Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia dan Kegunaan

0
120
Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia dan Kegunaan
Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia dan Kegunaan

Masyarakat sudah seharusnya mulai lebih memperhatikan arti warna plat nomor kendaraan di indonesia. Apabila Anda melihat dengan baik maka akan sering menemukan plat nomor dengan warna yang berbeda.

Baca juga: Perbedaan Mengisi Tekanan Udara Ban Pakai Nitrogen dengan Udara Biasa

Ada berbagai warna plat nomor yang sudah Anda ketahui perbedaannya, namun ada juga beberapa plat nomor kendaraan yang biasanya mungkin belum diketahui peruntukannya. Agar lebih jelas simak ulasan arti warna plat nomor kendaraan.

Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di indonesia dan Kegunaan

Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia dan Kegunaan_Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di indonesia dan Kegunaan
Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia dan Kegunaan_Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di indonesia dan Kegunaan

Pastinya, Anda sudah mengetahui bahwa plat nomor hitam yang Anda milik. Hal ini karena plat nomor ini diperuntukkan bagi warga sipil yang memiliki kendaraan pribadi. 

Nomor kendaraan umumnya akan diacak secara random kecuali ada permintaan khusus. Terdapat juga pengecualian dalam plat nomor hitam ini, misalnya saja ada tanda khusus bila pemilik mobil itu adalah Presiden. 

Sehingga plat mobil biasanya akan dihiasi dengan huruf RI 1 dan juga pejabat negara lainnya dengan kode-kode tertentu. Hal inilah yang menjadi arti warna plat nomor hitam.

  • Plat Nomor Merah Dengan tulisan putih

Plat nomor ini juga sangat sering ditemui di jalan raya ketika sedang berkendara. Lantas apa sih arti warna plat nomor kendaraan di indonesia? 

Plat merah biasanya akan diperuntukkan bagi kendaraan dinas milik pemerintah. Hal ini berarti hanya orang-orang yang bekerja untuk pemerintah yang akan memperoleh warna merah pada plat nomornya.

  • Plat Nomor Kuning Dengan Tulisan Hitam

Plat nomor ini tentu saja sudah Anda ketahui peruntukannya, kendaraan yang menggunakan plat ini umumnya seperti angkutan, taksi, bus, dan lainnya.

Hanya dengan menggunakan plat warna ini untuk menunjukkan identitas kendaraannya. Jadi berbeda halnya dengan, arti warna plat nomor kendaraan di indonesia.

  • Plat Nomor Putih/Merah dengan Tulisan Hitam

Apabila Anda sudah pernah melihat plat nomor ini di jalan raya maka pemiliknya seperti orang-orang yang bekerja pada kedutaan asing. Biasanya akan diawali dengan dua digit huruf CD atau CC. 

Jadi Anda perlu bingung lagi melihat arti arti warna plat nomor kendaraan di indonesia yang satu ini. Hal ini karena sudah dijelaskan diatas.

  • Plat Nomor Hijau Dengan Logo Bintang

Memiliki hiasan logo berbintang di sisi kanannya, pasti Anda sudah dapat menebak bahwa pemilik kendaraan ini adalah anggota dari TNI. Biasanya juga plat ini dilengkapi dengan aksesoris lampu berwarna biru.

Bahkan, juga ada klakson yang membuat kita minggir jika di jalan raya. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi dengan perbedaan arti warna plat nomor kendaraan di indonesia.

  • Plat Nomor Putih Dengan Tulisan Merah

Bagi Anda yang sudah mempunyai kendaraan baru, tentunya pasti tahu fungsi dari plat ini. Plat yang berwarna putih dengan tulisan merah diperuntukkan bagi kendaraan baru sebagai Tanda Coba Kendaraan Bermotor atau TCKB.

Hal ini dilakukan sebagai plat sementara agar kendaraan baru Anda dapat digunakan untuk berjalan. Jadi Anda tidak perlu bingung atas arti warna plat nomor kendaraan di indonesia dari plat ini.

  • Plat Nomor Putih Dengan Tulisan Biru

Plat nomor ini biasanya akan digunakan bagi kendaraan asing non-diplomat sebagai Tanda Nomor Registrasi Pengoperasian atau TNRP. Apalagi khususnya untuk angkutan antar negara atau kegiatan yang bertaraf internasional.

  • Plat Nomor Berwarna Hitam 5 Digit dan 2 Digit 

Plat nomor ini sebenarnya sangat jarang sekali terlihat di jalan raya. Hal ini karena plat nomor ini digunakan oleh staf operasional diplomatik negara asing.

Jika Anda masih bingung dengan arti warna plat nomor kendaraan di indonesia. Dengan adanya informasi ini diharapkan Anda akan tahu fungsi dan peruntukan plat nomor mobil sesuai warna dan digitnya. 

Penting sekali bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, maka harus memperhatikan surat-surat serta plat nomor mobil. Hal ini dilakukan agar untuk menghindari dari penipuan atau kemungkinan yang tidak diinginkan. 

Sekilas Tentang Warna Plat Nomor Kendaraan

Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia dan Kegunaan_Sekilas Tentang Warna Plat Nomor Kendaraan
Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia dan Kegunaan_Sekilas Tentang Warna Plat Nomor Kendaraan

Adanya plat nomor pada motor terbilang sangat penting. Apalagi jika Anda menggunakan motor di jalan raya. 

Tanpa adanya pemasangan plat nomor yang benar, Anda akan kena tilang. Bagi Anda yang belum tahu seberapa penting fungsi plat nomor dan peraturan yang perlu ditaati. Berikut ini akan dijelaskan arti warna plat nomor kendaraan di indonesia.

  • Membedakan Kendaraan 

Setiap kendaraan pasti memiliki plat nomor. Hal ini karena plat nomor sejatinya berfungsi sebagai identitas kendaraan tersebut. 

Jadi, dengan adanya plat nomor yang terpasang Anda bisa membedakan kendaraan satu dengan lainnya. Sekaligus juga memudahkan Anda dalam mencari sepeda motor yang hilang.

2. Fakta Plat Nomor

Pasalnya, plat nomor yang berbentuk potongan logam atau plastik dipasang pada bagian depan dan belakang motor. Saat Anda memperhatikannya, maka plat nomor berisi deretan huruf dan angka lengkap dengan masa berlakunya.

Jika berbicara soal huruf dan angka yang ada di plat nomor, pasti Anda tidak tahu artinya. Arti warna plat nomor kendaraan di indonesia akan dijelaskan di bawah ini.

3. Menggunakan Huruf Awal

Sesuai dengan peraturan plat nomor motor dan mobil, huruf awal yang ada di plat nomor menunjukkan kode suatu wilayah. Sementara itu, serangkaian 4 nomor setelah huruf termasuk nomor polisi yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan pendaftaran motor di SAMSAT.

4. Menggunakan Kode Kota

Ada dua atau tiga huruf terakhir pada plat yang menunjukkan kode kota. Salah satu contohnya, Anda memiliki plat nomor AB 7834 BC. 

Hal ini berarti, AB menunjukkan kode wilayah DIY Yogyakarta, 7834 sebagai nomor polisi. Sementara itu, B menunjukkan kode kota untuk Bantul. 

Huruf C ini berguna sekali sebagai huruf acak yang dapat dimanfaatkan sebagai pembeda. Sementara itu, untuk plat pemerintahan, biasanya angka yang ada di belakang nomor polisi memiliki arti sendiri.

Contohnya saja, RFS untuk kendaraan pejabat sekretariat negara, CD dan CC untuk mobil kedutaan besar. Sementara itu, RFP untuk polisi, RFD, RFU, dan RFL digunakan pada kendaraan TNI.

5. Plat Terbagi Beberapa Jenis

Plat nomor yang berwarna hitam dengan tulisan putih menjadi salah satu ciri bagi kendaraan pribadi. Sementara itu, plat nomor merah biasanya digunakan untuk kendaraan milik pemerintah.

Umumnya, kendaraan ini bisa digunakan untuk melakukan perjalanan dinas. Jika plat nomor yang berwarna kuning Anda bisa temukan pada kendaraan umum seperti bus antar provinsi/kota atau bemo. 

Selanjutnya, untuk plat nomor berwarna putih dengan tulisan merah, hal ini berarti motor tersebut baru dibeli. Sementara itu, untuk plat putih yang dipasang berguna sebagai plat nomor sementara.

Peraturan dari Plat Nomor Motor

Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia dan Kegunaan_Peraturan dari Plat Nomor Motor
Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia dan Kegunaan_Peraturan dari Plat Nomor Motor

Peraturan dari plat nomor motor itu ada hukumnya. Apabila sembarangan dimodifikasi tanpa peduli pada regulasinya, maka hal ini bisa dianggap sebagai pelanggaran.

Bahkan, Anda juga bisa saja kena tilang. Agar bisa menghindarinya, berikut ini sudah ada beberapa peraturan dan arti warna plat nomor kendaraan di indonesia perlu Anda tahu.

Berdasarkan Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 pasal 68, plat nomor kendaraan wajib berhubungan nomor registrasi, kode wilayah serta masa berlakunya. Mulai itu dari bentuk, ukuran, bahan, warna, serta cara pemasangannya juga harus memenuhi aturan yang berlaku.

Sementara itu, arti warna plat nomor kendaraan di indonesia juga harus bisa dibaca dari jari kurang lebih 50 meter. Oleh sebab itu, bila perlu Anda dapat menambahkan lampu penerangan berwarna putih. 

Aturan seperti ini sudah dimuat pada Peraturan Pemerintah RI nomor 55 tahun 2012 pasal 23 dan 30. Plat nomor yang biasanya tidak dikeluarkan oleh Korlantas Polri dianggap memang tidak sah.

Mengenai posisi plat nomor, alangkah baiknya pasang di tempat yang sudah disediakan. Poin ini harus diperhatikan buat Anda yang biasa melakukan modifikasi motor.

Jadi sampai memasang spakbor belakang yang arti warna plat nomor kendaraan di indonesia harus diubah. Jika ingin memindah posisi plat nomor, pastikan letaknya tidak akan berpindah jauh dari lokasi aslinya agar tetap terlihat. 

Hal ini penting sekali untuk menghindari memasang plat nomor di area mesin atau di depan radiator. Bahkan, ini juga beresiko menghambat proses pendinginan mesin.

Posisi dari plat nomor bagian belakang juga alangkah baiknya tidak dipasang di area kolong. Sementara itu, pasti akan sulit dibaca, apalahi plat nomor di bagian kolong juga rawan terkena debu sehingga makin tidak jelas ketika dibaca.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Blind Spot agar Semakin Waspada

Hanya dengan menerapkan aturan yang ada, risiko kena tilang saat berkendara di jalan raya dapat dihindari. Penjelasan seputar fungsi arti warna plat nomor kendaraan di indonesia memang wajib diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here