Apa Itu Sertifikat Laut? Mari Pelajari dan Pahami Cara Ceknya

0
230
Apa Itu Sertifikat Laut? Mari Pelajari dan Pahami Cara Ceknya
Apa Itu Sertifikat Laut? Mari Pelajari dan Pahami Cara Ceknya

Apa itu sertifikat laut? Tentu pertanyaan ini sering diungkapkan oleh banyak orang yang masih awam dalam dunia pelayaran. Oleh karena itu, kita akan membahasnya untuk kalian pada ulasan berikut ini.

Baca juga: Memilih Asuransi Mobil untuk Mendapat Perlindungan yang Tepat

Salah satu dokumen penting yang harus disiapkan sebelum berlayar adalah surat keterangan pelaut. Catatan-catatan ini sekarang dapat dengan mudah diakses secara online, baik di smartphone atau PC.

Untuk mendorong terwujudnya keselamatan pelayaran, setiap kapal wajib memiliki sertifikat. Demikian juga pelaut membutuhkan pendidikan dan pelatihan (training) khusus untuk keterampilan kemaritiman.

Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan harus terus melakukan pemantauan dan pengarahan, termasuk memastikan kapal dan awak kapal memiliki sertifikasi yang baik. Jadi, bagaimana cara memverifikasi sertifikat pelaut? Lihat ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Sertifikat Laut?

Apa Itu Sertifikat Laut?
Apa Itu Sertifikat Laut?

Apa itu sertifikat laut? Sertifikat keterampilan pelaut adalah izin atau sertifikasi yang menunjukkan pemegangnya berwenang untuk berlayar. Jika seseorang memiliki surat-surat pelaut ini, dapat diasumsikan bahwa mereka memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk berlayar.

Selain surat keterampilan, ada buku pelaut yang merupakan dokumen yang dikeluarkan negara. Buku ini memberikan catatan pengalaman berlayar dari para pelaut. Pelaut internasional biasanya menggunakan buku pelaut ini.

Seorang pelaut baru bisa berlayar jika sudah memiliki sertifikat ahli. Hal ini ditunjukkan dalam peraturan Kementerian Perhubungan yang mengatur perizinan teknis buku pelaut.

Sertifikat keterampilan pelaut ini berlaku selama 5 tahun sejak tanggal dikeluarkan. Apabila masa berlaku habis, pelaut dapat melakukan validasi ulang dokumen penting ini dengan melampirkan print out sertifikat.

4 Cara Mudah Memeriksa Sertifikat Pelaut Secara Online

Sertifikasi pelaut kini dapat diperiksa secara online. Untuk memeriksa sertifikat keahlian secara online, ikuti prosedur di bawah ini: 

Kunjungi Website Resmi

Langkah pertama buka browser dan arahkan ke website resmi sailor.dephub.go.id. Selama ponsel atau komputer kalian terhubung ke internet, kalian dapat mengunjungi situs ini. Setelah itu, yang harus dilakukan adalah menunggu halaman ini selesai dimuat.

Pastikan untuk menulis alamat situs web dengan benar untuk menghindari masalah saat mengaksesnya. Mengakses situs ini secara tidak benar dapat menyebabkan sertifikat keahlian tidak ditampilkan. Jadi, kami sarankan kalian mengetahui apa itu sertifikat laut yang sebenarnya.

Masukkan Kode

Setelah itu, kalian dapat memeriksa nomor seri sertifikat secara online. Periksa kembali kode sertifikat untuk memastikan bahwa semua digit telah dimasukkan dan tidak ada yang tertinggal.

Kemudian, pilih menu pencarian untuk mulai memproses pengecekan sertifikat keterampilan pelaut secara online dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan hasilnya. Jika temuan di tampilkan, kalian dapat langsung mengambil atau menyimpan sertifikat keterampilan pelaut.

Namun, jika sertifikat ini tidak ditunjukkan atau berulang kali tidak muncul selama prosedur pemeriksaan, segera beri tahu Direktorat Perhubungan Laut. Laporan ini ditujukan untuk lokasi di mana sertifikat diberikan atau fasilitas pelatihan.

Kalian dapat menyampaikan laporan ini secara online melalui email atau secara langsung di Direktorat Perhubungan Laut. Untuk mempercepat proses pelaporan, berikan dokumentasi bahwa sertifikat benar-benar gagal dimuat. Jadi dengan mengetahui apa itu sertifikat laut tentunya pengetahuan kalian juga akan bertambah.

Periksa Diploma Pelaut Online

Sertifikat tidak hanya dapat diperiksa secara online, tetapi sertifikat juga dapat dilihat dengan cara ini. Pemeriksaan sertifikat pelaut online ini menentukan apakah dokumen yang di maksud asli atau palsu.

Memeriksa ijazah online itu sederhana dan dapat dilakukan menggunakan browser perangkat digital. Untuk memulai, buka situs web resmi sailor.dephub.go.id di smartphone atau PC.

Setelah itu, pengguna situs web akan diminta memasukkan kode pelaut yang berasal dari sepuluh digit pertama sertifikat keahlian kalian. Kemudian, pengguna situs tersebut akan diberikan alternatif jenis dokumen yang ingin dilihat, seperti ijazah dan sertifikat pelaut.

Untuk memproses seleksi, arahkan ke keterangan ijazah pelaut dan tekan enter. Jika sertifikat pelaut yang kalian miliki sah, dokumen akan berhasil di sajikan. Oleh karena itu, kita sangat menyarankan untuk kalian mengetahui apa itu sertifikat laut yang sebenarnya dengan begitu urusan kalian akan semakin mudah dan cepat.

Jika dokumen tidak dapat ditunjukkan, keaslian sertifikat pelaut dipertanyakan. Dokumen kelulusan ini berlaku tanpa batas waktu, tetapi kalian dapat memperbaruinya secara operasional ke manajemen setelah setidaknya satu tahun berlayar.

Membuat Persyaratan Buku Pelaut

Setelah mempelajari apa itu sertifikat laut kalian dapat mengetahui cara memeriksa sertifikasi online pelaut, kalian juga harus mempertimbangkan persyaratan untuk membuat buku.

8 Syarat Membuat Sertifikat Pelaut yang Wajib Diketahui

Buku pelaut akan digunakan untuk pelayaran internasional. Oleh karena itu, kalian harus bisa membuatnya di kemudian hari. Berikut adalah beberapa persyaratan untuk membuat buku pelaut.

Sertifikasi Dukungan

Kebutuhan pertama adalah memiliki dokumen pendukung, yang paling penting adalah sertifikat pelaut. Kulting atau ABLE adalah salah satu jenis sertifikat keterampilan pelaut yang dapat digunakan.

Surat Keterangan Sehat 

Langkah selanjutnya, dapatkan surat keterangan sehat dari dokter, yang dapat diperoleh secara resmi melalui rumah sakit. Jadi jika kalian ingin memahami dengan baik apa itu sertifikat laut kalian harus memahami beberapa komponen dasarnya.

Salah satunya adalah sertifikat kesehatan sertifikat ini sebaiknya diperoleh dari fasilitas yang direkomendasikan oleh Direktorat Perhubungan Laut.

Kartu Identitas

KTP dan akte kelahiran merupakan dokumen yang sangat krusial yang harus disiapkan. Kalian hanya perlu membawa fotokopi kedua kartu identitas tersebut, bukan yang asli.

Sertifikat

Sertifikat ini hanya diperlukan untuk orang yang belum pernah menggunakan buku pelaut digital sebelumnya. Dokumen ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa ini adalah usaha pertama kalian untuk membuat buku pelaut secara digital.

Sertifikat Pelatihan Keselamatan Dasar

Karena merupakan dokumen penting bagi seorang pelaut, sertifikat pelatihan keselamatan penting adalah salah satu berkas yang harus disiapkan.

Periksa apakah sertifikat pelatihan keselamatan dasar yang dimuat masih aktif dan memiliki masa berlaku yang berlaku. Setiap pelaut yang ingin melakukan pekerjaan administrasi harus memilikinya. Jadi, jika kalian belum memahami dengan baik apa itu sertifikat pelaut, pelajari terlebih dahulu adalah solusi untuk kalian.

Kertas sertifikat pelatihan keselamatan dasar ini diperoleh pada awal pelatihan pelaut. Biasanya sertifikat ini merupakan salah satu dokumen dasar yang harus dimiliki untuk mendapatkan ijazah atau persyaratan lain bagi seorang pelaut.

Sertifikat Waktu Berlayar

Sertifikat durasi berlayar ini dapat diperoleh dengan memintanya melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di wilayah yang memenuhi syarat. Surat ini bertujuan untuk menyatakan bahwa kalian adalah seorang pelaut yang pernah berlayar di daerah tersebut.

SKCK

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian membuktikan bahwa calon pelaut tidak pernah terlibat dalam tindak pidana apapun. Kalian dapat memperoleh surat ini dengan memintanya di kantor Polisi setempat.

Foto Paspor

Dokumen terakhir yang harus disiapkan adalah pas foto ukuran 3×4 dan 5×5 masing-masing sebanyak 3 lembar. Ada persyaratan unik untuk foto paspor ini, seperti pelaut mengenakan baju putih polos dengan lengan panjang. 

Selain itu, para pelaut harus mengenakan dasi hitam saat difoto. Ada juga panduan background yang harus digunakan dalam foto paspor ini. Latar belakang bahari atau dek kapal berwarna biru. Sedangkan latar merah cocok untuk komponen teknik atau mesin kapal.

Manfaat Berbagai Dokumen Sertifikat Laut

Manfaat Berbagai Dokumen Sertifikat Laut
Manfaat Berbagai Dokumen Sertifikat Laut

Berbagai dokumen harus ada di kapal tergantung pada kegunaan dan fungsinya yang berbeda. Dokumen CSR (Continuous Synopsis Record) adalah salah satu contoh dokumen wajib.

Tujuan dari catatan sejarah kapal adalah untuk menawarkan informasi tentang sejarah kapal, yang mencakup data seperti nama kapal, nama pemilik, tanggal kapal didaftarkan, dan nama manajemen atau perusahaan yang menjalankan.

Ini termasuk semua informasi tentang apa itu sertifikat laut, seperti sertifikat klasifikasi yang ada dan badan audit. Ini digunakan dengan cara yang sama seperti dokumen buku untuk merekam semua aktivitas atau kejadian di ruang mesin. 

Selain itu riwayat perawatan harian atau kerusakan mesin dan pompa, dan kejadian penting lainnya yang terjadi selama pengangkutan. Misalnya, saat membuang sampah, limbah, atau limbah berbahaya, kertas yang menunjukkan lokasi pembuangan dan perusahaan siapa yang bertanggung jawab harus disediakan.

Baca juga: Penyebab Kecelakaan Tabrak Belakang Lalu Pelaku Lari

Alhasil, ulasan tentang kelengkapan dokumentasi dan apa itu sertifikat laut kami uraikan. Semoga dengan penjelasan ini dapat membantu kalian yang ingin terjun dalam bidang kelautan. Dan semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini