Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas dan Cara Mengurusnya

0
64
Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas dan Cara Mengurusnya
Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas dan Cara Mengurusnya

Biaya balik nama pembelian mobil bekas menjadi informasi penting dalam dunia otomotif. Bagi sebagian orang yang ingin melakukan balik nama pada mobilnya tentu membutuhkan prosedur yang baik dan benar.

Baca juga: Pentingnya Jaminan Garansi Ketika Beli Mobil Bekas, Ragu?

Hal ini untuk menghindari adanya kesalahan pada dokumen atau biaya yang dikeluarkan. Biasanya nama kendaraan sudah memiliki nilai jual kendaraan bermotor. Nilai jual ini digunakan untuk melakukan proses mutasi dan balik nama mobil bekas. 

Terkadang pemilik motor yang membeli mobil bekas tidak mengindahkan prosedur balik nama. Padahal ini merupakan hal penting untuk menjaga kendaraan tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak tidak berkepentingan.

Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas

Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas
Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas

Dalam melakukan balik nama mobil perlu dilihat prosedur dan biaya balik nama pembelian mobil bekas yang harus kalian lakukan. Terdapat prosedur yang dapat kalian lakukan setelah membeli mobil bekas yaitu melakukan balik nama.

Pada tahap awal memang dilakukan mutasi mobil bekas di mana plat nomor akan berubah menjadi baru saat berpindah domisili. Hal ini akan disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan daerah kalian tempat tinggal.

Setelah mengetahui tempat tinggal biasanya baru akan diurus balik nama mobil tersebut. Sebelum masuk dan mengetahui lebih dalam tentang biaya balik nama pembelian mobil bekas, kalian juga perlu tahu definisi balik nama itu sendiri.

Proses balik nama merupakan proses pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik awal ke pemilik baru. Kendaraan akan menjadi milik kalian, sehingga dapat mempermudah dalam pengurusan pajak dan dokumen lainnya. Berikut ini beberapa biaya untuk balik nama mobil pengguna harus tahu, di antaranya yaitu:

Biaya Mutasi Mobil Bekas

Biaya Mutasi Mobil Bekas
Biaya Mutasi Mobil Bekas

Biaya balik nama pembelian mobil bekas untuk yang pertama ini adalah biaya mutasi. Ada beberapa rincian dana yang perlu kalian keluarkan berdasarkan PP No 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Berikut rincian dana yang harus dikeluarkan yaitu:

  • Tarif penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) : Rp200.000
  • Tarif penerbitan TNKB : Rp100.000
  • Biaya cetak atau ganti BPKB : Rp375.000
  • Biaya surat mutasi : Rp250.000
  • Biaya cek fisik mobil : Rp25.000

Biaya balik nama pembelian mobil bekas tersebut sudah merupakan informasi terbaru yang bisa kalian jadikan sebuah pedoman. Melakukan spekulasi persiapan dana untuk melakukan balik nama mobil yang telah dibeli.

Biaya Balik Nama

Biaya Balik Nama
Biaya Balik Nama

Berikutnya ada biaya balik nama pembelian mobil bekas yang berbeda prosedur. Untuk jenis biaya balik nama ini, akan dikembalikan kepada pemerintah daerah masing-masing dalam ranah mengurus prosedur dan biaya balik nama kendaraan.

Jadi, setiap daerah akan memiliki biaya yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan dan aturan yang telah dibuat oleh pemerintah setempat. Untuk melakukan perhitungan, kalian cukup menjumlahkan biaya yang tertera menyesuaikan jenis mobil.

Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas Proses Penyesuaian Domisili KTP

Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas Proses Penyesuaian Domisili KTP
Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas Proses Penyesuaian Domisili KTP

Selain informasi-informasi di atas ada juga proses penyesuaian domisili KTP saat ini. Dalam tata cara balik nama mobil bekas ini terdapat biaya yang perlu dipersiapkan. Biaya-biaya tersebut dibagi ke dalam beberapa poin, di antaranya yaitu:

  • Yang pertama ini ada istilah Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) sebesar 1% dari harga beli mobil baru. Atau bisa juga sebesar 2/3 dari jumlah PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)
  • Selain ada Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) dikenal juga Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Pada biaya balik nama pembelian mobil bekas SWDKLLJ ini dikenakan tarif sebesar Rp143.000 untuk kendaraan non angkutan umum
  • Selanjutnya ada biaya pendaftaran dapat disesuaikan dengan kantor Samsat setiap daerah masing-masing. Pada umumnya biaya ini akan dikenakan tarif berkisar di angka Rp75.000- Rp 100.000

Penyesuaian biaya kadangkala akan disesuaikan kembali dengan kebijakan masing-masing kantor Samsat. Persiapkan biaya yang sekiranya berada pada kisaran di atas untuk berjaga-jaga. Hal ini dilakukan agar pelaksanaannya lebih efektif dan efisien.

3 Prosedur Balik Nama Pembelian Mobil Bekas

3 Prosedur Balik Nama Pembelian Mobil Bekas
3 Prosedur Balik Nama Pembelian Mobil Bekas

Ada beberapa poin penting dalam melakukan biaya balik nama kendaraan kalian. Prosedur ini harus kalian penuhi setiap langkah-langkah yang diberikan. Ada dua tahap yang harus dilakukan yaitu pengurusan di kantor Samsat tempat mobil terdaftar dan di tempat kalian tinggal saat ini.

Kedua prosedur ini dilakukan agar penerbitan STNK dan BPKB sesuai dengan pemilik kendaraan bermotor yang baru. Berikut ini rincian prosedur untuk membantu kalian mendapatkan dokumen biaya balik nama kendaraan, diantaranya yaitu:

Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Ada beberapa dokumen yang harus kalian bawa saat melakukan balik nama kendaraan. Hal ini untuk menghindari kerepotan yang kemungkinan besar kalian hadapi. Secara umum ada beberapa dokumen di antaranya yaitu:

  • Kartu Identitas Penduduk (KTP) pemilik kendaraan yang asli dan fotokopi
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi
  • Kwitansi pembelian mobil bekas dan versi fotokopi dengan dibubuhi materai Rp10.000
  • Kwitansi tersebut ditandatangani oleh dua pihak yaitu penjual dan pembeli
  • Dokumen hasil cek fisik kendaraan (dilakukan di kantor Samsat daerah masing-masing)

Berkas-berkas di atas wajib kalian bawa saat melakukan balik nama kendaraan atau mobil bekas. Tujuannya untuk membuat setiap proses yang harus kalian lewat berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Taati setiap langkah dan prosedur yang diberikan agar hasilnya juga lebih optimal. Kalian juga bisa memangkas biaya dan waktu apabila telah mengetahui dokumen-dokumen apa saja yang perlu dibawa ke kantor.

Proses Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas di Samsat

Prosedur yang kedua ini kalian bisa lakukan di kantor Samsat pada daerah di mana tempat mobil terdaftar pertama kali. Ada beberapa prosedur yang bisa diikuti dalam proses balik nama di antaranya yaitu:

  • Kalian bisa mendatangi kantor Samsat terdekat di daerah mobil pertama kali terdaftar
  • Kunjungi loket cek fisik untuk mendapatkan bukti bahwa kendaraan mobil bekas masih layak untuk dioperasikan dalam artian bisa dipakai
  • Bayar cek fisik kendaraan, petugas Samsat akan melakukan pengecekan fisik mobil kalian termasuk bagian nomor rangka dan nomor mesinnya
  • Kunjungi loket pendaftaran balik nama, setelah itu bayar biaya pendaftarannya
  • Isi formulir yang diberikan sesuai informasi tertera pada STNK mobil
  • Berikan dokumen persyaratan yang kalian bawa ke petugas Samsat agar dilakukan mutasi ke kantor Samsat ke tempat tujuan di KTP
  • Setelah selesai dilakukan semua, petugas akan memberikan arsip yang berisikan dokumen lengkap mobil
  • Tahap terakhir lakukan balik nama di kantor Samsat tujuan awal kalian

Proses Biaya Balik Nama Pembelian Mobil Bekas di Domisili KTP

Setelah mengikuti setiap proses yang telah dilakukan di atas pada kantor Samsat, kalian bisa melakukan langkah selanjutnya di domisili sendiri. Tahap ini menjadi proses balik nama kendaraan mobil bekas sesuai dengan KTP kalian, di antaranya yaitu:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mendatangi kantor Samsat terdekat dari daerah kalian
  • Lakukan cek fisik kendaraan pada petugas Samsat di mana akan melakukan pengecekan fisik mobil kalian. Pada saat yang bersamaan kalian diharuskan mengisi formulir dari loket
  • Dokumen yang kalian bawa bisa diserahkan dan dikumpulkan semuanya ke petugas Samsat
  • Lanjutkan kepada proses mutasi BPKB
  • Isi formulir yang diberikan dan sertakan juga fotokopi KTP
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan besaran biaya balik nama pembelian mobil bekas
  • Simpan bukti pembayaran BPKB dan jangan sampai hilang
  • Lanjut ke loket pembayaran untuk membayar biaya penerbitan STNK dan simpan bukti pembayaran tersebut
  • Kembali ke loket BPKN untuk menyerahkan pajak STNK ke loket plat nomor
  • Kalian akan diberikan plat nomor baru, STNK, BPKB sesuai data pemilik kendaraan mobil yang baru

Baca juga: BPKB Elektronik, Transformasi Efisiensi Dalam Administrasi Kendaraan

Setiap proses yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan memberikan kemudahan bagi kalian. Informasi seputar biaya balik nama pembelian mobil bekas akan disesuaikan kembali dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di masing-masing daerah tempat tinggal kalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini