Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau Manual

0
42
Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau Manual
Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau Manual

Belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual menurut Anda? Ini menjadi salah satu hal yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Motor memang menjadi sebuah kendaraan yang murah dan nyaman digunakan dalam berbagai kesempatan.

Baca juga: Warna Lampu Mobil Tak Boleh Asal Ganti Sembarangan

Keberadaan sepeda motor sendiri sudah menjamur di tanah air baik di desa, kota kecil, apalagi di kota besar. Merknya semakin beragam. Jenisnya juga bervariasi mulai dari motor jenis matic dan motor jenis manual.

Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau Manual?

Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau Manual_Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau Manual?
Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau Manual_Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau Manual?

Memasuki waktu liburan, jalanan sudah semakin ramai saja nih. Banyak orang yang berantusias untuk belajar mengendarai motor. Anda bisa belajar secara rutin agar bisa mengetahui cara pengoperasian motor dengan maksimal.

Harapan yang akan didapatkan adalah berkendara bukan hanya bisa bisaan saja. Namun, Anda juga bisa menjalankan motor dengan maksimal mulai dari menghidupkan sein, pengereman, belok, hingga deselerasi.

Untuk anggapan belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual, ini sebenarnya merupakan suatu hal yang dibebaskan. Anda memiliki motor jenis mana? Anda kemudian bisa langsung belajarnya menggunakan motor tersebut.

Namun untuk melatih keterampilan, sebaiknya belajar menggunakan jenis motor yang mana dulu ya gaes? Hal tersebut dikarenakan motor matic dan motor manual tentu saja memiliki ciri khas pengoperasian yang tentu saja berbeda. 

Hal penting yang perlu diketahui ketika akan belajar motor menggunakan motor manual atau matic adalah sebagai berikut:

  • Pengoperasian 

Untuk jenis motor matic, ini bisa dioperasikan dengan menyalakan mesin dan langsung putar gas langsung jalan. Namun untuk motor manual Anda Harus melakukan perpindahan gigi hingga merilis kopling dengan tepat agar motor bisa melaju dengan halus.

  • Lebih Aman Menggunakan Jenis Motor Manual Untuk Belajar

Belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual ya? Untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut, maka praktisi dari keselamatan berkendara yang bernama Andry Berlianto akan menjawabnya dengan gamblang untuk Anda.

Ia menjawab bahwa kendaraan manual maupun matic sama-sama aman untuk belajar menaikinya. Namun, untuk belajar menggunakan motor manual memang disarankan menggunakan motor dengan kopling manual saja.

  • Lebih Mudah Belajar Motor Jenis Lain Saat Belajar Memakai Motor Manual

Belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual memang keduanya adalah baik. Untuk penggunaan motor kopling manual bertujuan agar pengendara mendapatkan feeling yang netral dari naik gigi satu dan selanjutnya.

Setelah menguasai hal tersebut, pengendara juga bisa belajar bagaimana mengontrol gas dan rem. Tujuannya dalam hal tersebut tentu saja agar pengendara bisa menerapkannya ketika menggunakan motor matic.

Ketika dihadapkan dengan jenis motor matic untuk pertama kalinya, pengendara yang sudah mahir dalam menggunakan motor manual akan lebih cepat dalam memahami karakteristik akselerasi serta cara orientasinya.

  • Cepat Beradaptasi dengan Jenis Motor Gede

Jika bisa memilih antara belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual, menggunakan manual mungkin bisa Anda coba. Anda yang sudah terbiasa dengan motor manual akan lebih belajar menggunakan motor matic bahkan motor gede.

Kasus yang biasanya terjadi ketika seseorang justru belajar menggunakan motor menggunakan jenis matic, maka ia akan merasa kesulitan dalam mengoperasikan motor manual. Mengapa demikian?

Hal tersebut karena pengendara motor matic belum terbiasa dengan operasional yang berbeda pada motor manual. Oleh karena itu, ia akan sulit melakukan adaptasi ketika menggunakan motor jenis lainnya.

  • Tanggapan dari Ahlinya

Andry Berlianto juga menerangkan bahwa belajar menggunakan motor manual bisa lebih mudah beradaptasi dalam menggunakan motor lain meskipun masih pemula. Namun jika Anda hanya memiliki motor jenis matic bagaimana?

Tentu saja, hal tersebut tidak akan menjadi masalah besar. Paling tidak, Anda sudah bisa belajar untuk mengendarakan motor. Nantinya di lain kesempatan, mungkin saja Anda Bisa belajar untuk menggunakan motor manual.

Jadi, pertanyaan terkait belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual sudah terjawab bukan? Bisa saja belajar menggunakan keduanya asal Anda Belajar dengan hati-hati dan memperhatikan dengan baik.

Hal yang Wajib Diketahui Saat Belajar Naik Motor

Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau ManualHal yang Wajib Diketahui Saat Belajar Naik Motor
Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau Manual _Hal yang Wajib Diketahui Saat Belajar Naik Motor

Setelah mengetahui perihal belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual, maka Anda juga harus paham apa saja yang perlu diketahui saat belajar motor. Jangan sampai ketika Anda Belajar mengabaikan tingkat keselamatan ya.

Tingkat keselamatan adalah hal nomor satu yang harus diperhatikan dengan semaksimal mungkin. Belajar harus dilakukan dengan pendampingan orang lain yang memang sudah mahir dalam mengendarainya. 

Jadi, jangan sampai Anda Belajar motor sendirian ya. Pastikan pula Anda belajar mengendarai motor di ruangan tertutup. Belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual keduanya memang harus memperhatikan aspek keselamatan.

Pemula harus mengetahui apa saja tujuan Anda dalam berkendara. Ketahui pula apa risiko maupun bahaya ketika mengendarai motor di tempat public. Aturan empati tersebut harus ditanamkan sedini mungkin.

Bagaimanapun, ruang public adalah ruang bersama. Itulah mengapa akan sangat berbahaya jika belajar menggunakan motor di tempat tersebut. Ini juga untuk mencegah terpancingnya emosi dari pengendara lain ketika Anda sedang belajar motor.

  • Berkendara di Tempat Aman

Belajar motor akan lebih baik dilakukan di area tertutup. Contoh area tertutup yang bisa digunakan untuk belajar motor adalah lapangan atau jalan yang tidak dilalui kendaraan lain dalam jumlah banyak (jalanan sepi kendaraan).

  • Dipandu Rekan Professional

Anda tidak boleh sok merasa bisa dan dipandu oleh rekan professional ketika pertama kalinya. Carilah tekan yang sudah mengetahui teknik berkendara dengan baik agar Anda Bisa menerapkannya. 

  • Mengenakan Alat Keselamatan Ideal

Belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual, keduanya sama-sama harus diiringi dengan penggunaan alat keselamatan yang sering digunakan. Mulai dari helm, jaket, sarung tangan, protector kaki, hingga sepatu tertutup adalah syarat-syaratnya.

Ketika Anda sudah menggunakan semua perlengkapan tersebut, maka resiko cidera bisa lebih dikontrol atau dihindari. Gunakan lengan panjang dan celana panjang untuk meminimalisir cedera saat jatuh.

  • Mempelajari Materi Mendirikan Motor

Di tengah-tengah belajar mengoperasikan motor, Anda juga bisa belajar cara mendirikan motor dan menungganginya. Anda bisa menerapkannya dengan satu kaki atau berbelok dengan pelan pada saat gigi rendah. 

Agar Cepat Mahir Ketika Belajar Motor

Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau Manual_Agar Cepat Mahir Ketika Belajar Motor
Belajar Motor Lebih Baik Pake Motor Matic atau ManualAgar Cepat Mahir Ketika Belajar Motor

Setelah mendapat jawaban tentang belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual, tentunya Anda ingin cepat mahir dalam mengendarainya bukan? Jika ingin cepat mahir untuk berlatih motor, ini beberapa hal penting untuk dilakukan.

  • Partner Berpengalaman

Carilah partner yang benar-benar berpengalaman dalam mendampingi Anda. Ini merupakan cara paling mendasar dan aman agar cepat mahir dalam mengendarai sepeda motor.

Cari orang yang benar-benar kompeten dan paham. Ini bertujuan agar selalu sigap serta bisa diandalkan untuk melakukan tindakan cepat jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat proses belajar motor dilakukan.

  • Mempelajari Teknik Dasar

Teknik dasar mengenai motor juga harus dipertimbangkan dengan bijaksana. Pahami dasar, fungsi, serta karakteristik motor terlebih dahulu sebelum Anda mulai belajar dalam mengendarainya.

Perlu Anda Ketahui bahwa terdapat 3 jenis motor umum yang ada di tengah masyarakat. Pertama adalah motor matic, motor kopling, dan motor bebek. Teori dan teknik tentang motor yang akan digunakan untuk belajar harus dipelajari dengan baik.

Mekanisme seperti memutar gas dan rem harus dikuasai. Jika sudah memahami tekniknya, jangan lupa pelajari rambu-rambu lalu lintas dan garis marka jalan. Ini wajib dipahami agar Anda Bisa berkendara dengan aman di jalan raya.

  • Pastikan Sudah Cukup Usia

Belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual semuanya boleh dilakukan asalkan Anda Memang sudah cukup usia. Ketika sudah lancar dan mantap mental dalam mengendarai motor, ini sudah pasti lebih aman. 

Umur Anda harus mencukupi untuk menaiki motor. Ini akan membuat Anda lebih aman untuk berkendara di jalan raya. Setelah mahir, jangan lupa untuk membuat Surat Izin Mengemudi atau SIM.

Ini wajib dilakukan karena setiap pengendara motor memang harus memiliki kedewasaan mental dan emosi yang lebih terkontrol. Jadi, pastikan sudah cukup usia. Sabar menunggu ketika usia memang belum cukup.

  • Cari Tempat Aman untuk Belajar

Agar cepat mahir dalam belajar mengendarai motor, carilah tempat yang aman. Jika sudah mahir dalam bermanuver di jalan sepi, Anda bisa mencobanya di jalan yang sedikit ramai untuk melatih mental dan belajar menyesuaikan diri dengan jalan sekitarnya.

Baca juga: Cara Pilih Sparepart Mobil agar Awet Digunakan

Jadi, menurut Anda Bagaimana? Apakah Anda ingin belajar motor menggunakan motor manual, kopling, atau bahkan motor matic? Belajar motor lebih baik pake motor matic atau manual semuanya bisa dilakukan dengan pendamping yang berpengalaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here