lupa setelah membayarnya, simpan bukti dengan baik.

Langkah selanjutnya yakni bisa langsung mengambil nota pajak tepatnya di Samsat. Nantinya STNK dapat diberikan bukti telah diperpanjang masa berlakunya. Pastinya bisa selesai hari itu juga sehingga cukup cepat.

Prosedur Perpanjang STNK Pada Samsat Drive Thru

Cara Memperpanjang STNK Online Resmi Terbaru_Prosedur Perpanjang STNK Pada Samsat Drive Thru
Cara Memperpanjang STNK Online Resmi Terbaru_Prosedur Perpanjang STNK Pada Samsat Drive Thru

Samsat Drive Thru telah lama dianggap sebagai media pembantu warga masyarakat. Terutama yang ingin mencari cara lain dalam menambah masa berlaku STNK mereka. Apalagi dari segi prosedurnya terbilang cukup mudah.

Sebenarnya cara memperpanjang STNK online Drive Thru punya sedikit kesamaan dengan restoran. Tidak lain dapat menuju tempat pengurusan termudah. Tidak harus menuju samsat langsung di mana kadang ramai.

Tapi sayangnya untuk mengurus melalui Samsat Drive Thru belum bisa dilakukan semua daerah. Setidaknya DKI Jakarta merupakan wilayah terbaik. Terutama karena memiliki cukup banyak tempat sehingga memudahkan warga.

Selain itu kepolisian lalu lintas bekerja sama sehingga wilayah lain memiliki Samsat Drive Thru. Misalnya sudah terlihat dalam wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Begitu juga perkembangan di wilayah Yogyakarta.

Tidak ketinggalan sudah dicoba untuk dimasukkan sistem Samsat Drive Thru dalam wilayah Banten. Termasuk Jawa Timur bahkan Kepulauan Riau dan Sumatera Utara. Ternyata Nusa Tenggara Timur juga sudah memilikinya.

Harus diketahui jika cara memperpanjang STNK online satu ini cukup tricky. Dalam artian setiap daerah memberikan beberapa ketentuan berbeda. Termasuk dari segi biaya yang dibutuhkan untuk mengurusnya sampai tuntas.

Supaya Anda tidak bermasalah, pastikan memahami aturan Samsat Drive Thru sesuai provinsi. Begitu juga melihat kisaran biaya yang dibutuhkan dalam proses tersebut. Tujuannya supaya berhasil dan tidak terkena penipuan.

Langkah Perpanjang STNK Lewat Aplikasi SIGNAL

SIGNAL sebenarnya adalah singkatan Samsat Digital Nasional dan telah dipakai sejak 2011. Pastinya menjadi penerus Salmonas yang merupakan pendahulu. Kemudahan dan kecepatan akan menjadi prosedur yang didapatkan.

  • Registrasi

Untuk melakukan cara memperpanjang STNK online memakai SIGNAL, Anda harus registrasi dulu. Tidak lain dengan memuaskan data seperti NIK sama seperti eKTP. Tidak ketinggalan email, nomor hp sampai kata sandinya.

Kemudian Anda diarahkan untuk memasukkan foto eKTP beserta foto selfie. Jika sudah, bisa klik selanjutnya dan masukkan SMS yang diperoleh. Di sini Anda berhasil melakukan proses registrasi memiliki akun SIGNAL.

  • Isi Data Kendaraan

Bila ingin melakukan penambahan masa berlaku STNK, maka bisa isi data kendaraan. Jika pada milik sendiri, bisa memilih menu berupa Tambah Data Kendaraan Bermotor. Kemudian pilihan Milik Sendiri untuk melanjutkan.

Pemohon hanya perlu menambah Nomor Registrasi Kendaraan yang dipakai. Tidak ketinggalan menambahkan 5 buah digit terakhir dari rangka kendaraan tersebut. Lalu bisa klik lanjutkan untuk menuju pada tahapan selanjutnya.

  • Pembayaran

Pada cara memperpanjang STNK online memakai SIGNAL yang tidak kalah penting adalah pembayaran. Setelah proses sebelumnya berhasil, Anda diperintahkan untuk membayar. Tentu bisa memilih beragam cara pembayaran yang tersedia.

Untuk SIGNAL sebenarnya memiliki kode tersendiri yang bisa dibayar menuju bank. Pastikan mengikuti setiap langkah pembayaran yang diberikan. Jika sudah dilunasi, beberapa waktu kemudian sudah berhasil Anda perpanjang.

Alternatif Perpanjang STNK via GOJEK X JumpaPay Online

Cara Memperpanjang STNK Online Resmi Terbaru_Langkah Perpanjang STNK Lewat Aplikasi SIGNALAlternatif Perpanjang STNK via GOJEK X JumpaPay Online
Cara Memperpanjang STNK Online Resmi Terbaru_Langkah Perpanjang STNK Lewat Aplikasi SIGNALAlternatif Perpanjang STNK via GOJEK X JumpaPay Online

GoJek telah banyak dikenal memiliki fitur pembayaran paling lengkap. Selain pada kebutuhan sehari-hari, ternyata bisa dipakai membayar tagihan memperpanjang masa berlaku STNK. Tidak lain dengan adanya GoTagihan.

Ternyata dapat menjadi cara memperpanjang STNK online paling membantu. Terutama berkaitan dengan langkah mengurus administrasi suatu kendaraan bermotor. Apalagi tergolong GoService dan bekerja sama dengan JumpaPay.

Beberapa layanan yang dapat Anda ambil adalah memperpanjang tahunan atau setiap tahun. Termasuk bisa dipakai dalam maksud balik nama kendaraan yang dibeli. Tidak ketinggalan untuk memblokir STNK pada suatu kendaraan.

Tapi sayangnya harus bersabar karena baru dapat digunakan di Jakarta dan Sekitarnya. Banyak yang bilang calo, memang benar tapi sudah berizin. Dalam artian memang bekerja sama untuk membantu para pemohonnya.

Untuk penggunaan cara memperpanjang STNK online ini sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu mengisi data seperti KTP sampai SKDP. Tidak ketinggalan STNK itu sendiri bersama alamat pengambilan dokumen yang diinginkan.

Selanjutnya pemohon hanya perlu membayar dan menunggu konfirmasi berhasil. Kemudian petugas bisa langsung datang dan mengambil semua dokumen yang dibutuhkan. Melihat layanan tersebut, wajar dianggap paling fleksibel.

Biaya dan Syarat yang Dibutuhkan Pemohon

Jika berbicara mengenai biaya melakukan cara memperpanjang STNK online, jumlahnya cukup kecil. Tidak lain sebesar 2% terhitung dari nilai jual kendaraan tersebut. Setidaknya motor Rp. 35.000 dan mobil Rp. 350.000.

Tapi beda jika ingin melakukan perpanjangan 5 tahunan, di mana rinciannya detail. Contoh harus membayar 60 ribu untuk motor dan 100 ribu pada mobil jika berusaha mengurus penerbitan TNKB barunya.

Tidak ketinggalan dimintai STNK baru maupun diperpanjang sebanyak 200 ribu. Anda juga wajib membayar pengesahan sebesar 50 ribu. Lalu terdapat lagi biaya pembuatan BPKB tidak lain termahal yaitu 225 ribu.

Khusus cara memperpanjang STNK online menggunakan aplikasi seperti SIGNAL, akan dikenai tambahan. Tentu biaya administrasi aplikasi sebesar 10 ribu. Belum lagi adanya kemungkinan penambahan persyaratan dari dana pribadi.

Berkaitan dengan syarat, sebenarnya hanya berupa KTP sampai STNK saja. Jika sudah dilunasi, dapat menambahkan BPKB sebagai bukti tambahan. Bila sudah menyiapkan uang administrasi, maka siap menjalankan permohonannya.

Meski internet sudah merata dipakai orang Seluruh Indonesia, nyatanya belum semuanya memakai perpanjangan online. Hal ini disebabkan beberapa daerah memang belum terintegrasi. Termasuk antara aplikasi sampai Bapenda daerah.

Tapi sekarang sedang dikembangkan lagi supaya masyarakat Indonesia bisa menikmati secara keseluruhan. Bukan hanya menambah masa berlaku STNK melainkan kendaraan. Tidak heran patut dinanti kebijakan lebih bagusnya.

Baca Juga: Cara Membedakan Oli Asli atau Palsu Berdasarkan Kriteria Utama

Usahakan telah menguasai salah satu cara di atas untuk digunakan setiap kali menambah masa berlaku. Tujuannya supaya tidak perlu belajar dan memahami lagi. Cara memperpanjang STNK online dapat maksimal digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here