Apa Itu Chip RFID? Mengenal Teknologi RFID Serta Fungsinya

0
69
Apa Itu Chip RFID? Mengenal Teknologi RFID Serta Fungsinya
Apa Itu Chip RFID? Mengenal Teknologi RFID Serta Fungsinya

Apa itu chip RFID? Sebelum membahas jauh tentang chip nya, kami akan mencoba terlebih dahulu membahas mengenai teknologi RFID serta fungsi dan cara kerjanya. RFID merupakan singkatan Radio Frequency Identification.

Baca juga: Daftar Ruas yang Terapkan Ganjil-genap di Jakarta

Teknologi ini menggunakan sebuah frekuensi radio agar dapat membaca informasi dari sebuah device kecil yang biasa disebut dengan tag atau transponder, tag RFID sendiri akan mengenali dirinya sendiri ketika mendeteksi sinyal tertentu dari sebuah device.

Teknologi RFID mengkombinasikan semua keunggulan yang tidak dapat tersedia pada teknologi identifikasi jenis yang lain. RFID dapat disediakan dalam device yang hanya bisa dibaca saja atau dapat dibaca dan ditulis sesuai dengan ketentuannya. 

Lalu, apa itu chip RFID? Kita pasti sudah tidak asing dengan e-ktp dan kartu atm yang sering digunakan untuk transaksi atau mengambil uang di bank, pada kartu tersebut terselip teknologi chip RFID yang memudahkan suatu mesin dapat membaca data Anda ketika sedang melakukan sesuatu yang berhubungan dengan kartu tersebut.

Perlu diketahui, terdapat dua jenis RFID yang ada pada setiap kartu yang mengandung chip tersebut yaitu aktif dan pasif. Pada tipe pasif ini sering kita jumpai pada kartu uang elektronik atau atm, jenis pasif tidak memiliki sumber daya sendiri dan baru akan aktif ketika didekatkan ke alat pembaca. 

Sedangkan untuk tipe aktif memiliki baterai sendiri yang berfungsi untuk sumber tenaga yang dapat memancarkan sinyal radio sendiri. Untuk mentransmisikan informasi di dalamnya agar bisa terbaca oleh pembaca sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4 Komponen Pada Sistem Teknologi RFID

Apa Itu Chip RFID? Mengenal Teknologi RFID Serta Fungsinya_4 Komponen Pada Sistem Teknologi RFID
Apa Itu Chip RFID? Mengenal Teknologi RFID Serta Fungsinya_4 Komponen Pada Sistem Teknologi RFID

Jika sudah mengetahui apa itu chip RFID. Ada baiknya Anda juga mengetahui 4 komponen penting pada sistem teknologi tersebut agar Anda dapat memahami detailnya dengan baik. 

Selain berguna untuk menambah ilmu hal ini bisa juga digunakan ketika ingin membuat system tertentu menggunakan teknologi tersebut. Berikut 4 komponen yang wajib Anda ketahui :

  • Software Aplikasi

Software aplikasi merupakan sebuah workstation atau yang biasa kita sebut sebagai pc yang akan membaca data dari tag melalui pembaca yang menggunakan teknologi RFID. Semua tag dan para pembaca akan dilengkapi suatu antenna sehingga dapat menerima dan memancarkan sebuah gelombang elektromagnetik.

  • Pembaca RFID

Pembaca merupakan sebuah device kompatibel dengan tag tersebut hal ini yang akan dijadikan komunikasi secara wireless dengan tag. Apa itu chip RFID bisa dipahami melalui pembaca.

  • Antena

Antena berfungsi untuk mentransmisikan sinyal frekuensi pada radio hal tersebut terjadi antara pembaca dan tag. Pada sisi ini antenna harus berfungsi dengan baik tujuannya agar bisa transmisi sinyal dengan baik antara tag dan pembaca.

  • Tag

Apa itu chip RFID ? salah satu komponen terpenting pada teknologi ini adalah tag yang merupakan sebuah device tempat untuk menyimpan informasi untuk mengidentifikasi suatu objek. Tag sering juga disebut sebagai transponder. 

Cara Kerja Teknologi RFID Tersebut

Pada sistem technology RFID pada umumnya sebuah tag dipasangkan melalui suatu objek tertentu. Lalu pada tag tersebut dapat melakukan transponder yang dimana mempunyai memori digital sehingga dapat memberikan kode elektronik unik yang dibutuhkan.

Apa itu chip RFID bisa kita pelajari melalui cara kerjanya. Semua peralatan pembaca tag mempunyai sebuah antenna dengan transceiver serta decoder yang berfungsi untuk membangkitkan sinyal untuk mengaktifkan tag, sehingga tag dapat mengirim serta menerima.

Ketika sebuah chip melewati zona elektromagnetik pembaca tag maka akan otomatis terdeteksi sebuah sinyal pengaktifan dari pembaca serta RFID akan mengirimkan sinyal balik sesuai dengan yang tersimpan dalam memori sebagai sebuah respon.

Peralatan pembaca tag juga akan otomatis menerjemahkan data yang dikirim oleh teknologi tersebut sesuai dengan kebutuhan, jika sudah paham apa itu chip RFID menurut cara kerjanya, sekarang kami akan sedikit memberikan informasi mengenai pembacaan kode-kode data.

Proses pembacaan kode-kode tersebut dilakukan menggunakan gelombang radio sehingga proses identifikasi barang atau orang tertentu akan berjalan lebih mudah. Caranya seseorang atau barang cukup melewati suatu gerbang yang sudah dipasangkan elektromagnetik.

Ketika melewati zona tersebut maka identitas dari barang atau orang tersebut akan otomatis dapat diketahui. Teknologi ini juga memiliki berbagai macam bentuk misalnya berbentuk kartu identitas yang telah diisi oleh sebuah chip khusus atau biasa disebut dengan antena.

Berikut Jenis Aplikasi Teknologi RFID

Apa Itu Chip RFID? Mengenal Teknologi RFID Serta Fungsinya_Berikut Jenis Aplikasi Teknologi RFID
Apa Itu Chip RFID? Mengenal Teknologi RFID Serta Fungsinya _Berikut Jenis Aplikasi Teknologi RFID

Apa itu chip RFID juga bisa Anda pelajari melalui jenis aplikasi teknologinya, berikut merupakan jenis-jenis aplikasi teknologi tersebut yang wajib Anda ketahui :

  • Transportasi 

Apa itu chip RFID ini menawarkan kenyamanan serta efisiensi waktu untuk para penggunanya, dimana pengguna sistem tersebut akan lebih mudah mengidentifikasi transportasi tertentu. Contohnya ketika pengguna tag menandai suatu penumpang serta pengganti tiket untuk mencegah terjadinya antrian panjang. Hal ini bisa sangat berguna. 

  • Keamanan dan Akses Kontrol

Untuk apa itu chip RFID i ini biasanya terjadi pada bidang sistem keamanan yang ada pada mobil atau fasilitas tertentu dimana aplikasi ini memerlukan keamanan level tinggi agar tidak mudah ditiru oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk kebutuhan tersebut dapat Anda realisasikan menggunakan generasi kedua tag yang bernama digital signature transponder. Salah satu contohnya adalah e-ktp dimana reader dapat mengirimkan gelombang radio yang akan mengaktifkan chip tersebut. 

  • Inventory Control 

Inventory control biasanya terjadi pada sistem penangan barang yang dilakukan pada proses manufaktur serta distribusi yang paling efisien dengan menghemat waktu, system tersebut dapat menawarkan identifikasi yang cepat dan aman. 

Hal tersebut dapat Anda wujudkan dengan RFID karena tidak memerlukan kontak secara langsung maupun kontak optic. Dengan tambahan berbagai fitur anti collision sejumlah barang akan dapat diperiksa secara bersamaan. 

Berikut Ini Autentifikasi Sistem Teknologi

Apa itu chip RFID bisa juga dipahami melalui autentifikasi di mana radio frequency identification merupakan metode penyimpanan dan pengembalian data, melalui gelombang radio menggunakan berbagai peralatan atau suatu komponen tertentu. 

Suatu tags dapat berupa benda yang kecil sehingga dapat disatukan dengan kertas stiker yang terdapat pada tags tersebut. Hal ini akan mempermudah agar tags dapat direkatkan di berbagai produk, manusia bahkan hewan tertentu.

Kode-kode identitas tersebut akan direkatkan dengan stiker agar bisa terbaca oleh peralatan rigid, secara otomatis identitas tersebut akan sangat mudah untuk diketahui, jika pancaran elektromagnetik dari antena tidak mengalami masalah atau gangguan apapun.

Tujuan dari sebuah sistem merupakan untuk memungkinkan semua data dapat ditransmisikan oleh suatu peralatan portable yang dimana dapat dibaca oleh pembaca serta diproses sesuai dengan aplikasi yang sedang digunakan.

Data yang akan ditransmisikan oleh tag akan berupa identitas atau informasi tertentu sesuai dengan ketentuan, contohnya seperti informasi lokasi atau bisa berupa hal yang lebih spesifik seperti warna, harga barang serta tanggal pembuatan produk tersebut. Hal tersebut bisa terjadi kepada manusia, produk atau hewan.

Apa Itu Chip RFID ? Berikut Fungsinya

Apa Itu Chip RFID? Mengenal Teknologi RFID Serta FungsinyaApa Itu Chip RFID ? Berikut Fungsinya
Apa Itu Chip RFID? Mengenal Teknologi RFID Serta FungsinyaApa Itu Chip RFID ? Berikut Fungsinya

Chip teknologi canggih tersebut mempunyai banyak fungsi tergantung pada dimana dia diletakkan, namun saat ini kami akan mengambil contoh pelat nomor kendaraan. Di Indonesia sendiri plat nomor kendaraan sudah menggunakan chip dari teknologi RFID.

Fungsinya sangat simple yaitu untuk mengetahui dan mempermudah semua kegiatan identifikasi kendaraan yang ada di berbagai sektor, nantinya di dalam chip tersebut akan memuat data pribadi serta informasi lainnya seperti jenis kendaraan dan lain-lain.

Hal tersebut dilakukan agar mempermudah pemerintah dalam melakukan tilang elektrik, jadi ketika ada yang melanggar maka dengan otomatis data sang pelanggar tersebut akan mudah terbaca melalui plat nomor yang digunakan dalam kendaraannya.

Apa itu chip RFID, chip tersebut juga akan berguna untuk dapat akses izin masuk tol dengan menggunakan e-tol atau pembayaran parkir elektronik. Nantinya gerbang tol akan otomatis memilih jenis kendaraan yang sesuai.

Sistem yang ada pada chip tersebut sudah dianggap sangat tepat dalam integrasi dengan sistem lain secara otomatis seperti tol, memantau pelanggaran pengemudi serta pembayaran parkir elektronik. Dengan kemudahan tersebut maka para masyarakat dan pemerintah akan otomatis terbantu.

Baca juga: Kawasaki Siapkan Motor Listrik Pertama Hadir di Indonesia

Teknologi ini membawa banyak manfaat untuk banyak orang terlebih khusus pada sistem pengembangan elektronik. Dengan memahami fungsi dan cara kerjanya dengan baik Anda akan bisa mengerti apa itu chip RFID dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here