Baterai Wuling EV Spesifikasi hingga Harga Terbarunya

0
33
Baterai Wuling EV Spesifikasi hingga Harga Terbarunya
Sumber Gambar: /www.qoala.app

Bicara soal mobil masa depan, tentu hal tersebut tidak akan jauh-jauh dengan topik pembahasan mobil dan Baterai Wuling EV. Seperti diketahui, pada Agustus 2022 lalu, Wuling Air EV memang resmi meluncurkan di GIIAS 2022.

Baca juga: Teknologi SHVS: Fitur, Keunggulan dan Cara Kerja

Sejak pertama kali diluncurkan, mobil ini memang tidak bisa disangkal telah mencuri banyak perhatian masyarakat, khususnya untuk kalangan wanita di mana mengidamkan mobil dengan ukuran kecil dan praktis.

Nyatanya Wuling Air EV memang memiliki dimensi panjang 2,9 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 1,6 meter. Dengan ukuran dimensi tersebut, maka sangatlah cocok bagi kalian yang masih takut untuk mengendarai mobil dengan ukuran besar.

Keunggulan Mobil dan Baterai Wuling EV

Keunggulan Mobil dan Baterai Wuling EV
Sumber Gambar: akamaized.net

Bicara soal pesona Wuling Air EV tentu hal tersebut juga tidak akan jauh-jauh dari ketersediaan warna unitnya. Untuk sekarang ini, kalian bisa coba mendapatkan mobil ini dengan varian warna kuning, biru, putih, peach, serta hijau pastel.

Selain menarik perhatian dari sisi ukurannya, mobil ini juga ramai diperbincangkan karena menjadi solusi dari kemacetan dan ramah lingkungan. Pasalnya, mobil ini telah dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 61 kW di mana mampu menghasilkan torsi sebesar 125 Nm.

Bagi kalian yang masih ragu dengan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Wuling Air EV, maka berikut ini akan dibahas apa saja kelebihan dan alasan mengapa harus memilih mobil ini. Adapun alasannya yaitu sebagai berikut.

Gesit dan Mudah untuk Diparkir,

Karena ukurannya yang mungil, Wuling Air EV lebih mudah dioperasikan dan gesit, membuatnya ideal untuk digunakan di jalan. Selain itu, ukurannya yang kecil membuat mobil Wuling lebih mudah melewati jalanan sempit dan macet. 

Kemudian, bentuknya yang kecil dan ramping memudahkan orang untuk menemukan tempat parkir yang tepat. Bagi kalian yang memiliki tingkat mobilitas tinggi di jalan, maka mobil ini akan sangat membantu.

Daya Tempuh Kendaraan yang Jauh

Ada dua jenis baterai Wuling AIR EV saat ini. Adapun kedua jenis baterai tersebut yaitu Standard Range dan Long Range. Tipe Standar Range memiliki kapasitas baterai 17,3 kWh dan dapat menempuh jarak sekitar 200 kilometer. 

Dibandingkan yang pertama, tipe Long Range memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Adapun kapasitas baterainya mencapai 26,7 kWh dan dapat menempuh jarak hingga 300 kilometer.

Baterai Wuling EV Tahan Air

Salah satu keunggulan yang dimiliki Wuling Air EV adalah ketahanan dari baterainya. Untuk baterainya ini sendiri benar-benar terbukti sudah tahan air dan sertifikasi IP67. Oleh karena hal tersebut, baterai pada mobil ini cocok untuk lingkungan kota yang sering terendam banjir.

Baterai Wuling EV Bisa Diisi di Mana Saja

Mobil Air EV sering disebut-sebut memiliki kemampuan untuk dicharge di mana saja, dan Wuling menawarkan charger portable yang memungkinkannya dicolokkan ke mana pun. Jika kalian tidak percaya, maka ini waktu untuk membuktikannya langsung.

Namun meski demikian, jangan lupa bahwa daya minimal 2.200 watt diperlukan untuk mengisi daya Air EV. Jika ada tambahan perangkat listrik, pengisiannya akan menjadi kurang efisien.

Detail Spesifikasi Baterai Wuling EV

Detail Spesifikasi Baterai Wuling EV
Sumber gambar: cdn-cgi/

Dengan insentif pemerintah yang ditanggung PPN sebesar 10% hingga Desember 2023, Wuling Air EV menjadi salah satu mobil listrik terpopuler di Indonesia. Karena Wuling Air EV adalah mobil listrik, maka mengetahui seputar detail dari baterai mobil ini sangatlah penting. 

Spesifikasi Baterai

Dalam hal spesifikasi Baterai Wuling EV, tipe Long Range berkapasitas 26,7 kWh, sedangkan tipe Standard Range dan Lite masing-masing berkapasitas 17.3 kWh, dengan motor bertenaga 30 kW, atau setara dengan 40,2 dk, dengan berpenggerak roda belakang. 

Tipe Lite secara umum juga tidak jauh berbeda dengan Standard Range. Dengan daya listrik rumah minimal 2200 VA, Wuling Air ev Lite dan Standard hanya membutuhkan waktu pengisian 8,5 jam, sedangkan Long Range membutuhkan waktu 11 jam.

Dengan daya listrik rumah 6600 VA, pengisian daya Wuling Air EV Standard Range dan Lite tetap sama, 8,5 jam, tetapi Long Range dapat terisi lebih cepat, sekitar 4,5 jam.

Jenis Baterai Wuling EV

Mobil listrik kecil ini menggunakan baterai Lithium Ferro-Phosphate yang telah melewati uji ketahanan air dan debu setingkat rating IP67, membuatnya lebih nyaman bagi pengguna mobil listrik seperti Air EV.

Karena keamanannya yang tinggi, masa pakai yang panjang, dan ketahanan terhadap suhu tinggi, Lithium Ferro-Phosphate (LiFePO4) adalah jenis baterai yang sering digunakan dalam kendaraan listrik.

Daya Tahan Baterai Wuling EV

Baterai Wuling Air ev telah melewati 41 tes mendalam, dan hasilnya menunjukkan bahwa baterai itu kuat. Beberapa hasil test yang dilakukan diantaranya seperti berikut:

  • Drop test, dilakukan dengan menjatuhkan baterai dari ketinggian satu meter. Tes pengujian ini tentunya dilakukan untuk mengetahui kondisi ketahanan baterai saat keadaan darurat.
  • Flip test, dilakukan melalui percobaan berulang dalam arah X dan Y. Hasilnya, baterai masih dalam keadaan utuh dan tes ini efektif untuk menguji benturan keras saat berjalan. 
  • Tes perendaman air, dilakukan dengan cara direndam dalam satu meter lebih dari 30 menit dengan kondisi tertutup rapat. Tes ini dilakukan untuk pengujian saat kondisi hujan atau jalan yang banjir.
  • Uji coba pembakaran, dilakukan dengan cara dipanggang selama 130 detik. Hasilnya baterai dalam kondisi baik dan tidak terbakar. Baterai Wuling EV ini sangat aman saat menghadapi suhu panas ekstrem. 
  • Uji coba kecelakaan, dilakukan melalui simulasi kecelakaan arah X/Y dengan akselerasi maksimum 28G. Hasilnya, baterai tidak bocor atau mengalami kerusakan. Baterai masih stabil walau mengalami tabrakan.
  • Uji coba getaran, dilakukan dengan cara digetarkan pada kekuatan 24Hz selama tiga hari penuh. Hasilnya, kondisi baterai masih tetap stabil, aman, dan bebas masalah. 

Perawatan dan Garansi

Mobil listrik Wuling Air EV menjadi lebih murah setelah mengurangi PPN 10%. Harganya saat ini berkisar antara Rp206 hingga Rp299 jutaan untuk OTR Jakarta dan sekitarnya.  

Dengan membeli sebuah unit Wuling Air EV, kalian mendapatkan beberapa layanan seperti layanan purna jual dan garansi umum untuk kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km. Kalian juga dapat menggunakan layanan Pick Up & Drop Off untuk melakukan perbaikan rutin.

Garansi khusus untuk komponen tertentu, seperti power Baterai Wuling EV, drive motor, dan motor controller, berlangsung selama 8 tahun atau 120.000 km dan memberikan garansi yang lebih lama.

Dengan layanan garansi yang lama dan jumlah kilometer yang banyak, Wuling Air EV pasti akan membuat perjalanan lebih nyaman. Dengan demikian, kita tidak perlu bingung lagi jika ada masalah.

Harga Baterai Wuling EV

Harga Baterai Wuling EV
Sumber Gambar: .hgmsites.net

Wuling akhirnya mengungkapkan harga baterai mobil listrik Air EV. Wuling belum memberitahu publik tentang harganya. Saat ini, bagaimanapun, telah terungkap bahwa harganya hampir mencapai tiga digit.

Menurut Product Planning Wuling Motors sendiri, harga Baterai Wuling EV berkisar di angka Rp100 juta untuk tipenya yang long range. Dengan kisaran harga tersebut, maka dapat diketahui jika harga baterai mobil bernilai 1/3 dari nilai mobil keseluruhan.

Saat ini, harga Wuling Air EV long range adalah 299.500.000 rupiah, tetapi setelah diskon Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 11% menjadi 1%, harganya turun menjadi 273.500.000 rupiah, menghemat sebesar 26.000.000 rupiah. 

Versi Long Range dari Wuling Air EV memiliki kapasitas baterai 26,7 kWh dan dapat menjalankan hingga 300 km. Dengan harga lebih rendah dari versi Standar Range, yang memiliki kapasitas baterai 7,3 kWh, banderolnya menjadi Rp243.000.000. 

Namun, setelah diskon PPN sekitar Rp21.000.000, banderolnya menjadi Rp222.000.000. Tidak puas, Wuling kembali meluncurkan mobil barunya, Air Ev Lite, di GIIAS 2023 pada Senin, 14 November 2023. 

Mobil berdimensi kecil ini awalnya dijual dengan harga Rp206.000.000 (OTR Jakarta). Namun, karena mendapatkan insentif PPN dari pemerintah, maka harga yang keluar saat ini sebesar Rp180 jutaan dari pemerintah. 

Jika kalian melihat mobil listrik lain seperti Hyundai Ioniq 5, maka diketahui jika harga baterai mobil ini juga tidak main-main. Baterai bahkan bisa menjadi setengah dari biaya mobil listrik. 

Untuk saat ini, Hyundai, pabrikan mobil listrik dari Korea Selatan telah berani mengumumkan harga baterai untuk varian terbarunya, Ioniq 5. Untuk versi standarnya, dibanderol sekitar Rp300 jutaan. 

Untuk versi Long Range-nya, kalian bisa membawa pulang dengan harga kisaran Rp400 jutaan. Sebanding dengan harga mobil Air EV, Ioniq 5 saat ini tersedia dalam empat varian, yaitu:

  • Prime Standard Range seharga Rp699 juta,
  • Prime Long Range seharga Rp735 juta, 
  • Signature Standard Range seharga Rp750 juta,
  • Signature Long Range seharga Rp795 juta.

Baca juga: Ciri Mobil Turun Mesin Penyebab dan Upaya Menghindarinya

Demikian mengenai beberapa ulasan seputar Wuling Air EV. Jika ada dari kalian di sini yang tengah menimbang-nimbang untuk membeli unit ini, maka sudah jelas jika mobil dan Baterai Wuling EV sangat direkomendasikan untuk dibeli. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini