Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?

0
80
Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?
Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?

Pertanyaan mengenai apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya? Memang sering diajukan oleh banyak orang sebelum mereka melakukan transaksi penjualan.

Baca juga: Daftar 4 Rekomendasi Mobil SUV Terbaik 2022

Perlu diketahui meski kondisi produk masih bagus bahkan baru dibeli dalam hitungan hari, namun harganya dapat turun cukup tajam. Oleh karenanya, ada beberapa pertimbangan yang penting diperhatikan saat akan membeli mobil.

Ini Penjelasan Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?

Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?_Ini Penjelasan Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?
Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?_Ini Penjelasan Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?

Banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk menjual mobilnya dengan berbagai alasan. Namun risikonya adalah penurunan harga jual dari harga beli dengan nilai tidak sedikit.

Lalu sebenarnya apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya? Coba simak penjelasannya pada ulasan berikut:

1. Cat Kusam

Bukan hanya dari performa kendaraan, bagian eksterior mobil juga memiliki pengaruh besar. Jika catnya sudah mulai kusam, tentu akan membuat kurang enak dipandang baik mobil dengan harga bersahabat maupun mahal sekalipun.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan cat mobil cepat memudar, salah satunya yaitu sering terkena sinar matahari. Ternyata selain itu, proses pencucian yang kurang tepat juga memiliki peran besar dalam hal ini.

Terapkan teknik perawatan cat mobil untuk membuatnya tetap terlihat mengkilap dalam jangka waktu lama. Berikut pembahasan selengkapnya:

  • Menggunakan Obat Poles

Anda perlu mengoleskan obat poles setelah mobil dalam keadaan bersih untuk menjaga warna catnya supaya tetap terlihat seperti baru dalam jangka waktu lama. Apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya ini perlu Anda perhatikan.

Cara penerapannya yaitu menggunakan spons bersih, kemudian oleskan secara merata. Setelah selesai mengaplikasikannya, jangan langsung dibilas tetapi tunggu hingga 10-15 menit.

  • Jangan Asal Menggunakan Shampo Mobil

Pemilihan shampo yang benar dapat membuat warna cat bisa bertahan lama. Namun jika salah, maka kandungan di dalamnya dapat menjadi penyebab utama dari lunturnya cat dari waktu ke waktu.

  • Jangan Terlalu Sering Menggunakan Compound

Fungsi dari compound sendiri adalah untuk mengkilapkan tampilan luar mobil. Namun tahukah Anda jika terlalu sering menerapkannya maka akan menyebabkan cat mobil perlahan mengikis.

2. Kerusakan Mesin

Jika diibaratkan makhluk hidup, mesin merupakan otak kendaraan bermotor. Tanpa kehadirannya maka akan membuat komponen-komponen penyusunnya tidak berjalan meskipun masih bagus.

Menjaga mesin agar tetap memiliki performa maksimal menjadi hal penting. Selain menjamin keamanan dan kenyamanan selama digunakan berkendara, manfaat penting lainnya adalah untuk menstabilkan harga jualnya meski telah lama digunakan.

Poin ini menjadi jawaban atas pertanyaan mengenai apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya. Oleh sebab itu Anda perlu melakukan pemeriksaan rutin mesin kendaraan di bengkel terpercaya.

3. Pajak Mati

Setiap tahunnya, pemilik kendaraan bermotor perlu membayar pajak dengan nominal sesuai yang tertera. Selain itu, Anda juga harus melakukan penggantian plat setiap 5 tahun sekali agar tidak sampai terkena razia saat digunakan untuk berkendara.

Namun apabila pajak mati yang artinya pemilik tidak melakukan pembayaran rutin setiap tahunnya, membuatnya tidak aman jika digunakan berkendara karena tidak mematuhi aturan pemerintah.

Hasilnya, jika Anda menjualnya maka harganya akan turun drastis. Salah satu penyebabnya adalah pemilik baru perlu membayar pajak kendaraan bermotor tersebut dengan nominal besar. Jumlahnya dihitung dari jangka waktunya serta besaran denda.

4. Merek Mobil

Brand mobil di pasaran Indonesia sudah terbilang sangat banyak. Tentu Anda sudah paham jika masing-masingnya memiliki pamor yang berbeda baik datang dari harga standar hingga paling tinggi.

Setiap brand dan tipe memiliki kecenderungan harga berbeda. Poin ini menjadi jawaban atas persoalan terkait apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya.

Di Indonesia sendiri brand mobil paling umum yakni berupa Mitsubishi, Toyota, Honda, dan juga Daihatsu, dan juga beberapa merek lainnya. Setiap masing-masingnya terdiri dari tipe yang berbeda. Hal ini akan berpengaruh pada harga jual nantinya.

5. Warna dan Modifikasi

Jika Anda berniat untuk menjual mobil yang dibeli saat ini di masa depan, disarankan untuk memilih warna-warna netral saja seperti putih dan hitam. Diperkirakan warna tersebut akan memiliki harga stabil dibandingkan lainnya. 

Apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya ini juga perlu untuk Anda perhatikan. Memang memilih mobil dengan warna lain akan menambah nilai estetik serta membuatnya menjadi pembeda. 

Hanya saja untuk jenis mobil second, biasanya warna netral lebih memiliki banyak peminat. Salah satu pertimbangan masyarakat saat akan melakukan pembelian mobil second dengan warna netral adalah tetap terlihat bagus serta tidak mudah luntur pada bagian catnya.

6. Tabrakan dan Reparasi

Faktor lain untuk menjawab apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya adalah tabrakan dan reparasi. Tentu Anda sudah paham mengapa hal tersebut akan mempengaruhi harganya.

Mobil yang pernah mengalami kecelakaan berat biasanya akan diganti pada beberapa bagiannya. Kondisi ini membuat komponennya kadang diganti bukan original sesuai standar dengan alasan harga lebih bersahabat.

Jika demikian, maka harga mobil di pasaran akan menurun drastis. Agar dapat menghindarinya, pastikan selalu berhati-hati dalam berkendara.

7. Kondisi Mekanis

Pada bagian ini berkaitan dengan bagaimana kondisi mobil ketika digunakan. Performa yang bagus akan membuatnya memiliki harga cukup stabil, begitupun juga jika sebaliknya.

Mobil yang mengeluarkan asap, berdecit saat digunakan, dan kondisi mesin sudah terasa kurang enak maka harganya akan turun sangat tajam meskipun dari merek dan tipe bagus.

Sebagai pemilik mobil sudah seharusnya melakukan perawatan dengan rutin menyambangi bengkel resmi dari masing-masing brand. Hal ini dimaksudkan agar seluruh onderdilnya terjaga orisinalitasnya dan mendapatkan penanganan sesuai prosedur.

8. Usia Mobil

umumnya mobil yang ada saat ini jika usianya tua, maksudnya adalah tahun rilisnya sudah lama maka harganya seringkali anjlok. Hanya saja memang terdapat beberapa pengecualian misalnya pada mobil antik.

Oleh sebab itu banyak masyarakat yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas yang telah lama dirilis agar mendapatkan harga sesuai dengan budget.

Usia mobil bisa dibilang menjawab persoalan apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya, akan tetapi memang tidak berlaku untuk merek-merek tertentu karena ada yang semakin tua namun semakin mahal harga jualnya.

Cara Membuat Harga Jual Mobil Stabil

Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?_Cara Membuat Harga Jual Mobil Stabil
Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?_Cara Membuat Harga Jual Mobil Stabil

Saat Anda menjual mobil yang sudah digunakan maka sudah dianggap sebagai bekas pakai atau biasa disebut second. Harganya sendiri umumnya akan menurun dari harga belinya. Supaya tidak terlalu menukik tajam, berikut tipsnya:

1. Bayar Pajak Setiap Tahunnya

Alasan terkait apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya adalah mobil dijual dalam keadaan mati. Maksudnya adalah pemilik tidak melakukan pembayaran secara rutin per tahunnya. Anda bisa mendapatkan harga jual normal jika selalu membayar pajak dengan nominal yang telah tertera.

Jawaban yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya untuk poin ini terbilang cukup kuat. Sebaiknya jika Anda ingin menjual mobil nantinya maka tidak boleh mengabaikannya.

2. Lakukan Perawatan yang Benar

Kerusakan mobil sangat menjawab persoalan berkaitan dengan apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya terutama pada bagian mesin.

Sebenarnya kerusakan yang akan mempengaruhi harga jual bukan hanya pada mesin saja namun juga hampir seluruh bagian interior dan eksteriornya. Atas hal ini, pastikan untuk melakukan perawatan dengan benar.

3. Simpan Seluruh Surat Kepemilikan Mobil

Setiap kendaraan bermotor akan disertai dengan berkas-berkas kepemilikan yang sebaiknya harus disimpan. Apabila hilang, maka bisa menjadi alasan atas pertanyaan apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya.

Mengapa demikian? Jawabannya karena mobil yang tidak memiliki surat kepemilikan bisa dicurigai sebagai barang curian. Tentu Anda tidak ingin hal seperti ini terjadi bukan? Langkah untuk menstabilkan harga jualnya adalah dengan menjaga baik-baik seluruh berkas kepemilikan.

Antara Mobil Baru dan Bekas Pilih Mana?

Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?_Antara Mobil Baru dan Bekas Pilih Mana?
Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?_Antara Mobil Baru dan Bekas Pilih Mana?

Menyinggung terkait penjualan mobil bekas, kurang afdal rasanya jika tidak membahas secara singkat sebaiknya memilih mana antara keduanya. Jawaban utamanya adalah menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. 

Apabila mencukupi maka bisa membeli baru dengan merek dan tipe sesuai keinginan. Akan tetapi jika budget terlalu mepet, mobil bekas bisa menjadi pilihan terbaiknya. Seperti yang dibahas pada pemaparan sebelum-sebelumnya. 

Ada beberapa poin penting dari jawaban yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya. Perlu diketahui meskipun harganya cenderung ekonomis, namun jika bicara mengenai kualitasnya bisa dibilang masih dapat bersaing dengan produk baru.

Baca juga: 5 Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Seperti Baru Paling Ampuh

Peminat dari mobil bekas sendiri saat ini sudah cukup banyak. Apabila nantinya Anda berencana akan menjual mobil, maka pastikan ketahui apa yang membuat harga mobil bekas jatuh harga jualnya supaya bisa menghindarinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here