Aksesoris Modif Honda ADV 150, Tips beserta Keuntungan

0
232
Aksesoris Modif Honda ADV 150, Tips beserta Keuntungan
Aksesoris Modif Honda ADV 150, Tips beserta Keuntungan

Modif Honda ADV 150 adalah salah satu primadona motor matic adventure di Tanah Air. Bodi yang tegap dan bongsor harus menggambarkan motor ini agar bisa diajak menerjang segala medan.

Baca juga: Mengenal Modif All New Yamaha R15 dan Keunggulannya

Honda ADV 150 ini sudah terlahir sebagai matic adventure dan banyak sekali digunakan untuk berkendara sehari-hari. Sementara itu, ada juga yang menungganginya untuk kebutuhan touring.

Aksesoris Modif Honda ADV 150

Berbicara mengenai itu, ada beberapa model yang dapat dicontoh untuk modifikasi Honda ADV 150 touring. Jadi maklum saja, karena telah banyak aksesori aftermarket untuk Honda ADV 150.

Ada beberapa aksesori yang dapat diaplikasikan untuk modifikasi Honda ADV touring. Berikut ini sudah ada beberapa aksesoris modif Honda ADV 150, yaitu:

  • Crash Bar

Biasanya, Crash bar dapat diaplikasikan dalam modifikasi Honda ADV touring. Peranti ini berguna untuk melindungi bagian bodi motor bila terjatuh.

Sebagian barang aftermarket yang dijual di toko offline maupun online seperti Tokopedia.com dan bukalapak.com. Crash bar bisa digunakan untuk Honda ADV 150 dan dibanderol mulai harga Rp. 200 ribuan sampai lebih dari Rp1 juta.

  • Boks Tambahan

Boks tambahan pada modif Honda ADV 150 juga dapat memperkuat aura motor touring. Selain memiliki tampilan, tentu boks ini bisa menjadi bagasi tambahan untuk menampung kebutuhan selama perjalanan.

Boks aftermarket yang digunakan untuk Honda ADV 150 dijual pada rentang harga Rp. 800 ribu sampai Rp. 2 juta. Sementara itu, dudukan boks untuk ADV 150 bisa langsung didapatkan pada kisaran Rp. 200 ribu.

  • Handguard

Saat ini PT Astra Honda Motor (AHM) juga mengeluarkan aksesori untuk modif Honda ADV 150. Salah satunya hand guard, juga dapat langsung diaplikasikan untuk touring.

Hand guard berguna sekali untuk memberikan perlindungan bagi tangan pengendara. Bahkan, AHM juga menjual handguard yang berbahan nylon PE 6 dengan harga Rp. 270 ribu.

  • Panel Step Floor dan Leg Deflector

Aksesori dari AHM berikutnya yang dapat mendukung modifikasi Honda ADV touring, yakni panel step floor. Hal ini berguna untuk menambah kenyamanan pejalan kaki. 

Bahkan, Aksesori yang dijual sebesar Rp. 560 ribu ini berbahan karet dan stainless. Berikutnya, ada juga leg deflector yang berguna untuk mengurangi masuknya angin ke bagian kaki. 

Bahkan, barang berbahan plastik polikarbonat ini sudah dijual AHM dengan harga Rp. 170 ribu. Jadi Anda akan mendapatkannya lebih mudah untuk modif Honda ADV 150.

Modifikasi Honda ADV 150

Aksesoris Modif Honda ADV 150, Tips beserta Keuntungan_Modifikasi Honda ADV 150
Aksesoris Modif Honda ADV 150, Tips beserta Keuntungan_Modifikasi Honda ADV 150

Sebagai salah satu skutik adventure pertama yang ada di kelas 150 cc. Honda ADV 150 sebenarnya sangat gampang dimodifikasi dengan berbagai genre, termasuk diubah dengan karakter superhero Batman.

Seperti yang sudah dikutip dari Moto Saigon, modif Honda ADV 150 bisa disulap dengan karakter superhero DC Comics. Bahkan, jika dilihat dari tampilannya memang masih mempertahankan kondisi bawaan. Sementara itu, hanya ada beberapa penambahan aksesori serba hitam.

Penambahan komponen dari aksesori ini hanya berupa besi pelindung yang memanjang. Mulai dari bodi samping depan sampai menyentuh area footstep belakang. Besi ini juga sekaligus difungsikan sebagai dudukan lampu kabut (foglamp). 

Sementara itu, untuk bagian jok, masih bisa menggunakan model standar. Namun, pada jok belakang diberi semacam cover bisa memunculkan kesan single seater. Sementara itu, pada area depan, ubahan menyasar pada bagian cover samping lampu depan.

Di mana cover bawaan sudah langsung diganti dengan cover aksesori. Bahkan, mempunyai semacam saringan udara di kedua sisinya. Ubahan lainnya terdapat di bagian windshield yang terbuat lebih kecil dan pada area kaki sudah menggunakan spakbor aksesori. Dimana cover kaliper rem depan sudah bermotif karbon.

Keunggulan Honda ADV 150, Skutik Bergaya Adventure

Bagi Anda yang ingin sekali berkendara dengan motor matic namun tetap keren. Maka skutik bergaya adventure ini dapat menjadi rekomendasi yang menarik untuk Anda. 

Umumnya, modif Honda ADV 150 ini termasuk ke dalam skutik premium dengan berbagai jenis keunggulan dan harga mampu bersaing. Ada beberapa keunggulan yang dibawakan oleh Honda ADV 150, yaitu:

  • Tampilan Manly Menawan

Sebagian besar bodi Honda ADV 150 ini hampir sama dengan Honda PCX 150. Hal ini karena hadir dengan bentuk bodi yang bongsor. Namun, ADV 150 ini sudah memiliki lekukan bodi yang jauh lebih tajam, tegas, berotot, serta jauh dari kesan membulat. Itu saja beberapa kesan manly pada motor ini. 

Sementara itu, Honda ADV 150 memang sudah didesain dengan balutan konsep modern futuristik dan bisa memberikan kesan gagah. Bahkan, kesan sporty pada skutik ini semakin kuat karena jok atau tempat duduknya terbuat berlekuk.

Hal ini berguna untuk memberikan posisi duduk yang lebih human-friendly bagi pengendara. Berdasarkan pasaran, modif Honda ADV 150 tersedia dengan warna merah, silver, dan coklat untuk tipe CBS. Sementara itu, tipe ABS, sudah tersedia warna merah dan putih.

  • Bagian Eksterior Unggul

Selain berasal dari desainnya, skutik ini memiliki keunggulan di bagian eksterior lainnya. Bahkan, bentuk lampu utama atau headlamp motor ini berbentuk menyipit, seperti mobil Xpander. 

Sementara itu, bagian lampu depan, tail light, dan lampu sein sudah dilengkapi dengan teknologi pencahayaan lampu Full LED. Oleh sebab itu, skutik ini bisa memberikan penerangan yang lebih baik dan berkualitas serta lebih efisien. 

Kemudian, di bagian atas lampu depan skutik ini juga telah dilengkapi dengan kaca pelindung atau Windscreen fleksibel. Sementara itu, modif Honda ADV 150 sebagai kaca pelindung ini mempunyai dua posisi ketinggian. Sehingga dapat diatur ketinggiannya sesuai keperluan pengguna. 

Tidak hanya joknya saja yang dapat membuat pengendara merasa nyaman. Namun, pijakan kakinya juga memanjakan pengendara dengan dibuat lebih ramah dan fleksibel. Sementara itu, bagian knalpot didesain lebih anggun mengikuti alur desain bodi sisi sampingnya, jadi akan terkesan lebih menarik.

  • Performa Mesin Tangguh

Modif Honda ADV 150 telah mengusung mesin handal tipe SOHC eSP Idling Stop System. Bahkan, kapasitas kubikasi sudah mencapai hingga 150 cc. Mesin ini berikutnya akan dikawinkan dengan tipe transmisi otomatis tipe V-Matic. 

Pemakaian dua jenis mesin tersebut sudah dipercaya sanggup mengolah menjadi tenaga yang gahar sampai 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm. Bahkan, torsi maksimumnya sudah mencapai 13,8 Nm (1,34 kgf.m) / 6.500 rpm. 

Skutik ini sudah dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar dan teknologi PGM – FI dengan rasio kompresi hingga 10.8:1. Hal ini juga akan semakin membuktikan bahwa sektor dapur pacu pada spesifikasi Honda ADV 150. Bahkan, saat ini sudah sangat agresif, responsif, dan ramah lingkungan.

  • Fitur Tidak Kalah Canggih

Teknologi rem skutik ini merupakan salah satu Triple Pot Hydraulic dengan CBS atau sistem pengereman ABS. Kedua fitur ini juga bisa menjamin keamanan dan keselamatan si pengendara. 

Modif Honda ADV 150 juga sudah memiliki panel full digital. Hal ini berguna untuk memberikan informasi terkait informasi motor saat dikendarai. Tapered Handlebar juga bisa saja disematkan pada Honda ADV 150. Sehingga lebih bisa memudahkan pengemudi untuk mengendalikan sistem kemudinya. 

Tidak hanya itu saja, motor ini juga sudah dilengkapi dengan boks konsol. Fungsinya juga berguna untuk menaruh barang disertai dengan DC Power Charger. Dimana sudah bisa digunakan untuk mengisi daya baterai ketika di perjalanan.

Kekurangan dari Honda ADV 150

Aksesoris Modif Honda ADV 150, Tips beserta Keuntungan_Kekurangan dari Honda ADV 150
Aksesoris Modif Honda ADV 150, Tips beserta Keuntungan_Kekurangan dari Honda ADV 150

Selain memiliki kelebihan, kekurangannya juga ada. Jadi sebelum Anda membeli, sebaiknya cek dulu secara keseluruhan. Hal ini bisa dilakukan agar tidak menyesal kemudian.

  • Performa Mesin 

Mesin motor ini sudah menggunakan basis yang sama dengan menggunakan modif Honda ADV 150. Salah satu yang menjadi kekurangan Honda ADV 150, yaitu performa mesin. 

Sementara itu, kelas matic 150cc, dapat dikatakan kemampuan jantung mekanis motor ini tidak ada apa-apanya. Terlebih lagi, jika dibandingkan dengan Yamaha Nmax dan Aerox.

Bahkan, Yamaha Nmax yang digunakan mesin 155cc dengan teknologi katup variabel (VVA). Sementara itu, kertas torsinya sudah mencapai 13,9 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimalnya 15,15 hp pada 8.000 rpm.

  • Jok Tinggi dan Licin

Kekurangan dari modif Honda ADV 150 selanjutnya, ada di posisi jok yang tinggi bisa mencapai 795 mm. Efeknya pemilik harus memiliki postur 168 cm, kaki pasti jinjit. 

Tentu ini juga sudah mengurangi kepercayaan diri saat berkendara, terutama bagi pemula. Jika dibandingkan dengan motor matik 150 cc lain, jok Honda ADV 150 termasuk paling tinggi. 

  • Harga Terlalu Tinggi

Terakhir, ini menjadi kekurangan Honda ADV 150 yaitu harganya terlalu tinggi. Motor ini sudah dijual mulai Rp. 34,742 juta varian CBS dan Rp. 37,805 juta varian ABS. Jika dibandingkan dengan kompetitor di kelas matik 150 cc, harga Honda ADV 150 termasuk termahal. 

Baca juga: Alasan Memilih Toyota Innova Listrik yang Penting Diketahui

Jadi coba saja cek Yamaha Nmax yang dijual mulai Rp. 29,75 juta. Jadi bisa dilakukan dengan mudah jika Anda menggunakan cara diatas. Sehingga Modif Honda ADV 150 ini memiliki kekurangan dan kelebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here